Jenis processor yang banyak digunakan hari ini adalah processor keluaran intel, ini bisa menjadi pilihan saat anda ingin merakit atau membeli PC, karena proccessor intel sudah sangat populer dan sangat handal dalam dunia komputer.

 

Nah ini untuk anda yang ingin membeli PC atau merakit PC sendiri, pengetahuan dan pemahaman tentang proccessor intel ini benar-benar harus anda ketahui dan pahami dengan benar, agar kinerja PC anda sesuai dengan yang anda harapkan.

 

Saat ini Intel Proccessor sudah banyak sekali mengeluarkan seri Terutama seri Core yang sampai artikel ini ditulis sudah sampai generasi ke 12, tentunya generasi ini sudah sangat luarbiasa teknologinya. biasanya  setiap  penamaan proccessor intel ini menggunakan Kode khusus yang menjelaskan secara garis besar beberapa hal penting dari proccessor itu sendiri, sehingga pengguna atau konsumen mampu mengetahui jenis proccessor dan mampu membandingkan antara proccessor  keluaran intel tersebut.

 

Proccessor (CPU)

 

Di artikel ini saya akan jelaskan mengenai arti hurup pada kode penaam proccessor intel yang saat ini banyak digunakan, dengan memahami arti huruf tersebut anda akan lebih mudah mempertimbangkan untuk membeli atau menggunakan proccessor yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

 

Arti Huruf pada Kode Penamaan Proccessor Intel

Kode penamaan pada proccessor terutama proccessor intel ternyata bukan asal tulis, ada maksud dan informasi yang tersembunyai dibalik kode huruf tersebut, jika anda melihat kode pada proccessor intel, umumnya kode ditulis dengan format seperti gambar di bawah ini:

Kode huruf Proccesor intel

 Mari saya bantu jelaskan mengenai bagian-bagian pada kode penamaan proccessor intel  di atas tersebut:
 

-Inte Core
Ini merupakan brand atau merk bahwa proccessor tersebut adalah kategori Core, intel sudah mengeluarkan berbagai model proccessor, salah satunya yaitu Core, Intel Core adalah salah satu merek prosesor paling terkenal dan banyak digunakan di seluruh dunia untuk berbagai jenis komputer, mulai dari laptop dan desktop hingga workstation dan server. Merek ini pertama kali diperkenalkan oleh Intel pada tahun 2006.

Prosesor Intel Core memiliki berbagai varian, termasuk i3, i5, i7, i9, dan sebagainya. Setiap varian mewakili level kinerja yang berbeda dan ditargetkan pada berbagai segmen pasar. 
 

-Kode i7
Huruf "i" pada kode prosesor Intel, seperti "i7," mengindikasikan bahwa prosesor tersebut termasuk dalam lini produk "Intel Core." Jadi, "i7" adalah bagian dari merek "Intel Core" dan menunjukkan bahwa prosesor tersebut adalah salah satu varian dari lini produk ini.

Pada dasarnya, "i" pada kode prosesor tidak memiliki makna khusus, tetapi ini adalah singkatan dari "Intel Core." Ketika Intel memperkenalkan lini prosesor baru bernama "Intel Core" pada tahun 2006, mereka menggunakan singkatan "i" sebagai bagian dari penamaan untuk membedakan lini ini dari generasi sebelumnya.

Sebagai contoh:
- Intel Core i3: Varian ini adalah bagian dari lini Intel Core yang ditujukan untuk performa dasar.
- Intel Core i5: Varian ini memiliki performa yang lebih baik daripada i3 dan cocok untuk penggunaan produktivitas dan gaming.
- Intel Core i7: Varian ini memiliki kinerja yang lebih tinggi lagi dan biasanya digunakan untuk tugas-tugas berat seperti pengolahan gambar dan video editing.
- Intel Core i9: Varian ini adalah yang paling canggih dalam lini Intel Core dan dirancang untuk tugas komputasi intensif.

Jadi, huruf "i" pada kode prosesor mengacu pada merek "Intel Core" yang mendefinisikan keluarga prosesor ini.


Angka 13700

Angka "13700" pada kode proccessor di atas mengandung informasi tentang model prosesor dan angka yang ditandai merah (13) tersebut umumnya mengacu pada spesifikasi dan generasi prosesor bahwa proccessor tersebut merupakan generasi 13.
 

Sementara angka "700" pada angka model menunjukkan posisi relatif prosesor dalam lini model dari generasi tersebut. Angka ini bisa mencerminkan kinerja, kecepatan clock, jumlah core/threads, dan fitur lainnya yang dimiliki oleh prosesor. Detail spesifik dari angka ini mungkin bervariasi tergantung pada kebijakan penamaan Intel untuk setiap generasi. 

 

Huruf K

Suffix atau Akhiran "K" merupakan kode build varian (Product Line Suffix), huruf K pada kode proccessor di atas menandakan kemampuan dari proccessor tersebut, huruf K artinya bahwa proccessor tersebut dirancang untuk di-overclock. Prosesor ini memberikan fleksibilitas lebih kepada pengguna untuk meningkatkan kecepatan clock prosesor di atas tingkat default, sehingga meningkatkan kinerja. Ini biasanya ditargetkan pada pengguna yang ingin menyesuaikan kinerja sistem mereka secara manual.

