Merasa kesal dan putus asa mungkin suatu hal yang normal ketika anda mengalami beberapa kali penolakan google adsnese, jika anda benar-benar merasa sulit diterima google adsense, anda bisa baca dulu ini baik-baik, barangkali ini bisa menjadi petunjuk untuk anda agar lebih mudah diterima googgle adsense.

Google adsense memang menjadi salah satu  primadona media periklanan  yang dapat kita gunakan sebagai media menghasilkan dollar secara online yang paling banyak dimintani di dunia.

Siapapun setuju bahwa google adsense adalah salah satu media periklanan yang membayar cukup besar para publishernya, sehingga tidak heran sampai saat ini banyak sekali blogger yang antri untuk menjadi publisher google adsnese.

Syarat untuk menjadi publisher google adsense sebenarnya sangatlah mudah, yang paling utama adalah memiliki sebuah blog atau website, tapi sayangnya meskpun syaratnya terbilang cukup mudah, untuk diterima menjadi publisher google adsense ternyata sangat sulit, karena google adsense memiliki kriteria khusus untuk menilai kelayakan sebuah blog untuk berpartisifasi menjadi penayang adsense.

sering ditolak google adsense baca dulu ini

Jika kriterianya dianggap memenuhi, maka tentu bukan tidak mungkin blog yang didaftarkan akan sangat mudah sekali diterima sepenuhnya, namun jika blog yang didaftarkan dianggap tidak sesuai dengan kriteria google adsense, maka kemungkinan besar pengajuan pendaftaran akan ditolak.

Ada banyak sekali kasus-kasus penolakan pendaftaran google adsense, bahkan ada yang pernah melakukan pendaftaran lebih dari 10 kali tapi tetap belum berhasil, ada juga yang selalu mencoba daftar beberapa kali selama bertahun-tahun tetapi masih tetap belum berhasil diterima.

Jika penolakan demi penolakan pernah anda alami dan sampai saat ini anda belum berhasil diterima oleh google adsense, maka sebaiknya anda baca dulu tentang kelayakan untuk diterima google adsense di bawah ini.

Kelayakan untuk diterima google Adsense?

Berikut adalah kelayakan diterima google adsense yang anda bisa jadikan sebagai sebuah tolak ukur sebelum mendaftar adsense dan juga sekaligus bisa menjadi tolak ukur kenapa anda sering ditolak google adsnese:

1. Pemilik blog harus berusia minimal 18 tahun

Ini adalah syarat utama, dan menjadi salah satu kriteria wajib yang selalu dipertimbangkan oleh google adsense. blogger (pemilik blog) yang ingin mendaftarkan blognya agar menjadi publisher google adsense harus berusia minimal 18 tahun, jika tidak maka pendaftaran anda pasti akan ditolak.

Dari mana google mengidentifikasi umur pemilik situs?

Google dapat menerka usia anda dari email yang anda gunakan ketika mendaftar google adsense, oleh karena itu jika anda berminat untuk menjadi publisher google adsense sedangkan usia anda masih dibawah 18 tahun, anda bisa menggunakan email orang tua atau saudara yang usianya di atas 18 tahun ketika melakukan pendaftaran google adsense.

2. Blog Anda harus aktif setidaknya 6 bulan.

Syarat kedua adalah blog yang anda gunakan untuk mendaftar adsene setidaknya harus berusia 6 bulan.

Ini memang sering menjadi pertanyaan para blogger, berapa usia blog untuk daftar google adsnese?, menurut google jawabannya adalah 6 bulan, dan blog harus dalam pemeliharaan, jika blog anda belum berusia 6 bulan sebaiknya tunda dulu pendaftaran anda.

Usia blog menjadi salah satu kriteria pokok yang harus dipenuhi oleh sebuah blog agar pendaftaran adsense memiliki peluang diterima lebih baik.

Usia sebuah blog memang digunakan untuk memastikan bahwa blog memiliki konten yang  bermutu yang memiliki kriteria sesuai dengan jaringan iklan google adsnse.

3. Topik blog harus sesuai dengan kebijakan google adsense.

Blog yang akan didaftarkan ke google adsnese tentu bukanlah blog sembarangan, google adsense sangat selektif sekali dalam menyaring setiap publishernya terutama berkaitan dengan konten blog.

Bukan hanya umur pemilik blog harus minimal 18 tahun dan juga usia blog minimal 6 bulan, tetapi juga topik atau niche dan juga konten artikel blog juga harus sesuai dengan kebijakan google adsense. jika tidak maka tidak akan pernah diterima.

Lantas konten seperti apa yang tidak sesuai dengan kebijakan google adsense?
Berikut adalah screen shoot daftar konten yang tidak sesuai dengan kebijkan google adsense:


Jika konten blog anda termasuk ke dalam salah satu konten yang tidak sesuai kebijakan google adsense, maka sudah dipastikan blog anda akan sulit diterima oleh google adsense, anda bisa coba media periklanan lainnya selain google adsense.

