Untuk alamat blog dengan domain pribadi alias bukan blo gratisan seperti blogspot, ada 2 kategori yang bisa dipilih untuk nama domain, dengan www dan tanpa mencantumkan www di depannya, jika dengan www, maka alamat domain blog akan tampil www.nama_domain.(com, net, co.id, .org dll), tapi jika tanpa www, maka alamat nama domain tidak akan mencantumkan www di depannya misalnya seperti, nama_domain.com, nama_domain.net dan lainnya.

Untuk blog domain pribadi atau top level domain yang di custom dari blogspot, nama domain sudah paten didepannya otomatis sudah mencantumkan www, sehingga ketika diakses maka yang akan tampil di address bar browser adalah nama domain dengan www di depannya, tapi harus dipastikan juga bahwa ketika domain yang dipilih menggunkan www, maka domain harus juga bisa bekerja dengan baik ketika alamat domain diakses tanpa www.

mengaktifkan www pada blog agar blog bisa diakses dengan www

Referensi terkait, Kenapa domain tidak bisa diakses tanpa www.

Lain halnya untuk domain blog yang dibuat dari flatform wordpress.org dan flatform lainya yang dihosting secara pribadi, penentuan www pada nama domain bisa kita tentukan sendiri, bisa menggunakan www dan tanpa www.

Domain Dengan WWW vs Tanpa WWW mana yang lebih baik?

Jika harus memilih dari keduanya kira-kira mana yang lebih baik, domain dengan www atau domain tanpa www?

Dari sisi SEO?

dikutif dari wpbeginer, tentang penggunaan www di depan domain, bahwa dari sisi optimasi seo onpage,antara domain dengan www atau tanpa www keduanya tidak ada pengaruh apapun terhadap peringkat halaman di hasil pencarian, baik menggunakan www ataupun tanpa menggunakan www akan tetap dianggat sama di mata mesin pencari.




Bahkan google sendiri menyatakan bahwa penggunaan www atau tanpa www pada domain, google akan melihat domain tersebut dari setingan personal preference yang dipasang di webmastertool untuk domain tersebut, apakah yang diseting domain yang menggunakan www atau yang tidak menggunakan www.
Silahkan baca, cara mendaftarkan blog di google webmaster tool


Namun, yang harus diperhatikan adalah konsistensi, dalam artian, jangan merubah di kemudian hari domain yang anda gunakan, baik menambah ataupun menghilangkan www pada domain anda, jika dari awal sudah menggunakan www, maka gunakan terus dan jika tanpa www. maka gunakan terus jangan di ubah di kemudian hari, karena bisa mempengaruhi 

Dari sisi teknis?

Walaupun dari sisi seo onpage www dan tanpa www pada domain tidak ada pengaruh yang signifikan, tatap saja penggunaan www dan tanpa www dari sisi teknis ada perbedaan, domain dengan www akan lebih baik terutama untuk blog besar, tapi ada baiknya juga menggunakan www dari awal untuk mengantisifasi jika di kemudian hari blog menjadi besar dan memiliki jutaan view, selain itu blog yang memiliki beberapa subdomain akan sangat baik sekali menggunakan www di depan domainnya.

Meskipun tidak ada pengaruh dengan SEO, blog dengan www dan tanpa www ternyata memiliki perbedaan secara teknis. Domain dengan www akan menyebabkan host server lebih fleksibel dengan server DNS, dan dapat membatasi terbentuknya data cookie baru yang tersimpan di komputer pada saat menggunakan beberapa subdomain, sehingga menurut saya pribadi akan lebih baik menggunakan www daripada tanpa www.

Demikian bahasan tentang perbandingan domain dengan www dari sisi seo dan teknis ternyata kesimpulannya blog lebih baik menggunakan www di depannya. semoga bermanfaat.