Top level domain adalah domain sendri yang kita daftarkan secara pribadi, untuk memiliki top level domain tentunya tidaklah gratis, karena kita harus membeli domain itu sendiri dengan harga yang cukup bervariasi, dengan menggunakan top level domain kita bisa memiliki blog atau situs dengan akhiran .COM, .ORG, .CO.ID dan extensi top level domain lainnya, sehingga blog menjadi lebih frofesional, dan bisa menggunakan nama domain yang pendek.  setiap blog pada umumnya memiliki pasitilas untuk memudahkan migrasi menjadi top level domain, untuk blog yang berfalatform blogspot, ada fasilitas yang bisa kita gunakan untuk memudahkan webmaster blogspot jika  memutuskan untuk berganti domain dari subdomain blogspot menjadi top level domain.
Baca juga : Cara bikin blog terbaru

pada artikel kali ini akan saya coba membahas mengenai kelebihan dan kekurangan blogspot untuk top level domain sebagai berikut:


KELEBIHAN BLOGSPOT DIJADIKAN TOP LEVEL DOMAIN

berikut beberapa kelebihan blogspot untuk kita jadikan custom domain atau top level domain:

#1. Blogspot mudah ditemukan mesin pencari google.
 Blogspot adalah milik google, Domain Authoriry (DA) blogspot adalah 92 ada dibawah wordpress (DA=100), meskipun Domain Authority Blogspot berada dibawah wordpress, namun blogspot adalah anak emas google, tentu saja akan mendapatkan perhatian khusus dimata mesin pencari. terutama search enggine google. dan memang banyak terbukti, coba kita amati hasil pencarian google yang kita dapatkan, untuk level blog, kebanyakan hasil pencarian didomonasi oleh blogspot jika dibandingkan dengan blog lainnya.
Baca Juga: Cara mengetahui DA dan PA suatu situs atau blog

#2. Lebih mudah untuk dimaintenance
 Blogspot lebih mudah untuk di maintenance atau dipelihara, karena blogspot memiliki tampilan sederhana dan mudah untuk digunakan.

#3. Mudah Memodifikasi Domain
 Ketika blogspot berpindah menjadi top level domain, kapanpun kita diberi keleluasaan untuk membatalkan atau menggantinya dengan nama top level domain lainnya yang kita miliki dengan mudah, karena fasilitasnya tersedia untuk hal tersebut.

#4. Banyaknya sumber referensi yang tersedia
Banyak referensi yang berkaitan dengan pengelolan dan juga troubleshooting atau permasalahan mengenai blogspot, sehingga jika kita memiliki kesulitan ketika mengelola blogspot kita bisa mudah untuk mencari solusinya. selain itu komunitas blogspot diinternet sudah cukup banyak, apapun referensi yang ingin kita dapatkan mengenai blogspot akan mudah kita peroleh.

#5. Biaya tidak terlalu mahal untuk menjadi top level domain
 Untuk menjadikan blogspot yang awalnya blog gratisan menjadi blog dengan domain sendiri cukup hanya menyediakan domainnya saja tanpa harus membeli hosting secara pribadi, konsep blogspot menjadi top level domain adalah dengan cara meredirect alamat blog yang terdapat pada blogspot menuju alamat top level domain sesuai dengan yang kita arahkan. karena file hosting blogspot atau file hosting blogspot tersebut tetaplah di hosting oleh google tidak bisa kita pindahakan, google sendiri tidak menyajikan fasilitas untuk file blogspot yang bisa kita hosting secara pribadi,oleh karena itu kita hanya perlu menyediakan domainnya saja, dengan begitu biaaya yang bisa kita keluarkan bisa kita tekan dan tidak akan terlalu besar.

#6. Terintegrasi Dengan Google Account
Kelebihan blogspot yang lainnya adalah blogspot terintegrasi dengan google akun, untuk mengakses blogspot kita hanya perlu memiliki salah satu email google, dengan demikian sangat mudah untuk diakses dan level keamanannya terjamin.

