Saya yakin sampai tulisan ini dibuat ada banyak sekali blogger pemula yang tidak mengetahui bagaimana teknik blogging,  terutama mengenai cara merawat blog dan cara mendatangkan banyak trafik ke blognya, mereka hanya tau menulis- dan menulis saja, trafik puluhan orang mungkin saja sudah dianggap sangat memuskan, walaupun tidak sebanding dengan jumlah artikel yang sudah banyak, padahal jika saja mereka tau ada banyak sekali blog yang memiliki trafik sampai puluhan ribu perhari dengan hanya artikel kurang dari 100.

Memang salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh blogger adalah pandai dan terampil menulis artikel, tapi sayangnya kemampuan tersebut tidaklah cukup, ada banyak sekali hal-hal lainya yang harus dilibatkan, jika saja mereka mampu tentu mereka akan bisa membuat blognya lebih terkenal dan bisa mendatangkan banyak pengunjung dalam waktu yang singkat.

Teknik blogging memang bukanlah suatu hal wajib, karena ada banyak kasus hanya dengan tekun membuat artikel tanpa dibekali dengan pengetahuan tekik blogging sekalipun, mereka bisa meraih sukses dari  blognya.

belajar teknik blogging untuk pemula


Sebut saja linda ikeji, perempuan asal Nigeria yang hanya tau menulis saja dan terus menerbitkan artikel puluhan setiap hari hingga artikelnya mencapai ratusan ribu mampu menjadi blogger terkenal dengan penghasilan bulanan yang cukup pantastis, kabarnya dia sendiri tidak tau bagaimana teknik blogging, kemampuannya hanya menulis dan terus menulis secara ektrim diluar batas kemampuan manusia pada umumnya (hehe just kidding), bayangkan saja sehari dia dapat menerbitkan artikel sampai 25 artikel tanpa bantuan siapapun, anda bisa tiru dan anda akan lihat hasilnya.

Coba fikir  hanya dengan mampu menulis saja sudah bisa sukses, apalagi jika dilengkapi dengan teknik kemampuan blogging, maka mungkin saja trafiknya akan lebih luar biasa dan tidak butuh waktu yang terlalu lama untuk membuat blognya menjadi populer.

Saya membuat artikel ini karena ada seorang teman yang ternyata dia sudah menggeluti dunia blogging sudah lama, namun di sendiri merasa masih banyak yang belum diketahui mengenai blogging, kemampuannya hanya menulis artikel dan itu juga tidak setiap hari,  walaupun artikelnya sudah cukup banyak dia merasa sulit sekali mendatangkan pengunjung ke blognya, karena dia sadar kemampuannya hanya menuangkan tulisan saja tidak lebih. Dan target blognya banyak dikunjungi belum juga dia temukan rahasianya.

Saya menganggap sepertinya masih banyak blogger-blogger dengan kemampuan serupa, oleh karena itu melalui artikel kali ini saya ingin berbagi tutorial teknik dasar blogging yang dikhususkan untuk blogger pemula agar mereka mampu mendatangkan banyak trafik, ya semoga saja artikel ini bisa membuat mereka termotivasi dan terus mencoba sampai berhasil.

Totorial teknik blogging untuk Pemula agar blog bisa mendapatkan banyak pengunjung


 

1. Siapkan blog dengan baik

Salah satu hal yang penting yang harus anda utamakan setelah blog baru anda buat adalah menyipakan blog baru anda dengan baik, sehingga akan mendukung kinerja dan keamanan blog anda jangka panjang. beberapa yang harus anda persiapkan adalah sebagai berikut:

a.  Memilih template blog seo friendly
Template blog seo firnedly adalah template blog yang memiliki unsur-unsur yang akan disukai oleh mesin pencari, walaupun blogger banyak menyediakan template, biasanya strukturnya dianggap kurang seo friendly.

Anda tidak perlu membuatnya sendiri, anda tinggal cari saja template-template blog yang banyak dishare oleh para blogger yang bisa anda gunakan secara gratis, setidaknya anda sudah mengetahui ciri template blog seo friendly, jika template blog yang anda gunakan kurang seo, anda bisa mengganti template blog anda dengan template yang lebih seo.
Baca juga: 5 ciri template blog yang baik yang harus anda pilih

b. Lakukan konfigurasi dasar blog
Yang kedua anda harus melakukan konfigurasi pada blog anda, konfigurasi diperlukan agar anda bisa membuat blog anda lebih aman dari penyadapan artikel otomatis oleh blogger lain, mampu ditemukan oleh mesin pencari, serta bisa terhindar dari spam.

Untuk melakkan konfigurasi yang tepat, anda bisa baca artikel berikut:


2. Pahami prilaku mesin pencari.

Anda harus mampu memahami mesin pencari google, karena mesin pencari merupakan sumber trafik yang paling potensial, blog anda bisa dikunjungi oleh pengunjung di seluruh dunia pada dasarnya bersumber dari mesin pencari.

Mesin pencari bisa mengenali blog anda karena adanya andil robot mesin pencari yang mampu menelusuri  crawl, milliaran halaman situs di internet untuk kemudian informasinya diindex atau disimpan di basis data mesin pencari.

Setelah diindex google akan mengenali artikel tersebut, ketika ada pengguna internet melakukan pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan artikel yang anda buat maka artikel anda akan ditampilkan di hasil pencarian.

