Ini Dia  Batas Kapasitas Blog yang harus anda ketahui - Banyak sekali peyedia jasa layanan blog saat ini, namun yang populer tentu saja blogspot dan wordpress, keduanya bisa dibilang flatform yang sangat populer di dunia internet, selain itu keduanya punya kelebihan dan kekurangan, tapi sampai saat ini saya sendiri adalah pengguna blogspot, meskipun saya tidak tau alasan spesifik kenapa saya memilih blogspot, karena saya awalnya  membuat blog cuma hanya sekedar iseng saja, ternyata menjadi ketahigan, dan pada akhirnya saya sadar ternyata ngeblog itu banyak manfaatnya, oleh karena itu saya lanjutkan mengurus blog yang awalnya tidak terutus ini.

Seiring dengan banyaknya artikel yang saya posting, ada sedikit pertanyaan  yang terlintas dipikiran saya, pertanyaan tersebut mengenai kapasitas blogspot, dari berbagai referensi yang saya dapatkan akhirnya saya menemukan jawabannya dari salah satu artikel google tentang Limit on Blogger, pada artikel tersebut google membahasnya secara lengkap dan cukup jelas mengenai batas blogspot.

Batas kapasitas maksimal dari blogspot

 Limit on Blogger

Pada artikel kali ini saya akan ulas kembali apa yang di uraikan oleh google tersebut mengenai pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan batas kapasitas blogspot, sebagai berikut:


1. Jumlah blog dalam satu akun ?

Sudah banyak yang tau bahwa kita bisa membuat banyak blog dengan hanya satu akun blogspot, namun apakah anda tau berapa jumlah maksimal blog yang bisa kita buat dalam satu akun blogspot?, berdasarkan referensi dari google, ternyata kita hanya diizinkan untuk membuat blog tidak lebih dari 100 blog dalam satu akun, jika kita menghendaki lebih, berarti kita harus membuat akun blog lainnya yang kita buat blog didalamnya dengan jumlah maksimal 100 blog. namun jika dari 100 blog tersebut ada yang tidak dipakai lebih baik kita hapus blog tersebut.
Silahkan baca: Cara menghapus blog mudah dan cepat

2. Jumlah Artikel dalam 1 blog?

Untuk jumlah artikel google sendiri tidak membatasinya artinya kita dapat membuat artikel sebanyak-banyaknya tanpa batas, setiap artikel akan disimpan pada akun blog yang bersangkutan, baik itu artikel yang masih berupa draft atau artikel yang sudah terpublish. jadi kita bisa membuat artikel sebanyak-banyaknya tanpa ada batasan tertentu.

3. Jumlah Komentar untuk 1 postingan ?

Satu artikel postingan bisa memiliki lebih dari 1 komentar, bahkan jumlahnya bisa sangat banyak tergantung dari popularitas artikel tersebut, menurut google jumlah komentar dalam satu artikel tidak dibatasi, sebanyak apapun komentarnya google akan menyimpannya untuk anda tanpa ada batasan komentar.

4. Kapasitas Ruang untuk Gambar?

Jumlah gambar yang bisa ditampung dalam satu akun blog dibatasi sampai 1 GB dari kapasitas keseluruhan, namun jika batas kapasitas sudah habis, anda bisa menggunakan layanan google plush atau google drive, setidaknya anda akan mendapatkan tambahan 15 GB kapasitas gratis dari layanan tersebut.

5. Ukuran Gambar?

Untuk ukuran gambar yang diupload pergambar jika kita menggunakan komputer maka kapasitas gambar yang bisa diupload tidak dibatasi, namn jika menggunakan ponsel atau perangkat mobile, kapasitas gambar yang diupload dibatasi sampai 250K per gambar.

6. Team Member?

Kadangkala 1 blog bisa kita kelola oleh lebih dari satu orang, namun berapa kira-kira batas kapasitas maksimal orang yang bisa gabung menjadi author untuk 1 akun blogspot?, berdasarkan informasi dari google, batas team member adalah 100 orang untuk tiap blog.

7. Jumlah Label?

Ketika kita membuat artikel, label biasanya digunakan untuk mengkategorikan artikel yang kita buat sehingga sangat tersetruktur, menurut google jumlah label yang bisa kita buat untuk satu blog adalah 2000 label, sedangkan satu artikel postingan hanya boleh memiliki atau melibatkan sampai dengan 20 label atau kategori.

