Cara Meningkatkan Google Pagerank Halaman Blog - Page rank adalah istilah lain untuk rangking halaman, atau  sebuah algoritma yang di gunakan untuk menentukan skala  kepopuleran suatu blog/website di mata mesin pencari Google. Page rank sendiri diurutkan menggunakan angka 0 sampai dengan 10. Semakin besar page rank yang dimiliki oleh  suatu blog/website, maka semakin baik juga kepopuleran blog/website tersebut di mata search engine.
Perlu diketahui page rank adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi posisi halaman dihasil pencarian search enggine, semakin tinggi pagerank maka kesempatan halaman blog untuk menduduki peringkat terbaik hasil pencarian akan semakin bagus.

Teknik yang digunakan oleh google untuk mengukur pagerank yang dimiliki oleh sebuah situs salah satunya adalah menggunakan metode link popularity, Link Popularity adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain, berdasarkan konsep link popularity, sebuah halaman akan dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut (backlink). Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
 


Cara meningkatkan google pagerank
Google Pagerank

Cara meningkatkan Google Pagerank ?

Untuk meningkatkan google pagerank caranya terfokus pada backlink yang menuju halaman blog atau website tersebut, dan yang paling baik cepat meningkatkan pagerank adalah tergantung dari kualitas backlink tersebut,sebagai beritut:

1. Sumber backlink

Semakin berkualitas sumber backilink akan memberikan efek baik pula ke halaman yang ditujunya, backlink dari page  dengan  pagerank tinggi akan mempercepat meningkatkan pagerank halaman blog yang ditujunya.

2. Relevansi domain

Backlink bisa kita dapatkan darimana saja namun yang paling baik itu adalah backlink yang bersumber dari situs yang memiliki relevansi atau niche yang sama dengan artikel pada halaman blog kita.

3. Letak Backlink

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menempatkan backlink, bisa di side wide, atau dalm artikel, namun backlink akan dianggap berkualitas jika backlink tersebut letaknya ada didalam artikel postingan, backlink seperti itu dianggap sebagai backlink yang natural dimata mesin pencari, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas yaitu baclink yang diletakan didalam artikel postingan, tentunya ada beberapa cara yang bisa kita tempuh yaitu:

a. Memalui Guest Blogging,

 Kita membuat artikel untuk di publish di blog orang lain dengan persetujuan bahwa sipenulis bisa meletakan backlink didalam artikel tersebut

b. Forum Online,

Membuat thread di forum online dofollow dan meletakan beberapa backlink yang menuju halaman blog kita.

c. Artikel berkualitas

Artikel berkualitas akan mendapatkan kesempatan dijadikan referensi oleh orang, dan biasanya ketika artikel tersebut di kutip, kita akan mendapatkan backlink dofollow yang mengarah kehalaman blog artikel tersebut di ambil, dan pada umumnya peletakan backlink berada di artikel blog.

3. Jumlah Outbound link 

Outbound link atau link keluar yang terdapat dalam halaman blog dimana ada backlink yang mengarah kesitus kita akan menentukan kualitas dari backlink tersebut, semakin banyak outbound link dalam halaman blog tersebut, maka kualitas energi link atau lebih dikenal dengan linkjuice yang menuju kesitus kita akan semaki berkurang. untuk meningkatkan pagerank, link satu arah adalah kesempatan dan pilihan paling baik yang dapat mempercepat meningkatkan pagerank halama.

4. Jenis Backlink

Untuk meningkatkan pagerank blog atau pagerank halaman blog, maka backlink yang harus kita dapatkan adalah backlink dofollow yang berkualitas.

5. Jumlah Page View

Page view atau jumlah halaman tampil sedikit namun pasti pada akhirnya berkontribusi untuk meningkatkan pagerank halaman tersebut, harus dibedakan antara pageview dan visitor, page view adalah halaman tampil sedangkan visitor adalah yang mengunjungi blog, satu pengunjung blog paling tidak akan melakukan page view minimal 1 halaman, page view tidak mungkin ada jika pengunjung tidak ada. semakin banyak pengunjung yang melihat halaman anda, maka pagerank halaman tersebut lambat namun pasti akan meningkat.