Tapi belum tentu di posisi pertama, ada banyak sekali factor pertimbangan google untuk menentukan pantas tidaknya sebuah artikel muncul di hasil pencarian, semakin artikel banyak melibatkan factor-faktor mesin pencari maka kemungkinan artikel akan mampu bersaing dan muncul di posisi terbaik.

Agar artikel cepat diindex dan dikenali maka langkah yang harus anda lakukan untuk blog anda terutama untuk blog baru adalah:


3. Lakukan riset Kata kunci

Riset kata kunci merupakan upaya menemukan kata kunci yang banyak digunakan oleh pengguna mesin pencari untuk mencari apa yang mereka butuhkan.

Riset kata kunci diperlukan untuk mendapatkan kata kunci yang akan dijadikan judul artikel yang akan anda buat,  agar judul artikel tersebut memiliki potensi yang baik untuk mendatangkan pengunjung. Kata kunci yang harus diambil adalah kata kunci dengan pencarian bulanan banyak namun tingkat persaingannya mudah, tentu tidak mudah karena ada tekniknya.

Sebenarnya  judul artikel apapun bisa saja anda buat, apalagi blog anda sudah populer, namun untuk blog baru lebih baik dihindari, karena judul tanpa riset akan sulit mendatangkan trafik pada blog anda, kecuali kebetulan saja.

Saya tidak akan menjelaskan disini, anda cukup tau saja, bahwa untuk membuat blog anda ramai pengunjung, riset kata kunci adalah suatu hal yang jangan sampai anda lewatkan apalagi untuk blog anda yang masih sangat baru.

Ada banyak sekali teknik riset kata kunci anda bisa cari di internet, atau anda bisa baca artikel saya mengenai cara riset kata kunci :

4. Libatkan SEO

Jika anda masih  bingung, mengenai apa itu SEO ?, seo sebenarnya kependekan dari search enggine optimization, adalah upaya yang dilibatkan pada blog dan juga artikel blog agar artikel blog lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Kenapa harus melibatkan seo ?
Alasanya adalah agar artikel anda mampu muncul di halaman pencarian google ketika dicari oleh pengguna dengan kata kunci yang cocok dengan judul artikel.

Anda tentu mau ketika artikel anda dicari orang artikel anda muncul di posisi terbaik google missal di posisi pertama, pasti artikel anda akan banyak dikunjungi sehingga pengunjung blog anda akan sangat banyak dan blog anda pun akan populer. Untuk membuat seperti itu selain riset kata kunci, anda juga perlu melibatkan teknik seo pada setiap arikel anda.

Ada 2 katergori seo, yang pertama optimasi seo onpage yang kedua optimasi seo offpage. untuk membuat blog ramah mesin pencari maka kedua optimasi tersebut harus dilibatkan.

Optimasi seo onpage biasanya upaya melibatkan faktor seo yang dilakukan di dalam blog itu sendiri , meliputi:

Sedangkan seo offpage segala betuk optimasi untuk membuat artikel blog lebih mudah ditemukan di hasil pencarian namun dilakukan di luar situs, meliputi:


5. Selalu buat konten berkualitas

Saat ini mesin pencari seperti google sudah banyak mengalami perubahan algoritma, sehingga prilaku terhadap blogpun selalu berbeda, ini membuat optimasi seo ikut juga berubah, namun yang paling perlu mendapatkan perhatian adalah penyajian konten, karena mesin pencari akan selalu berusaha menemukan blog yang berkualitas, informatid dan benar-benar relevan kepada penggunanya.

Secara tidak langsung ini memberikan informasi pada pengguna bahwa salah satu cara agar blog lebih disukai mesin pencari adalah menyajikan konten berkualitas. selain memiliki kualitas seo juga informatif bagi pengunjung.

Silahkan baca: Cara membuat artikel berkualitas




Jika anda mampu melakukan teknik blogging di atas pada blog anda maka anda akan mampu menjadikan blog anda lebih cepat populer serta mendatangkan banyak trafik.

Itulah artikel sederhana tentang belajar Teknik blogging untuk pemula agar blog baru ramai pengunjung, semoga dengan membaca artikel di atas, wawasan anda tentang dasar-dasar blogging bertambah, sehingga anda mengetahui apa yang harus anda lakukan untuk blog anda. semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya, artikel ini sangat-sangat membantu saya, cuma saya agak bingung dengan deskripsi. Lebih penting mana antara mengaktifkan deskripsi di basic setting atau deskripsi di meta tag search preferance?. Mohon infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu beda tujuan mas, kalo deskripsi dibasic itu untuk deskripsi halaman homepage.

      sedangkan deskripsi di search freference itu untuk deskripsi halaman artikel, jadi agan nanti setiap bikin artikel akan muncul fasilitas untuk memasukan deskripsi, keduanya menurut saya penting untuk meningkatkan relevansi artikel.

      Delete
  2. Ulasan yang menarik mas.
    Awalnya saya juga blogger yang tipe gitu. Taunya posting-posting terus, padahal kualitasnya belum bisa dijamin. Dulunya gak sampai mikir SEO. Teknik blogging saya perlahan-lahan mulai berubah. Saya banyak belajar dari Strukturkode.
    Terimakasih artikelnya mas.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!