Blogger tukang copy-paste sampai saat ini tidak ada habis-habisnya, cara apapun akan mereka tempuh untuk mendapatkan artikel orang lain, tujuannya tentu saja karena didalam diri mereka punya jiwa pemalas dan barangkali masa kecil tukang kopi paste kurang didik dengan baik sama orang tuanya terutama mengenai pendidikan agama dan mengenai etika, sehingga hati, pikiran dan jiwa mereka kurang menghargai orang lain, dan biasanya tukang kopipaste kurang kreatif, serta malas untuk berfikir.

Untuk saat ini blogger yang baik yang suka bekerja keras, yang rajin menulis artikel hasil dari berfikir sendiri dari pemahaman yang mereka dapatkan dari banyak membaca, sepertinya jangan terlalu mengkhawatirkan blogger tukang copy paste, karena mesin pencari sekelas google sudah menyediakan fasilitas pengaduan khusus (Google DMCA Notice) untuk melaporkan segala bentuk dugaan pelanggaran, itu dikarenakan google sangat membenci pihak yang terang-terangan kurang menghargai atau melanggar segala hal yang berkaitan dengan hak atas kekayaan intelektual / copyright salah satunya adalah tindkan copy paste.

Cara melaporkan artikel Copas ke google DMCA

Jika anda menemukan artikel anda di-copy paste oleh blogger lain maka segeralah laporkan blog tersebut ke google CMDA Notice, yaitu dengan masuk ke halaman pengaduan khusus google dmca-notice, dan anda laporkan url-url blog tukang copas yang berisi artikel hasil kopi paste dari blog anda. cara lengkapnya anda bisa melihat di artikel berikut:
Cara melaporkan Pencurian artikel (Copy-paste) ke google DMCA
Ketika dilaporkan anda harus menyertakan daftar url blog tukang copas yang berisi konten hasil copy paste dari blog tukang copas, dan juga artikel asli blog anda yang di copas oleh blog tersebut, laporan akan direspon sampai dengan 3x 24 jam dari laporan anda dibuat.

Apa yang Akan terjadi pada blog tukang copas yang dilaporkan ke google DMCA

 ketika anda selesai melaporkan blog tukang copas ke google DMCA-notice, google akan secepatnya merespon laporan yang anda buat, dan jika laporkan anda yang dianggap kurang yang harus anda lengkapi maka google akan mengirimkan email ke anda agar segera anda penuhi kekurangannya.

Lantas bagaimanakah jika laporan tentang pencurian artikel copas berhasil ditanggapi oleh google, berikut beberapa hal yang akan dilakukan google terhadap blog si tukang copas terkait laporan yang anda adukan:

1. Pemilik blog tukang kopas akan mendapatkan email peringatan dari google mengenai laporan pelanggaran dan diminta harus memperbaiki atau merubah artikel blog atau konten yang dianggap melanggar, selain itu artikel-artikel di blog tukang copas hasil dari copy-paste yang anda laporkan tersebut akan dikembalikan ke draft, sehingga artikel tersebut jika dicari di google akan menghasilkan page not found 404, itu artinya artikel hasil copas tersebut sudah ditindak lanjuti oleh team google.

2. Artikel blog akan dihapus, Jika blog tersebut di laporkan, maka google akan menandai blog tersebut dengan bendera blog pelanggar, jika saja blog tersebut masih melakukan hal yang sama, maka google akan melakukan hal serupa, jika masih tetap memaksakan untuk menerbitkan artikel, maka google akan menghapusnya secara manual.

3. Blog si tukang kopas akan dihapus.
Semakin banyak laporan pelanggaran yang diterima oleh google terkait pelanggaran yang selalu dilakukan oleh sipemilik blog tersebut, maka jika ini terjadi resikonya jika blog tersebut berfaltform blogspot, blog tersebut akan dihapus dari peredaran dunia maya, namun jika blog tersebut bukan blogspot, maka akan deindex atau akan sulit ditemukan dimesin pencari.

