Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam merakit komputer adalah storage atau media penyimpanan, dulu media penyimpanan yang sering digunakan adalah hardisk, seiring dengan perkembangan teknologi kini hardisk sudah mulai ditinggalkan dan penggantinya adalah SSD (Solid state drive), SSD menjadi pilihan karena menawarkan kecepatan dalam mengakses data.

 

Nah pada saat anda ingin merakit komputer  anda harus mengenali jenis-jenis SSD ini, karena memang saat ini banyak sekali jenisnya agar tidak salah dalam membeli.

 

Saat membeli SSD setidaknya anda harus mempertimbangkan untuk membeli perangkat motherboard yang memiliki socket/slot  SSD terutama SSD dengan teknologi terbaru. untungnya hampir semua motherboard edisi terbaru saat ini sudah menyediakan socket untuk SSD ini baik itu SSD NVMe, PCIe dan SSD.

 

Tentang SSD ini,Yang perlu diketahui untuk anda yang ingin merakit komputer adalah perbedaan antara beberapa jenis SSD yang banyak beredar hari ini.

 

Perangkat SSD yang terpasang pada motherboard

 

 

Pengertian SSD?

SSD adalah singkatan dari "Solid State Drive" atau dalam bahasa Indonesia disebut "Penggerak Keadaan Padat." Ini adalah jenis perangkat penyimpanan data yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya. SSD menggunakan teknologi memori flash untuk menyimpan data, yang berbeda dengan hard drive tradisional yang menggunakan piringan berputar untuk menyimpan informasi.



Keuntungan utama dari SSD adalah kecepatan akses yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hard drive konvensional. Ini berarti bahwa data dapat dibaca dan ditulis lebih cepat, yang menghasilkan peningkatan dalam kinerja umum komputer. Selain itu, SSD juga lebih tahan terhadap guncangan fisik dan getaran, serta memiliki daya tahan yang lebih baik dalam jangka panjang dibandingkan dengan hard drive.



Namun, satu-satunya kelemahan utama dari SSD adalah bahwa kapasitas penyimpanannya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan hard drive. Ini membuat SSD lebih populer digunakan sebagai penyimpanan utama untuk sistem operasi dan program yang membutuhkan kinerja cepat, sementara hard drive masih umum digunakan untuk penyimpanan data besar yang tidak memerlukan akses secepat SSD.

 

Macam-macam SSD untuk Komputer Desktop (PC) dan Laptop

Dari banyaknya jenis SSD yang berkembang hari ini, ada beberapa Jenis SSD yang sering digunakan untuk perangkat komputer PC maupun Laptop diantaranya adalah sebagai berikut:

 

A. SSD Yang menggunakan Slot M.2 (M dot Two) / NGFF

M.2 atau sering juga disebut dengan istilah NGFF (Next Generation Form Factor) merupakan teknologi terbaru saat ini.


SSD yang beredar saat ini kebanyakan menggunakan Slot M.2 yang biasanya sudah tersedia pada motherboard keluaran terbaru, ssd jenis ini boleh dibilang sangat cepat.

 

ada 2 jenis SSD yang menggunakan slot M.2 yaitu SSD M.2 SATA dan SSD M.2 NVMe

 

1. SATA SSD (Serial ATA SSD)

 SSD M.2 SATA ini dalam ukuran hampir mirif dengan NVMe, namun terdapat beberapa perbedaan dalam bentuk kunci (Key) di bagian bawahnya, M2 SATA umumnya menggunakan Key B (2 lekukan di bagian bawah kiri-kanan) seperti gambar di bawah ini:

SSD M.2 Sata dengan Kunci B

 SSD Ini harus dipasang pada slot yang cocok yaitu slot B atau M+B Slot, saat ingin membeli SSD, pastikan SSD yang anda beli cocok dengan Slot SSD pada motherboard yang anda gunakan.

 

2. NVMe SSD (Non-Volatile Memory Express SSD)

SSD M.2 NVMe ini terbilang yang terbaru, dari segi kecepatan ini lebih cepat dari SSD M.2 Sata namun harganya pun lebih mahal dari M.2 Sata. dari bentuk memang tidak jauh berbeda dengan M.2 Sata, perbedaannya terletak dari kunci yang ada di bagian bawahnya, umumnya SSD M.2 NVMe ini memiliki kunci M (satu lekukan di bagian bawah kiri) seperti gambar di bawah ini:

 SSD ini harus dipasang pada Slot Female M.2 NVMe yang memiliki kunci M, pastikan slot yang dimiliki di motherboard anda adalah slot M.2 NVMe yang menggunakan kunci M.


Ukuran SSD M.2

Baik M.2 SATA maupun M.2 NVme umumnya memiliki ukuran standar bermacam-macam, yang banyak beredar dipasaran saat ini ukuran dari SSD M.2 adalah sebagai berikut:

a. M.2 SSD 2230 (lebar 22mm, panjang 30mm)

b. M.2 SSD 2242 (lebar 22mm, panjang 42mm)

c. M.2 SSD 2260 (lebar 22mm, panjang 60mm)

d. M.2 SSD 2280 (lebar 22mm, panjang 80mm)
 

B. SSD yang menggunakan Slot MSata

MSata SSD merupakan SSD yang lebih tua dari SSD M.2, hampir mirip dengan NVMe, bedanya kunci lekukan, jika NVMe di bawah sebelah kiri, MSata terletak di bagian bawah agak ke sebelah kanan.

SSD MSata harus dipasang pada slot Mini Sata yang terdapat pada motherboard computer, bentuknya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

 

Tips Sebelum Membeli SSD

Sebelum anda memutuskan membeli SSD selain Merk, Ukuran dan Harga ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, agar SSD yang anda beli tidak salah.

1. Pastikan SSD yang anda beli sesuai dengan jenis Slot pada motherboard
Seperti yang dijelaskan di atas, ada banyak tipe slot yang dapat digunakan untuk SSD, jika Slot yang tersedia menggunakan kunci B /M+B, maka Jenis SSD yang anda beli adalah SSD M.2 SATA, karena Slot B atau M+B umumnya memiliki 2 lekukan pengunci di bagian bawahnya.

Sementara Jika Slot yang dimiliki menggunakan Tipe Key M, maka ini adalah slot milik SSD M.2 NVMe, pastikan SSD yang anda beli sesuai dengna slot-slot yang dimiliki oleh motherboard anda.

Jika anda punya Slot PCIe dan ingin memasang SSD, anda bisa membeli Kartu Tambahan PCIe to SSD M.2 yang banyak beredar dipasaran.


2. Pastikan Ukurannya cocok sesuai dengan dudukan Slot SSD motherboard.
Selain Jenis slot, pastikan juga ukuran SSD yang anda beli sesuai dengan ukuran ssd yang tersedia di motherboard komputer anda.
Seperti yang dijelaskan di atas, ukuran SSD yang umumnya banyak digunakan dipasaran saat ini adalah sebagai berikut:

a. M.2 SSD 2230 (lebar 22mm, panjang 30mm)

b. M.2 SSD 2242 (lebar 22mm, panjang 42mm)

c. M.2 SSD 2260 (lebar 22mm, panjang 60mm)

d. M.2 SSD 2280 (lebar 22mm, panjang 80mm)
 
Pastikan ukuran yang anda beli sesuai dengan slot yang terseid di motherboard komputer anda.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!