Email google (google mail) atau lebih dikenal dengan sebutan gmail adalah layanan email milik perusahaan raksasa internet google yang sangat populer di dunia, yang membuat email ini sangat populer adalah karena gmail sangat mudah sekali digunakan dan juga gratis, meskipun gmail bukan satu-satunya layanan email gratis, namun gmail mampu mendominasi situs penyedia email lainnya sehingga menjadi salah satu email yang paling banyak penggunanya sampai saat ini.

Apa yang diberikan oleh layanan email ini memang sangat praktis, dengan moto "Satu Akun untuk Seluruh Google", hanya dengan memiliki satu akun email google saja, maka bisa digunakan untuk akses seluruh situs milik google, seperti misalnya : gmail.com, blogger.com, google play, adsense, adword, webmaster tool dan juga situs-situs milik google lainnya

Bahkan bukan hanya digunakan untuk situs-situs milik google saja, keberadaan email gmail juga selalu di integrasikan dengan teknologi google, salah satunya adalah  perangkat mobile dengan sistem operasi android, sehingga aplikasi apapun yang memerlukan login dengan email google, akan sangat mudah sekali untuk digunakan tanpa harus login berulang kali.

Baca juga: cara membuat email gmail terbaru

Cara mengganti password gmail
GMail


Hati-Hati dengan Penyalahgunaan Akun Gmail

Dibalik kemudahan yang ditawarkan, layanan email google juga memiliki efek negatif, bisa menjadi bencana jika saja kita kehilangan akses satu-satunya akun gmail yang sering digunakan untuk aktivitas online, baik karena lupa password, dibobol oleh orang atau hal-hal lainnya yang membuat orang lain bisa mengakses seluruh informasi rahasia yang hanya bisa dibuka dengan akun email gmail yang sering ktia gunakan.

ini pernah terjadi sama saya pribadi, ketika HP android yang sering digunakan untuk mengakses fasiltias google, tiba-tiba hilang, padahal hp tersebut adalah HP satu-satunya yang sering saya gunakan untuk mengakses informasi penting, bahkan HP tersebut sama sekali tidak diproteksi dengan kunci layar ataupun proteksi lainnya, jika saja ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka akses informasi terhadap aplikasi google yang sering dibuka dengan akun gmail yang sifatnya sangat private akan mudah sekali untuk diketahui.

saya berusaha mencari solusi bagaimana caranya agar akses terhadap aplikasi tertentu melalui hp tersebut bisa terblokir, dan salah satu cara yang saya gunakan adalah secepat mungkin mengganti password akun gmail tersebut melalui komputer, karena dengan mengganti password akun gmail, maka akses hp android terhadap aplikasi yang memerlukan login akun gmail secara otomatis akan terputus, dan memerlukan login ulang.

Jika peristiwa serupa terjadi juga sama anda, maka anda juga bisa melakukan hal yang sama yaitu secepat mungkin sesegera mengganti password email google anda sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap privasi online anda.

Cara Mengganti Kata Sandi Akun Email Google (Gmail)

Untuk mengganti password email google memang sangat mudah sekali, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Untuk mengganti password GMail disarankan Gunakan browser Google Croome, agar saluran anda dianggap aman.

b. Masuk ke situs gmail.com, kemudian silahkan login.

c. Pada halaman utama akun gmail anda, cari dan klik menu roda gigi di pojok kanan atas, kemudian pilih menu setelan.
Cara mengganti password gmail

d. Pada halaman pengaturan, silahkan klik tab akun dan import, kemudian klik link ubah sandi. seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

cara mengganti kata sandi gmail

e. Atau agar lebih cepat anda bisa langsung menuju halaman ganti password gmail, kemudian silahkan anda login ulang untuk ganti password anda, seperti gambar dibawah ini:

Cara merubah atau mengganti ulang sandi password gmail

f. Silahkan anda masukan kata-sandi baru anda, kemudian masukan juga kata sandi baru yang sama di kotak konfirmasi kata sandi, jika sudah kemudian tekan tombol ubah sandi.

Sampai tahap diatas anda sudah sukses mengubah atau menyetel ulang sandi akun email google anda.

Untuk beberapa kasus kata sandi perlu diganti untuk menghindari akses langsung oleh orang yang tidak dikenal yang disebabkan oleh berbagai hal, dengan mengganti password, akun gmail yang kita miliki akan lebih aman.

demikian petunjuk singkat Cara Mudah Mengganti Password Email Gmail, semoga bermanfaat.