IP address adalah alamat unik yang dimiliki oleh setiap computer pc atau laptop untuk digunakan agar komputer dapat terhubung ke jaringan, ip address memiliki kelas yang yang dapat menentukan jumlah jaringan dan jumlah host atau jumlah computer yang terhubung ke jaringan, kelas yang paling banyak digunakan adalah kelas A, B dan kelas C, kelas A memiliki jumlah jaringan sedikit namun jumlah host (komputer yang terhubung kejaringan) paling banyak, diikuti oleh kelas B dan terakhir kelas C.

IP address yang paling banyak digunakan pada jaringan local seperti untuk area perkantoran, sekolah atau instansi dalam satu lokasi biasanya adalah kelas C, alasannya adalah komputer yang dapat terhubung ke jaringan menggunakan kelas C jumlahnya paling sedikit sehingga lebih efektif digunakan untuk jaringan lokal. Oh ya, disini saya tidak akan membahas secara panjang lebar mengenai pembahasan kelas ip address ini, yang akan saya bahas disini adalah tentang bagaimana cara mengetahui ip address komputer seseorang yang terhubung ke jaringan.

Cara mengetahui IP Address komputer orang lain
Ip address, image from:ipaddressdefinition.com

Adakalanya IP address pada sebuah komputer baik komputer sendiri maupun komputer orang lain yang terhubung pada sebuah jaringan ingin dilacak dan diketahui apapun tujuannya, tapi biasanya untuk keperluan administrasi jaringan seperti memblok IP address tertentu, membatasi bandwith jaringan dll, apapun tujuannya sebenarnya untuk mengetahui ip address komputer itu sangatlah mudah sekali tapi sayangnya karena kurang mengetahui ilmu jaringan dan jarang sekali digunakan kebanyakan tidak tau caranya atau lupa caranya.

Di artikel kali ini saya akan coba share bagaimana cara mengetahui ip address pada sebuah komputer baik milik sendiri atau milik orang lain yang terhubung ke jaringan sehingga anda dapat menggunakannya untuk kepentingan tertentu.

Cara Melacak dan Mengetahui IP Address Komputer dalam jaringan

Untuk mengetahui ip address komputer orang lain maupun komputer sendiri yang terhubung ke jaringan bisa menggunakan tool khusus atau juga bisa menggunakan command prompt (CMD) yang sudah disediakan oleh system operasi window, namun yang paling mudah tentu saja menggunakan bantuan software khusus, ada banyak sekali software yang bisa digunakan baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar.

Berikut adalah beberapa cara bagaimana cara mengetahui IP address komputer dalam jaringan:

1. Cara mengatahui IP address Komputer sendiri

Sebelum membahas bagaimana cara melacak ip address orang lain yang terhubung kejaringan, saya akan awali bagaimana cara mengetahui ip addres computer sendiri. Untuk mengetahui IP address sendiri ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, namun yang paling praktis adalah menggunakan perintah command promp, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pada komputer anda Klik start menu kemudian cari dengan kata kunci CMD, nanti akan terbuka aplikasi command prompt yang siap anda gunakan.

Cara mengaktifkan Command Prompt windows
 
b. Untuk mengatehaui ip address komputer sendiri ketikan perintah ipconfig/all kemudian enter, nanti akan ditampilkan ip address untuk komputer anda seperti terlihat di gambar di bawah ini:

Cara mengetahui IP Lokal komputer Sendiri

Karena untuk komputer saya dihubungkan menggunakan wireless maka informasi yang ditampilkan adalah Wireless LAN adapter Wireless Network Connection, untuk melihat IP address sendiri lihat saja disamping kanan tulisan IPV4 Address:  IP address komputer yang saya gunakan adalah 192.168.0.113

2. Cara melacak IP Address Komputer Orang lain

Sekarang bagaimana cara mengetahui IP address komputer orang lain yang terhubung ke jaringan?, untuk mengetahuinya yang paling mudah adalah menggunakan tool khusus, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Free IP Scanner yang dapat anda download menggunakan salah satu link di bawah ini:

http://www.hide-windows.com/Download/ipscan.exe
http://www.eusing.com/Download/ipscan.exe
http://www.regsw.com/download/ipscan.exe

Free IP Scanner adalah software gratis yang dapat digunakan untuk mengetahui IP address dengan sangat cepat, dalam satu kali klik saja maka IP address untuk setiap komputer orang lain yang terhubung pada jaringan akan mudah sekali di ketahui.

Informasi yang ditampilkan oleh tool ini cukup lengkap yang meliputi:
  • IP address
  • Workgroup Name (nama group jaringan yang digunakan)
  • Host Name (nama komputer yang terhubung ke jaringan)
  • User
  • Mac Address dan 
  • Port 

Adapun langkah-langkah untuk mengetahui IP Address orang lain yang terhubng ke jaringan adalah sebaga berikut:

1. Jalankan Aplikasi Free IP Scanner yang sudah anda instal pada komputer anda, akan tampil seperti gambar di bawah ini:

Cara melacak & mengetahui IP Address Komputer Orang lain

 2. Masukan IP address yang ingin discan pada Kotak IP Rang From, deaultnya adalah 192.168.0.1 to 192.168.0.255, anda bisa ganti sesuai dengan yang anda inginkan sesuai dengan IP address yang ingin deicek, atau biarkan saja.

3. Kemudian tekan tombol Start Scanning, tunggu sebentar, informasi IP address hasil scanning akan ditampilkan. silahkan centang pilihan Customize IP Port dan Hide Dead Hosts, agar yang tampil adalah IP address dari komputer yang sedang aktif saja.


Sampai langkah di atas anda sudah dapat mengetahui IP address komputer orang lain yang terhubung ke jaringan. silahkan anda gunakan dengan bijak jangan sampai disalahgunakan.

Demikian Artikel tentang Cara Melacan dan Mengetahui IP Address Komputer dalam jaringan, semoga bermanfaat.