Setelah mendapatkan infomasi mengenai bahasa pemrograman yang harus dipersiapkan untuk mengembangkan aplikasi web, langkah selanjutnya adalah menyiapkan kebutuhan software untuk membangun aplikasi web. untuk kasus-kasus yang ada didalam postingan strukturkode.blogspot.com ini, ada beberapa sofware yang menjadi pilihan yang akan digunakan, yaitu:

1. Net Bean, Netben merupakan sebuah software editor free untuk mengembangkan Aplikasi Java, jangan salah netben juga mendukung untuk mengembangkan Aplikasi Web dengan PHP, Netbean cukup mudah digunakan. unuk Download sofware ini silahkan klik https://netbeans.org/downloads/  disana akan ada beberapa pilihan, silahkan download netbean IDE bundle yang mendukung untuk PHP, saya lebih familiar dan nyaman dengan menggunakan Netbean, jika memiliki pilihan lain Anda juga dapat menggunakan pilihan Yang Anda anggap lebih nyaman untuk Editor Script PHP.

2. Xampp, XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk Anda atau auto konfigurasi.  Xampp dapat Anda download di xampp download
XAMPP nantinya mempasilitasi Anda untuk mengembangkan Aplikasi WEB dengan PHP,  Paket yang ada didalam XAMPP adalah sebagai berikut:

a. Server Apache, yang nanti digunakan untuk lokal web server, dengan server apache terinstal dikomputer Anda, Anda nanti bekerja di komputer secara lokal, Aplikasi Web Anda cukup di uji coba di komputer lokal saja tanpa harus di Upload ke web server internet secara langsung.

b. PHP, php adalah interpreter yang nanti akan menterjemahkan source kode php agar dapat di baca oleh browser untuk di tampilkan

c. My SQL, adalah sebuah sofware basis data server untuk menyimpan data aplikasi web yang akan dikembangkan.

d. PHP my admin, adalah aplikasi kecil untuk mengatur, dan mengelola basis data MYSQL agar lebih mudah untuk di gunakan.

dengan menginstal XAMPP dikomputer Anda, anda tidak harus melakukan instalasi dan konfigurasi sofware di atas satu persatu. sehingga bisa lebih cepat dan mudah