Cara menggunakan fetch as google (Ambil sebagai google) untuk url artikel blog di google webmaster tool sebenarnya sangatlah mudah sekali, namun untuk sebagian blogger, terutama untuk blogger yang baru pertama kali menggunakan fasilitas ini kadang tidak berhasil, dan muncul kesalahan atau error, penyebab utamanya biasanya mereka salah dalam memasukan url artikel blog yang ingin dikirimkan ke google melalui fasilitas fetch as google tersebut.

Saya membuat artikel ini karena saya banyak melihat  keluhan dari beberapa blogger yang mereka posting di group-group media social dan juga di forum-forum online yang kebetulan mengalami error ketika melakukan fetch as google, oleh karena itu, di artikel kali ini saya akan jelaskan bagaimana cara melakukan Fetch As Google atau ambil sebagai google dengan benar sehingga url artikel blog anda bisa sukses di submit dan tidak error atau tidak terjadi kesalahan.

Cara Fetch as google yang benar


Apa sih Fungsi Fetch As Google?

Sebelum saya uraikan lebih dalam saya akan bahas sedikit mengenai apa itu fetch as google (Ambil sebagai google)?,  Fetch as google adalah fasilitas yang ada di  Webmaster Tool atau google search console yang fungsinya untuk membantu para webmaster (pengelola situs) agar setiap artikel yang mereka terbitkan lebih cepat untuk diindex dan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari google.

Sebenarnya ada beberapa fasilitas yang ditawarkan google untuk membantu mempercepat index artikel blog anda, bias menggunakan fasilitas google submit url atau bias menggunakan fetch as google, perbedaan keduanya barangkali hanya terletak di kelengkapan saja. Fetch as google lebih lengkap dan detail dibandingkan dengan google submit url, fetch as google hanya diperuntukan untuk artikel-artikel dari sipemilik blog yang bersangkutan sedangkan google submit url, bias digunakan untuk mensubmit alamat url siapapun, namun kalo dilihat dari fungsinya kedua fasilitas tersebut sama tujuannya adalah untuk membantu mempercepat index google terhadap blog atau artikel yang di submit.

Syarat Untuk Menggunakan Fetch As Google

Syarat utama agar bisa menggunakan fetch as google adalah, blog anda harus sudah didaftarkan di google webmaster tool atau search console, jika blog anda kebetulan belum anda daftarkan di google webmaster tool, silahkan daftarkan terlebih dahulu, sebagari referensi untuk mendaftarkan blog di google webmaster tool, anda bisa baca artikel berikut:
Cara Mendaftarkan blog ke google webmaster tool
Dengan blog didaftarkan di google webmaster tool, selain bisa melakukan fetch as google juga informasi dan laporan mengenai interaksi robot mesin pencari terhadap blog anda akan bisa terus dipantau dan di evaluasi untuk referensi meningkatkan kinerja blog anda.

Cara Menggunakan Fetch as Google dengan Benar

Setelah blog anda terdaftar di google webmaster tool, anda baru bisa menggunakan fasilitas fetch as google untuk mempercepat index mesin pencari terhadap artikel blog anda.

Langkah-langkah untuk menggunakan fasilitas fetch as google adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke akun google webmaster tool
2. Silahkan login kemudian pilih blog anda yang sudah anda daftarkan.
3. Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu Perayapan > Ambil sebagai google, seperti terlihat di gambar berikut:

Cara Menggunakan fetch as google dengan benar
 Anda akan disuguhkan fasilitas fetch as google seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Cara melakukan fetch as google agar tidak error


4. Untuk melakukan fetch as google, silahkan anda copy terlebih dahulu url artikel blog anda untuk di fetch, kemudian masukan ke kotak isian yang disediakan seperti gambar diatas.

Sebagai contoh: misal url yang akan di fetch as google adalah sebagai berikut:
http://strukturkode.blogspot.co.id/2016/03/daftar-google-analytics.html  

Ingat, agar tidak terjadi Error atau kesalahan, URL  yang harus anda masukan adalah yang warna merahnya saja, nama blog tidak usah ikut dimasukan, jika yang dimasukan salah maka akan terjadi kesalahan  dan error , jadi sekali lagi cukup url yang dikasih warna merah saja seperti contoh diatas, silahkan sesuaikan dengna url blog anda.

Setelah url dimasukan tekan tombol mereah dibawahnya, ada 2 pilihan tombol yang tersedia, yaitu  tombol "Ambil" dan tombol "Ambil dan Renderer" seperti terlihat pada gambar diatas.

Perbedaan fungsi kedua tombol tersebut adalah, tombol Ambil digunakan jika anda menginginkan webmaster hanya melakukan fetch saja, sedangkan tombol Ambil dan renderer, selain melakukan fetch google juga akan merender halaman untuk url tersbut, serta google akan menampilkan dan membandingkan hasil render yang terbaca oleh bot google dan juga hasil yang terbaca oleh pengunjung, disertai dengan informasi bagian-bagian dari halaman yang kita fetch dan direnderer terutama yang  memblock google bot.

