Tips Mengatasi Konten tidak Memadai pada google AdSense - Banyak para blogger yang berusaha untuk bergabung menjadi publisher google adsense, namun sampai saat ini masih belum berhasil karena team google menganggap blog yang mereka daftarkan masih belum memenuhi kriteria diterima google adsense, segala bentuk informasi dari google adsense yang berkaitan dengan permohonan menjadi publisher google adsense baik itu informasi diterima maupun penolakan biasanya akan diberitahukan melalui email, dan salah satu bentuk email penolakan yang sering diterima oleh kebanyakan blogger adalah "Konten tidak memadai", salah satu bentuk penulakan yang tidak memberikan informasi yang terlalu jelas bukan, bahkan untuk saya pribadi setiap email yang dilayangkan google yang berkaitan dengan adsense kadang tidak bisa dipahami dengan baik, karena memang seperti itulah google adsense setiap email yang diterima memerlukan analisa dan pemahaman tersendiri sehingga mengetahui secara pasti maksud sebenarnya, seperti halnya dalam email penolakan yang menyatakan informasi "Konten Tidak Memadai",

Penyebab Ditolaknya permohonan google AdSense karena Konten Tidak Memadai

Ini merupakan salah satu penyebab kenapa blog selalu ditolak google adsense?, Jika anda kebetulan mengalami hal serupa terhadap permohonan google adsense anda dengan alasan konten kurang memadai, padahal menurut anda blog anda sudah cukup umur dan konten anda boleh dibilang tidak terlalu sedikit, beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Jumlah artikel blog Anda sangat sedikit

Salah satu penyebab ditolak google adsense dengan alasan konten tidak memadai adalah, jumlah artikel blog anda masih sedikit, dan ini erat juga kaitannya dengan jumlah kata yang menyusun setiap artikel blog anda, jika artikel blog anda sedikit kemudian jumlah kata setiap artikel blog anda juga sedikit maka bisa jadi permohonan google adsense anda kemungkinan ditolak dengan alasan konten tidak memadai, oleh karena itu perhatikan jumlah artikel postingan dan jumlah kata disetiap artikel postingan.
Percaya tidak percaya, ketika pertama kali saya daftar google adsense dengan jumlah artikel tidak lebih dari 12 artikel bisa diterima, karena kemungkinan penyebabnya adalah setiap artikel yang saya sajikan rata-rata terdiri dari 1.000 -1500 kata atau lebih.
Tips, jika anda berniat dari awal anda memulai membuat blog adalah untuk daftar google adsense, sebaiknya anda sajikan artikel yang benar-benar original dengan kandungan artikel yang kaya kata 1000-1500 kata atau lebih sangt dianjurkan, agar peluang anda diterima google adsense semakin besar.

2. Jumlah kandungan kata dalam setiap artikel sangat sedikit

Penyebab yang kedua yang kemungkinan bisa menyebabkan permohonan google adsense anda ditolak dengan alasan konten tidak memadai penyebabnya adalah setiap artikel anda jumlah kandungan katanya seditiki, lantas berapakah jumlah kata yang dianjurkan?, google sendiri tidak menyebutkan secara pasti, namun alangkah baiknya kita sajikan dengan jumlah kata yang banyak untuk setiap artikel, agar pelung diterima lebih besar.

Boleh jadi anda memiliki jumlah artikel yang banyak namun jumlah kata setiap artikel sangat sedikit, ini bisa terjadi karena artikel didominasi oleh gambar atau video sedangkan kandungan kata dalam artikel tersebut sangat sedikit.
Tips, Anda tidak dilarang memasukan gambar atau video sebanyak-banyaknya tergantung kebutuhan namun ingat gambar dan video yang dimasukan harus diimbangi dengan jumlah kata yang memadai agar blog anda dianggap kaya informasi sehingga lebih informatif.

