Banyak sekali cara yang dishare oleh beberapa blogger terkait bagaimana cara meningkatkan trafik blog, bahkan banyak yang memberikan tutorial bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog hingga lebih dari 100%  sampai dengan 400%, wah menurut saya sangat luar biasa jika benar-benar bisa dibuktikan, cara tersebut tentu bisa kita coba dan kita ikuti jika memang caranya aman dan legal, dan saya yakin setiap blogger punya trik tersendiri bagaimana cara meningkatkan trafik pada blognya, jika mereka berbagi tidak ada salahnya kita coba.

Sebenarnya banyak sekali sumber trafik yang bisa kita peroleh, apalagi saat ini adalah era media social tentu selain mesin pencari kita bisa memanfaatkan media social seperti facebook, twitter dan media social lainnya sebagai sumber  trafik,  bahkan kita juga bisa mendapatkan trafik berbayar jika memang memiliki dana cukup, dengan begitu untuk mendapatkan pengunjung blog lebih dari 100%pun bukan hal yang mustahil.

Menambah trafik blog baru


Memang Ada banyak factor yang bisa mempengaruhi  trafik sebuah blog baik karena factor ekternal maupun factor internal dari blognya sendiri, namun sebelum melakukan upaya untuk meningkatkan trafik, yang perlu difikirkan kembali adalah trafik seperti apa yang kita inginkan, apakah trafik dari media social atau trafik organic yang dating dari mesin pencari,  atau apakah trafik berbayar atau trafik gratisan.

Jika trafik yang diinginkan adalah trafik organic maka salah satu caranya adalah dengan melibatkan seo dan anda setidaknya harus mengetahui teknik seo, sedangkan jika trafik yang diinginkan bukan hanya trafik organic maka anda harus pandai promosi baik promosi di media social maupun teknik promosi lainnya.

Untuk mendapatkan trafik organic dari mesin pencari dengan gratis tentu bisa diraih dengan mudah, asalkan anda tau triknya dan anda mengetahui factor-faktor yang menyebabkannya, namun sayangnya masih banyak blogger yang belum tau triknya terutama untuk blogger pemula yang baru mengenal dunia blogging.

Di artikel kali ini saya akan share factor-faktor yang dapat mempengaruhi trafik organic sebuah blog, sehingga dengan mengetahui faktornya setidaknya anda bisa tau apa yang harus dipersiapkan dan upaya apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan trafik pada blog anda.

5 Faktor yang yang dapat meningkatkan trafik organik untuk blog baru anda

Berikut adalah faktor-faktor yang bisa meningkatkan trafik organik blog baru anda yang harus anda tau?

1. Faktor Kata Kunci Judul

Pemilihan kata kunci judul yang baik tentu bukanlah masalah untuk blogger yang berpengalaman, mereka tau bagaimana membuat judul artikel yang baik, bagaimana cara menempatkan kata kunci di dalam artikel sehingga artikelnya mampu muncul di halaman terbaik google.  namun beda halnya untuk blogger pemula, tidak sedikit blogger pemula tidak memperhitungkan judul yang dibuat, yang penting artikel jadi.

Sah-sah saja dan tidak ada yang melarang mengambil judul apapun, namun sangat disarankan judul yang diambil harus dipikirkan sebaik mungkin, agar blog baru anda berpotensi mendatangkan pengunjung dengan cepat dari artikel yang anda buat,  karena jika tidak maka kemungkinannya adalah banyak postingan tapi trafik blog sulit dan tidak ada peningkatan.

Jika kasus tersebut terjadi pada anda bisa jadi salah satu penyebabnya adalah judul postingan  yang anda ambil  kurang berkualitas, artinya anda mengambil judul yang mungkin saja tidak akan pernah dicari orang atau orang yang melakukan pencarian untuk judul tersebut sangat sedikit sehingga visitor pun tidak tumbuh.

Jadi yang perlu difikirkan sebelum anda membuat artikel adalah Anda harus tau bagaimana cara memilih kata kunci untuk judul artikel, poin penting yang harus anda fikirkan ketika ingin membuat judul adalah pilih kata kunci yang kira-kira dijadikan kata kunci pencarian oleh pengguna internet, namun jika anda  tau bagaimana cara riset kata kunci, sebaiknya lakukan riset kata kunci, jika anda sudah memahami bagaimana cara memilih kata kunci yang baik untuk judul, biasanya tanpa riset pun judul bisa dipilih langsung.

2.  Faktor Frekuensi Menerbitkan postingan

Prekuensi menerbitkan artikel berbanding lurus dengan visitor blog, semakin banyak artikel maka index google pun akan semakin bertambah dan jika google index bertambah maka kesempatan artikel muncul di hasil pencairan akan semakin sering.

