Cara Membuat Blog Agar Mobile Friendly dan lebih SEO - Setelah algoritma terbaru mesin pencari google mobilegeddon resmi diluncurkan pada tanggal 21april 2015, maka untuk menghadapi algoritma terbaru google mobilegeddon tersebut, mau tidak mau setiap blog atau website harus support perangkat mobile (mobile friendly), jika tidak maka tentu akan mempengaruhi rangking halaman di hasil pencarian google menjadi semakin tidak baik, ini merupakan salah satu alasan kuat blog harus mobile friendly, dikarenakan algoritma mobile geddon memasukan faktor mobile friendly sebagai salah satu dari 200+ google ranking faktor terbaru, artinya blog mobile friendly akan lebih SEO dan mesin pencari akan lebih memprioritaskan blog yang support dengan perangkat mobile atau mobile friendly untuk menduduki posisi terbaik di hasil pencarian (SERP), jika kebetulan blog yang anda miliki belum mobile friendly sampai saat ini, maka disarankan untuk segera memodifikasi atau mengaktifkan template versi mobile pada blog anda.

Alasan google meluncurkan algoritma terbaru mobile geddon ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile untuk akses internet, berdasarkan data statistik mereka bahwa sampai saat ini penggunaan perangkat mobile sudah hampir mendominasi perangkat personal computer (PC), sehingga untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik maka google mengeluarkan algoritma mobile geddon, dengan cara ini, sebenarnya secara tidak langsung memaksa setiap webmaster atau pemilik situs web  atau blog agar menyajikan situs atau blog miliknya bisa tampil menjadi bagus di layar handphone atau perangkat mobile lainnya, sehingga situs tersebut bisa lebih menarik, lebih bagus dan keren serta nyaman jika diakses menggunakan perangkat mobile.


Cara mengetahui blog apakah mobile friendly atau tidak ?

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek apakah laman web blog yang anda miliki sudah mobile friendly atau belum, salah satu cara yang cukup efektif untuk mengetahui template blog yang anda gunakan sudah support versi mobile atau mobile friendly atau belum anda bisa  menggunakan tool gratisan yang sudah disediakan oleh google  yang dibuat khusus untuk mengecek situs mobile friendly, dengan memasukan alamat url blog anda anda bisa mengtahui mengenai situs anda apakah sudah support versi mobile atau belum. jika diketahui bahwa blog anda belum support mobile friendly maka anda harus segera memperbaikinya.

Ciri-ciri template blog mobile friendly

Berikut adalah beberapa ciri-ciri template blog anda sudah mobile friendly
1.  Blog yang sudah mobile friendly akan di beri label Mobile Friendly di hasil pencarian google yang yang menggunakan perangkat mobile.
Untuk saat ini jika anda kebetulan menggunakan perangkat mobile seperti misalnya hp, tab atau perangkat mobile lainnya untuk melakukan pencarian google, maka jika anda menemukan label mobile friendly di hasil pencarian, berarti itu menandakan situs atau blog tersebut sudah support perangkat mobile dan sudah memenuhi algoritma mobile geddon. tidak jika sebaliknya.

2.  Tampilan blog atau situs yang support mobile friendly akan bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkat mobile yang digunakan
Tampilan blog mobile friendly akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat mobile, sehingga anda tidak perlu scroll secara horizontal kekiri dan kekanan.

3. Ukuran text bisa dibaca tanpa harus memperbesar halaman, kemudian ukuran gambar dan menu dapat menyesuaikan dengan lebar layar dari perangkat yang digunakan.

4. Jika di cek menggukanan tool google mobile friendly, didapat informasi "Bahwa blog yang anda gunakan support mobile friendly"

Cara membuat template blog agar mobile friendly dan SEO

Apapun yang anda lakukan untuk mengatahui template blog anda apakah mobile friendly atau belum, kemudian anda mendapatkan informasi bahwa template  blog yang anda gunakan kebetulan tidak mobile friendly maka cara berikut bisa anda lakukan untuk membuat agar template blog anda mobile friendly dan lebih seo:

Cara 1: Dengan Mengaktifkan Laman versi seluler yang disediakan oleh blogger

Cara ini merupakan cara termudah membuat blog menjadi mobile friendly, caranya adalah dengan mengaktifkan fasilitas laman seluler default yang sudah disediakan oleh blogger itu sendiri, cara ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan template blog yang tidak responsive, dengan cara ini anda tidak perlu repot-repot harus memodifikasi template blog anda menjadi responsive, cukup dengan mengaktifkan versi seluler bawaan blogger maka template blog anda akan menjadi mobile friendly, untuk mengkatifkan template blog mobile friendly bawaan blogger langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan anda masuk ke akun blogger anda

b. Pilih blog anda, kemudian pada bilah menu samping kiri, pilih menu tampilan atau template, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:


mengaktifkan template blog selular pada blog

c. pada tampilan template seperti gambar diatas, silahkan anda klik tombol bergambar roda gigi yang terletak dibawah tampilan pratinjau seluler, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:

Cara mengaktifkan dan memilih template blog seluler bawaan blogger

d. Pada gambar diatas silahkan anda pilih "Ya, Tampilan template seluler di perangkat seluler", kemudian pada pilihan Template seluler, anda bisa memilih template yang tersedia, awas jangan memilih Khusus karena pilihan itu hanya untuk template yang sudah responsive, jika sudah jangan lupa tekan tombol "Simpan".

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil mengaktifkan template seluler bawaan blogger untuk blog anda, dengan cara ini sekali lagi anda tidak perlu memiliki template blog responsive, karena semuanya sudah diataur oleh blog itu sendiri.

Cara 2: Dengan menggunakan template blog responsive

Sebelumnya barangkali anda pernah mendengan atau bahkan sudah mengenal mengenai template blog responsive, Ya template blog responsive adalah template blog dimana tampilannya bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang menggunakannya, template blog responsive merupakan template blog seo friendly, namun tetap ketika anda menggunakan template blog responsive maka anda harus mengaktifkan template blog tersebut agar bisa diakses dan aktif ketika blog di akses menggunakan perangkat mobile, untuk mengaktifkan template blog responsive pada blog anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan anda masuk ke akun blogger anda

b. Pilih blog anda, kemudian pada bilah menu samping kiri, pilih menu tampilan atau template, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:


cara membuat laman menjadi mobile friendly

c. pada tampilan template seperti gambar diatas, silahkan anda klik tombol bergambar roda gigi yang terletak dibawah tampilan pratinjau seluler, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:

Cara mengaktifkan template responsive blog

d. Pada gambar diatas silahkan anda pilih "Ya, Tampilan template seluler di perangkat seluler", kemudian pada pilihan Template seluler,  silahkan anda pilih khusus kemudian simpan.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil mengaktifkan template blog responsive pada blog anda.

Untuk cara ini ada beberapa blogger yang menyarankan untuk memilih "Tidak, tampilkan template seluler pada perangkat seluler", jika anda memilih cara tersebut saya kira kurang efektif karena akan menyebabkan perintah-perintah yang berkaitan dengan kode template untuk seluler pada blog yang anda gunakan yang mungkin diperlukan untuk kemudian hari akan menjadi tidak aktif.

Oleh karena itu maka pilihlah pilihan "Ya tampilkan template blog seluler pada perangkat seluler" kemudian pada pilihan "Pilih template seluler" silahkan anda pilih "Khusus", dengan cara ini template blog responsive yang anda gunakan akan semakin dinamis, artinya template blog anda akan mengenal perintah-perintah kode template untuk seluler sehingga akan lebih mudah untuk memodifikasinya.

Demikian artikel sederhana tentang  Cara Membuat Blog Agar Mobile Friendly dan lebih SEO, dengan cara tersebut akan membuat blog anda yang tadinya tidak mobile friendly akan menjadi mobile friendly  sehingga akan tampil bagus di layar ponsel dan selain tampilan blog anda semakin menarik, bagus dan keren, juga akan semakin SEO , selamat mencoba.

20 komentar:

  1. Lengkap dan akurat sekali toturialnya mengenai website mobil FRIENDLY

    Singgah juga ya ke blog anehttp://www.bloggingtips.ga/2015/09/website-mobile-friendly-responsif.html

    ReplyDelete
  2. Mas mau tanya agar tampilan blog itu sesuai dengan tampilan layar otomatis, gmna caranya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 alternatif, menggunakan template responsive dan membuat sendiri dengan mengatur template yang belum responsive.

      Jika mas sudah menguasai css, tentu akan sangat mudah sekali, tinggal menyesuaikan dengan perintah tag pada scriptnya, dan biasanya antra blog yang satu dengan blog lainnya tentu akan berbeda tergantung struktur kode template yang digunakan.

      coba mas cari cara membuat template blog responsive.