3. Blog Anda masih baru dan masih dalam tahap renovasi

Penyebab berikutnya, blog anda masih dianggap baru, bisa jadi blog anda usianya masih sangat muda, dan mungkin blog anda dianggap masih dalam tahap renovasi dan belum selesai 100%,  ini bisa diidentifikasi dari tampilan menu yang masih tidak memiliki link atau ada sebagian menu yang belum digunakan, atau anda masih mengotak-ngatik template anda.
Tips, sebaiknya jika ada menu yang belum digunakan didalam template blog anda, lebih baik dihlangkan saja, kemudian ketika saat mendaftar jangan sekali-kali memodifikasi template agar tidak dianggap masih dalam tahap renovasi dan belum fix 100%. blog masih baru bukan satu-satunya alasan ditolaknya google adsense, karena banyak yang membuktikan blog usia 1 minggu terbukti bisa diterima.

4. Navigasi blog yang kurang jelas

Berbicara mengenai navigasi berarti erat kaitannya dengan membuat pengunjung mudah menemukan artikel yang dicari, beberapa hal yang berkaitan dengan navigasi blog adalah sebagai berikut:

a. Navigasi Menu dan widget

Menu adalah salah satu failitas yang bisa digunakan oleh pengunjung ketika mereka mencari artikel yang mereka butuhkan, tersedianya menu yang informatif yang bisa anda sajikan untuk tiap kategori artikel akan mempermudah pengunjung mendapatkan langsung ke tujuan yang mereka inginkan, sebelum daftar adsense silahkan sajikan menu yang baik, jangan sekali-kali menyajikan menu yang belum terpakai jika ada silahkan anda hilangkan, adanya fasilitas pencarian, kemudian tersedianya dukkungan widget yang dapat membantu pengunjung menemukan artikel pendukung lainnya, misalkan, informasi popular post, kemudian, archive blog, dan juga artikel terkait yang sangat penting sekali.
Tips, Sajikan menu yang baik per kategori artikel, tampilakn popular post, archive blog, artikel terkait dan jangan lupa ada fasilitas pencarian, ingat ini bukan satu-satunya blog anda bisa diterima google adsense, setidaknya ini bisa memberikan peluang lebih besar blog anda agar bisa diterima.

Saya tidak membahas mengenai penyajian halaman seperti privacy policy, contact us dan halaman-halaman serupa lainnya, halaman tersebut harus ada jika blog anda sudah top level domain, namun jika masih blogspot anda tidak perlu menyajikan halaman tersebut, karena tanpa halaman tersebut terbukti banyak yang sukses diterima.

b. Navigasi Konten

Jangan lupa satu navigasi yang harus anda perhatikan adalah navigasi konten, navigasi konten sangat berguna untuk memudahkan para pengunjung untuk mendapatkan point-point penting didalam artikel panjang yang anda buat, navigasi konten dapat anda sajikan dengan membuat artikel postingan secara hirarki, dengan mencantumkan judul dan sub-sub judul yang anda sajikan dengan format Heading, H1, H2, H3, (Heading, subheading dan minor heading)


Saya hanya bisa memberkan tips untuk anda, karena tidak ada ilmu pasti agar bisa diterima google adsense, setidaknya tips tersebut bisa membantu, karena memang adsense tidak pernah merinci satu-persatu persayratan agar blog bisa diterima, namun setidaknya kita bisa mencoba memperbaiki dan memenuhi segala saran-saran yang diberikan google adsense, apapun caranya sebaiknya anda banyak mengambil referensi dari orang yang pengalaman dan pernah diterima google adsense. satu-satunya acuan blog yang harus anda miliki adalah bagaimana cara menyajikan blog sebaik mungkin sehingga bermanfaat bagi banyak orang, dengan begitu pengajuan google adsense anda akan berpeluang lebih mudah untuk diterima.

Demikian artikel sederhana tentang Tips Mengatasi Konten tidak Memadai pada google AdSense, semoga bermanfaat untuk anda, selamat mencoba, semoga anda sukses diterima google adsense.

