Komponen perangkat keras komputer yang bisa diupgrade salah satunya adalah RAM atau sering juga disebut dengna memory, di komputer PC umumnya ram bisa dibongkar pasang, namun di beberapa perangkat Laptop, terutama keluargan terbaru ram sudah soldered (di solder) terpaku pada motherboard, namun beberapa laptop juga ada yang menyediakan ram yang bisa dobongkar pasang.

Untuk komputer PC atau laptop yang memorinya bisa dibongkar pasang, maka memiliki keuntungan tersendiri, kita bisa mengupgrage ram pada komputer kita sesuai dengan spesifikasi kapasitas ram yang diminta.

Namun perlu diingat, mengupgrade ram tentunya tidaklah sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jika tidak maka potensi salah ram bisa saja terjadi alhasil ram tidak akan bisa digunakan pada perangkat komputer atau PC anda.

Syarat Penting Ganti Ram LAPTOP atau PC Desktop

Berikut adalah beberapa hal penting sebelum anda mengganti RAM laptop atau Komputer anda:

 

1. Ketahui Jenis ram dan Slot RAM

Yang pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui Jenis ram yang digunakan oleh Laptop atau Komputer kita.

Saat ini ada beberapa jenis ram yang banyak sekali digunakan di seluruh dunia yaitu DDR2, DDR3 DDR4 dan sekarang yang terbaru adalah DDR5.

Dari DDR2 sampai DDR5 Slot yang digunakan di Komputer PC desktop adalah SLOT DIMM (Dual In-Line Memory Module), sedangkan jenis slot memory untuk laptop untuk jenis memory tersebut umumnya adalah Slot SODIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module).

 Setidaknya anda harus tahu tipe Ram yang digunakan, apakah DDR3, atau DDR4 atau DDR5, untuk mengetahuinya anda bisa download dan instal CPUZ pada komputer anda, kemudian amati pada tab SPD atau Tab memory, seperti gambar di bawah ini:


 Sesuai dengan informasi yang disajikan cpuz untuk laptop saya,  Jenis ram laptop yang saya gunakan adalah DDR4. jadi saat membeli ram maka jenis ramnya juga harus DDR4


2. Ketahui Juga Frequensi Kecepatan RAM.

Hal penting lainnya sebelum membeli ram untuk upgrade memory di komputer anda adalah kecepatan dari ram itu sendri.

Kecepatan ram dihitung dengan satuan MHz, sebelum membeli ram, pastikan anda mengetahi kecepatan RAM yang ingin anda beli, dan kecepatan ram harus cocok dengan spesifikasi motherboard komputer yang anda miliki.

Kecepatan ram dapat anda ketahui dengan menggunakan aplikasi seperti CPU-Z, silahkan download dan instal aplikasi CPU Z, kemudian lihat pada bagian berikut:

 

Jika anda melihat informasi r am pada CPU z seperti informasi gambar di atas itu artinya anda harus membeli RAM DDR4 dengan kecepatan 3200Mhz.

Ketahui Kategori Chanel

Beberapa jenis motherboard sekarang mendukung dual chanel dan quad chanel, artinya kinerja akan semakin baik jika diandingkan dengan singgle chanel.

Untuk mengetahui fitur dual chanel atau quad chanel, silahkan gunakan CPUZ kemudian amati pada bagian memory seperti gambar di bawah ini:


 Ram saya sesuai dengan informasi CPUZ diatas adalah dual chanel (2x64-bit) bisa saja punya anda quad chanel (4x64-bit) atau bisa saja singgle chanel.


Yang harus diingat untuk meningkatkan kinerja ram dual chanel atapun quad chanel, pastikan tahu aturan bagaimana  memasang  dan memilih ram yang tepat.

Jika Motherboard mendukung socket ram dual chanel, maka sebaiknya anda memasang 2 ram dengan merk, kapasitas dan jenis  ram yang sama persis jangan beda agar dual chanel bisa berfungsi.


Begitu juga jika motherboard komputer anda mendukung quad chanel, maka anda sebaiknya memasang 4 memori/ram dengan merk, jenis dan kapasitas yang sama, ingat jangan beda agar quad chanel bisa aktif dengan sempurna sehingga akan mempengaruhi kinerja sistem menjadi lebih baik.


3. Ketahui Kapasitan maksimal ram di komputer anda.

Ini juga penting, anda harus mengetahu berapa kapasitas RAM yang diizinkan dikomputer anda, hal ini penting mengningat jika kapastias yang terpasang melebihi kapastias yang seharusnya, maka hanya kapastias lebih kecil atau sama dengan kapasitas maksimalnya yang dapat diakui.

untuk mengetahui kapastias  size maksimal ram pada komputer yang kita gunakan langkahnya adalah sebagai berikut:

1. buka CMD

2. Ketikan perintah:  wmic memphysical get MaxCapacity, MemoryDevices

Maka akan terlihat hasil seperti gambar di bawah ini:

 Kapasitas maksimal adalah 134217728 kb / 1000,000 =134,432..... GB, untuk komputer saya seperti informasi di atas, kapasitas maksimal ram yang dapat dipasang adalah 134GB dengan 2 sloat yang tersedia.

Misal jika mendapatkan informasi di atas, maka anda tidak bisa menambah atau mengupgrade ram di atas 134GB, jika lebih besar dari itu tetap yang dianggap adalah 134.



Misal jika kapastias maksimal ram di komputer anda hingga 16GB, maka sebaiknya anda membeli modul ram yang tidak lebih dari 16Gb, jika lebih dari itu maka kapasitas yang dianggap hanya 16 GB saja.

 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!