Alamat utama url domain sebuah blog pada dasarnya dapat diakses dengan beberapa alternatif, ada yang menggunakan www. bahkan tanpa www, namun umumnya blog yang baik harus tetap bekerja dengan normal baik diakses menggunakan www mapun tanpa www.

Untuk blog gratisan seperti blog yang dibuat di blogger.com, blog yang dibuat di wordpress.com maupun blog-blog yang dibuat dengan layanan gratisan lainnya, kita  tidak perlu ambil pusing melakukan konfigurasi domain, karena blog tersebut sudah dipersiapkan oleh penyedia layanan blog dengan sangat user friendly dan mendukung seo, biasanya blog akan tetap masih bisa diakses baik menggunakan www. maupun tanpa menggunakan www.

mengaktifkan www pada blog agar blog bisa diakses dengan www
 
Contohnya seperti blog gratisan punya saya ini: coba aja anda akses blog saya dengan url:
www.strukturkode.blogspot.com atau strukturkode.blogspot.com, keduanya bisa digunakan, dan akan menuju halaman blog saya ini.

Namun beda halnya dengan blog hasil customisasi, atau blog gratisan yang diubah menjadi blog pribadi dengan top level domain (TLD), yang harus diperhatikan selain pemilihan nama domain yang unik dan berkualitas, juga harus menentukan format url domain yang akan digunakan, apakah url yang ingin digunakan  dilengkapi dengan www atau tanpa www.

Agar blog bisa seperti itu maka blog harus dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga ketika diakses tanpa www maupun dengan www blog tidak error dan dapat bekerja dengan baik alias bisa diakses menuju halaman blog yang sama.

Untuk pemula yang baru melakukan konfigurasi custom domain atau mengalihkan domain gratisan ke domain pribadi berbayar, terkadang permasalahan ini tidak disadari, pada akhirnya blognya hanya dapat diakses jika dengan www di depannya, sedangkan ketika diakses tanpa melibatkan www di depan alamat domainnya blognya tidak terbuka dan halaman tidak ditemukan.

Oleh karena itu setiap kali anda selesai melakukan custom domain atau pengalihan doman dari blog gratisan menjadi blog dengan domain pribadi atau TLD harus dipastikan bahwa blog bisa diakses baik dengan menggunakan www maupun tanpa www, karena jika tidak ini akan memberikan pengalaman yang tidak baik  kepada pengguna dan akan memberikan reputasi yang buruk pada blog anda tersebut,sehingga bisa mengakibatkan visitor pun tidak maksimal.

Baca juga: ketahui resiko-resiko custom domain pada blog anda

Kenapa Blog TLD Tidak bsa diakses tanpa www?

Kenapa blog TLD tidak bisa diakses tanpa www?, berikut saya uraikan konfigurasi khusus agar blog anda bisa diakses tanpa www dan juga dengan www, khusus untuk blog berflatform wordpress.org dan blogspot, sebagai berikut:

#1- Cara Mengaktifkan WWW Pada Blog TLD dengan Flatform blogspot

Khusus untuk blog berflatform blogspot yang di custom domain menjadi domain pribadi, misal domain asalnya nama_domain.blogspot.com menjadi nama_domain.net, maka hasil custom tersebut biasanya url blog secara bawaan akan selalu menggunakan www di depannya, sehingga ketika blog diakses blog akan selalu menampilkan www di address bar browser yang anda gunakan.

Tapi anda harus hati-hati, karena secara bawaan alamat blog tersebut tidak akan bisa diakses tanpa www di depannya, oleh karena itu setelah melakukan custom domain maka anda harus mengaktifkan agar blog tersebut bisa juga diakses tanpa www di depannya.

