Untuk memiliki domain pribadi atau top level domain setidaknya kita harus mengeluarkan biaya, banyak tersedia penyedia hosting berbayar dengan berbagai variasi harga yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan self hosting, hosting tersebut bisa kita gunakan dengan cara kita sewa dengan kapasitas tertentu sesuai dengan kebutuhan, self hosting artinya hosting atau tempat penyimpanan sumber daya pribadi untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan file master blog atau situs yang kita miliki, dengan demikian kita akan mendapatkan kendali penuh terhadap file master blog atau situs tersebut, untuk saat ini beberapa blog sudah bisa kita maintenance untuk kita jadikan self hosting, blog gratisan yang paling cocok untuk kita rubah domainnya menjadi domain pribadi adalah wordpress.

alasan kenapa menggunakan wordpress untuk situs pribadi top level domain

Blog gratisan wordpess yang kita gunakan biasanya berakhiran http://nama_blog.wordpress.com, beberapa alasan kenapa wordpress sangat cocok untuk dijadikan top level domain adalah sebagai berikut:

#1. Wordpress gratis
Wordpress adalah salah satu blog gratis, untu mendapatkan file sumber wordpress kita tidak perlu mengeluarkan biaya karena wordpress memang gratis.

#2. Akses penuh terhadap sumber daya file
Karena  gratis, kita bisa mengelola file hosting pribadi dengan file wordpress tersebut, sehingga akses terhadap sumber daya file blog atau situs menjadi lebih leluasa, beda halnya dengan blogspot, jika kita menggunakan blogspot, kita tidak diberikan keleluasaan untuk mengontrol file hosting secara pribadi itu dikarenakan sampai saat ini blogspot tidak menyediakan akses terhadap file blogspot, yang dapat bisa kita letakan untuk file hosting kita, file hosting blogspot masih berada disisi kendali google, sehingga jika saja kita menjadikan blog berflatform blogspot menjadi top level domain atau domain pribadi, cukup dengan meakukan konfigurasi redirect ke alamat top level domain baru kita, dengan demikian kendali atas sumber daya file masih berada disisi google, meskipun kelebihan dan kekurangan top level domain dengan blogspot bisa kita ketahui, untuk mendapatkan aksese penuh terhadap sumber daya file secara total, lebih baik kita memilih blog wordprss untuk kita jadikan domain pribadi.

#3. Struktur Permalink yang Seo friendly
Beda halnya dengan blogspot, struktur permalink wordpress sangat bersahabat dengan mesin pencari dikarenakan struktur permalink url wordpress lebih singkat dan mudah untuk dibuat sesimple mungkin, beda halnya dengan blog berflatform blogspot, blogspot pada umumnya selalu melibatkan bulan dan tahun artikel di url nya, sehingga permalink url untk blogspot akan kelihatan lebih panjang dibanding wordpress.

Contoh permalink url wordpress vs blogspot adalah sebagai berikut:
Wordpress:
 http://nama_situs.com/top-level-domain-dengan-wordpress

Sedangkan untuk blogspot:
http://nama_situs.com/09/2015/top-level-domain-dengan-blogspot 
(url blogspot slalu melibatkan tanggal dan tahun penerbitan artikel seperti terlihat pada contoh diatas)

Dari kedua contoh permalink url diatas tentu saja yang lebih seo dan disukai mesin pencari adalah permalink url yang paling singkat, dan itu dimiliki oleh permalink wordpress. Saya sendiri pernah membahas untuk kasus yang menyangkut seo mengenai permalink url berkualitas, di artikel saya mengenai optimasi seo onpage yang disukai mesin pencari, bahwa semakin singkat url suatu situs atau blog maka itu akan semakin baik dimata mesin pencari, dan barangkali bukan hanya dimata search enggine tetapi juga url blog tersebut akan kelihatan user friendly di mata pengunjung, karena akan mudah di hapal.

#4. Wordpress dilengkapi dengan fasilitas block IP
Salah satu fasilitas yang cukup bermanfaat di wordpress salah satunya adalah blocing ip, fasilitas ini bisa kita gunakan untuk memblock alamat ip tertentu untuk tujuan agar ip address yang di block tidak bisa mengakses situs wordpress, alasan memblock ip address bisa kita lakukan jika si pemilik ip address tersebut, disinyalir melakukan tindakan-tindakan yang tidak kita inginkan terhadap blog kita, misal tindakan SPAMMING, tindakan pencurian artikel dengan cara copy paste atau tindakan lainnya, dengan block ip si pemilik ip address tersebut tidak akan bisa mengakses situs yang kita miliki di kemudian hari.

