Saat ini semakin mudahnya akses internet pertumbuhan blogger pun semakin tinggi, ada banyak blogger-blogger baru dan berpengalaman membuat blog-blog atau halaman situs baru untuk tujuan-tujuan tertentu, walaupun jumlah blogger semakin meningkat, tidak semua blogger tau bagaimana cara memelihara blognya, ada yang sudah paham namun tidak sedikit yang hanya mampu menulis saja.

Memang ada banyak sekali hal-hal yang harus dipelajari ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger, selain belajar cara optimasi mesin pencari (seo), belajar menulis anda juga harus mengetahui bahwa kesehatan blog sangat penting, banyak orang fokus untuk mempelajari seo serta menulis artikel berkualitas namun kesehatan blog terlupakan, padahal kesehatan blog tidak kalah pentingnya untuk menunjang performa blog menjadi lebih baik.

kesehatan blog yang harus diperhatikan


Menurut saya pribadi ada banyak efek positif ketika blog selalu dalam keadaan sehat, beberapa diantaranya yang pernah saya alami adalah:

1. Lebih cepat memulihkan site link yang hilang.
Site link merupakan hadiah dari google untuk blog yang dianggap sudah memiliki trafik yang baik, tapi site link terkadang tidak mampu bertahan permanen, adakalanya jika trafik sedang anjlok atau karena faktor lainnya sitelink bisa hilang, salah satu untuk mengembalikannya adalah selain terus menerus menerbitkan konten adalah menjaga kesehatan blog.

2. Lebih berpeluang besar diterima google adsense
Walaupun secara tertulis google sendiri tidak menjelaskan secara spesifik berdasarkan pengalaman pribadi ketika diterima google adsense dalam sekali daftar, memperhatikan kesehatan situs adalah agenda utama saya di sela-sela pendaftaran google adsense ketika sedang dalam proses review, baik review 1 dan review 2.

3. Dapat memperbaiki trafik blog yang anjlok
Trafik blog juga terkadang naik turun, salah satu penyebab turunnya trafik blog, percaya atau tidak adalah karena anda membiarkan masalah yang terdapat pada blog anda dalam waktu yang lama, ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, sebagai contoh, misal adanya kesalahan dalam jumlah banyak yang terdeteksi oleh google webmaster tool, namun dibiarkan berlarut-larut, lambat-laun trafik akan menurun, dan trafik bisa kembali setelah kesalahan-kesalahan tersebut diperbaiki dengan tuntas seiring dengan terus menerbitkan artikel.

4. Meningkatkan CPC google adsense
Boleh saja anda tidak percaya, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya dengan selalu memperhatikan kesehatan situs lalu amati CPC (cost per click / biaya per klik) google adsense pada blog anda.

Memang ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi nilai CPC google adsense, selain topik atau niche yang dipilih, kualitas artikel, kesehatan situs juga sepertinya mampu meningkatkan nilai cpc menjadi lebih baik.

Saya tiidak menjamin, karena google sendiri pun tidak pernah menjelaskan informasi ini secara spesifik, namun berdasarkan pengalaman pribadi, nilai cpc mengalami peningkatan setiap kali kesehatan blog sedang prima, terutama dari page not found 404, server error,  struktur html dan  struktur schema html.

5. Indek google menjadi lebih baik
Seperti apa yang saya jelaskan di artikel sebelumnya mengenai cara mengatasi index google yang sulit sekali naik, ternyata salah satu caranya adalah selalu memperhatikan kesehatan situs.

Jika anda mengalami indek url blog (sitemap) anda sulit sekali terindek, jumlah index sulit naik, tips dari saya silahkan perhatikan kesehatan situs anda, anda bisa selalu memonitornya di google webmaster tool, jika ada kesalahan atau error, maka segeralah lakukan perbaikan.

7 Kesehatan blog / situs yang harus di perhatikan agar performa blog tetap baik

Untuk anda yang baru di dunia blogging dan belum berpengalaman mengelola blog, berikut ini saya uraikan kategori kesehatan situs yang harus selalu anda perhatikan agar blog anda selalu memiliki performa terbaik terutama di mata mesin pencari:

#1. Crawl Error di google webmaster tools

Untuk mengetahui crawl error / kesalahan perawayapan pada blog anda, anda bisa lihat di google webmaster tool di menu perayapan > kesalahan perayapan

Beberapa crwal error yang muncul di google webmaster tool diantaranya adalah, page not found 404, server error 503 dll.

Untuk page not found 404, walaupun google sendiri menjelaskan bahwa page not found 404 atau error karena artikel tidak ditemukan di blog anda tidak mempengaruhi seo, namun page not founf 404 dapat mengurangi pengalaman pengguna, padahal kita tau pengalaman pengguna merupakan ux faktor yang dapat memberikan signal pada mesin pencari mengenai pengalaman pengguna terhadap blog anda.

Di artikel saya sebelumnya saya sempat menulis mengenai penyebab trafik blog turun lebih dari 50%, salah satu penyebabnya karena saya membiarkan error page not found 404 yang tidak diperbaiki dalam waktu yang lama.

Untuk memperbaiki page not found 404 di blog anda, silahkan gunakan google webmaster tool, caranya anda bisa baca di artikel sebelumnya mengenai cara mengatasi 404 page not found

#2. Link toxic

Link toxic penyebabnya adalah adanya backlink yang menuju situs anda yang dianggap memberikan efek buruk untuk blog anda, alih-alih menginginkan blognya memiliki trafik yang tinggi dari adanya backlink, justru malah dapat menurukan rangking blog di hasil pencarian.

