Untuk beberapa alasan terkadang kita menginginkan untuk mengganti domain blog (Custom domain), yang tadinya hanya menggunakan blog gratisan berflatform blogspot menjadi domain pribadi menggunakan top level domain (TLD) seperti (.com, .co.id, .net, .org, .id dll), tentu saja tujuannya adalah agar blog yang kita miliki lebih kelihatan profesional, tidak lagi memiliki akhiran .blogspot.com, blog akan memiliki nama brand yang jelas serta blog akan lebih mudah mendapatkan reputasi atau kepercayaan dari pengunjung,

Untuk Mengganti nama domain blog berflatform blogspot menjadi top level domain tidaklah terlalu sulit, anda tinggal membeli nama domain di penyedia hosting setempat kemudian anda konfigurasi blogspot lama anda agar blog lama anda tersebut dapat melakukan redirect ke alamat top level domain baru anda tersebut, khusus blogspot anda tidak harus membeli penyedia hosting karena file hosting blogspot masih ada di bawah kendali google, apa yang harus anda lakukan hanyalah membeli nama domain saja.
mengembalikan trafict setelah custom domain
Melakukan custom domain seperti itu memang bukan tanpa resiko apalagi blog lama anda sebelumnya sudah memiliki reputasi yang baik dimata mesin pencari, tentu akan banyak yang terpaksa harus dikorbankan, karena domain blog baru anda  dengan top level domain akan dianggap sebagai blog baru yang harus di optimasi kembali dari awal dan tentu saja memerlukan peng-indexan kembali oleh mesin pencari.

A. Resiko Custom Domain Blogspot ke top Level domain

Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika anda memutuskan untuk mengganti blogspot lama anda menjadi top level domain, berikut beberapa resiko yang akan anda alami ketika melakukan custom domain:

#1. Trafik blog untuk sementara akan turun secara tiba-tiba, 

Setelah anda melakukan custom domain jangan heran jika trafik blog kembali ke awal dan terkesan tidak naik-naik, trafik blog tersebut tergangu dikarenakan domain anda akan dianggap sebagai domain yang baru dibuat yang memerlukan pengindexan google dan perlu disubmit kembali ke mesin pencari agar nama domain baru lebih cepat terindex kembali.

Meskipun trafik turun, pada umumnya trafik akan kembali normal tidak akan terlalu lama, karena blog masih akan mendapatkan pasokan trafik dari url blog lama yang ditemukan di mesin pencari yang akan  redirect langsung ke url domain baru anda tersebut. 

#2.  Adanya perubahan AlexaRank dan juga pagerank

Karena Nama domain anda sama halnya dengan domain  yang baru dibuat, tentu saja alexarank dan juga pagerank akan kembali ke awal, untuk meningkatkannya maka anda perlu mengoptimasinya kembali seperti halnya optimasi pada blog baru.

Baca juga: Tips cara meningkatkan pagerank

#3. Alamat RSS Feed akan ikut berubah.

Custom domain juga akan mengakibatkan rss feed anda ikut berubah, sehingga anda akan kehilangan pelanggan rss feed blog anda, dan  akan menyebabkan pelanggan setia blog anda harus registrasi kebali dari awal.


B. Tips Mengembalikan trafic blog setelah custom domain

Yang paling berharga dari sebuah blog atau situs adalah jumlah visitor, menurunnya jumlah visitor karena efek custom domain tentu akan mengakibatkan trafik blog yang ikut menurun, peringkat alexa rank akan kembali dari awal dan juga dampak lainnya, oleh karena itu jika anda kebetulan mengganti blog anda dengan custom domain, langkah anda berikutnya adalah mengupayakan untuk mengembalikan secepat mungkin blog baru anda ke keadaan normal seperti semula.

Langkah-langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

#1. Submit kembali domain blog anda di google 

Lakukan submit satu kali alamat url blog baru anda di google submit url, tujuannya adalah agar domain baru anda lebih cepat dikenali dan diindex oleh mesin pencari google.

#2. Mendaftarkan domain baru anda di google webmaster tool, 

Langkah pertama setelah anda melakukan custom domain adalah melakukan submit ulang alamat blog baru anda di google webmaster tool (GWT), dengan catatan:
a. Sebainya lakukan pendaftaran blog baru anda di akun GWT yang sama, tujuannya agar anda tidak harus melakukan verifikasi ulang.
b. Blog lama anda yang sudah terdaftar tidak usah di hapus, biarkan saja.
c. Tambahkan juga peta situs baru
d. Tidak perlu melakukan verifikasi ulang.

Baca juga: Cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool

#3. Mendaftarkan kembali blog ke alexarank

Setelah anda melakukan custom domain, hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah mendaftarkan kembali blog anda ke alexa rank, karena setelah berganti domain alexarank anda akan kembali ke awal, kemudian jangan lupa untuk mengganti kembali meta tag untuk alexarank di template blog anda dengan meta tag alexarank domain blog baru yang anda daftarkan, jika tidak maka alexa rank blog anda akan selamanya n/a, karena masih menggunakan data alexarank blogspot lama anda.