4. Konten Blog harus berkualitas dan Menarik 

Salah satu jenis penolakan yang sering di alami oleh blogger yang mencoba mendaftar ke google adsense adalah, konten kurang memadai, ini sering menjadi alasan blog ditolak google adsense yang disebabkan oleh konten blog yang dianggap masih kurang, baik dari segi jumlah artikel maupun jumlah kata yang terdapat di dalam setiap artikel.

Seperti apakah konten yang baik menurut google?
Jika anda masih sulit memahami konten berkualitas terutama di mata google, silahkan baca:
Menguak ciri konten berkualitas menurut google 

Perlu anda ketahui bahwa cara kerja google adsense adalah melalui perayapan halaman web kemudian menampilkan iklan sesuai dengan konten yang disajikan, artinya jika konten yang anda sajikan terbatas, miskin kata-kata, didominasi oleh gambar maka kemungkinan besar  perayap (google bot) akan menemui kesulitan untuk mengidentifikasi informasi yang terdapat pada blog anda.

Akibatnya google adsense sulit sekali menampilkan iklan di halaman blog anda, sehingga akhirnya google menolak permintaan pendaftaran google adsense anda dengan alasan konten kurang memadai.

Seperti apakah konten yang baik menurut adsense?

Menurut pernyataan resmi google :
Pastikan laman Anda penuh dengan konten menarik. Semakin banyak informasi berbasis teks yang ditargetkan untuk perayap, maka semakin mudah bagi sistem untuk menentukan tema laman Anda, dan relevansi iklan Google akan semakin besar. Ini akan meningkatkan efektivitas program AdSense sehingga pengalaman pengguna menjadi lebih baik, sekaligus juga bagi pengiklan yang muncul di laman Anda.

Formulanya sangat sederhana yakni:
  1. Laman yang kaya konten = Iklan yang sangat bertarget
  2. Iklan yang sangat bertarget + Pengguna yang berminat = Rasio klik-tayang & konversi yang sehat
  3. Rasio klik-tayang & konversi yang sehat = Keberhasilan!

Berapakah jumlah visitor blog untuk daftar google adsense? 

Google sendiri tidak pernah menyinggung masalah visitor blog secara spesifik, yang dijadikan pertimbangan google adalah usia pemilik blog harus minimal 18 tahun, blog harus sudah aktif minimal 6 bulan, konten yang disajikan harus berkualitas dan blog tidak boleh menyajikan konten yang melanggar kebijakan google adsense.

Kriteria di atas sangat berbanding lurus dengan visitor blog, itu artinya google tau bahwa jika blog menyajikan konten berkualitas dan blog aktif di kembangkan selama 6 bulan, bukan tidak mungkin visitor pun akan ikut naik.

Visitor blog anda akan menentukan cepat tidaknya anda mendapatkan keputusan pendaftaran google adsnese

Visitor sangat berkaitan dengan jumlah artikel, semakin sering anda menerbitkan artikel maka visitor akan cendrung meningkat,  semakin banyak pengunjung, maka google bot akan sering singgah di blog anda.

Itu artinya google bot akan lebih cepat mendapatkan informasi yang terdapat di dalam blog anda yang bisa dijadikan referensi kelayakan blog anda untuk diterima google adsense, sehingga blog anda akan dengan cepat mendapatkan keputusan dari google adsense diterima atau ditolak.

Ada banyak sekali blogger yang mengeluhkan, pendaftarannya belum mendapatkan keputusan bahkan sudah berbulan-bulan lamanya masih belum mendapatkan kepastian dari google adsense. apa sebenarnya penyebabnya?

Kemungkinan besar penyebabnya adalah trafik blog sangat sedikit sekali sehingga google bot jarang singgah untuk menelusuri blog anda, akibatnya google adsense belum mendapatkan informasi secara cepat dari laporan google bot terkait blog anda, ini yang menyebabkan pendaftaran google adsense, bisa sangat lama mendapatkan keputusan.

Trafik organik adalah yang paling disukai google adsense?

Pastikan bahwa blog yang didaftarkan mendapatkan banyak sekali trafik organik, apa itu trafik organik?, trafik organik adalah trafik yang bersumber dari mesin pencari google, semkin banyak trafik organik blog anda, maka peluang diterima adsense akan semakin besar.

Kita tau bahwa sumber trafik bisa dari mana saja, bisa dari media sosial maupun dari sumber lainnya selain mesin pencari google, namun sayangnya trafik seperti ini dianggap kurang berkualitas di mata google, bahkan cendrung dapat meningkatkan invalid trafik google adsense, yang bukan hanya penolakan adsense saja, tapi banyak kasus trafik seperti ini bisa menyebabkan akun adsense di banned.

Kesimpulan

Agar lebih mudah diterima google AdSense intinya adalah, sajikan konten semenarik mungkin untuk pengguna, konten anda akan sangat menentukan iklan relevan tampil di halaman blog anda, iklan yang tampil akan disesuaikan dengan konten yang anda sajikan, semakin kaya konten yang anda sajikan maka itu akan semakin baik.