Untuk memperhatikan kesehatan situs, anda harus mampu menemukan link toxic pada blog anda, jika sudah ditemukan maka anda harus melakukan disavow untuk menghilangkan efek negatif dari backlink toxic tersebut.

Baca: Cara mengatasi dampak buruk link toxic dengan disavow tool

#3. Broken link

Broken link adalah link yang terdapat di halaman situs anda namun menuju halaman lain yang tidak ditemukan atau menuju halaman yang sudah tidak ada, broken link bisa terjadi karena ada komentator yang meletakan link dengan alamat yang salah atau alamat situs yang sudah tidak ada.

Broken link sebaiknya dihapus karena akan memperburuk kesehatan situs anda. tentunya untuk menemukan brokn link akan sulit jika dilakukan secara manual apalagi artikel blog anda sudah sangat banyak cara termudah untuk menemukan broknlink adalah dengan bantuan tool online.

Saat ini ada banyak sekali tool online gratis yang dapat anda gunakan untuk mendeteksi broknlink pada halaman blog anda, salah satunya yang bisa anda coba adalah deadlinkchecker , penggunaan tool tersebut sangat mudah, anda tinggal memasukan alamat situs anda lalu tekan tombol chek...tunggu hingga proses selesai. Jika ditemukan  ada link mati, silahkan anda lihat di halaman blog anda lalu langsung perbaiki atau hapus.


#4. Link yang menuju situs tidak sesuai kebijakan

Situs-situs yang berbahaya yang tidak sesuai dengan kebijakan diantaranya adalah situs jud!, situs-situs dew@sa dll, link yang menuju situs tersebut baik dofollow maupun nofollow, biasanya akan memperburuk citra blog anda, bahkan blog bisa dihapus oleh google atau terkena internet positif jika jumlahnya terlalu banyak.

Apalagi blog anda dipasangi google adsense, jelas adanya link tersebut bisa membuat blog anda dibanned oleh google adsense.

Link tersebut biasanya bersumber dari link-link yang dipasang di komentar-komentar blog yang tidak dimoderasi oleh pemilik blog tersebut, atau karena si pemilik bekerjasama dengan pemasang iklan sembarangan, bahkan bisa juga bersumber dari media iklan lokal yang kita pasang.

Jika anda menemukan banyak link yang menuju situs-situs tidak jelas sebaiknya segera dihapus, selain blog akan dianggap spam juga akan berpotensi membahayakan blog anda.

#5. Error struktur data

Struktur data schema org merupakan kode khusus yang banyak dilibatkan di halaman blog dengan tujuan agar mesin pencari dapat mengenali bagian-bagian penting halaman blog anda, kode schema org biasanya standar dan dapat dikenali oleh semua mesin pencari, selain itu struktur data juga dijadikan sebagai data referensi ketika pengguna melakukan share halaman blog ke media sosial.

Struktur data sebenarnya bukan merupakan faktor seo namun bisa memberikan dampak positif di hasil pencarian google yang dapat memberikan informasi hasil pencarian terbaik kepada pengguna

Selain itu dengan memperbaiki struktur data maka performa blog akan lebih baik, bahkan beberapa blogger memiliki pengalaman mampu mengembalikan trafik yang anjlok salah satunya dengan memperbaiki error pada struktur data.

Untuk cek dan memperbaiki error struktur data anda bisa baca di artikel di bawah ini:
Cara memperbaiki error struktur data blog

#6. Duplikat konten

Duplikat konten pada halaman blog anda, baik duplikat title maupun duplikat deskripsi bisa muncul karena struktur kode blog anda kurang baik.

Anda bisa menemukan duplikat konten pada halaan webmaster tool di menu tampilan penelusuran > penyempurnaan html silahkan anda cek apakah blog anda memiliki duplikat konten, jika ada sebaiknya segera perbaiki karena duplikat konten sangat buruk di mata google bisa membuat halaman blog anda mengalami penurunan ranking.

#7.  Blocked resource (Sumber daya yang diblokir)

Blocked resource biasanya muncul jika di halaman blog anda ada sumber daya baik itu gambar, css maupun javascript yang bersumber dari situs yang sumber dayanya diblokir.

Untuk melihat sumber daya yang diblokir pada situs anda, anda bisa lihat di halaman google search console atau webmaster tool di menu google index > sumber daya yang diblokir.

Adanya sumber daya yang diblokir menurut google akan mempengaruhi index google yang membuat index google kurang maksimal, jadi jika anda menemukan sumber daya yang diblokir dan itu cukup penting sebaiknya anda perbaiki.

Baca : Cara memperbaiki sumber daya yang diblokir pada blog


Untuk menjamin situs anda selalu sehat, anda bisa pantau terus situs anda di google webmaster tool, pastikan anda sudah mendaftarkan blog ke google webmster tool.

Ada banyak dampak positif apabila blog atau situs anda dalam keadaan sehat, seperti yang diuraikan di atas, semoga artikel tentang  faktor kesehatan blog / situs  ini bermanfaat.

3 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali OM, terima kasih

    ReplyDelete
  2. mas, saya sudah mendaftarkan blog saya di webmastertoll tapi kenapa tidak terindeks/ tidak terdapat klik.

    sedangkan di google anaylistic banyak. apa yang salah mas ? mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya perlu waktu gan, liat saja seminggu, dua minggu atau sebulan berikutnya, tergantung trafik blog agan, jika jumlah trafiknya banyak laporan webmaster biasanya lebih cepat

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!