23 komentar:

  1. Wah makasih Gan sudah berbagi ..
    bermanfaat banget Gan ...

    ReplyDelete
  2. Pastinya artikel ini sangat bermanfaat sekali ya mas bagiu kalangan yang menggunakan iklan adsense, tapi saya belum pernah daftar adsense mas.. hehehe
    jadi cuman bisa nyimak doang..

    salam kenal dari saya ya mas Didin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya, salam kenal mas wiki, bisa dicoba mas, siapa tau rezkinya :D

      Delete
  3. membuat artikel yang mengandung 1000+ kata memang lah sulit, tapi jika niat mah gakerasa ya mas? kaya blog mas ini, panjang-panjang katanya. banyak juga blogger pemula memulai ngblog cuman mikirin duitnya ya,, untung saya engga begitu.. :).
    ohh iya kalo ada waktu mampir ya mas, http://blogembelz.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diawal memang sulit mas, tapi semakin sering, sepertinya semakin enjoy, bisa docoba, yang penting jangan mudah bosan

      Delete
  4. Salam kenal mas admin blog Strukturkode...setelah saya membaca artikel di atas, ternyata salut banget jumlah kata yang terbentuk banyak banget dan berisi. Oh iya, kayaknya di dalam artikel mas admin masih ada yg kurang dan izinkan saya untuk memberikan saran....pada point 3 sebenarnya untuk template waktu mas admin daftarkan blog struktur kode ke adsense itu pake template bawaan blogger/modifikasi dari para blogger lainnya??? sebab terkadang terkait dengan template blog yg akan didaftarkn ke adsense banyak para blogger yang bingung, bahkan terjadi pro-kontra dan ini juga sering ditanyakan oleh para blogger new bie seperti saya..mohon penjelasannya mas, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas atas masukannya,
      Memang banyak yang menyarankan untuk menggunakan template bawaan blogger, saya kira itu bukan faktor satu-satunya, menurut saya pribadi yang jelas yang harus benar-benar lebih diperhatikan adalah orisinalitas konten dan panjang pendeknya konten, semakin ori, panjang dan informatif bagi pembaca itu akan lebih baik

      karena dari beberapa informasi yang saya dapatkan, baik itu template bawaan blogger maupun template modifikasi, dua-duanya memiliki peluang yang sama, bahkan saya sendiri ketika mendaftar menggunakan template hasil modifikasi.

      Delete
    2. OKe terimakasih mas Didin, ini saya juga lagi belajar-belajar menulis artikel seputar pertanian dengan panjang konten di atas 1000 kata, dan ternyata betul barangkali yg dimaksud google AdSense terkait konten tidak memadai itu disebabkan karena artikel yg terdiri dari kata-kata yang sedikit+tidak informatif. Thanks mas Didin, yg telah menambahkan wawasan kepada saya...

      Delete
  5. Bro dulu aku punya akun adsense namun di banned katanya klik tidak valid,, padahal aku tau betul gimana aturan GA akan hal itu. aetelah mengajukan banding namun tetap di tilak akhirnya aku udahin tuk mempeerjuangkan akun yang udah dapet ssekitar $45 itu. Nah sekarang lgi nyoba daftar pake blog baru,, pengunjung udah 1000-1500 tpi ga di accep juga, menurut kamu gmn bro. tolong review blogku yah di http://bhelagu.blogspot.com. klo udah tolong kasih masukan bro, sms ajah ke 08983008297

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konten kurang memadai bro, artikel dengan jumlah kata sangat sedikit, biasanya sulit diterima ads bro...saya lihat blognya masbro tentang kunci lagu sepertinya jumlah kata artikelna sangat dikit kali bro...

      Delete
  6. hebat 1013 kata yang ada di artikelnya mas didin, saya termasuk orang yang sering menerima pesan itu dari adsense, ada yang menyarankan buatlah artikel 3000 Karakter sadah saya coba dan hasilnya sama.

    dan saya baru menemukan trik baru untuk mendaftar adsense dengan 1000 atau 1500 kata dari blognya mas didin, kalau di jumlahkan ke karakter, pembuatan artikel 1000 s/d 15000 kata itu berkisar 7000 s/d 11.000 karakter, akan saya terapkan di blog baru saya.

