Viewer (jumlah tayangan/jumlah tampil) artikel pada sebuah blog dihitung berdasarkan jumlah pengunjung blog yang membaca artikel yang anda sajikan tersebut, semakin banyak trafik sebuah blog maka viewerpun akan semakin tinggi, oh ya perlu diingat bahwa viewer artikel berbeda dengan visitor blog, dan biasanya viewer setidaknya sama atau lebih besar dari visitor blog.

Jika setiap pengunjung blog hanya membaca 1 artikel maka viewer atau jumlah tayangan blog akan sama dengan jumlah pengunjung atau visitor blog anda, namun jika pengunjung blog anda membaca lebih dari satu artikel yang anda sajikan pada blog anda, maka jumlah viewer atau jumlah tayang akan jauh lebih besar dari visitor blog.

cara meningkatkan page view (viewer) untuk artikel baru

Viewer memang perlu ditingkatkan dan biasanya semakin banyak jumlah artikel yang disajikan dalam sebuah blog maka viewer pun akan ikut meningkat, untuk artikel blog yang sudah memiliki reputasi baik dan mampu muncul di posisi terbaik di hasil pencarian, viewer akan mudah sekali diperolah dalam waktu yang singkat, apalagi judul yang diambil adalah judul yang memiliki tingkat pencarian tinggi, tentu jika mampu muncul diposisi terbaik di hasil pencarian, maka viewer untuk artikel tersebut akan semakin banyak dan juga akan meningkatkan viewer blog dimana artikel tersebut dipublish.

Tapi lain halnya untuk artikel baru, artikel baru secara nomral perlu waktu untuk mendapatkan viewer yang tinggi kecuali anda melibatkan trik dahsyat yang akan mampu meningkatkan viewer untuk artikel baru tersebut.

Viewer memang untuk beberapa tujuan selalu ingin ditingkatkan, dan memang jika dikaitkan dengan seo walaupun tidak termasuk ke dalam google ranking faktor, viewer yang dimiliki sebuah artikel secara tidak langsung akan mempu membawa artikel tersebut menduduki posisi terbaik hasil pencarian, apalagi saat ini rangking pencarian google sangat dipengaruhi oleh ux faktor atau faktor pengalaman pengguna, jika pengguna merasa nyaman dan betah berlama-lama di blog anda, maka akan memberikan sinyal bahwa artikel tersebut pantas menduduki posisi terbaik.

Bagaimana Trik Cara meningkatkan viewer untuk artikel baru

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan viewer khususnya untuk artikel barud dibuat yang selesai dipublish:

#1 - Buat judul artikel yang menarik

Yang pertama yang harus anda perhatikan sebelum membuat artikel adalah menentukan judul yang menarik, buatlah judul yang menarik pembaca, karena ketika judul artikel anda ditemukan baik di media sosial ataupun di halaman blog anda, seperti misalnya  di popular post di daftar post terbaru mapun di related post atau di internal link di artikel relevan lainnya, maka judul tersebut akan mampu memikat pembaca untuk mengunjungi artikel postingan baru anda, sehingga dapat meningkatkan view artikel tersebut. jangan lupa untuk menyajikan artikel yang berkualitas yang pantas untuk dibaca dan memberikan informasi lengkap mengenai judul yang anda sajikan.

Di artikel ini saya tidak akan membahas secara panjang lebar bagaimana cara membuat judul yang menarik dan diminati pembaca, tapi untuk pemula anda bisa baca artikel yang pernah saya buat sebelumnya yaitu:

4 point penting ketika membuat judul artikel

Intinya buatlah judul yang akan membuat pembaca anda penasaran, ada banyak sekali blogger pengalaman yang sudah menyajikan artikel bagaimana cara membuat judul menarik, silahkan anda gunakan referensi dari blog tersebut untuk membuat judul artikel anda.

Artikel terkait :

#2 - Buat Internal link di artikel relevan yang lebih populer

Cara berikutnya untuk meningkatkan view untuk artikel baru anda adalah membuat internal link di artikel relevan yang sudah lebih dulu populer, setelah anda selesai mempublish artikel, silahkan edit artikel lama anda yang relevan dengan artikel baru anda yang baru anda terbitkan pilih artikel lama yang sudah lebih dulu populer, kemudian, edit dan masukan internal link ke artikel baru anda, cara ini cukup ampuh meningkatkan view untuk artikel postingan baru, apalagi judul artikel postingan baru anda sangat menarik dan membuat penasaran tentu view artikel baru anda akan cepat meningkat.