Frequensi penerbitan artikel untuk blog baru benar-benar harus diperhatikan, sangat disarankan 3 bulan pertama jangan sampai berhenti, minimal 3 artikel perhari maka bisa mempengaruhi visitor akan semakin bertambah, apalagi judul yang diambil adalah judul yang memiliki tingkat pesaing rendah namun pencarian tinggi tentu dapat meningkatkan pengunjung lebih baik.

Beberapa bulan yang lalu saya membuat sebuah blog baru, dan saya coba menerbitkan rata-rata 3 artikel setiap hari kadang 1 artikel, dan tidak berhenti selama 3 bulan lebih, ternyata dengan template blog yang baik serta penyajian artikel yang memenuhi kaidah seo onpage, trafik terus meningkat seiring waktu, padahal tidak melalui riset kata kunci yang mendalam, apa yang saya lakukan adalah hanya membuat judul berdasarkan pencarian di google auto suggestion saja, ternyata  ini cukup membuktikan bahwa frekuensi penerbitan artikel dapat meningkatkan trafik, semakin sering itu akan semakin baik.

3. Faktor Backlink

Backlink sampai saat ini masih memegang peranan penting dalam mempengaruhi trafik, semakin banyak jumlah backlink maka visitorpun akan semakin banyak. Saya sampai saat ini membuktikan bahwa semakin bertamah jumlah backlink yang dapat diklaim oleh google search console maka trafikpun cendrung meningkat.

Backlink adalah link yang menuju situs kita tapi berada di blog orang lain, backlink bisa ada dikarenakan diletakan oleh blogger tanpa diminta jika artikel dianggap bermanfaat,  atau bisa juga dibangun oleh sendiri dengan cara-cara tertentu baik secara legal maupun illegal.

Tapi Yang harus diperhatikan adalah, cara membangun backlink itu sendiri, karena saat ini google sangat memperhatikan kualitas sebuah backlink, semakin berkualitas maka akan semakin baik dan posisi artikel di hasil pencarian bisa bertahan dengan sangat kuat di posisi terbaik, namun jika kurang berkualitas maka judul artikel akan mudah sekali dikalahkan oleh blogger lain.

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang ada secara natural karena orang lain yang membuatnya sendiri yang diletakan di artikel blog yang relevan.

4. Faktor CTR dan User Exverience (UX)

Google enginer, Paul Haahr menyatakan bahwa saat ini google sudah memasukan google ranking faktor baru menjadi bagian dari 200+ google ranking faktor yang paling dominan dapat menentukan pantas tidaknya artikel postingan muncul di posisi terbaik mesin pencari, dua faktor tersebut adalah User CTR dan User Experince (UX).

User CTR (Click Trough rate) adalah persentase klik yang dilakukan pengguna internet terhadap judul artikel yang kita buat ketika ditemukan di hasil pencarian sedangkan UX (User experience) atau pengalaman pengguna adalah pengalaman pengguna ketika mereka masuk mengunjungi blog kita melalui mesin pencari.

UX adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan posisi artikel di hasil pencarian, User experience sangat dipengaruhi oleh konten artikel yang berkualitas dan informatif,  semakin betah pengguna berada di blog kita karena sajian artikel yang bermanfaat, maka bisa memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa blog tersebut berkualitas.

Adanya faktor UX ini sebenarnya adalah kabar baik buat blogger, karena mereka akan termotivasi untuk selalu menerbitkan artikel berkualitas di blognya, dan adanya UX faktor ini seiring waktu lambat tapi pasti akan dapat mendepak reputasi blog yang kurang berkualitas sehingga akan sulit ditemukan di mesin pencari, seperti layaknya blog yang dipenuhi dengan kata kunci, blog AGC dan blog-blog lainnya yang tidak punya kualitas sedikitpun, pada akhirnya hanya blog berkualitaslah yang mampu nangkring di posisi terbaik google.

5. Faktor SEO OnPage

Seo onpage sangat memegang peranan penting terhadap artikel blog sehingga blog akan memiliki potensi lebih mudah ditemukan di hasil pencarian, apa itu seo onpage?, seo onpage adalah upaya yang dilakukan di dalam artikel blog dengan melibatkan untur-unsur yang akan lebih disukai oleh mesin pencari.

Seo onpage bisa diupayakan ketika membuat  artikel dengan melibatkan kaidah seo onpage dan template blog yang dipilih juga ikut andil dalam mempengaruhi trafik blog, karena jika template yang digunakan adalah template blog  seo friendly yang berkualitas maka artikel akan memiliki potensi mudah sekali ditemukan di hasil pencarian, dan itu artinya visitor pun bisa meningkat.