Google webmaster tool adalah salah satu tool gratis yang dimiliki google yang dapat membantu para webmaster untuk memonitor setiap interaksi antara blog dengan robot mesin pencari, Mendaftarkan blog ke google webmaster tool adalah langkah pertama yang harus diprioritaskan setelah blog anda selesai dibuat, dengan mendaftarkan blog ke google webmaster tool, berarti anda akan dapat memonitor setiap interaksi robot mesin pencari dengan halaman situs atau blog yang anda miliki, setiap informasi interaksi robot mesin pencari disajikan secara lengkap dan dapat kita pelajari sebagai bahan evaluasi untuk melakukan optimasi situs / blog atau sebagai bahan acuan untuk memperbaiki ranking halaman situs di mata mesin pencari.
Baca juga : Cara Mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool

Google webmaster tool sebenarnya bisa kita gunakan untuk memperbaiki rangking halaman situs di mata mesin pencari, segala fasilitas yang disajikan didalam google webmaster tool bisa kita jadikan referensi untuk membuat rangking halaman situs lebih baik, namun kita harus mengetahui caranya seperti apa.


Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagian yang cukup penting dari informasi yang ditampilan google webmaster tool untuk dijadikan sebagai data acuan untuk memperbaiki rangking halaman situs dimata mesin pencari dan juga untuk meningkatkan visitor blog, dengan catatan blog anda sudah didaftarkan di google webmaster tool dan peta situs sudah di submit didalamnya.

Berikut langkah-langkah analisa google webmaster tool untuk meningkatkan rangking halaman situs dimata mesin pencari.

1. Silahkan anda masuk ke akun google webmaster tool anda.

2.  Pada bilah samping kiri, silahkan pilih menu Search Traffic > Search Queries, melalui menu tersebut anda akan memperoleh informasi detail yang akan sangat anda butuhkan untuk memperbaiki halaman situs dimata mesin pencari dan juga bisa kita gunakan sebagai referensi cara efektif untuk mencari ide judul postingan yang tepat dengan kebutuhan pengguna internet, namun setidaknya terlebih dahulu anda harus mengerti apa yang disajikan dari informasi yang ditapilkan oleh google webmaster tool tersebut. kurang lebih terlihat seperti gambar dibawah ini:


3. Lihat table impression
Anda akan melihat data dalam bentuk table yang menunjukan informasi mengenai  artikel anda yang ditemukan mesin pencari melalui search queries, pada table tersebut anda akan melihat, daftar kata kunci, jumlah impresi, jumlah klik, CTR (Click throught rate) dan Average position. seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Analisa Search Queries google wembaster tool untuk meningkatkan visitor

Berikut penjelasan istilah-istilah yang berkaitan dengan seach queries pada google webmaster tool, seperti terlihat pada gambar diatas:

a. Queries, adalah kata atau kelompok kata yang digunakan pengguna untuk kriteria pencarian google searh enggine.

b.Impression, adalah jumlah yang menunjukan artikel blog anda ditemukan di hasil pencarian sesuai dengan query yang digunakan.

c. Click, adalah jumlah judul artikel anda di klik oleh pengguna pada hasil pencarian

d. CTR (Click throught rate), adalah persentase hasil bagi antara jumlah klik dibagi dengan jumlah impression di kali 100%

e. Avg. Position (Average position), adalah informasi mengenai rata-rata urutan posisi judul artikel anda ditemukan pada halaman hasil pencarian, semakin kecil nilai Avg. position berarti artikel anda menduduki posisi sangat baik pada hasil pencarian.

Setelah anda memahami istilah-istilah search queries di google webmaster tool, selanjutnya anda bisa menganalisa informasi search queries yang disajikan google webmaster tool tersebut, berikut analisa yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki ranking halaman situs anda menggunakan google webmaster tool:

a. Amati Perbandingan Nilai Impresi dan klik

Coba anda amati kolom impresi dan kolom klik, adakalanya nilai impresi tinggi namun jumlah klik rendah, atau nilai impresi dan jumlah klik memiliki angka yang sama, jika impresi tinggi dan jumlah klik rendah berarti artikel anda dengan kata kunci tersebut sangat mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari namun sangat sedikit sekali mendapatkan klik dari pengunjung, penyebabnya adalah, bisa jadi artikel anda posisinya bukan 10 besar, atau mungkin juga di sepuluh besar namun deskripsi atau judul dari artikel anda tersebut kurang memikat pengunjung, pengunjung mudah menemukan artikel anda namun enggan mengklik judul artikel anda.
Antisifasi untuk memperbaiki ranking halaman situs adalah

-Mengganti deskripsi artikel
Gantilah description dari artikel anda se relevan dan se menarik mungkin dengan kata kunci utama sehingga membuat penasaran pengunjung, namun anda jangan lupa juga untuk melibatkan kata kunci yang anda bidik pada deskripsi tersebut, deskripsi relevan biasanya akan muncul di hasil pencarian dibawah judul. Jangan lupa untuk melakukan fetch as google jika anda selesai melakukan modifikasi pada artikel anda tersebut. deskripsi bisa menjadi referensi pilihan kedua pengunjung untuk mengunjungi blog anda ketika mereka menemukan artikel anda pada hasil pencarian. semakin menarik deskripsi maka nilai klik akan semakin tinggi. dan ini akan meningkatkan visitor organik blog anda.

