Ingin upgrade memory/ ram laptop, namun masih bingung harus beli jenis ram seperti apa, ini sering terjadi kepada siapapun yang tidak terlalu paham dengan perangkat keras komponen komputer, sehingga tidak jarang urung untuk upgrade atau bahkan salah membeli jenis ram dan tidak bisa dipasang pada laptop kesayangan.

 

Untuk laptop yang ramnya bisa dibongkar pasang alias tidak soldered (tidak menyatu dengan papan induk) ada kesempatan untuk mengganti ram laptop dengan kapasitas yang lebih besar, jika kapasitas ram yang digunakan dirasa kurang besar. penggantian ram yang tepat tentu akan membuat kinerja komputer menjadi lebih baik.

 

Tapi ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat ingin mengganti ram laptop, kamu harus paham betul spesifikasi ram yang cocok dengan spesifikasi laptop kamu, karena tidak semua ram laptop itu sama, ram laptop yang satu dengan laptop yang lain itu bisa saja berbeda, baik merk, kapasitas, jenis dan juga kecepatannya. jika salah memilih ram kemungkinan besar modul ram tidak akan bisa dipasang atau bahkan tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

 

Mengenal-jenis-ram-laptop
Jenis Ram Laptop

 

 

Ingat semua ram laptop itu tidak sama, dan jenisnya sama sekali tidak dipengaruhi oleh sistem operasinya (window, linux atau sistem operasi lainnya), agar kamu lebih memahami tentang ram laptop, maka Di artikel ini saya akan sedikit paparkan bagaimana cara memilih ram yang cocok untuk laptop kamu sehingga kamu bisa upgrade ram laptop kamu dengna benar.

 

Cara memilih ram untuk laptop kamu

Berikut beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat kamu ingin mengganti (upgrade) ram laptop kamu:
 

1. Ketahui Jenis ram dan Slot RAM

Yang pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui Jenis ram yang digunakan oleh Laptop atau Komputer kamu.

 

Saat ini ada beberapa jenis ram yang banyak sekali digunakan di seluruh dunia yaitu ... DDR1, DDR2, DDR3 DDR4 dan sekarang yang terbaru adalah DDR5.

 

Dari DDR2 sampai DDR5 Slot yang digunakan di Komputer PC desktop adalah SLOT DIMM (Dual In-Line Memory Module), sedangkan jenis slot memory untuk laptop untuk jenis memory tersebut umumnya adalah Slot SODIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module).

 

 Setidaknya kamu harus mencari tahu tipe Ram yang digunakan di laptop kamu, apakah DDR3,  DDR4 atau DDR5.

 

Untuk mengetahuinya kamu bisa download dan instal CPUZ pada komputermu, kemudian amati pada tab SPD atau Tab memory, seperti gambar di bawah ini:


 Dengan bantuan CPUZ kamu bisa mengetahui jenis ram latopmu, seperti halnya gambar di atas, Sesuai dengan informasi yang disajikan cpuz untuk laptop saya,  Jenis ram laptop yang saya gunakan adalah DDR4. jadi saat membeli ram maka jenis ramnya juga harus DDR4 (SODIMM) untuk laptop.


2. Ketahui Juga Frequensi Kecepatan RAM.

Hal penting lainnya sebelum membeli ram untuk upgrade memory di komputer kamu adalah kecepatan dari ram itu sendri.

 

Kecepatan ram dihitung dengan satuan MHz, sebelum membeli ram, pastikan kamu mengetahi kecepatan RAM yang ingin kamu beli.


Kecepatan ram dapat kamu ketahui dengan menggunakan aplikasi seperti CPU-Z, silahkan download dan instal aplikasi CPU Z, kemudian lihat pada bagian berikut:

 

 

Jika kamu melihat informasi ram pada CPU z seperti informasi gambar di atas itu artinya kamu harus membeli RAM DDR4 dengan kecepatan 3200Mhz.


3. Ketahui Kategori Chanel

Beberapa jenis motherboard sekarang mendukung dual chanel dan quad chanel, artinya kinerja akan semakin baik jika diandingkan dengan singgle chanel.