Jika persyaratan-persyaratan di atas sudah terpenuhi, maka anda bisa mencoba mendaftarkan blog anda ke google adsense.

Dan pelajari juga: Tips jitu diterima google adsense dalam sekali daftar

Namun sebaliknya jika persyaratan diatas belum terpenuhi, sebaiknya anda urungkan dulu niat anda untuk mendaftar google adsense, karena ada kemungkinan besar akan ditolak.

9 komentar:

  1. Usia mencapai 18 tahun
    terkadang masalah ini yang sering muncul, karena ketika mereka "yang mendaftar GA" mendapatkan email balasan tidak begitu spesifik menjelaskan masalah usia. GA cenderung membalas email yang selalu berhubungan dengan daerah seputaran blog atau website
    setelah diselidiki, ternyata yang mendaftar lupa kalau sewaktu membuat akun gmail usia dan identitas mereka tidak jelas (AKUN ASAL)

    usia blog 6 bulan
    memang benar, sesuai dengan peratran yang ditetapkan oleh google adsense (usia blog mencapai 6 bulan "china dan india") akan tetapi banyak blogger sendiri mempublikasikan bisa mendaftar google adsense dibawah usia blog 6 bulan. termasuk blog strukturkode ini "usia blog sewaktu itu mencapai 3 bulan, bisa mendaftar adsense")
    disinilah letak ketidak pastian berita (Simpang siur) apakah Google adsense tidak konsisten, atau memang nasib dari blogger itu sendiri yang baik? Orang pintar banyak, tapi orang beruntung bisa dihitung dengan jari (perbandingan 1000 orang pintar, 10 orang yang beruntung di dalam 1000 orang itu)

    topik blog sesuai dengan kebijakan
    artinya jika memang berniat membuat blog hanya untuk mendaftarkan google adsense otomatis blog tersebut akan menyajikan konten yang MENARIK dan BERKUALITAS "seperti point no 4 dibawah artikel diatas".
    dan konten memang WAJIB tidak mengandung unsur seperti jd, pr, mrs, dan sebagainya "melanggar hukum" baik di negara maupun melanggar kepatuhan dari GA

    jumlah visitor
    logikanya begini : jika admin blog "didin ajidin" berjualan di seputaran hutan tempat orang berkemah, mana mungkin ada yang membeli, pasti akan 1 dan 2 orang saja yang membeli.
    jika mas didin berjualan di pasar meskipun ramai yang berjualan yang sama, jumlah barang yang sama, kualitas barang yang sama, tentu mas didin ajidin lebih untung berjualan di pasar meskipun banyak persaingannya dari pada di hutan tempat orang berkemah.
    begitu juga dengan visitor blog, jika visitor hanya 1,2,3,4,5 orang yang datang, maka mana bisa iklan tersebut diperhatikan manusia. maka dari itu konten adalah hal yang terpenting untuk mendapatkan pengunjung. 300 konten saya rasa jumlah yang segar untuk mendaftarkan ke google adsense.

    Saya rasa itu saja

    Happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa dijadikan 1 postingan ni komentarnya hehe..thanks om M RIZAL

      Delete
  2. Kalau blog saya ditolak ga mau diterima ga mau pak, kira-kira kenapa ya? daftar pertama saya upgrade dari admob, 1 bulan ga ada jawaban, akhirnya saya cancel dari admobnya sekalian, terus daftar lagi dari langsung dari adsense dengan email baru, 15 hari ga ada balasan, tapi pernah ada viewer waktu iklan tampil, karena pengunjung dah lumayan banyak, iklan tampil 2 jam itu masuk earning sekitar rp:19rb, karena ga ada jawaban juga akhirnya saya cancel, sekarang daftar lagi saya coba upgrade dari youtube, baru 4 hari sih, belum ada jawaban, doain saya ya pak, semoga pendaftaran kali ini bisa full avrove, sekalian minta tolong di rievew blog saya dan bisikin kekurangannya dimana, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berhasil gan, sayang kalo dicancel, padahal ditunggu saja sampai ada keputusan.

      Delete
  3. kalau blog yg .com tpi ngak pke powered by blogger, kra-kra ditrima ngak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu template yang saya gunakan ketika berhasil diterima adsense mencantumkan powered by blogger.

      Tidak ada penjelasan, menurut saya ada akan lebih baik.

      Delete
  4. Saat daftar GA, wajib ada Privacy Policy, About, Contacc dkk nya itu gak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo blog TLD sebaiknya pasang gan, kalo blogspot tidak juga tidak apa-apa, pengalaman dulu ketika daftar blogspot tidak dipasang halaman tersebut masih tetap bisa diterima, tapi ada juga menurut saya akan lebih baik

      Delete
  5. Bagus sekali artikelnya mas, ini menjadikan masukan yang berguna banget bagi saya karena saya sendiri bingung dengan penolakan GA yang kadang bersifat umum, sehingga saya bingung apa yang harus saya revisi dan bagaimana merevisinya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!