-Hilangkan tanggal penerbitan artikel
Beberapa blogger menggunakan trik ini adalah sebagai cara meningkatkan visitor organik blog tujuannya adalah agar artikel tidak dianggap kadaluarsa, informasi tanggal penerbitan artikel pada hasil pencarian  biasanya akan menjadi pertimbangan pengunjung untuk mengunjungi blog kita. pengunjung lebih menyukai artikel segar yang baru terbit jika dibandingkan dengan artikel yang dianggapnya sudah terlalu lama, dengan menghilangkan informasi tanggal penerbitan artikel maka peluang pengunjung untuk mengunjungi blog akan semakin baik, apalagi artikel kita mudah untuk ditemuakan di tiga besar.

- Perbaiki SEO artikel anda
Anda bisa memperbaiki seo artikel anda baik itu seo onpage maupun seo offpage, jika posisi artikel anda berada diatas 10 besar, sebaiknya anda bangun seo offpage untuk artikel tersebut, sehingga artikel tersebut muncul di urutan 10 besar atau dihalaman utama (page one) google. disarankan setiap kali anda melakukan modifikasi pada artikel lama anda silahkan anda fetch as googe menggunakan google webmaster tool, agar perubahan cepat diindex leh mesin pencari.


b. Amati Avg. Position (Tinggi Vs Rendah)

Informasi data Avg. Position memberikan informasi kepada kita mengenai rata-rata urutan posisi judul artikel pada hasil pencarian mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang dijadikan pencarian. silahkan anda pilih tab top pages, dan coba anda amati nilai dari avg. posisiton semakin besar nilai Avg. Posisition itu semakin buruk untuk ranking halaman trsebut dimata mesin pencari, untuk optimasi blog disarankan kita memperbaiki artikel yang memiliki posisi Avg.posisiton antara 9 s/d 20, yaitu dengan meningkatkan seo didalamnya baik itu optimasi seo onpage yang disukai mesin pencari maupun seo offpage, sehingga artikel anda akan mudah untuk ditemukan di posisi terbaik.


c. Buat artikel dengan kata kunci search queries tertinggi

Informasi Search queries, selain bisa kita gunakan untuk memperbaiki halaman situs dimata mesin pencari, informasi tersebut juga bermanfaat sekali untuk mencari ide judul postingan, cara mencari ide judul postingan memang bermacam-macam, namun alternatif yang bisa kita gunakan salah satunya adalah memanfaatkan informasi search queries, anda bisa melakukan sorting berdasarkan impresion tertinggi, dan ambilah beberapa query pencarian (lihat pada kolom query) yang memiliki nilai impresi tertinggi.

Sebenarnya search query adalah kata kunci yang digunakan oleh pengguna internet untuk menemukan artikel anda, coba anda amati query yang memiliki impresi paling tinggi namum jumlah kliknya rendah atau ctrnya rendah, berdasarkan data query tersebut silahkan anda buat artikel berkualitas untuk mendapatkan ranking 1 google, dengan judul menggunakan data kolom query yang memiliki nilai impresi tinggi, dan jangan lupa untuk melibatkan optimasi seo onpage didalamnya, dan silahkan anda modifikasi sedikit judul tersebut hingga menjadi judul long tail keyword yang tepat.
Silahkan baca: cara memilih longtail keyword yang tepat. 

Dengan membuat artikel menggunakan judul dari serach query kita tau persis apa yang dijadikan kata pencarian oleh pengguna internet untuk mendapatkan artikel yang mereka butuhkan, dengan demikian judul tersebut tentu saja menjadi judul yang tepat.

demikian yang bisa saya share mengenai optimasi seo dengan Google webmaster tools Search Query  :  untuk meningkatkan visitor blog, semoga bermanfaat



11 komentar:

  1. Wah artikelnya camik nich, saya yang pertama koment deh, saya masih terus belajar sering2 posting dech biar info tambah terus Nuhun

    ReplyDelete
  2. Kalau bedanya 'ambil' dan 'ambil sebagai google' apa ya?

    ReplyDelete
  3. wah saya sangat beruntung bisa bertemu dengan blog agan ini.karena setelah saya koreksi semua artikel saya masih di bawah baik maklum pemula. terimakasih gan infonya dan akan saya terapkan di blog saya dan mohon bimbinganya http://blogsegerr.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. artikelnya sangat bagus dan membatu saya yang pemula. sekiranya bisa berkunjung ke blog saya, dan bisa mengkoreksi blog saya. soalnya untuk di google search masih belum muncul2. www.kreditdaihatsucepat.com

    ReplyDelete
  5. infonya sangat membantu saya dalam memahami webmaster yang baru saya miliki, kunjungi blog saya juga ya kumpulansoalbahasainggrissmpsma.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Mantap gan infonya sangat detail dan memberikan pencerahan

    ReplyDelete
  7. Saya mau nanya nih seputar webmastertools, saya bikin dua blog, blog yang pertama tidak bisa menggunakan sitemap selain sitemap.xml, jika sitemap lain seperti atom.xml itu selalu error, apa penyebabnya? kedua saya lihat di index status itu 0 dan content keyword juga kosong, bagaimana solusinya? kalau blog yang satu lagi normal tidak ada masalah seperti blog yg pertama. Mohon pencerahannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  8. jos banget artikelnya, lumayan nambah ilmu ni

    ReplyDelete
  9. makasih informasinya, bermanfaat sekali :)
    mas kalo mengganti judul apakah akan berpengaruh terhadap ranking di google ?
    soalnya diatas tidak ada point itu, hanya ada point mengganti deskripsi saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, akan berpengaruh sekali, namun akan membutuhkan waktu agar judul baru bisa bisa diindex kembali google.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!