Selain dilaporkan Sebarkan situs blog tukang kopas agar diketahui umum

Agar memberikan efek jera pada si tukang copas, sebarkan situs blog tukang kopas di forum-forum online atau di group-group blogger, ingat jangan memakai link hidup, bisa saja blog ada para blogger yang sama di copas artikelnya namun tidak tau, agar mereka lebih mengetahui dan melaporkan jika terjadi hal serupa dengan artikel miliknya, dengan begitu reputasi blog tersebut dan juga pemiliknya akan semakin hancur dimata para blogger, dan juga yang lainnya.

Contoh informasi yang bisa anda sebar:

Hati-hatiah dengan daftar blog tukang copas di bawah ini, bisa jadi artikel anda juga di copas
contoh1.blogspot.com
contoh2.blogspot.com
...
...
contoh3.blogspot.com
....
....

Oleh karena itu jika anda memiliki daftar blog tukang copas, silahkan sebarkan informasi agar yang lain tau, dan bisa antisifasi jika ada artikel mereka yang ikut di curi, biar mereka juga segera melaporkan.

Kesimpulan

Untuk tukang kopas, jangan anggap bisa mengelabui google, saya banyak menemukan artikel hasil kopi paste diubah tanggal penerbitannya seolah-olah artikel hasil copas tersebut lebih dulu terbit dari artikel aslinya, meskipun anda akali seperti itu, jika dilaporkan tetap saja google akan bisa membedakan mana artikel yang lebih dulu terbit, karena tanggal asli penerbitan ada dibalik layar yang bisa google identifikasi.

pemilik Artikel copas juga sebaiknya hati-hati meskipun anda meletakan link sumbernya, belum tentu artikel tersebut aman, jika saja pemilik artikel asli tidak mengizinkan dan melaporkan artikel anda, maka bukan keuntungan yang akan anda dapatkan.

Memiliki blog dengan artikel hasil kopi-paste seperti memiliki blog dengan bom waktu, tiba-tiba bisa meledak dan porak poranda hancur reputasinya dimata mesin pencari, jadi berfikirlah dua kali untuk memelihara blog hasil copy paste, jika tidak usaha kerja keras anda melakukan copy paste yang anda anggap mudah akan berakhir dengan kerugian.

Jika anda ingin sukses dan kreatifikat anda bertambah, berhentilah untuk melakukan copy paste bekerja keraslah, karena orang sukses diawali dengan kerja keras, orang sukses dengan cara-cara yang tidak benar akan berujung pada kerugian.

20 komentar:

  1. Setuju dengan kesimpulan artikel di atas pada paragraf pertama sudah terbukti Google lebih cerdas.. Terimakasih ya mas didin atas artikelnya di atas. Saya punya pengalaman mas, mungkin ini juga untuk pengelola blog atau situs yang sudah atau belum memperoleh akun adsense. Kemaren di salah satu blogspot saya ada artikel asli yg saya posting dicopas total oleh blog lain yang memiliki akun adsense. Saya kemudia melaporkan blog tersebut tidak melalui DMCA, tapi langsung saya laporkan ke Google tentang pelanggaran hak cipta dengan mengisi formulir di >>>https://support.google.com/adsense/contact/violation_report///////////, dan alhamdulillah laporan saya ditindaklanjuti Google, dan ternyata akun adsense orang yang copas artikel saya itu akun adsensenya lenyap seketika..gak tahu tuh dah dibanned Google atau apa. Sebagai saran untuk teman2 yg merasa artikelnya dicopas habis-habisan oleh blogger lain, ayo laoprkan langsung ke > https//support.google.com/adsense/contact/violation_report, dijamin langsung dibanned akun adsensenya. selamat mencoba. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informasi yang sangat bermanfaat mas, thanks atas infonya mas, memang untuk memberikan efek jera jalan terakhir ya harus kita laporkan, agar mereka bisa menjadi blogger yang lebih baik.