6. Jumlah Visitor

Seo salah satu yang berperan dalam menentukan pagerank halaman situs anda, semakin baik seo maka halaman blog akan semakin mudah untuk ditemukan, dampaknya pengunjung blog akan semakin meningkat, semakin banyak pengunjung blog atau visitor maka kesempatan page view yang akan diperoleh oleh blog tersebut akan semakin baik, semakin banyak page view yang menuju suatu halaman blog maka pagerank akan meningkat.



Kesimpulan
Rangking halaman atau pagerank dapat kita peroleh dari backlink yang menuju halaman tersebut, kualitas backlink, sumber backlink serta jenis link, tentu saja yang berpengaruh meningkatkan pagerank suatu blog adalah backling dofollow, dan harus dibedakan antara pagerank dengan google ranking, page rank adalah peringkat yang di berikan google terhadap halaman blog, sedangkan google ranking adalah posisi yang disanding oleh sebuah halaman blog dimesin pencari. yang menentukan pagerank adalah backlink dofollow sedangkan yang menentukan google ranking faktor salah satunya adalah backlink baik itu dofollow maupun nofollow.

Berdasarkan google ranking faktor, pagerank adalah salah satu faktor yang membuat halaman situs menduduki peringkat terbaik dimensin pencari. oleh karena itu sebagai seorang blogger salah satu yang harus kita upayakan adalah meningkatkan pagerank, yaitu dengan cara membangun backlink dofollow berkualitas.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai Cara meningkatkan pagerank di google,blog, website, semoga bermanfaat.

56 komentar:

  1. makasih ya gan untuk infonya

    ReplyDelete
  2. Maaf gan untuk bisa cari backlink yang berkualitas gimana ???
    Mkasih sebelum nya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backlink berkualitas menurut saya sulit gan, caranya agan bisa gabung forum dan membuat artikel disana, atau agan menjadi guest blogging, nanti agan akan dapat backlink, namun untuk mencari blog yang bisa diletakan backlink didalamnya, pake ahrefs juga bisa, atau opensiteexplorer juga bisa, cuma kabenyakan backlink yang dibangun menggunakan teknik NY*P*M, tidak berkualitas sama-sekali

      Delete
  3. Mantabs Gan, ijin menyimak Gan, Maklum baru belajar bikin blog nich
    artikel2nya bermanfaat bgt Gan, ane perlu belajar banyak nich di blog aGan
    BTW mohon masukannya untuk blog yang baru ane bikin, belajar otodidak gan, jadi masih belepotan...hehehe

    antonprananta.blogspot.com

    Thxu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lam kenal gan, thanks atas kunjungannya, semoga artikelnya bermanfaat

      Delete
  4. Perlu kesabaran untuk bisa dapat pagerank :D

    ReplyDelete
  5. makasih infonya, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya sangatbterbantu dengan artikel ini. Baru saja saya ganti web jadi berbayar di thebagonline dot com

    ReplyDelete
  7. mantap sobat, mari saling berkunjung buat backlink bersama > http://www.alifdownload.com/

    ReplyDelete
  8. Salam kenal! Mantap infonya gan, berguna banget bagi yang baru belajar ngeblog. Berbagi backlink, kunbal juga http://www.esharedfiles.ga/

    ReplyDelete
  9. Makasih gan, ulasan agan juga saya terapkan, namun baru-baru ini majalah forbes juga mengulas tentang analisks seo terbaru 2015,, berikut cuplikannya,

    7 Cara Meningkatkan Google Page Rank - TOTALTREN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan infonya, perkembangan seo terbaru harus segera di ikuti sepertinya

      Delete
    2. ane rasain sulitnya dapet PR yg berkualitas, seiring perkembangan jaman n user net di dunia semakin meningkat, semakin langka pula backlink yg bagus... :(