 

Untuk mengetahui fitur dual chanel atau quad chanel di laptopmu, masih menggunakan aplikasi CPUZ silahkan kamu amati pada bagian memory seperti gambar di bawah ini:

 


 Jika kamu melihat informasi CPUZ seperti di atas berarti laptopmu mendukung dual chanel (2x64-bit) bisa saja punya kamu quad chanel (4x64-bit) atau bisa saja hanya singgle chanel.
 

Yang harus diingat untuk meningkatkan kinerja ram dual chanel atapun quad chanel, pastikan tahu aturan bagaimana  memasang  dan memilih ram yang tepat.


Jika Motherboard mendukung socket ram dual chanel, maka sebaiknya kamu memasang 2 ram dengan merk, kapasitas dan jenis  ram yang sama persis jangan beda agar dual chanel bisa berfungsi, misal jika ingin mengupgrade ram hingga 32Giga, maka kamu harus membeli 2 ram dengan kapasitas 16 GB dengan merk, jenis dan kecepatan yang sama.


Begitu juga jika motherboard kamu mendukung quad chanel, maka kamu sebaiknya memasang 4 memori/ram dengan merk, jenis dan kapasitas yang sama, ingat jangan beda agar quad chanel bisa aktif dengan sempurna sehingga akan mempengaruhi kinerja sistem menjadi lebih baik.


4. Ketahui Kapasitan maksimal ram di komputermu.

Ini juga penting, kamu harus mengetahu berapa kapasitas RAM yang diizinkan dikomputermu, hal ini penting mengningat jika kapastias yang terpasang melebihi kapastias yang seharusnya, maka hanya kapastias lebih kecil atau sama dengan kapasitas maksimalnya saja yang dapat bekerja.

 

Untuk mengetahui kapastias  size maksimal ram pada laptop yang kamu gunakan langkahnya adalah sebagai berikut:

1. buka CMD

2. Ketikan perintah:   

wmic memphysical get MaxCapacity, MemoryDevices

 

Maka kamu akan melihat hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Data diatas artinya, kapasitas maksimal ram yang dapat dipasang adalah 134217728 kb / 1000,000 =134,432..... GB, artinya kapasitas maksimal ram yang dapat dipasang adalah 134GB dengan 2 sloat yang tersedia, informasinya  kemungkinan akan berbeda menyesuaikan dengan spesifikasi motherboard laptopmu.


Anggap saja kapasitas maksimal ram adalah misal 134GB, itu artinya kamu setidaknya harus mengupgrade ram dengan kapasitas yang sebaiknya tidak boleh lebih besar dari 134GB, jika lebih besar misalkan  kamu maksa upgrade ke 256Gb, maka yang dapat bekerja tetap 134Gb saja, karena itu batas maksimalnya.

 

4. Kenali Slot atau socket ram yang digunakan

Untuk hampir semua laptop yang menggunakan DDR2,DDR3,DDR4,DDR5, slot ram yang digunakan jenisnya adalah SODIMM, jadi pastikan kamu membeli jenis ram SODIMM

 
 
Dengan mengetahui spesifikasi di atas, setidaknya kamu tahu ram jenis apa yang harus kamu beli untuk laptop kamu, jadi rincian saat beli ram sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut: 

1. Kapasitas RAM ( misal 8Gb, 16 GB dll)

2. Kecepatan ram (misal 3200Mhz dll sesuai dengan informasi yang kamu dapatkan)

3. Jenis Socket biasanya sih kalo untuk laptop yang menggunakan ram DDR socketnya SODIMM.

4. Chanel, singgle chanel, dual chanel atau quad chanel (jika dual  beli 2 keping ram dengan merk, kapasitas, kecepatan yang sama dan pasang keduanya pada laptopmua, jika quad chanel berarti kamu sebaiknya beli 4 dengan merk, kecepatan dan jenis socket yang sama, ke 4 nya sebaiknya dipasang agar quad chanel berkerja dengan baik).

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!