Apa Dampak Positif dan negatif Komentar Blog untuk SEO?, Komentar adalah salah satu fasilitas di dalam halaman blog yang keberadaanya harus kita pertimbangkan, kotak komentar bisa kita sematkan di halaman blog ataupun tidak, ketika anda memutuskan untuk menyematkan kotak komentar maka anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan setiap pengunjung blog anda, semakin populer blog anda maka jumlah pesan komentar masuk pada blog anda kemungkinan besar akan semakin banyak.

Salah satu yang harus anda perhatikan ketiaka anda memutuskan untuk memasang kotak komentar pada blog anda adalah anda harus memastikan bahwa mederasi komentar pada blog anda aktif, artinya setiap komentar masuk maka komentar tersebut tidak terbit secara otomatis, tujuannya adalah agar anda mampu melakukan control terhadap setiap komentar masuk, mana komentar yang pantas diterbitkan dan mana yang pantas dihapus atau dimasukan sebagai kategori komentar spam.

Pada umumnya akan ada banyak sekali macam-macam isi pesan komentar masuk yang akan anda terima, namun tentu saja tidak semua komentar masuk adalah komentar yang dapat memberikan nilai postif untuk blog anda, terkadang anda akan menerima komentar yang hanya sekedar promosi, ada juga komentar yang hanya basa-basi, komentar dalam bentuk pertanyaan relevan seduai dengan topik artikel yang dibahas dan ada juga jenis komentar yang berupa tanggapan relevan mengenai artikel yang sedang anda bahas.

Sebagai pemilik blog tentu anda harus selektif dalam memilih komentar yang akan anda approve untuk di publis atau anda terbitkan, jangan sampai komentar apapun anda langsung approve tanpa mengetahu danpak positif dan dampak negatif dari komentar tersebut.

Seberapa Besar Pengaruh Komentar Blog terhadap SEO?

Mesin pencari google semakin kesini semakin canggih, banyak sekali perubahan algoritma google yang sudah dilakukan ini menunjukan bahwa mesin pencari google akan semakin profesional dalam memberikan hasil yang memuaskan untuk pengujung,

Salah satu kecanggihan mesin pencari saat ini, google boot sudah mampu mengenali, mengcrawl atau menelusuri sekaligus melakukan index untuk setiap isi content dan pesan yang terkandung di isi komentar blog, bahkan untuk saat ini google bot sudah mampu mengindex isi komentar yang menggunakan plugin pihak ke 3 seperti Facebook comment, disqus comment dan plugin komentar lainnya.

ini menandakan bahwa isi komentar yang relevan dan baik akan mampu menambah informasi positif untuk blog anda sehingga mampu meningkatkan kualitas SEO onpage blog anda terutama dapat menambah  kandungan kata kunci LSI Keyword pada artikel blog anda.

Semakin banyak kandungan LSI Keyword pada artikel blog anda, maka akan memberikan dampak positif pada artikel tersebut, artikel yang bersangkutan akan banyak memiliki kesempatan untuk muncul dihalaman hasil pencarian mesin pencari google (Search Enggine Result Page (SERP)), terutama ketika pencarian google menggunakan kata kunci long tail keyword.

Barangkali anda pernah mengalami ketika anda melakukan pencarian menggunakan mesin pencari google dengan kata kunci panjang (long tail keyword) menggunakan 5 atau lebih suku kata, anda kemungkinan menemukan hasil pencarian dimana deskripsi hasil pencarian menampilkan tulisan atau text yang terkandung di dalam  komentar, itu menandakan bahwa isi pesan komentar sudah ikut terindex dan menambah pembendaharaan kata kunci untuk artikel blog anda yang menyebabkan kesempatan artikel blog muncul dihasil pencarian google akan lebih besar.

Baca Juga: Cara memilih long tail keyword yang tepat

Komentar seperti Ini Sebaiknya jangan Anda terbitkan! 

Dari komentar blog sebenarnya bisa berdampak buruk atau juga bisa berdampak baik, semuanya tergantung dari isi komentar tersebut. jika komentar tidak memberikan nilai positif lebih baik jangan coba-coba untuk di-approve atau diterbitkan.

Lantas komentar seperti apakah komentar yang tidak memberikan nilai positif itu?