#4. Mendaftarkan kembali blog anda ke google analitic

Jika blog anda sebelumnya sudah terintegrasi dengan akun google analitic, maka anda perlu melakukan pendaftaran google analitic kembali untuk blog baru anda, agar blog baru anda terintegrasi dengan google analitic.

#5. Lakukan ping untuk domain blog baru anda

Ping tujuannya adalah memberi sinyal terhadap googlebot bahwa ada domain atau artikel baru yang harus di-crawl, silahkan anda lakukan ping hanya untuk url domain baru anda saja, berikut beberapa situs penyedia ping yang bisa anda gunakan:
a. GooglePing.com,  
b. Pingates.com
c. Pingomatic.com
d. Totalping.com
e. MyPageRank.net

#6. Seringlah Menerbitkan artikel Baru

Diawal berganti domain yang harus anda lakukan untuk mempercepat index google agar bisa mengenali artikel-artikel yang berada di domain baru adalah seringlah menerbitkan artikel baru, semakin sering menerbitkan artikel baru maka google bot akan sering berkunjung ke blog domain baru tersebut dan ini bisa menyebabkan index blog lebih cepat.


Meskipun blog baru dari custom domain masing dianggap blog baru, trafik akan kembali seperti sedia kala pada umumnya tidak akan memakan waktu yang lama, itu dikarenakan blog baru anda akan mendapatkan pasokan trafik dari url blog lama anda dari mesin pencari, namun seiring waktu dan semakin sering anda mempublikasikan artikel maka blog baru anda akan lebih cepat dikenali dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari menggantikan alamat url blog lama anda.


29 komentar:

  1. Alo mas, menarik sekali infonya. Kalau boleh tahu pendaftaran ke alexa fungsinya untuk apa ya? Saya masih baru. Dan saya juga heran kenapa blog saya masih terasa sepi. trims salam mampir produklink.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. alexa rank banyak dijadikan rujukan untuk melihat populer tidaknya suatu blog atau situs, semakin ramping alexa maka situs bisa dianggap populer, agar bisa direkam oleh alexa maka kita harus daftarkan situs atau blog kita ke alexa

      Delete
  2. selamat sore bos :)
    apakah bisa mengajari saya gimana cara membuat blogs rame pengunjung ?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih untuk infonya, saya adalah salah satu pengunjung setia dari blog ini...
    Btw saya ingin bertanya... saya mempunyai blog yang sudah dialihkan ke custom domain, tapi karena kemarin blog tersebut saya ikutkan dalam kontes seo sehingga banyak backlink yang bisa dibilang jelek... saya rencana ingin mengganti blog tersebut dengan custom domain baru, nah yang jadi kekhawatiran saya apakah blog tersebut tidak akan dianggap blog copy atau semacamnya jika domainnya diganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan, agan redirect saja blog lamanya ke blog baru. biasanya meskipun domain diganti, ada residu di index google mengenai artikel-artikel blog lama agan,

      agan bisa redirect, jika ada pengunjung yang kebetulan mengunjungi blog baru agan dari url blog lama yang masih muncul di google, redirect seperti itu masih diperbolehkan...

      Delete
  4. Gini mas, saya baru saja mengganti url blog lama ke url blog baru, karena saya merasa url lama kurang seo akhirnya saya putuskan untuk menggantinya ke url baru. Url blog lama saya jualparabola89.blogspot.com, dan sekarang saya ganti menjadi frekuensiterbaru.blogspot.com, yang ingin saya tanyakan adalah gimana langkah selanjutnya setelah saya mengganti url blog saya agar tidak menyalahi aturan main dari simbah google ?. Maaf mas saya masih pemula dan baru belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya jadi mas, saya tidak akan ganti domain lama saya kedomain baru yang masih blogspot, apalagi domain lama sudah berumur, dan sudah dikenali google, kecuali perubahan dari domain blogspot ke top level domain (TLD),

      kenapa?

      Karena alamat blog baru sama saja seperti blog yang baru dibuat meskipun artikelnya jumlahnya banyak, perlu waktu google mengenali domain blog baru tersebut, resikonya harus di optimasi lagi dari awal.

      Delete
  5. Oke trimakasih saranya mas, trus url lama saya apakah harus harus dihapus dari google atau dibiarin saja ?, yang sekarang saya lakukan adalah dengan menghidupkan domain lama saya dan tak kasih script redirect ke link yang baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibiarkan saja mas, sip jika tld masih memakai blogspot mas bisa redirect, perhatikan juga www dan tanpa www kadang jika tidak diseting blog jadi tidak bisa diakses dengan salah satu diantara keduanya.

      Delete
  6. thanks gan sangat membantu info ny.... trus dengan sitelink ny gma gan pa perlu di submit ulang semua tow gmana..... trus kira2 da masalah pa gk sma indeks yang lama????