 

Oh ya perlu diketahui bahwa setiap proccessor memiliki build variant yang berbeda beda tergantung ke arah apa proccessor tersebut diperuntukan.


Mengenal Product Line suffix pada kode Proccessor (Huruf K, F, S, T, E/XE) 

Oh Ya sekali lagi saya jelaskan, bahwa proccessor intel terutama intel core memiliki product line suffix bermacam-macam, ini harus anda perhatikan saat membeli proccessor, walaupun generasi dan corenya sama, kemampuannya bisa berbeda sesuai dengan suffix yang disematkan pada kode proccessor tersebut.

Berikut adalah penjelasannya:

-K (Artinya Hight Performace, Unclocked)

Huruf "K" pada lini produk prosesor Intel mengindikasikan bahwa prosesor tersebut adalah varian yang dirancang untuk di-overclock. Overclocking adalah praktik mengubah pengaturan prosesor untuk meningkatkan kecepatan clock di atas tingkat default yang ditentukan oleh pabrikan. Prosesor dengan akhiran "K" memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kecepatan clock prosesor secara manual, yang dapat menghasilkan kinerja yang lebih tinggi dalam beberapa tugas.



Penting untuk diingat bahwa ketika Anda melakukan overclocking, suhu prosesor dan kebutuhan daya mungkin juga akan meningkat. Ini dapat memerlukan pendinginan yang lebih baik dan konfigurasi daya yang lebih kuat. Selain itu, overclocking juga dapat mempengaruhi umur panjang prosesor dan mungkin tidak selalu berhasil tanpa masalah.


Jadi, jika Anda memiliki kebutuhan atau minat untuk meningkatkan kinerja sistem Anda melalui overclocking, prosesor dengan akhiran "K" mungkin menjadi pilihan yang baik. Namun, pastikan Anda memahami risiko dan persyaratan yang terlibat dalam overclocking sebelum melakukannya.


-F (Requires discrete graphics)

Huruf "F" pada lini produk prosesor Intel adalah seperti tanda yang memberitahu kita bahwa prosesor tersebut tidak memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar dan grafis sendiri di layar. 

 

Artinya jika anda menggunakan proccessor jenis F ini, maka anda mau tidak mau harus menggunakan VGA Ekternal, karena proccessor ini tidak dirancang untuk menjalankan grafik dari VGA Onboard walaupun VGA Onboard tersedia di motherboard anda. 

 

S (Special Edition)

Prosesor dengan akhiran "S" sering kali menunjukkan konsumsi daya yang lebih rendah dan termal yang lebih baik dibandingkan dengan varian lainnya. Ini sering digunakan pada prosesor yang dirancang untuk perangkat yang memerlukan efisiensi energi lebih tinggi, seperti komputer mini atau perangkat media center.

T (Power-optimized lifestyle)

Prosesor dengan akhiran "T" menunjukkan bahwa prosesor tersebut memiliki suhu kerja rendah atau lebih hemat energi. Ini adalah varian yang lebih efisien dan biasanya memiliki kecepatan clock yang sedikit lebih rendah daripada varian lainnya.


X/XE (Highest performance, unlocked)

Ini adalah Jenis Proccessor Sultan hehe..., Akhiran "X" atau "XE" umumnya mengindikasikan prosesor kinerja tinggi yang ditujukan untuk penggunaan yang berat, seperti komputasi intensif, pemrosesan video, atau gaming. Prosesor ini sering memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi, lebih banyak core/threads, dan fitur-fitur lain yang mendukung kinerja yang lebih tinggi.


Tips PAda Saat ingin membeli Proccessor

Jika anda ingin merakit komputer, maka pemahaman kode huruf proccessor harus benar-benar dipahami, berikut adalah beberap tips sebelum anda membeli proccessor:
 

1. Pastikan Proccessor yang dibeli sesuai dengan Socket di Motherboardnya

Jangan salah beli, sesuaikan dengan model socketnya, jika motherboard memiliki socket intel untuk gen 12, maka itu artinya anda bisa membeli proccessor core i3,i5,i7,i9 dengan gen 12 sesuai dengan kode proccessor yang dijelaskan di atas.

Silahkan Baca: Memilih proccessor yang cocok untuk motherboard


2. Sesuaikan dengan anggaran.

Ini penting sih jenis proccessor  yang ingin dibeli harus sesuaikan dengan anggaran, pastikan membeli motherboard dengan socket proccessor untuk generasi terbaru, anda bisa membeli proccessor core i paling rendah misal i3 dengan gen paling tinggi. misal i3 gen 12 jika i5 gen 12 menurutmu kemahalan dan tidak cocok dengna anggaran.


3. Pastikan Memperhatikan Kode Lini Produk

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa lini produk proccessor terutma untuk komputer desktop bermacam, macam ada K, F, S, T, E/XE, pahami  kemampuan proccessor untuk kode tersebut dan pilih yang menurutmu paling cocok sesuai dengan untuk apa komputer tersebut digunakan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!