Saya sendiri kadang suka tertawa sendiri ketika melihat berbagai macam komentar masuk terutama untuk komentar komentar yang hanya sekedar basa basi, apa yang membuat saya tertawa adalah ternyata banyak sekali para blogger yang berbeda satu sama lain namun komentarnya sama, kenapa bisa begitu ??? , mungkin pikiran semua blogger sama kali ya, teutama untuk komentar yang hanya sekedar basa-basi,

Lantas komentar seperti apakah yang tidak layak untuk di terbitkan?,
Berikut beberapa diantaranya:

#1. Komentar basa- basi dan komentar singkat yang tidak memberikan nilai positif apapun

seperti contoh komentar dibawah ini:

"Nice info, senang berkunjung di blog anda"

"Terima kasih Atas Artikelnya sangat bermanfaat"

dan masih banyak lagi pesan komentar serupa, dan anehnya hampir kebanyakan jenis komentar seperti itu sama antara isi pesan dari blogger yang satu dengan blogger yang lain.

Saya yakin anda kemungkinan besar pernah mengalaminya, bahkan sering mendapatkan komentar blog seperti diatas.

Apakah komentar diatas layak untuk diterbitkan?

Saya kira tidak, jika saya menerima komentar seperti diatas, jika tidak lupa dan dalam keadaan sadar saya akan langsung masukan ke kotak spam atau saya hapus saja. alasannya karena komentar seperti diatas, yang pertama bisa dianggap spam karena banyaknya duplikasi komentar serupa, dan yang kedua komentar seperti diatas sedikitpun tidak memberikan nilai apapun untuk artikel blog anda.

saya sarankan jika anda menerima isi komentar seperti di atas sebaiknya anda hapus saja atau masukan ke kotak spam. jika tidak maka lambat laun khawatir akan memberikan dampak negatif untuk blog anda salah satunya blog anda akan dianggap sebagai blog spam yang bisa menyebabkan dihapus google atau reputasi blog anda akan semakin buruk di mata mesin pencari google.

#2. Komentar tidak Relevan Sama sekali.

Yang kedua adalah komentar tidak relevan, jangan sekali-kali terbitkan komentar yang tidak relevan tidak berhubungan sama sekali, komentar seperti ini bisa saja muncul dari blogger yang memperomosikan hal-hal yang sedikitpun tidak ada kaitannya dengan artikel yang dibahas.

Walaupun komentarnya panjang-panjang, sebaiknya jangan anda terbitkan,  karena komentar seperti itu akan mengurangi kualitas isi konten blog anda secara keseluruhan, akan mengakibatkan pengaburan maksud topik yang sedang dibahas terutama di mata mesin pencari, sehingga reputasi artikel blog anda dan kualitas optimasi SEO onpage blog anda lambat laun bisa menurun.

#3. Komentar yang memasang link yang menuju artikel tidak relevan.

Ada yang bertanya kenapa tidak boleh meletakan link didalam komentar apa penyebabnya?

Atau juga ada yang bertanya

Kenapa tidak boleh memberlakukan lingk aktif didalam komentar?

Sebenarnya memasang link aktif didalam komentar itu sah-sah saja selama isi komentar bermanfaat dan link yang diletakan menuju artikel yang relevan, namun terkadang kesempatan memberlakukan link aktif didalam komentar selalu digunakan oleh blogger-blogger yang tidak bertanggung jawab, untuk memasang link-lingk ngawur dan sembarangan sehingga mengakibatkan komentar blog dipenuhi dengan komentar spam yang berbahaya untuk kesehatan blog.

#4. Hati Hati dengan komentar yang menggunakan Neme/URL atau OpenID.

Selalu tinjau kembali komentar anda terutama link komentator dan nama komentator yang digunakan, jika nama komentar mengandung kata-kata yang berbau 0bat-0batan, p0rn0grafi, dan hal-hal yang dibenci oleh google sebaiknya jangan anda terbitkan, apalagi anda sebagai publisher google adsense yang memasang iklan google adsense pada blog anda, kata-kata tersebut sangat tidak sesuai dengan kebijakan google adsense.

Saya sendiri bahkan pernah mendapatkan teguran dari google adsense untuk mencopot iklan adsense di salah satu halaman blog yang dianggap mengandung link yang menuju situs p0rn0, padahal saya sama sekali tidak memasang link ke situs tersebut, setelah diperiksa ternyata ada salah satu komentar yang tanpa disadari menggunakan Name / URL memasang link ke situs-situs yang tidak seusai dengan kebijakan.

