Twitter memang sangat berbeda dengan facebook, facebook lebih dikenal dengan istilah media sosial, sedangkan twitter lebih dikenal dengan istilah jaringan informasi, meskipun beda istilah namun keduanya memiliki persamaan dan juga perbedaan yang cukup banyak, perbedaan yang signifikan terutama untuk istilah-istilah yang sering digunakan di dunia twitter, istilah twitter ternyata sangat jauh berbeda dengan facebook, jika banyak orang lebih kenal dengan istilah-istilah facebook namun beda halnya di twitter, untuk menggunakan twitter setidaknya kita perlu memahami terlebih dahulu istilah-istilah yang sering digunakan di twitter, jika tidak maka anda akan sedikit kebingungan ketika pertama kali menggunakan twitter.

Sebenarnya ada cukup banyak istilah di twitter yang harus anda pahami terlebih dulu, terutama berkaitan dengan nama istilah dan juga fungsi atau kegunaannya untuk masing-masing istilah tersebut, jika anda ingin memahami istilah-istilah twitter lebih dalam anda bisa baca di artikel yang pernah saya buat tentang mengenal kode dan istilah twitter, anda akan banyak sekali mengenal istilah twitter yang bisa anda praktekan, namun diartikel kali ini saya akan coba membahas mengenai istilah Mention yang sering digunakan di twitter.

Mengenal Apa arti mention pada twitter?

Dari banyaknya istilah twitter, ada satu istilah yang sering sekali digunakan di dunia twitteran istilah tersebut adalah mention, Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai penggunaan mention, ada baiknya kita tau apa itu mention ?
Mention adalah menyebut nama pengguna twitter lain yang kita letakan di tweet atau status yang kita buat (menyapa), caranya  dengan menggunakan nama alias pengguna twitter yang ingin kita panggil tersebut biasanya diawali dengan karakter @, tujuanya adalah agar status atau tweet yang kita buat bisa muncul di wall status orang yang disebut tersebut sehingga orang tersebut bisa mengetahui dan memungkinkan untuk berpartisifasi.

Contoh:
Misal saya ingin membuat status atau tweet di twitter, status saya tersebut ingin dikethui juga oleh si Abdul, dan si Udin kebetulan si abdul punya nama alias twitter @abdul, dan si udin nama alias twitternya adalah @Udin, maka status atau tweet yang harus kita buat agar Abdul dan udin bisa melihat status tersebut, kurang lebih seperti dibawah ini:
Bersama @Abdul dan @Udin bakar ikan sambil menikmati secangkir kopi! mantap

Dengan membuat status seperti diatas maka secara tidak langsung status yang kita buat tersebut akan ikut muncul juga di wall halaman twitter Udin dan juga Abdul, dan mereka dapat membacanya juga, sehingga mereka bisa ikut berpartisifasi.


Cara Mention dengan menyertakan link aktif di twitter

Status atau tweet yang kita buat di twitter, selain berisi hanya text bisa juga kita lengkapi dengan gambar / foto, mention (@) juga discover (#), selain itu status di twitter juga bisa dilengkapi dengan Link yang memungkinkan untuk di klik orang, ini biasanya sering digunakan untuk upaya promosi sehingga pengguna twitter yang membaca status tersebut bisa mengklik link yang kita sertakan didalam status twitter yang kita buat.

Ketika anda memutuskan untuk menyertakan link didalam status atau tweet yang anda buat, anda juga harus memikirkan jumlah kandungan karakter status yang akan anda buat, itu dikarenakan twitter hanya membatasi 140 karakter saja untuk setiap status, oleh karena itu kita harus mengupayakan bagaimana sebuah link yang panjang bisa disingkat namun tetap bisa menuju halaman situs yang dimaksud.

Langkah efektif untuk membuat mention dengan menyertakan link aktif di twitter adalah sebagai berikut:

1. Sediakan link url yang akan anda share di twitter, misal:
http://strukturkode.blogspot.com/2015/05/cara-menghapus-artikel-postingan-blog.html
URL pada umunya panjang bukan, url tersebut yang akan anda share di twitter sebaiknya di perpendek dengan bantuan tool untuk memperpendek url.

2. Perpendek url, anda bisa menggunakan tool tool gratisan yang banyak tersedia di internet, salah satu yang bisa anda gunakan adalah situs http://4shorturl.com/, silahkan masuk ke situs shortened url  tersebut, kemudian kopikan alamat URL yang ingin diperpendek dan tekan tombol "Shorten", anda tinggal kopi url hasil shorten yang sudah dijadikan pendek.

Misal untuk url diatas jika diperpendek kurang lebih akan menjadi seperi url dibawah ini:
http://4shorturl.com/NB564
Menjadi pendek bukan,

Anda juga bisa menggunakan tool memperpendek url lainnya yang banyak tersedia di internet, anda tinggal cari di google dengan kata kunci "Shortened URL" maka akan banyak ditapilkan situs-situs untuk memperpendek url anda, silahkan anda pilih sesuai selera.


3. Jika anda sudah memperpendek url yang akan anda share silahkan anda gunakan url tersebut di status atau tweet yang akan anda buat misal seperti tweet dibawah ini:
Panduan belajar blog, @Udin dan @Abdul cek di http://4shorturl.com/NB564
Dengan status diatas anda sudah memberitahu udin dan abdul dan dia juga bisa klik url yang kita masukan.


Demikian tutorial twitter tentang  Cara Mention dengan menyertakan link di twitter, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.