8. Jumlah Karakter Deskripsi Blog?

Deskripsi pada umumnya menjelaskan secara singkat tentang blog dan isi blog, dalam mendeskripsikan blog tentunya ada aturan khusus mengenai jumlah karakter dalam deskripsi tersebut, untuk jumlah karakter deskripsi blog adalah sampai dengan 500 karakter saja.

9. Ukuran Halaman

Ukuran halaman dibatasi sampai dengan 1M saja untuk setiap halaman, namun kita harus mewaspadai ketika jumlah postingan sudah sangat banyak, itu bisa mempengaruhi ukuran halaman utama blog anda (Homepage), oleh karena itu sebaiknya kita membatasi beberapa postingan saja dalam halaman utama sehingga kapasitasnya tidak terlalu membengkak, jika kapasitas 1 halaman lebih dari 1M maka akan ada peringatan "006 Please contact Blogger Support."

Demikian informasi yang bisa saya share untuk anda mengenai  Batas Kapasitas Blog yang harus anda ketahui!, semoga artikel ini bermanfaat.


23 komentar:

  1. Kalo gambar 1 GB habis trus gimana mas opo harus hosting ke blog lain atau instagram contohnya.

    mohon boleh link disini acer one 10

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hosting aja gambarnya di blog lainnya

      Delete
  2. Makasih Mas jadi lebih tau tentang batasan pada blog
    Maklum, saya baru masuk ke dunia blogger

    Kunjungi dwimuriridhow216.blogspot.com
    Blog baru, karya sendiri, maaf kalau jelek

    ReplyDelete
  3. menambah ilmu tentang serba serbi blogger ^_^ boleh kunjungi http://myinspiration20.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. trimakasih atas tipsnyaa:) semoga bermanfaat, yukk di kunjungi juga blog pemula saya hehehe

    ReplyDelete
  5. Gmana cara mningkatkan kapasitas smpai dgn 15gb mas? Mhon pncerahannya, trims :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan harus pandai memanfaatkan google drive n google+ untuk upload gambar, kemudian sambungkan dengan blog agan

      Delete
  6. info yang bagus gan.
    jangan lupa mampir di blog saya gan. makasih

    ReplyDelete
  7. kalo batasan jumlah pengunjung online dalam satu waktu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada jumlah batasan pengunjung

      Delete
  8. Saya malah baru tahu dari blog ini mas.. Terimakasih atas infonya. Membuka wawasan seputar blogging.. Main ke tempat sy juga boleh..

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sharingnya, btw apakah benar jumlah posting dalam sebuah blogspot tidak terbatas seperti yang disebutkan diatas, soalnya saya pernah membaca maksimal sebanyak 500 posting...

    Terima Kasih
    by : www.motroad.com

    ReplyDelete
  10. Dalam 1 artikel berapa jumlah maksimal untuk karakternya gan? terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang menganjurkan 1000 kata, itu berarti bisa puluhan ribu karakter... jumlah karakter barangkali tak hingga, lebih panjang lebih mudah dipahami dan informatif itu akan sangat bagus

      Delete
  11. Maksudnya jumlah halaman ga boleh dari 1M itu gimana gan? Bdw 1M itu apa ya?

    ReplyDelete
  12. mas didin saya tanya kalau saya buat artikel dan tiap artikel saya selipkan ganmbar 4 - 5 gambar pergambar ukurannya antara 500 - 600 an KB apakah bisa memebuat penuh hosting di blog saya , sata pakai platform blogspot mas, dan apakah pengaruh juga pada loading blognya , thanks mohon pencerahannya saya new bie mas hehe thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  13. Tidak apa-apa mas tapi harus imbang dengan jumlah kata dalam artikel yang bersangkutan jangan sampai didominasi oleh gambar.

    pastikan gambar yang dimasukan jika bukan jpg di kompress dulu agar kapasitasnya lebih kecil

    ReplyDelete
  14. kalo untuk vidio batasannya berapa ya gan? (newbie)

    ReplyDelete
  15. gan numpang nnya nih itu artikel = postingan kah ? soalnya saya lihat postingan ada yang 10/25/50/100 mohon jawabannya :)

    ReplyDelete
  16. sangat informatif artikelnya gan. bagaimana jika suatu blog banyak pengunjungnya apakah akan menyebabkan blog tsb lelet diakses ? seperti web yg menggunakan hosting dg bandwidth kecil ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betu sekali gan, performa blog sesuai dengan paket hosting yang dipilih, jika bandwith kecil, kemungkinan besar akan down jika trafik membludak

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!