    ReplyDelete
    Replies
    1. disubmit saja yang baru mas, segala hal yang berkaitan dengan blog baru mas yang belum mas daftarkan silahkan lakukan ulang seperti apa yang mas lakukan ketika dengan blog lama, apa yang sudah dilakukan dengan blog yang lama dibiarkan saja mas.

      Delete
  7. selamat malam mas ( maaf karena komen saya malam)

    gini mas, saya kmrin habis ganti blogspot ke TLD, sebelum saya ganti ke TLD itu blog memang sepi, dan saya coba daftarkan adsense tapi sulit di aprove.. setelah saya ganti TLD ternyata juga masih sulit di aprove,, email yang saya dapat berbunyi situs saya ada masalah dengan perayapan, setelah saya cek di webmaster ternyata benar banyak url yang dicekal robot.txt, pertanyaan saya apakah sulitnya diaprove adsense iada pengaruhnya terhadap pergantian blogspot ke TLD ya mas?

    maksaih semoga dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mas, sama saja, yang jelas blog tidak menyalahi kebijakan google adsense dan tentu tidak error maka kemungkinan besar peluang blog diterima lebih baik.

      lebih baik mas benahi dulu periksa di google webmaster tool jangan sampai ada error, kemungkinan besar ada masalah di templatenya.

      Delete
  8. Baru saja daftar di gugel analitik,..
    tabel analitiknya masih kosong...
    sepertinya butuh waktu yach..?!?!/ atau ada yang salah..?!?!?

    ReplyDelete
  9. menyesal ganti domain ke TLD..... pendapatn adsense menjadi nihil....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang Ketika blogspot menjadi custom domain, maka diawal visitor akan turun seiring waktu akan kembali normal, adsense harus di upgrade menjadi non-hosted. seiring waktu nanti akan kembali normal mas.

      Delete
  10. Makasih infonya, sangat bermanfaat. Oiya, untuk domail TLD kalo mau menambahkan peta situs caranya gmna ya? apakah masih sama sprti domain blogspot (pake sitemap.xml)? kebetulan saya baru ganti domain saya dari www.id-jendelailmu.blogspot.com ke www.jendelailmu.net
    dan saya masih sedikit bingung. mahon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peta stus yang disubmit Untuk domain TLD Sama saja adinda imas, bisa menggunakan sitemap.xml, namun yang harus diperhatikan juga adalah blog yang didaftarkan di webmaster tool harus yang sudah custom domain.

      Delete
  11. Gan katanya kalau sudah custom domain, property yang lama di webmaster tool harus dihapus untuk menghindari duplicate content yah ?

    ReplyDelete
  12. Terimakasih... saya baru saja ganti domain dan ini artikel yang saya cari-cari :).

    ReplyDelete
  13. Artikelnya sangat bermanfaat mas, terutama buat belajar blogging lebih serius lagi. Beberapa waktu lalu saya meng-custom domain ke TLD memang benar adanya, diawal migrasi terjadi penurunan performa, namun hanya memakan wkt 3 bulan blog dng domain baru menjadi normal kembali. Semoga apa yg saya alami tidak lagi menjadi kekhawatiran teman2 blogger yg ingin tampil lebih profesional. Terimakasih atas ilmunya. Salam by Mitra Google Indonesia

    ReplyDelete
  14. saya mau nanya mas,saya sudah custom domain dari blogsot ke.com tapi kendalanya iklan adsanse saya tidak muncul selama 3 minggu. adakah solusi buat ngatasi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan adsense mas sepertinya masih Hosted akun mas, jadi iklan tidak akan muncul di blog Top Level domain, mas Harus upgrade akun adsennya menjadi hosted. dengan cara menempelkan iklan adsense pada situs top level domain punya mas, kemudian lakukan otoriasasi diakun adsennya sampai disetujui.

      Delete
  15. nanya lagi nih mas, misalknan saya ganti domain blogspot menjadi dot com, yang ingin saya tanyakan bagaimana jika sudah saya ganti dot com, dan ingin kembali ke blogspot, apa bisa atau bagaimana???, terima kasih sebelumnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, mas masuk aja ke menu setelah > dasar, kemudian di bagian alamat blog di hapus aja custom url yang sudah mas kaitkan sebelumnya.

      Delete
  16. minus 70% trffic udah 2 minggu belum berangsur naik trffic blog saya pdahal udah ikutin semua cara diatas,, :'( mksimal berapa bulan y traffic pulih kmbali??..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin sering menerbitkan artikel akan semakin cepat pulih

      Delete
  17. artikel yang menarik dan masih membuat saya bingung mas, masih ada pertanyaan yg mengganjal.
    Kronologinya begini.
    Awal mula blog udah saya ganti ke domain TLD, semenjak ganti TLD trafik lumayan bagus, nah permasalahannya adalah domain TLD saya akan berakhir,pertanyaannya adalah apakah trafik blog saya (yg TLD) tadi kembali dari awal lagi ketika saya tidak memperpanjang Domain TLD alias berubah jadi blogspot(.com) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya iyalah mas, kembali ke blogspot sama dengan alamat baru lagi trafik akan down, saran saya jangan sampai diganti gan.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!