Jika anda masih kesulitan bagaimana cara membuat internal link, sebagai panduan anda bisa membaca artikel berikut:

#3 - Bagi Artikel menjadi beberapa halaman.

Cara ini banyak sekali ditemukan di artikel-artikel berita, artikel dibagi menjadi beberapa page, sehingga anda mau tidak mau harus menekan tombol next page atau paginasi angka untuk menyelesaikan membaca artikel secara keseluruhan, dan tahukah anda itu adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan view artikel yang bersangkutan.

Ada banyak tujuan kenapa pemilik blog menggunakan trik seperti ini, biasanya terkait dengan monetisasi blog yaitu upaya untuk meningkatkan pendapatan dari blog dari jenis iklan perseribu tayang, jadi jika iklan tayang 1.000 kali maka si penayang iklan akan mendapatkan penghasilan, salah satu cara yang sering digunakan adalah refresh halaman otomatis atau dengan membagi artikel menjadi beberapa halaman, walaupun untuk beberapa pengunjung teknik seperti ini menjengkelkan namun memang tidak dipungkri dapat meningkatkan view halaman.

#4 - Sajikan daftar post terbaru di blog anda

Yang berikutnya untuk meningkatkan viewer artikel baru adalah, menyajikan daftar post terbadu pada halaman blog anda, sehingga setiap daftar artikl baru yang anda publish akan tercantum disana, ini memberikan kesempatan kepada pengunjung blog anda, untuk melihat artikel baru yang baru saja anda terbitkan. dan memang terbukti dengan menyajikan daftar artikel terbaru, bisa meningkatkan view artikel yang bersangkutan.

Daftar postingan terbaru bisa anda letakan di area sidebar halaman blog anda, biasanya menggunakan widget khusus, anda bisa mencarinya karena banyak sekali para blogger yang menyajikan widget ini, sehingga setiap artikel baru yang anda terbitkan secara otomatis akan muncul di widget ini, atau anda juga bisa menggunakan cara manual dengan langsung menuliskan link ke artikel baru anda di widget blog HTML/Javascript, namun akan sangat merepotkan.

#5 - Share Otomatis ke google+

Cara berikutnya yang cukup ampuh meningkatkan view halaman untuk artikel baru adalah melakukan share ke google +, pastikan bahwa blog anda sudah terhubung secara otomatis dengan akun google+ anda, sehingga setiap artikel diterbitkan maka akan muncul di postingan google +, jika anda memiliki relasi pertemanan atau follower akun google+ anda banyak, maka ini adalah salah satu potensi untuk meningkatkan view artikel baru anda.

Share sebaiknya jangan dilakukan secara manual, apalagi dalam jumlah yang banyak menuju artikel yang sama, karena khawatir dianggap spam oleh google+, pada akhirnya anda tidak diizinkan lagi untuk share ke blog yang bersangkutan. biarlah member google+ lainnya yang melakukan share berikutnya, jika judul anda menarik dan isi artikel anda berkualitas, maka tanpa anda mintapun akan banyak yang hsare artikel anda.

#6 - Share di media sosial lainnya seperti facebook dan twitter

Share juga di fanspage facebook anda dan juga di twitter, alangkah baiknya jika anda seorang pemburu view halaman, buat share otomatis ke media sosial seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya, silahkan gunakan tool pihak ke 3 yang sudah banyak tersedia yang dapat memfasilitasi keperluan tersebut, sehingga anda tidak harus repot-repot melakukan share secara manual setiap kali anda selesai menerbitkan artikel.

Jika akun media sosial anda memiliki banyak sekali follower atau memiliki banyak pertemanan dan apalagi sesuai dengan target niche artikel anda, maka tidak dipungkiri cara ini sangat efektif untuk meningkatkan view blog anda, bahkan pengunjung blog andapun akan semakin meningkat.


Iutlah uraian tentang 6 trik bagaimana cara meningkatkan viewer untuk artikel postingan baru, semoga trik diatas bekerja sangat baik untuk artikel blog anda dalam upaya meningkatkan view artikel-artikel yang terdapat pada blog anda, semoga bermanfaat.