#5. Dilengkapi dengan fasilitas anti spam
Spammer adalah tindakan menyertakan link pada komentar dimana isi komentar sedikitpun tidak ada relevansinya dengan isi artikel, dan pada umumnya tidak bermutu sama sekali serta menggunakan text atau isi komentar yang sama yang mereka gunakan juga untuk berkomentar di beberapa blog lainnya.

Kadang kala  untuk mempermudah aksinya pada umumnya para spammer akan menggunakan sebuah software khusus, dimana setiap komentar bisa di kirim secara otomatis ke beberapa blog dalam satu kali proses, tentu saja tindakan seperti itu akan menyebabkan isi komentar untuk beberapa blog akan sama dan mungkin tidak akan relevan dengan isi artikel postingan blog,  baik dilakukan secara manual maupun menggunakan software khusus, tindakan spam sebaiknya mendapat tindakan khusus, karena jika dibiarkan lambat lain akan memperburuk otoritas situs kita dimata mesin pencari.

Untuk menghindari tindakan spammer seperti itu wordpress menyediakan plugin khusus yang siap kita gunakan salah satunya yaitu plugin akismet, plugin tersebut sangat berguna sekali untuk mengatasi komentar spam dalam blog atau situs berflatform wordpress.

#6. Wordpress memiliki plugin yang cukup lengkap
Plugin pada umumnya digunakan untuk melengkapi segala kekurangan yang dimiliki sebuah blog, ada banyak jenis plugin yang bisa kita gunakan di wordpress dengan berbagai fungsi, salah satu plugin yang cukup bagus dan lengkap adalah All In One Seo Pack, merupakan kumpulan plugin yang bisa kita gunakan untuk membantu optimasi situs atau blog yang kita miliki, sehingga blog atau situs lebih bersahabat dan disukai oleh mesin pencari.

Masih banyak sekali jenis plugin wordpress yang bisa kita gunakan, plugin tersebut dapat kita manfaatkan sesuai dengan fungsinya masing-masing, dan juga kita tidak dituntut memiliki kemampuan khusus untuk memasang atau install plugin wordpress, karena plugin wordpress sangat mudah sekali untuk digunakan, dan pada umumnya plugin wordpress akan menyediakan fasilitas setingan khusus yang bisa kita atur dengan mudah.

#7. Komunitas Wordpress sangat luas
Komunitas online pada umumnya digunakan untuk berinteraksi antara anggota komunitas tersebut, dalam kimunitas biasanya selalu membahas segala hal diantaranya adalah bentuk kelebihan dan kekurangan serta solusi dari setiap permasalahan yang terdapat pada sesuatu yang digemarinya, salah satunya adalah komunitas wordpress, adanya komunitas itu akan membantu kita untuk mendapatkan informasi permasalahan yang kerap terjadi yang belum kita ketahui solusinya, akan banyak sekali para pengguna wordpress yang siap membantu masalah anda, semakin banyak komunitas maka akan semakin mempermudah kita untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.


Sebenarnya masih banyak sekali kelebihan wordpress dibanding dengan domain lainnya untuk kita jadikan situs pribadi untuk top level domain, dengan berbagai alasan tersebut barangkali yang mejadikan wordpress sebagai sebuah pilihan yang tepat untuk situs pribadi, bahkan hampir semua pemilik situs atau blogger luar negeri yang cukup terkenal menggunakan blog wordpress untuk situs pribadinya.
 
Demikian informasi yang bisa saya sajikan untuk anda mengenai Alasan Memakai Wordpress untuk Top Level Domain Pribadi, semoga bermanfaat.


5 komentar:

  1. Ternyata sangat lengkap ya fitur fitur di wordpress. dengan membaca artikel diatas sy jadi tertarik. Tapi apkah fitur trsbut juga berlaku untuk blog non TLD di wordpress gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yang disajikan wordpress memang diadopsi dari blog wordpress itu sendiri gan, baik blog maupun tld sama saja

      Delete
  2. terima kasih sangat membatu postingan ini bagi saya.....
    http://androidblog2014.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Intinya si pake wp + hosting & domain tld lebih gampang ngaturnya
    kalau masalah blok ip kayanya ga terlalu berguna karena kalau spammer biasanya pake ip dynamic atau malah pake proxy.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!