      Delete
  3. Saya pilih tidak tampilkan template seluler pada perangkat seluler sebab saat saya pilih ya justeru tulisan pada postingan tidak terbaca saat diakses melalui HP. Apakah punya solusi untuk mengatasinya ?

    ReplyDelete
  4. Wah sangat membantu mas informasinya. Ternyata pemasangan template diblog bukan hanya untuk mempercantik web saja. Melainkan harus di fikir matang-matang terlebih dahulu agar lebih mudah akses web entah memakai komputer atau Ponsel.

    ReplyDelete
  5. terimakasih bang. sangat bermanfaat infonya gan.. punya saya sekarang sudah mobile friendly..

    ReplyDelete
  6. Saya mau tanya bang. ada cara buat menu bar muncul di tampilan hp gak? Jadi, saya sudah memilih ya dan khusus, tapi pas dibuka di HP tampilan menu barnya tidak terbaca, hanya ada kotak saya. Akibatnya pengunjung tidak bisa melihat menu apa saja yang ada....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo default blog memang normal seperti itu, jika agan pingin tampil menu sesuai dengan yang diinginkan agan harus modifikasi templatenya, perlu kemampuan CSS dan html +javascript untuk membuatnya.

      jika tidak mau repot agan bisa cari template mobile friendly atau template responsive

      Delete
  7. ass...makasih atas infonya mas didin...mau tanya..saya kan pake template bawaan blogger, di home pagenya emang seluruh artikelnya muncul ya mas maksudnya judul sama keseluruhannya tampil, tidak seperti judul artikel yang ada isinya dikit ituh..terus bisa dirubah gak mas seperti tampilan di home page seperti punya mas didin, mohon masukannya mas..trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa dibatasi mas dengan jumlah tertentu, coba masuk ke menu tata-letak/layout pada area layout di bagian main silahkan edit, pada dialog yang muncul di bagian jumlah posting di halaman utama, silahkan masukan angka misal 5, maka di halaman utama akan ada lima yang ditampilkan selebihnya bisa menekan tombol next.

      Kalo ingin muncul hanya title dan sedikit text mas bisa cari "cara membuat auto readmore" mas bisa terapkan di blog mas.

      Delete
  8. artikel yang bagus, ijin tanya gan kenapa ketika saya aktifkan template khusus diversi mobile, artikel saya kosong/ tidak bisa dibuka ditampilan mobile, terimaksih dulu gan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya template blog agan bermasalah, coba gunakan template yang lain siapa tau berhasil.

      Delete
  9. Contentnya mana kok gak ada cuma subscribe, tp saya lihat di page source konten ada, ada yg salah dengan penataan scriptnya blog ini.

    ReplyDelete
  10. tapi kak didin saya memilih template "khusus" dan ternyata tetap SEO Friendly kok dan load nya juga galama...?

    ReplyDelete
  11. Bagai mana caara membuat template responsive? buat newbie kaya sya\

    ReplyDelete
  12. maaf mas didin saya merasa template khusus tidak mobile friendly karena iklan di dalam gatget akan menghilang . lebih baik membuat template responsive . tapi satu pertanyaan saya mas didin ini blog yang sudah terkenal dengan SEOnya . dan hampir semua artikel yang buat mas didin menarik kenapa tidak membuat template mobile friendly saya uji ketika saya memperkecil template di blog malah tidak responsive kenapa mas didin memilih untuk mengunakan template ini ketimbang template yang responsive . saya jadi bingung , mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung templatenya sepertinya gan, kadang memilih template khusus yang muncul masih template mobile bawaan blogspot, seharusnya yang muncul tampilan responsive template yang bersangkutan.

      ada yang perlu disesuaikan ditemplatenya jika yang muncuk bukan tampilan responsive template ybs.


      Template ini sudah mobile friendly mas, memang sengaja tidak akan ada pengaruh jika hanya layar browsernya yang dikecilkan, karen dengan hanya mengecilkan layar bowser tidak mewakili akses mobile,

      jika ingin melihat template mobile friendly silahkan du url artikel,ujungnya pake ?m=1

      misal:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/06/cara-membuat-blog-agar-mobile-friendly.html?m=1

      kemudian kecilkan layar browsernya, maka akan kelihatan bedanya.

      Delete
  13. saya menggunakan template hasil download yang sudah SEO apakah bisa diedit tampilan mobilenya

    ReplyDelete
  14. gimana cara bikin kolom komen kayak gini gan??

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!