Memilih layout tampilan blog (template) yang baik dan benar memang penting, namun ada satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya dan tidak  boleh dilewatkan ketika membuat blog dengan flatform blogspot, selain menggunakan template blog yang seo friendly, menyajikan artikel berkualitas, melakukan optimasi seo onpage maupun optimasi seo onpage, jangan lupa juga untuk melakukan seting dasar blog untuk mendukung kinerja blog sehingga blog lebih seo friendly dan aman.

Karena dengan seting blog yang baik blog anda akan lebih seo sehingga lebih mudah ditemukan di mesin pencari google di posisi terbaik, bukan hanya itu setingan dasar blog juga bisa kita atur untuk mengantisifasi ancaman penyadapan artikel oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga blog lebih aman.

Blogspot memang salah satau flatform blog yang sangat banyak peminatnya, flatrofm blogspot juga sangat dinamis sehingga lebih mudah kita atur dan sesuaikan, sayangnya untuk pemula (newbie) yang baru kenal dengan blogspot pengaturan blogspot terkadang tidak diperhatikan, padahal pengaturan setingan blog adalah salah satu hal yang jangan dilewatkan, dan pengaturan ini sebaiknya harus dilakukan ketika pertama kali blog tersebut dibuat sebelum blog diisi artikel dan dikelola.


Disini saya akan uraikan beberapa pengaturan atau seting dasar pada blogspot yang paling penting khusus untuk anda yang masih pemula dengan dunia blog, agar blog anda lebih seo dan lebih aman.

9 Setingan Blogspot yang Wajib anda lakukan agar blog lebih SEO dan aman

 Untuk mengaturan flatform blogspot lebih lanjut anda bisa login ke halaman utama akun blog anda, lalu di bilah menu sisi kiri pilih menu setelan atau setting yaitu menu bergambar roda gigi biasanya letaknya ada di bagian agak bawah.

Berikut adalah beberapa setingan wajib yang harus anda atur pada blogspot anda agar blog anda lebih seo friendly, lebih mudah ditemukan di mesin pencari dan lebih aman.

#1. Setelan dasar

Langlah yang pertama adalah melakukan pengaturan setelah dasar, pilih menu setelan > dasar, anda akan melihat beberapa pilihan untuk mengatur setelah dasar.

seting dasar blogspot

a. Judul 
Silahkan masukan judul untuk blog anda, pastikan bahwa judul yang dipakai sesuai dengan niche blog anda.

b. Deskripsi
Masukan deskripsi atau keterangan singkat blog anda, pada deskripsi yang dibuat sebaiknya mengandung kata kunci utama yang dibahas pada blog anda, misal anda membuat blog  dengan kata kunci utama tentang spesifikasi dan harga ponsel,  anda bisa membuat descripksi seperti di bawah ini:
Blog yang membahas tentang teknologi ponsel terbaru dengan uraian spesifikasi lengkap, membandingkan produk ponsel dan menyajikan informasi harga ponsel baru maupun bekas.......

Silahkan manfaatkan 500 karakter yang disediakan sebaik-baiknya untuk mmebuat deskripsi yang melibatkan kata kunci utama blog anda.

Deskripsi ini adalah deskripsi yang akan dipakai untuk halaman utama blog anda, beberapa pakar seo menjelaskan walaupun deskripsi bukan dari bagian google rangking faktor keberadaannya tetap memberikan pengaruh untuk meningkatkan relevansi artikel di hasil pencarian, jadi menurut saya pribadi deskripsi cukup penting untuk dilibatkan.

c. Privasi
Pada pilihan privasi pastikan memilih Ya, dengan memilih ya itu artinya blog anda diizinkan untuk diindek oleh robot mesin pencari google dan mesin pencari akan bisa menemukan blog anda. Tapi jika blog anda bukan konsumsi publik anda bisa memilih tidak.

d. Alamat blog
Ini digunakan sebagai fasilitas untuk mengganti alamat blog anda, Peringatan: jika blog anda sudah berumur dan sudah dikenali oleh mesin pencari dan banyak dikunjungi jangan sekali-kali mengganti nama blog, karena itu artinya sama saja blog anda mulai lagi dari nol.

Di sini juga anda bisa mengatur untuk custom domain blogspot menjadi situs top level domain (TLD), jadi jika anda dikemudian hari ingin merubah alamat blog anda menjadi alamat pribadi tanpa akhiran .blogspot.com, maka pengaturannya di sini.

Beberapa artikel yang membahas custom domain diantaranya adalah:
d. HTTPS;
Jika anda memilih aktifkan maka blog anda hanya akan tampil menggunakan alamat https saja, sedangkan jika tidak, alamat blog anda lebih fleksibel dapat diakses dengan https atau http.

