Internet pada zaman modern saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok dan menjadi hal yang tidak terpisahkan bagi kebanyakan orang, ada pengguna internet dan ada pula pembuat aplikasi internet atau aplikasi web, pengguna internet tidak dituntut untuk memahami bagaimana halaman web dibuat, tetapi lain halnya dengan pembuat, pembuat harus mampu dan memahami bagaimana aplikasi internet tersebut bisa dibuat, bahasa pemrograman apa yang harus digunakan, bagaimana menyusun sebuah program untuk membuat aplikasi internet sehingga menjadi sebuah halaman web yang bagus sesuai dengan yang diharapkan.

     Aplikasi web merupakan sebuah aplikasi yang mengunakan teknologi browser untuk menjalankan aplikasi dan diakses melalui jaringan komputer (Remick, 2011). Sedangkan meurut (Rouse, 2011) aplikasi web adalah sebuah program yang disimpan di Server dan dikirim melalui internet dan diakses melalui antarmuka browser.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan aplikasi web merupakan aplikasi yang diakses mengunakan web berowser melalui jaringan internet atau intranet. Aplikasi web juga merupakan suatu perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa pemrograman yang mendukung perangkat lunak berbasis web seperti HTML, JavaScript, CSS, Ruby, Python, Php, Java dan bahasa pemrograman lainnya. Adapun Gambaran rincian aplikasi web adalah sebagai berikut :



     Ada 2 bagian pokok dalam aplikasi web, yang pertama adalah sisi client dan yang kedua adalah sisi server, sisi client dalam hal ini adalah PC atau bisa juga Perangkat mobile yang terhubung kejaringan internet, Client dapat mengakses aplikasi web melalui web browser seperti internet explorer, mozila fire fox, google crome, opera dan lain-lain, sedangkan server adalah perangkat komputer dengan spesifikasi yang bagus digunakan untuk menyimpan aplikasi web beserta database server yang siap untuk diakses oleh client, Client bertugas meminta halaman web server melalui Web Browser, Web browser akan meneruskannya ke Server dimana Aplikasi Web berada, Komputer Server akan mengolah permintaan dari client, ketika halaman web yang diminta ditemukan maka computer server akan mengirimkannya ke computer client dan halaman web yang diminta akan ditampilkan pada web browser di computer client.


Artikel Terkait Lainnya

-Persiapan Awal  membuat aplikasi web
-Sofware yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi web
-Bahasa Pemrograman yang harus dikuasai untuk membuat aplikasi web


Apa Anda Tau ?

Hampir 99,99 % orang didunia yang baru mengenal aplikasi web akan berusaha untuk memahami SEO, jika ini masih terdengar baru di telinga Anda, silahkan klik disini untuk mempelajarinya!


12 komentar:

  1. sangat bermanfaat kang ilmunya... terima kasih.. ^^

    ReplyDelete
  2. wah saya baru tau kang apa itu aplikasi web.. terima kasih ya kang telah berbagi... ^^

    ReplyDelete
  3. terima kasih penjelasannya

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Sama-sama kang, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung

      Delete
  5. iya muakasih ilmunya sy seorang ibu ibu yg bru belajar compiutr sekalian ingin mengenal manfaat nya...

    ReplyDelete
  6. kalo cara membuatnya gimna kang...tlong bimbingannya ya kang

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!