      Delete
  10. Terimakasih gan infonya sangat membantu, maaf ya numpang barang kali ada yg membutuhkan refill toner printer atau service printer bisa langsung di tuju ke link ini http://www.refilltonerprinter.com/ atau http://multitonerindo.com/ serviceprinterblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. weeeiiihhh.. mantap banget informasinya gan..... semakin mengerti jadinya antara pagerank dan traffickrank..... sukses selalu masa........

    salam :
    http://miniblogger28.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. Thanks gan infonya , bermanfaat buat nambah pengetahuan ane :v

    Mampir juga dong : http://ronny-liem98.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. lumayan sulit untuk benar2 mendapatkan backlink yang benar2 berkualitas. backlink yang menurut saya adalah berkualitas yaitu kita membuat postingan di sebuah forum. nah di situ kita akan mendapatkan backling.

    ReplyDelete
  15. Jadi gitu toh caranya, baru tau ane :D Salam Newbie Blogger :D

    Mampir ya gan, ^_^ : http://mushayra-shareall.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. Ternyata seo itu gak gampang ya? banyak cara harus di tempuh, tapi makasi ya mas untuk ilmunya. mampir juga ke blog saya

    ReplyDelete
  17. gan, sebelumnya ane ucapin terima kasih atas sharing infonya
    kalau boleh dikasih pencerahan lebih lanjut untuk poin 3 donk, ane masih bingung :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentang outboundlink gan, link yang agan buat di artikel blog agan tapi jika diklik mengarah ke situs lain, sebaiknya jangan terlalu banyak membuat link keluar diartikel agan, buat seperlunya atau buat jika link tersebut bisa memperkuat artikel agan relevan dengan isi artikel agan misal link ke wikipedia yang membahas materi yang relevan, atau kesitus-situs yang otoritas atau tingkat kepercayaan dimata google baik,

      Delete
    2. oooh, i see gan, paham ane sekarang
      thanks pencerahannya gan :-)

      Delete
  18. Artikel yang menarik gan. Sangat membantu untuk newbie seperti saya. Thanks for sharing ^^

    ReplyDelete
  19. Super good content.. Bagus nih untuk diterapkan diblog baru. Thanks a lot

    ReplyDelete
  20. Mas..bisa minta alamat backlink yang bagus ?

    ReplyDelete
  21. Artikelnya sangat bermanfaat, Silahkan kunjungi website property saya di http://www.rumahb.com
    Semoga website ini tetap jaya dan selalu di peringkat satu google

    ReplyDelete
  22. Tipsnya mantep.. Blognya juga bagus gan, membantu blogger pemula mengembangkan blognya biar bisa ikutan mantap nih. Terimakasih, oia kalo mau mampir saja ke blog saya http://cepithea.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. Mau tanya ni gan, klo pengunjung lebih banyak apa lebih bagus dari back link yg msh ddikit pengunjungnya. Blog ku lbih banyak pengunjungnya dari blog temenku, tp kok di serch google peringkat blog temenku kok di nomer 1 terus ya. Mohon pencerahannya.
    ini blog saya gan
    klubrenang-jogja.blogspot.com
    priosambodho.blogspot.com

    Serch gogle privat renang di jogja / klub renang jogja.
    mksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Target utama adalah pengunjung, yang jelas pengunjung yang lebih banyak itu lebih baik.

      Delete
  24. Terima kasih atas informasinya gan. Gue mau coba cara dari artikel agan "Cara Meningkatkan Google Pagerank Blog atau website". Semoga artikel agan ini bisa membantu web saya banyak pengunjung.

    ReplyDelete
  25. thanks informasi nya gan.. sangat bermanfaat buat ningkatin PR blog ane

    ReplyDelete
  26. owh, berarti backlink berkualitas berbanding lurus dengan pagerank ya gan?

    ReplyDelete
  27. terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat bnget nihh, apalagi saya masih pemula dan baru belajar blog..

    kalau ada waktu jangan lupa kunjungi juga blog punya-ku ya yg masih baru http://www.dyianarousekelom.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. blog ku udah berumur 4 tahun yaitu jejariku.com tapi pageranknya belum pecah telor,, da sering usaha naiki pagerank tp lom pecah juga ckckkcc

    ReplyDelete
    Replies
    1. di 2015 ini Kabarnya pagerank sudah tidak diupdate lagi artinya sudah tidak menjadi tolak ukur yang digunakan google untuk menilai suatu situs atau blog, menerut hemat saya tidak usah fokus untuk meningkatkan pagerank, sekarang era kualitas konten, namun backlink masih berpengaruh.