      Delete
  2. Orang yang sedikit kreatif bisa saja edit dan ambil pokok penting dari tema dan isi posting,tapi dasar nya orang malas ya malas,,sudah tabiat!!!,orang semacam ini (copas) biasa nya tidak akan pernah maju, karena rasa kreatifitasnya dangkal..Sukses selalu struktur kode...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Sangat sangat setuju gan, dulu saya juga copas tpi sekarang udah tobat karna blog yang saya copas udah mati.

    ReplyDelete
  5. Blog saya di copy paste dan sekarang malah beberapa postingan ungulan saya hilang dari SERP, Saya sudah laporkan ke google tapi belum ada tanggapan. Karena terlalu banyak yang sudah di copy dan yang blogger mengcopy juga jumlahnya tidak sedikit. Trafik saya perlahan turun. Apa yang harus saya lakukan mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dampak copas memang merugikan gan,
      kalo saya jika masih belum di respon saya submit ulang setiap seminggu sekali.

      oh ya kalo yang dikopas banyak lebih baik sedikit-sedikit aja gan laporinnya.

      Delete
    2. memang kenapa mas kalau langsung sekaligus laporannya..

      Delete
    3. Banyak yang menyrankan seperti itu mas, bisa menandakan bahwa si pelaku melakukan tindakan yang sama secara bertubi-tubi.

      Delete
    4. Sama mas punya saya juga satu lebel di Copy Paste kurang lebih 107 atau lebih artikel yang di copy paste... bahkan tanpa edit sedikitpun..
      Oh ya dimana alamat cek artikel yang dilaporkan sudah di respon.. ?? terimakasih

      Delete
    5. @Azzahra Assyifa:
      hati-hati gan disadap, pastikan seting feed dibatasi.

      tidak akan ada pemberitahuan namun, biasanya akan ada notifikasi peringatan ke si pelaku. artikel sipelaku hasil kopas akan kembali ke draft diminta untuk diubah atau dihapus.

      Delete
  6. Terimakasih Gan penjelasannya... Saya sempat marah.. Masa Blog saya Satu Lebel Di Copas semuanya.. Pantesan Trafik Blog saya menurun.. Minta saranya Bang Didin apa yang harus saya lakukan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Azzahra Assyifa:
      hati-hati gan blognya disadap, pastikan seting feed dibatasi.

      laporkan saja.

      Delete
    2. Maksud ini apa ya Mas "pastikan seting feed dibatasi"

      Delete
    3. Untuk lebih lengkapnya agan bisa baca disini:
      https://strukturkode.blogspot.co.id/2015/03/memperpendek-rss-feed-blog.html

      Delete
  7. Wah benar sekali ini mas,
    saya adalah salah satu korban dari sii tukang kopas, blog untuk usaha saya juga di copas isi konten nya mas, sakitnya tuh disini mas :-( :-( :-(
    Silahkan mampir ke blog saya yang jadi korban copas mas di http://dutaserviceac.com/

    ReplyDelete
  8. Hai Mas Didin, saya menemukan sepuluh blog yang copas artikel yang saya buat. Masalahnya adalah cara kerja blog tersebut berbeda-beda, seperti Merubah judul Dan Gambar, melakukan AGC tapi cuma dapat 4 baris. Apakah blog seperti ini masih dapat dilaporkan apa tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kemiripannya tinggi laporkan saja mas, kemudian untuk Blog yang hanya 4 baris ya itu biasanya di agc dari feed, blog seperti itu tidak akan pernah menang bersaing mas, kalo mau, laporkan saja mas biar di libas habis, karena termasuk blog sampah yang seharusnya tidak ada.

      Delete
  9. ane juga jadi korban copy paste... lelah rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi ane gan, selain dicopas, di agc ada juga yang melakukan contentcrapper, setiap kali postinga, muncul di blog mereka, memang kadang malas

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!