Satu hal yang harus menjadi perhatian kita pada saat ingin membeli laptop selain merk yaitu adalah proccessor, proccessor merupakan otak komputer, ketika proccessor bagus maka kinerja komputerpun akan semakin bagus, dan begitu juga sebaliknya. namun saat membeli proccessor tentu saja harus menyesuaikan dengan anggaran, karena semakin bagus proccessor maka anggaran yang dikeluarkan pun akan semakin besar, namun tidak masalah apabila anggaran siap.

 

Kita lupakan dulu mengenai anggaran, di artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang tips bagaimana cara memilih proccessor, baik untuk laptop maupun untuk PC Desktop (Personal Komputer.

 

Saya yakin, bahwa sampai hari ini masih banyak orang terutama yang tidak punya pemahaman tentang hardware komputer yang ingin membeli komputer atau laptop namun merasa dibingungkan dengan proccessor yang harus dipilih.

 

Kita ketahui bahwa sampai dengan hari ini ada banyak sekali jenis processor yang sudah direlease oleh perusahaan proccessor, kita sebut saja processor AMD maupun intel, dari sekian banyak varian proccessor yang sudah di buat, maka kita sebagai pengguna tentu saja akan dibuat bingung apalagi untuk anda yang tidak mengikuti update perkembangan teknologi hardware atau tidak terlalu banyak tahu tentang perkembangan hardware.

 

Namun anda beruntung jika menemukan artikel ini, karena saya akan coba bahas bagaimana tips memilih proccessor yang baik terutama untuk proccessor keluarga intel. mudah-mudahan dengan membaca artikel ini anda lebih paham dan lebih mantap proccessor jenis apa yang sebaiknya anda pilih.

 

Nih Baca: Tips memilih Proccessor Laptop/PC agar tidak salah

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang cara memilih proccessor untuk keluarga intel, karena sampai dengan hari ini intel masih merajai popularitas dunia proccessor di seluruh dunia.

 

Proccessor diperlukan saat anda merakit PC atau saat anda ingin mengupgrade processor komputer anda menjadi lebih baik. Berikut yang harus anda pertimbangkan saat igin membli proccessor.

 

1. Pahami dulu pengkodean proccessor

Agar tidak salah beli sebaiknya  anda harus bisa memahami penulisan kode proccessor.

Anda bisa baca di sini 

Atau baca di artikel saya ini tentang mamahami kode proccessor lengkap


2. Pastikan Jenis Proccessor yang anda pilih sama dengan jenis socket motherboard komputer anda.

Nah ini penting sekali, saat anda ingin membeli proccessor baik untuk tujuan merakit komputer maupun untuk tujuan upgrade proccessor, pastikan proccessor yang anda beli sesuai dengan tipe socket motherboard komputer anda.

 

Misal jika informasi pada motherboard tertulis:

Supports 9th / 8th Gen Intel® Core™  for LGA 1151 socket - CHIPSET : Intel® H310 Chipset

Itu artinya proccessor yang bisa anda beli adalah proccessor keluarga intel core, baik itu i3, i5, i7 atau i9,  namun jangan lupa sesuai informasi motherboard di atas generasinya harus  (gen 9 atau gen 8).

Anda bisa mengupgrade motherboard di atas dengan proccessor core i5-i7 atau i9 tapi ingat generasinya harus generasi 9 atau 8.

 

Oh ya untuk mengetahui generasi proccessor anda bisa lihat pada angka yang tertulis merah seperti kode di bawah ini:

-Processor INTEL - CORE I7 9700 Coffeelake-S LGA 1151 8 Core

Kode processor di atas adalah kode untuk core i7 generasi 9 (lihat angka merah.

Contoh lagi:

Intel Core i7-1260P (ini core i7 generasi 12)

 

3. Perhatikan Kode product Line Suffix

Lihat Keterangan Kode processor berikut:

 

 kode processor di atas product line suffixnya adalah K,product line suffix artinya menandakan kemampuan khusus proccessor tersebut.

 

Setiap proccessor memiliki prodduct line suffix yang bermacam-macam, misal untuk proccessor pc diantaranya

K, artinya proccessor tersebut cocok untuk komputer kinerja tinggi

F, artinya komputer dengan proccessor tersebut harus menggunakan VGA Ekternal, jika proccessor dengan product line suffix F dipilih, maka mau tidak mau harus memasang VGA Ekternal, walaupun motherboard memiliki VGA onBoard tetap tidak akan bisa berfungsi.

T, Artinya daya rendah, Nah jika anda ingin komputer anda hemat listrik, pilihlah tipe proccessor dengan product line suffix T.

Lebih jelasnya anda bisa baca di sini

 

4. Sesuaikan dengan budget anda.

Ini penting juga sih, sebaiknya pada saat ingin memilih processor sebaiknya sesuaikan dengna anggaran anda, jika anggaran anda besar, anda bisa memilih proccessor terbaru dan generasi terbaru, misal core i9 generasi 13, jika budget kecil, pilih saja proccessor yang menurutmu cocok untuk fungsi komputermu.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!