Beberapa kali saya mendapatkan peringatan dari google admob, dan baru-baru ini sayapun mendapatkan kembali peringatan serupa yang menyebabkan iklan admob di aplikasi android saya dinonaktifkan atau dibatasi untuk sementara.

 

Kali ini peringatan admob untuk aplikasi saya adalah Modified ad code: Resizing Ad Frames, sebenarnya peringatan peringatan tersebut tidak asing bagi saya karena sebelumnya pun pernah mendapatkan peringatan serupa. 

 

Peringatan admob

Dulu saya bisa mengidentifikasi penyebabnya, yaitu karena tanpa sengaja saya memberikan padding kiri dan kanan pada container atau view tempat saya menampilkan iklan banner, sehingga mungkin  karena hal tersebut mesin iklan menganggapnya seolah ada modifikasi ruang pada iklan.

 

Tapi kali ini saya cukup dibuat bingung, karena penyebabnya sepertinya tidak seperti kasus sebelumnya, karena saya tidak memberikan padding pada kontainer pada tampilan iklan banner.

 

Seiring dengan terus mencari penyebabnya akhirnya saya mampu menemukan penyebabnya yaitu karena pada aplikasi saya, saya menempatkan satu unit iklan banner bada tampilan yang disembunyikan.

 

Aplikasi saya merupakan aplikasi permainan puzzle, pada tampilan layar bermain, saya membuat tampilan yang berisi iklan banner, tampilan tersebut saya atur agar tersembunyi dengan .setVisibility(View.GONE) dan tampilan akan muncul saat permainan berhasil diselesaikan. ternyata Tampilan tersebutlah yang menjadi penyebab hingga muncul peringatan Modified ad code: Resizing Ad Frames.


Penyebab Peringatan Modified ad code: Resizing Ad Frames Iklan Admob.

Mungkin kasusnya berbeda dengan kasus yang pernah teman-teman alami, tapi berdasarkan pengalaman apa yang saya alami, penyebab munculnya peringatan Modified ad code: Resizing Ad Frames yang menyebabkan iklan admob dibatasi adalah sebagai berikut:

 

1. Memberikan padding kiri dan kanan pada layout tampilan dimana iklan banner ditempatkan

Jadi pastikan jika anda memunculkan ikalan pada sebuah layout, pastikan layout tersebut tidak diberi padding.left dan padding.right, karena berdasarkan pengalaman pemberian padding akan menyebabkan munculnya peringatan Modified ad code: Resizing Ad Frames. walaupun di awal-awal aplikasi diluncurkan peringatan tidak akan muncul. tapi seiring waktu semakin bertambahnya pengguna maka peringatan tersebut akan muncul dan iklan akan dinonaktifkan sementara.


2. Iklan ditampilkan pada layout yang disembunyikan

Penyebab kedua adalah iklan ditampilkan pada layout yang disembunyikan. kasus saya, karena saya menampilkan iklan pada tampilan yang disembunyikan dengan kode setVisibility(View.GONE), dan layout tersebut akan muncul saat permainan berhasil diselesaikan.

Hal tersebut ternyata bisa menjadi masalah, di awal peluncuran memang peringatan tidak ada, namun seiring bertambahnya pengguna akhirnya munculah peringatan Modified ad code: Resizing Ad Frames yang menyebabkan iklan tidak ditayangkan sementara.


Mengatasi Masalah Modified ad code: Resizing Ad Frames di admob

Untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah tentu saja saya memodifikasi cara menampilkan iklan, jika perlu iklan dihapus pada halaman yang bermasalah atau memperbaiki halaman tempat iklan banner ditampilkan.

Selanjutnya setelah selesai, kemudian saya luncurkan aplikasi di google play store, setelah aplikasi baru di berhasil direview dan tayang, maka selanjutnya mengajukan banding di google admob

Untuk kasus saya saya mengajukan banding dengan memberikan catatan sebagai berikut:

"Pada relase aplikasi terbaru, saya menghapus iklan banner pada halaman yang disembunyikan, yang sebelumnya halaman tersebut tampil saat game selesai dipecahkan."

atau kamupun bisa memberikikannya dalam bahasa inggris:

 "In the latest app release, I removed the banner ad on a hidden page, which previously appeared when the game was finished."

 

Setelah mengajukan banding, hanya dalam beberapa jam saja akhirnya banding diterima dan iklan akan kembali tampil lagi.


Moga pengalaman saya di atas membantu kamu yang kebetulan mendapatkan warning serupa.

Jika Kamu kebetulan mendapatkan warning serupa, mungkin saja penyebabnya sama seperti apa yang sebelumnya saya alamai atau mungkin saja berbeda, silahkan identifikasi pada aplikasi yang kamu buat. semoga berhasil mengatasinya.


 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!