#2. Pos Komentar dan Berbagi

Pengaturan pos komentar dan berbagai di blogspot

Menu pengaturan ini khusus untuk mengatur masalah komentar dan juga share artikel ke media sosial google+, beberapa pengaturan yang wajib anda seting adalah sebagai berikut

a. Komentar
  •  Lokasi komentar, pilih Tersemat jika anda ingin komentar muncul di setiap artikel blog anda,
  • Yang dapat mengomentari, anda pilih pengguna terdaftar atau pengguna dengan akun google, jangan memilih semua orang ini untuk meminimalisir spam yang dilakukan oleh pengunjung blog.
  • Moderasi komentar, paling baik pilih selalu agar setiap komentar yang masuk bisa anda moderasi terlebih dahulu sebelum di publis.
Setingan lainnya biarkan saja seperti bawaannya.

#3. Bahasa dan pemformatan

Jika anda ingin agar blog anda bisa didaftarkan ke google adsense untuk dimonetisasi agar bisa menghasilkan uang dikemudian hari, anda bisa memilih  inggris (united kingdom), dengan memilih ini maka menu penghasilan untuk mengatur monetisasi akan muncul pada akun blog anda.

seting bahasa dan pemformatan di blogspot

Untuk informasi lebih lanjut cara monetisasi blog dengan google adsense silahkan baca:
 

 #4.  Preferensi Penelusuran

Seting preferensi penelusuran di blogspot

Menu ini berkaitan dengan preferensi penelusuran blog oleh robot mesin pencari, untuk membuka menu ini pilih menu setting atau setelan > preferensi penelusuran, anda akan melihat beberapa pengaturan sebagai berikut:

a. Tag Meta
Tag ini digunakan untuk mengatur deskripsi setiap artikel pada blog anda, silahkan aktifkan dan isi default deskripsi untuk setiap artikel anda. dengan mengaktifkan fasiltias tag meta ini sekaligus akan mengaktifkan Deskripsi penelusuran yang bisa anda isi setiap kali membuat artikel postingan blogspot. ingat walaupun deskripsi bukan google rangking faktor, menurut saya tetap perlu dilibatkan untuk meningkatkan relevansi artikel terhadap kata kunci pencarian.

Siahkan baca juga:  Pentingkah meta deskripsi untuk seo

a. Kesalahan dan pengalihan
Lihat juga di bagian kesalahan dan pengalihan, terkadang untuk beberapa tujuan seting ini perlu salah satunya ketika anda ingin mengalihakan sebuah halaman blog ke halaman blog lainnya, jadi ketika halaman blog lama diakses maka halaman yang akan terbuka adalah halaman pengalihannya.

Saya sering menggunakan fasilitas ini untuk mengganti permalink agar trafik tidak hilang, penjelasan lebih lanjut untuk fasilitas ini silahkan baca:

 #5 Pengaturan Lainnya.

pengaturan lain pada blogspot

Untuk mengaktifkan halaman pengaturan lainnya pilih menu setting atau setelah > lainnya, beberapa pengaturan yang harus anda atur di pengaturan lainnya adalah sebagai berikut:


a. Umpan situs
Untuk umpan situs pastikan yang dipilih adalah singkat, ini bertujuan agar blog anda jika di akses melalui halaman feed blog hanya menampilkan beberapa karakter awal saja, tujuannya adalah untuk menghindari penyadapan artikel lewat auto blog (AGC) yang biasa dilakukan oleh pihak-puhak yang tidak bertanggung jawab. dengan memilih singkat walaupun artikel anda di sadap tidak akan penuh, hanya akan menapilkan beberapa karakter saja.

Artikel terkait:


b. Posting URL pengubah arah feed
Ini untuk mengcustomisasi halaman feed blog anda, halaman feed blogspot anda biasanya terledak di:
alamat_blog_anda.blogspot.com/rss.xml
Jika anda ingin halaman feed blog anda dapat diatur dan disesuaikan termasuk jumlah karakternya anda bisa menggunakan tool pihak ke 3, dan arahkan feed anda ke alamat alamat feed yang anda buat, salah satu tool feed yang cukup baik adalah google feedburner, anda bisa membuat akun di situs tersebut kemudian buat halaman feed lalu kaitkan dengan feed blog anda

Silahkan baca:
 

2 komentar:

  1. wah lumayan banyak ya !
    .
    btw apa jumlah index di webmastertool harus lebih banyak dari jumlah artikel ?
    .
    misalnya punya artikel itu 10 jadi index status harus lebih dri 10
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk status index yang bisa dilihat di webmaster tool menu google index > status index seharusnya index lebih banyak dari jumlah artikel, semakin banyak jumlah indek itu semakin baik

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!