Sebagai contoh kita akan coba menggunakan tombol Ambil dan render untuk url diatas, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

fetch as google yang benar agar tidak terjadi error

5. Tekan kirim ke indeks, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

fetch as google yang benar agar tidak terjadi kesalahan

Silahkan ceklis saya bukan robot, kemudian pilih salah satu:

a. Rayapi URL ini saja,
Jika memilih ini google bot akan merayapi atau melakukan crawl hanya untuk url yang kita masukan saja, jika didalamnya terdapat link, google bot tidak akan merayapi link tersebut.

Jika memilih cara ini maka kesempatan anda melakukan fetch as google dalam satu bulan dibatasi sampai 100 kali fetch as google untuk url artikel blog anda.

b. Rayapi URL ini dan tautan langsungnya
Jika memilih cara ini maka google bot selain melakukan crawl terhadap halaman url yang kita masukan juga akan melukan crawl terhadap setiap link yang ditemukan dihalaman tersebut.

Jika memilih cara ini maka anda diberi kesempatan 10 kali dalam satu bulan untuk melakukan fecth as google ulr blog anda lainnya.

6. Silahkan tekan tombol Kirim jika pilihan sudah anda tentukan
Dengan menekan tombol kirim maka google boot akan langsung melakukan index terhadap halaman url yang kita masukan, sehingga halaman url tersebut akan diindex dan mudah dikenali oleh mesin pencari.


Lakukan fetch as google untuk setiap artikel yang baru anda terbitkan atau artikel yang anda update, Fetch as google hanyalah salah satu alternatif agar artikel blog anda lebih cepat untuk di-crawl, di-index oleh robot mesin pencari google, sehingga akan mudah ditemukan oleh mesin pencari google, namun meskipun artikel blog anda berhasil diindex bukan berarti artikel blog anda akan muncul di halaman terbaik google, karena untuk mendapatkan ranking pertama google ada banyak faktor yang mempenangaruhinya.

Baca juga: Tips seo agar masuk halaman 1 google

Demikian artikel tentang Cara Menggunakan Fetch As Google agar tidak Error, semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. Bang @Didin saya punya beberapa pertanyaan ini bang, berikut.

    1. Untuk menghapus URL artikel dari penelusuran google itu butuh waktu berapa lama ya? soalnya saya menggunakan menu Google indeks> Hapus URL, saya gunakan itu untuk menghapus URL kok rada-rada lama gitu proses delete permanen dari mesin penelusuran google?

    2. Kan saya pernah tuh mengindeks ulang artikel saya melalui Google Submit URL tapi pas saya cek beberapa hari kemudian eh` malah muncul 2 artikel yang judulnya sama dan URL yang sama menuju 1 artikel saja. gimana ngapus yang 1 nya ya? soalnya pakai 1 URL itu.

    Sebagai pertanyaan tambahan: Nah dari pertanyaan diatas apakah salah satunya dapat juga mempengaruhi pendapat Google Adsense dalam penilaian kriteria blog dari segi penelusuran?

    Maaf jadi banyak pertanyaan ni. Soalnya mau serius dalam menghadapi google adsense.

    ReplyDelete
  2. 1. normal memang seperti itu gan, tunggu sampai google melakukan crawl pada blog agan, jadwal google melakukan recrwal isi blog 1 sampai 3 bulan.

    2. ?

    3. Selama organik dari google adsense CPC biasanya akan optimal, banyak faktor yang bisa mempengaruhi pendapatan adsense CPC dan visitor, jika visitor banyak dan datang dari mesin pencari itu malah akan lebih baik.


    ReplyDelete
    Replies
    1. yang no 3 itu maksud saya apakah mempengaruhi juga penerimaan sebagai publisher google adsense atau tidak?

      Delete
    2. Sebaiknya agan selalu cek page not found 404 apalagi masih tahap review, ada kasus ditolak adsense gara-gara dianggap ada artikel tidak ditemukan di blognya.

      dulu ketika mendaftar adsense seminggu 3x saya selalu cek page not found 404 jika ditemukan langsung hapus dan perbaiki, sementara terus menerbitkan artikel

      Delete
  3. Kang, biasanya artikel saya kalau udah di fetch statusnya langsung complete, tapi ini malah redirected, masalahnya apa ya? Mohon penjelasannya. Hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba url yang di fetch pakai / di ujungnya misal;

      strukturkode.blogspot.com/

      coba resubmit kembali. semoga berhasil

      Delete
  4. mas.. kalau itu fetch as google nya

    googlebot type nya itu milih salah satu

    kalau aku pilih desktop, gausah pilih mobile kan?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!