    Thanks Mas salam kenal

    ReplyDelete
  7. Bantu saya mas ? saya udah nyoba terapkan cara diatas diblog saya yang lain, trik ini memang mantap saya gak nerima pesan balasan dari adsense yang dalam isinya terdapat kata-kata konten tidak memadai. tp sekarang berbeda jadi ini

    Situs belum mematuhi kebijakan Google: Saat ini kami tidak dapat menyetujui permohonan AdSense Anda karena kami merasa bahwa situs Anda belum mematuhi kebijakan Google AdSense atau pedoman mutu webmaster. Sasaran kami adalah memberikan pengiklan kami situs yang menawarkan konten bermakna, menerima kunjungan organik, dan memungkinkan kami menayangkan iklan yang ditargetkan dengan baik kepada pengguna. Kami meyakini bahwa saat ini situs Anda tidak memenuhi kriteria ini.

    minta saranya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berkaitan dengan kebijakan, bisa jadi ada artikle yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan rentan pelanggaran hak cipta, misal download software, film, article mengandung gambar yang memiliki hak cipta, artikel copypaste, artikel yang berbau dew@sa, ob4t, h*ck, temb4kau, r0ko dll


      pedoman webmaster salah satunya bisa jadi disebabkan karena terdapat link baik link keluar maupun internal link yang menggunakan anchor dengan kata kunci yang terlalu berlebihan.

      Delete
  8. Mas Didin, Sebelumnya terima kasih Untuk balasan komentarnya,
    izinkan saya sedikit bercerita untuk blog yang saya daftarkan ke adsense.
    blog yang saya pakai tidak berkategorikan seperti di mas.

    saya tidak memakai poto, untuk artikel copy paste sebelum saya publis saya pakai tool ini smallseotools plagiarism-checker ,

    jika persentasenya menunjukan 100% artikel baru saya publish, setelah di publish dan sudah terindex saya pakai copyscape dan hasilnya tidak terdeteksi duplikat konten.

    oh iya mas, ada juga yang menyarankan kalo blog untuk daftar adsense jangan sekali-kali untuk sebar link kemana pun, untuk alasan mencari backlink,
    katanya disarankan hanya share link ke google plus saja, dan hal itu sudah saya terapkan, kira-kira kalo menurut mas benar gak pernyataan seperti itu ?

    maaf jika banyak tanya mas.
    salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas lebih baik seperti itu, mengenai backlink jika kita bisa membangunnya dengan baik ya tidak masalah, backlink dikatakan baik jika bisa kita bangun senatural mungkin, misal mas bikin artikel diforum kemudian artikelnya yang relevan dengan artikel backlink yang dirujuknya, itu tidak masalah, yang jelas jangan membangun backlink dengan teknik nyepam (sebarlink dinama-mana), karena itu potensi terkena penalty besar. dan khusus backlink jangan terlalu berlebihan, slow saja,

      Delete
  9. mas mau tanya ini kan mau saya share ke blog aku biar memperbnyak orang yg tau, biar g dianggap saya hasil copas caranya harus ada sumbernya kan mas... itu dari pyn itu aja kan... ini pnting bnget nih soalnya... kereeen... saya g melanggar kan...

    ReplyDelete
  10. brow udah 6 kali ditolak dengan alasan yang sama nih "Konten Tidak Memadai" padahal rasanya semuanya pernah dicoba deh tolong cek dong apa aja yang salah http://uglycomputerisasi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. blog saya sudah saya daftarkan tapi di tolak terus, iya sih sebagian artikel ada ang copas, tetapi saya copas sambil dengan saya beri kata2 sedikit, apa itu bisa jadi penyebapnya, apabila bisa di perbaiki apa yg harus di perbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti apa penolakannya mas, konten melanggar kebijakan atau konten tidak memadai, jika konten tidak meadai bisa jadi belum banyak visitor atau bisa jadi kontennya masih sedikit.

      Delete
  12. Minimal berapa artikel untuk memenuhi syarat konten mas?

    ReplyDelete
  13. salam kenal mas didin, saya mau minta sarannya donk.
    soalnya pada tahap review kedua muncul iklan sehari saja dan dapat email penolakan konten tidak memadai.
    ini blog saya mas (yadin-87.blogspot.co.id) mohon koreksinya mas kalau ada yang harus diperbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi jumlah konten masih dianggap sedikit, setiap artikel jumlah katanya sedikit

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!