Dan juga nama komentator harus anda perhatikan, bisa jadi text yang terkandung di nama komentator ikut terindex google, jika berbau hal yang dibenci oleh google maka khawatir bisa menurunkan reputasi blog yang bersangkutan di mata mesin pencari.
 

Komentar Yang memberikan Nilai positif untuk blog Anda sebaiknya anda terbitkan

 Selain dampak buruk atau dampak negatif ternyata komentar juga bisa memberikan dampak positif atau dampak baik untuk blog anda, bahkan dari komentar bisa meningkatkan kualitas seo blog anda dimata mesin pencari, menambah pembendaharaan LSI Keyword blog anda bahkan bisa meningkatkan reputasi blog dimata pengunjung.

Lantas komentar seperti apa yang harus diterbitkan?

berikut beberapa jenis komentar blog yang bisa anda terbitkan:

#1. Komentar relevan dengan Artikel blog Yang Anda Bahas.

Komentar relevan adalah komentar yang isinya sesuai dengan artikel blog yang anda bahasa, dari banyaknya kkomentar masuk anda setidaknya akan mendapatkan komentar yang benar-benar relevan dengan blog anda, komentar seperti ini wajib anda terbitkan karena bisa meningkatkan pembendaharan kata blog anda dan juga dari komentar relevan maka setidaknya bisa mengandung kata kunci LSI yang sangat bermanfaat untuk blog anda agar blog lebih mudah muncul dihasil pencarian dengan kata kunci long tail keyword.

#2. Komentar pendek namun mengandung kata kunci LSI

Jika didalam komentar mengandung kata kunci LSI maka komentar tersebut bisa dianggap relevan,dan bisa anda terbitkan.  LSI keyword mampu membantu mesin pencari untuk memahami apa yang sedang dibicarakan di artikel blog anda.

Misal jika anda sedang membicarakan apple, maka google akan mengenali artikel anda sedang membicarakan tentang buah Apel manakala didalam artikel anda mengandung kata kunci LSI seperti manis, asam, harum, segar, jeruk garut, jeruk bali dan lain-lain.

Dan google akan mengangap bahwa artikel anda sedang membicarakan Apple merk komputer, jika didalam artikel tersebut mengandung kata komputer laptop, sisitem operasi dan kata kunci LSI sejenis lainnya bahwa anda sedang membicarakan apple untuk merk.

Dengan memahami kata kunci LSI anda bisa lebih selektif menerbitkan komentar walaupun pendek ketika di isi komentar setidaknya mengandung satu saja kata kunci LSI, maka itu bisa anda terbitkan.


Kesimpulan

Barangkali ada yang masih memiliki pertimbangan apakah komentar blog wajib disematkan? menurut saya jika topik blog yang anda bahas benar-benar anda kuasai sebaiknya komentar blog anda sematkan tujuannya tentu saja untuk menambah pembendaharaan kata kunci untuk artikel anda sehingga artikel anda bisa berpeluang lebih baik untuk muncul di hasil pencarian google, terutama ketika ada yang melakukan pencarian dengan kata kunci long tail keyword,

Yang harus diingat adalah isi komentar yang anda publish sebaiknya komentar yang benar-benar memiliki nilai positif untuk blog anda, terutama komentar panjang dan relevan sesuai dengan topik yang sedang dibahasa pada artikel yang bersangkutan.

Demikian artikel tentang Dampak Positif dan negatif Komentar Blog untuk SEO?, semoga bermanfaat untuk anda.

20 komentar:

  1. Kalau soal komentar basa-basi kadang kita juga sering melakukannya terutama ke blog yang sering kita kunjungi.. Kadang komentar juga bisa mendatangkan trafik dan terindex di Google ini juga sudah saya alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, saya terus terang jarang menerbitkan komentar basa basi, karena ternyata komentar basa basi dari satu blogger dengan blogger lainnya hampir sama, saya juga heran kenapa bisa sama kayak gitu ya... ketika banyak komentar dan kebanyakan hampir mirip seperti itu lebih baik tidak diterbitkan.

      Delete
  2. semua artikelnya bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  3. sya baru tau kalo komentar itu ngaruh juga ke index google,bermanfaat bagt dah

    ReplyDelete
  4. walaupun tulisan artikelnya banyak, tapi saya tidak merasa lama membacanya. karena menikmati dari setiap tulisan yang agan jelasakan. terimaksih gan untuk artikelnya. saya masih newbie. semoga earningnya makin nambah...

