Ada banyak sekali jenis format dan ukuran video yang bisa kita buat, namun jika video tersebut ingin di-upload ke youtube anda perlu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kriteria video tersebut terutama berkaitan dengan format dan ukuran video, sehingga video anda akan memiliki kualitas yang baik dengan ukuran yang pas dengan pemutar video youtube, jika tidak maka, maka kemungkinan besar video tidak akan bisa diupload jika format tidak sesuai dengan ketentuan, dan tampilan tidak akan memuaskan.

Youtube memang saat ini adalah situs primadona bagi para netter, selain dapat mengunggah video secara gratis youtube juga kini membuka kerjasama dengan youtuber di seluruh dunia untuk menjadi publisher google adsense youtube, sehingga mereka bisa menghasilkan uang dari youtube untuk setiap video yang mereka upload dan mereka monetisasi.

Format dan ukuran video youtube terbaik


Apapun tujuan anda mengupload video ke youtube, tugas utama anda adalah memperhatikan kualitas video tersebut, sehingga akan memiliki potensi lebih disukai oleh pemirsa dan chanel youtube anda akan mendapatkan reputasi yang baik dari youtube, sehingga video akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian youtube, kualitas video akan sangat ditentukan oleh format video yang dipilih dan ukuran video yang cocok, sehingga ketika video ditonton maka tampilannya akan lebih maksimal.

Lantas bagaimanakah format dan ukuran video yang paling direkomendasikan untuk di upload ke youtube?
Di artikel ini saya akan coba uraikan bagaimana cara memilih format dan ukuran video untuk anda upload ke youtube agar video tersebut memiliki kualitas yang baik sehingga lebih disenangi pemirsa.

Format dan Ukuran Video Terbaik (Recomended) untuk diupload ke youtube

 Berikut adalah format dan ukuran video yang paling baik yang bisa anda gunakan untuk anda upload ke chanel youtube anda:

# Format Video Terbaik untuk Youtube

Kita ketahui bersama bahwa ada banyak video yang bisa kita buat, dari mulai MKV, MP4, MP3, 3 GP dll, namun dari banyaknya format video yang tersedia tidak semuanya support untuk di upload ke youtube, oleh karena itu untuk anda yang membuat video dengan tujuan ingin anda upload ke youtube maka anda harus memperhatikan format video yang dapat diterima oleh youtube, jika tidak maka anda tidak akan pernah berhasil mengupload/unggah video tersebut dengan pesan kesalahan " format file tidak valid saat anda melakukan upload video tersebut.

Berdasarkan penjelasan dari google, berikut adalah beberapa format video yang support atau dapat diterima oleh youtube:

  • MOV
  • MPEG-4 atau MP4
  • AVI
  • WMV
  • MPEGPS
  • FLV
  • 3GPP
  • WebM

Namun jika anda kebetulan memiliki video dengan format selain format di atas, maka anda terpaksa harus mengconvert atau merubah video tersebut terlebih dahulu sebelum anda menguploadnya, beberapa tools yang bisa anda pilih untuk melakukan vonverter video, diantaranya adalah:

  1. Windows Movie maker, aplikasi video editor berbasis windows sederhana dan gratais dari microsoft
  2. Pinnacle studio, aplikasi video editor berbayar sangat kaya akan fitur dan sangat recomended untuk anda gunakan.
  3. iMovie, aplikasi video editor khusus untuk pengguna Mac OS yang dapa juga digunakan sebagai software video converter.

Silahkan anda gunakan tool di atas untuk mengkonversi video anda, setelah di convert ke format yang dapat diterima oleh youtube baru anda uploadkan.

Baca juga: Cara mudah upload video ke youtube

#Ukuran Video Terbaik Untuk youtube

Ada banyak sekali ukuran video yang bisa kita pilih, namun jika video tersebut ingin anda upload ke youtube, agar hasilnya maksimal maka anda harus memperhatikan ukuran dari video yang anda buat sebelum menguploadnya ke situs youtube.

Perlu anda ketahui bahwa youtube menggunakan aspek rasio16:9, oleh karena itu jika anda ingin mengupload video ke youtube, anda harus memastikan bahwa ukuran video tersebut memiliki rasio aspek atau resosuli 16:9, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Ukuran dalam pixel:
  • 240p: 426 x 240 (16:9)
  • 360p: 640x360 (16:9)
  • 480p: 854x480 (16:9)
  • 720p: 1280x720 (16:9)
  • 1080p: 1920x1080 (16:9)
  • 1440p (2k): 2560x1440 (16:9)
  • 2160p (4k): 3840 x 2160 (16:9)

Sebenarnya bisa saja anda mengupload video dengan ukuran selain di atas, namun biasanya jika ukuran video rasionya bukan 16:9 seperti di atas, maka tampilan video akan terlihat tidak pas ketika dijalankan di player YouTube.


Oh ya khusus untuk anda yang senang dengan video resolusi tinggi, maka rekomendasi setelan untuk encode upload berikut bisa anda pilih untuk video anda:
Jika kamu ingin upload video yang High Resolution sebaiknya ikuti standar di bawah ini:
  • Format video yang paling rekomendasi adalah MP4 (MPEG-4) pilih yang resolusi HD minimal 1080p.
  • Audio Codec: AAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
  • Video Codec: H264
  • Frame Rates: Sebaiknya sesuaikan dengan video material aslinya agar tidak terlihat patah-patah

Itulah artikel mengenai  Format dan Ukuran Video Terbaik (Recomended) untuk diupload ke youtube, semoga artikel di atas bisa anda jadikan rujukan terutama untuk video anda sebelum anda menguploadnya ke youtube agar video anda memiliki kualitas yang terbaik dibanding video lainnya. Semoga bermanfaat.