      Delete
    2. backlink dan konten yang unik yang menjadikan pengunjung tertarik?

      Delete
  29. Makasi tambahan infonya.. oh ya gan mau nanya juga gimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas?

    bagi yang berminat belajar membuat web dan trik seo bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. backlink berkualitas, salah satunya bisa agan dapatkan dengan guest blogging, membuat artikel diterbitkan di blog orang lain yang relevan tentunya dengan persetujuan si pemilik blog dan agan letakan backlink menuju situs agan didalam artikel.

      alangkah baiknya jika blog yang agan gunakan untuk meletakan backlink adalah blog yang memiliki otoritas seperti blog .gov, .sch.id

      Delete
  30. Terimaksih info nya. blog saya udah berumur 2th tapi sepertinya kok masih buruk page range dan seo nya ?

    ReplyDelete
  31. terimah kasih atas pencerahanya, informasi ini membuat saya lebih mengerti bagaimana cara meningkatkan pagerank web saya.. awalnya sich saya ngak ngerti dengan penjelasan2 yang saya baca di web/blog lain, tapi mas menguraikannya dengan baik dan mudah saya pahami..
    kunjungi juga web pertama saya dan mohon kritikannya agar web saya bisa berkembang.
    http://bennyberbagi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya untuk saat ini pagerank sudah mati karena google tidak melakukan update pagerank lagi.

      Delete
  32. web saya juga masih N/A aja neh pagerank di google... numpang promo disini ya mas, kalau ngga berkenan hapus aja... buat yg suka belanja kain, cari kain mampir ya di http://omahkain.com

    makasih admin mas didin...

    ReplyDelete
  33. Kalo buar para master yang tukang bikin blog, linknya biasanya dibagian footer itu termasuk backlink bukan? ane masih cupu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, itu bisa menjadi salah satu teknik mendapatkan backlink, jika agan mampu juga agan bisa menggunakan cara yang sama untuk mendapatkan backlink.

      Delete
  34. Jujur saya belum terlalu mengerti tentang Pagerank, saya dengan kabar kabar nya bahwa pagerank tidak berpengaruh lagi dalam dunia SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, saat ini google tidak lagi melakukan update pagerank. jadi sepertinya sudah tidak berlaku

      Delete
    2. benarkah sudah tidak berlaku lagi mas? Kalau begitu syukurlah, karna cukup sulit untuk mendapatkan pagerank ini, hehee

      Delete
  35. saya sudah berusaha menerapkannya, tapi sepertinya masih belum maksimal...trimakasih untuk penjelasannya ya :)

    ReplyDelete
  36. bagaimana menampilkan google page rank ya ? Soalnya ketika di cek di mypagerank.net data peringkatnya tidak keluar

    Web saya poelsaku.com

    Silakan kunkungi ya

    ReplyDelete
  37. Apakah PageRank Bisa Didapatkan Jika Hanya Mengandalkan Jumlah Backlink? dan meskipun Jumlah Visitor yang tidak Mempuni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. konon pagerank sangat dipengaruhi oleh backlink dofollow, namun sayangnya sekarang pagrank sudah tidak diupdate jadi tidak bertambah juga tidak berkurang. ntah sampai kapan

      Delete
  38. mantap kang sangat bermanfaat karena saat check seocentro...di check ranking kaga ada punya aku mungkin dengan ini bisa terbantu..salam kenal atur nuhun

    ReplyDelete
  39. saya masih cupu dalam ngeblog dan masih bingung juga cara mendapatkan backlink walaupun sudah saya berkali kali hhehehe...masih bingung gan

    ReplyDelete
  40. Banyak manfaatnya gan artikelnya..,saya masih belajar SEO juga marketing. Terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!