    ReplyDelete
  5. om, baru 'ngeh' ternyata koment juga mempunyai pengaruh terhadap seo ya.. sip sip.. soalnya selama ini seringnya kedapetan spam, jadi langsung auto delete wkkwkwk

    ReplyDelete
  6. Komentar berpengaruh bagi isi blog bener banget gan,
    nyatanya saya pernah coba search nama saya di google,
    eh di page 2 ada artkel yang pernah saya komentari atas nama saya,
    terus di bawah link artikel nya di bagian descripsi tertulis tebal nama saya, dari situ saya yakin bahwa komentar itu ngaruh banget yea,,
    oke dech thankz aja informasinya,,,

    klo mau balik sini aja gan.. Saya gx pake link aktif koq,,

    1000tools.yn.lt asa berbagai tools lengkap menarik

    ReplyDelete
  7. Kalau saya pribadi men-non aktifkan fitur komentar di blog hehe

    ReplyDelete
  8. membaca blog anda semakin memotifasi saya untuk menjadi blogger trimakasih.

    ReplyDelete
  9. Saya agak gak tega hapusin komentar komentar lama yang naruh link di blog saya
    kira kira kalau linknya bukan link hidup apa berpengaruh negatif yah?

    ReplyDelete
  10. lantas bagaimana jadinya gan jika komentar tersebut terdapat link ? dan apakah link yang tertanam pada blog tersebut merupakan backlink ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika link yang diletakan adalah link hidup, bisa kita klik, itu akan menjadi sebuah backlink untuk alamat situs yang ditujunya.

      Terlalu banyak link dalam komentar yang menuju pada situs tidak relevan akan berdampak buruk untuk blog dimana link tersebut diletakan. mungkin akan berpotensi sebagai blog spam

      Delete
  11. Saya mau nanya mas... Misalkan saya memasang link aktif ke suatu blog.. Dan link tersebut memang relevan atau sesuai kaitanya dengan artikel yang ada di blog itu...
    Pertanyaanya apakah si pemilik blo dan saya yang melakukan komentar akan mendapatkan nilai positif dari search engine..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan akan mendapatkan backlink akan berpengaruh ke seo.

      si pemilik blog tidak akan dapat apa-apa

      Delete
  12. saya mau tanya gan,dampak terlalu sering berkomentar di blog orang lain apakah bisa membuat blog kita atau website kita baik di mata google....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung cara berkomentarnya menurut saya gan, jika sering meletakan link hidup maka bisa jadi akan buruk.

      jika komentarna baik reputasi agan dimata sesama blog dan juga google akan baik. dan blog akan bereputasi baik karena sipemiliknya juga reputasinya baik.

      Delete
  13. gan apakah semua backlink dapat menjadi faktor peningkatan trafic ,, saya sudah analisa di situs dan blog lain yang punya banyak backlink ternyata backlink mereka tidak mendukung sama sekali di peningkatan trafic pengunjung .. d sebenarnya bagaimana kita memilih dan memilah backlink tersebut .. terima kasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya backling yang punya andil jangka panjang adalah backlink yang diletakan di dalam artiel pos dari blog yang memiliki reputasi baik. jika bl dari spam, diawal bisa tapi pada akhirnya blog akan semakin memburuk dan sulit lagi naik.

      Delete
  14. komentar itu berguna banget buat seo karena memperkaya konten.

    konten yang sedikit bisa bertambah karena ada komentar.

    kalau target indonesa sih kaga ada masalah, mau ada komen atau gak, gak begitu majalah. soalnya indonesa saingannya sedikit.

    nah, coba kalau pake bahasa inggris, saingannya pasti banyak.

    buat bangun bangun backlink juga butuh waktu, apalagi saingan pake bahasa inggris.
    makanya diakalin aja dikomen sendiri secara berkala.

    malah ini kliatan lebih alami daripada main backlink, karena google menilai bahwa apa yang disajikan membawa banyak perbincangan, meski tulisannya sedikit, hampir mirip forum hahaha


    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali gan, apalagi komen-komen yang relevan dan bukan asal komen, seperti komen agan ini, cocok sekali dipublish. dan tidak jarang komen justru ikut terindek mesin pencari

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!