Cara Seting Domain blog agar bisa diakses tanpa WWW
Agar blog hasil customisasi yang anda lakukan, yaitu dari blogspot menjadi domain pribadi TLD milik anda bisa diakses tanpa www maupun menggunakan www langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Jika blog anda belum di customisasi maka silahkan customisasi dulu sehingga blog anda bisa menjadi blog dengan nama domain pribadi menggunakan top level domain (.net, .co.id, .org dll).
Silahkan baca: Cara custom blogspot menjadi top level domain

2. Aktifkan setelan domain www pada pengarturan blogspot anda.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Silahkan masuk ke halaman akun blog anda
b. Pilih menu setelan > dasar
c. Pada label dengan tulisan Penerbitan alamat blog, klik link edit di samping kanan nama blog tld anda. terlihat seperti gambar di bawah ini:

edit konfigurasi domain

d. Pada pengauran domain edit yang terbuka, silakan centang tulisan "Alihkan nama_domain_anda ke www.nama_domain_anda, seperti gambar di bawah ini:


Setelah di centang, kemudian tekan tombol simpan, untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan. Sampai tahap ini blog dengan domain pribadi anda akan bisa diakses tanpa www maupun dengan www. silahkan anda cek blog anda, akses dengan menggunakan www dan tanpa www, untuk memastikan bahwa konfigurasi berhasil.


#2 - Cara Mengaktifkan WWW dan tanpa WWW di Wordpress yang dihosting secara pribadi

Blog pribadi yang dibangun dari template milik wordpress.org memang harus dihosting secara pribadi, jadi anda selain membeli nama domain untuk blog anda, anda juga harus membeli/menyewa hosting atau file hosting untuk menyimpan file-file halaman blog wordpress anda. beda sekali dengan blogspot, custom domain dari blogspot cukup membeli nama domain saja.

Domain wordpress biasanya bisa kita atur, apakah ingin menggunakan www di depannya atau tanpa menggunakan www, dan blog akan bisa diakses baik tanpa www maupun dengan www. konfigurasi format domain ini sebaiknya ditentukan ketika anda mempublish blog pribadi dengan flatform wordpress.org anda, meskipun bisa dilakukan di kemudian hari, ini untuk menghindari penurunan reputasi blog karena untuk kasus-kasus data tool analitik  seperti misalnya alexarank, www dan non www bisa diartikan berbeda. jika diubah dikemudian hari, maka khawatir blog anda menurun reputasinya.

Jika anda ingin merubah alamat url domain blog berflatform wordpress anda tanpa www atau dengan www, maka langkahnya adalah:
  • Login ke Dashboard Admin blog dengan flatform wordpress.org anda
  • Kemudian pilih menu WordPress > Setting > General, ganti url anda dengan www atau tanpa www di WordPress address (URL) dan Site address (URL)
  • Bisa saja error namun perubahan akan tetap berhasil.

Bagusan Mana domain Dengan WWW atau Tanpa WWW?

Ini khusus untuk blog Top level domain (TLD) yang menggunakanflatform wordpress.org yang dihosting secara pribadi, mana yang lebih baik menggunakan www atau tanpa www?

Dari sisi seo onpage?
Menurut wp-beginer dengan mereferensi ke google, dari sisi Optimasi SEO Onpage domain dengan www dan tanpa www keduanya tidak ada perbedaan, sama baiknya, jadi untuk urusan SEO anda bisa memilih di antara keduanya, yang harus anda perhatikan adalah konsistensi, artinya anda harus konsisten menggunakan salah satu format dari awal, jika ingin menggunakan www, maka gunakanlah www dan jangan diubah di kemudian hari, begitu juga ketika memilih tanpa www.

Secara teknis
Meskipun tidak ada pengaruh dengan SEO, berdasarkan referensi terpercaya, www dan tanpa www ternyata memiliki perbedaan secara teknis. Domain dengan www lebih akan menyebabkan host server lebih fleksibel dengan server DNS, dan dapat membatasi terbentuknya data cookie baru yang tersimpan di komputer pada saat menggunakan beberapa subdomain, sehingga menurut saya pribadi akan lebih baik menggunakan www daripada tanpa www.



Demikian informasi tentang Kenapa Blog TLD Saya tidak bisa diakses tanpa WWW?, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!