KEKURANGAN BLOGSPOT UNTUK DIJADIKAN DOMAIN PRIBADI

Disamping kelebihan yang dimiliki blogspot ketika dijadikan top level domain, blogspot juga memiliki baberapa kelemahan yang bisa kita pertimbangkan ketika membuat top level domain untuk blogspot. berikut beberapa kelemahan blogspot untuk kita ganti menjadi top level domain:

#1. Ketergantungan pada Google
Meskipun blog berflatform blogspot bisa kita ganti menjadi top level domain sesuai dengan yang kita inginkan, tetap saja fale hosting blogspot ada diphak google, kita tidak bisa secara leluasa memindahkan file hosting blogspot tersebut ke file hosting pribadi milik kita, itu dikarenakan google sampai saat ini belum memberikan akses terhadap file blogspot untuk kita gunakan secara mandiri, dn sampai saat ini fasilitas yang disajikan blogspot untuk ganti domain adalah fasilitas redirect saja.

#2. Masih Memiliki Resiko Banned.
Karena file hosting blogspot masih ada di sisi google, itu berarti membatasi kita untuk tidak seenaknya melakukan pelanggaran-pelanggaran yang tidak sesuai dengan kebijakan google, jika tidak maka resiko banned pada blog atau situs kita masih besar, meskipun blogspot sudah berganti domain resiko di banned tetap masih ada, beberapa kasus pernah terjadi blog berflatform blogspot dengan top level domain dibanned karena tidak sesuai dengan kebijakan google.
Mungkin pertimbangan ini banyak digunakan oleh orang luar negeri dengan tidak memakai blogspot sebagai top level domain, mereka kebanyakan memilih wordpress untuk dijadikan blog self hosting, karena mungkin blogspot masih memiliki resiko dibanned tanpa toleransi.
 


Demikian yang bisa di share mengenai beberapa Kelebihan dan kekurangan Blogspot untuk dijadikan top level domain, semoga bisa menambah referensi anda.


23 komentar:

  1. Ikut SEO Kontes dari Hake.us yuk, syaratnnya paling gampang :D

    Info -> http://seo-kontes.web.id

    ReplyDelete
  2. tapi hal banned sih sangat jarang di temui, tergantung dari pemilik blog yang menyalah gunakan blognya tersebut | http://kroconet.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali gan, untuk blogger tertentu mungkin akan merasa dibatasi, namun selama kita tetap mematuhi aturan main google, hal tersebut tidak akan terjadi

      Delete
    2. bener banget kalau patuh ya santai santai saja, mampir ya gan habis ganti domain http://www.kroconet.com

      Delete
    3. Bro hajir n Bro Didin mau tanya nih... kalau kita costum domain ke .com atau ke .net apakah artikel kita juga hilang?
      misal saya dari catatanernest.blogspot.com migrasi ke catatanernest.net/com

      mohon petunjuknya dan hidayahnya.

      Delete
    4. Tidak gan, tapi di redirect, alamat blog lama maupun blog baru tetap masih bisa diakss, jika yang ditulis/ditemukan di pencarian google alamat blogspot lama maka akan di redirect ke alamat blog dengan domain TLD baru milik agan

      Delete
  3. informasi yang menarik, kami tunggu postingan berikutnya...

    ReplyDelete
  4. Jadi peluang banned masih saja terjadi ya gan kalaupun udah coustom domain di blogspot ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali gan, blogspot meskipun TLD kendali file hosting masih di google, jika terjadi pelanggaran ya resikonya banned. beda halnya dengan wordpress, kita bisa mengelola file hosting secara pribadi karena wordpress menyajikan filenya untuk kita gunakan.

      Delete
  5. Makasih infonya gan. Mau coba di blog ane sih awalnya www.pratamaguntur.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. jangan kecewa ditolak google adsense, gabung saja dengan program afiliasi kebunbibit http://kebunbibit.id/info/afiliasi-kebunbibit.html dapatkan komisi penjualan sampai dengan 10%

    ReplyDelete
  7. iya intinya memang masing2 memiliki kekurangan dan kelebihan, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya agar lebih paham dan mendapat pengalaman sendiri..

    ReplyDelete
  8. Terlepas dari adanya kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh kedua platform tersebut, tetap saja pilihan ada pada anda sesuai selera. Terimakasih banyak untuk informasinya.. Salam kenal
    http://anwarizone.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga gan, thanks atas kunjungannya.

      Yap betul sekali

      Delete
  9. Menurut saya blogger itu lebih simple dan mudah terlebih lagi untuk para pemula yang baru belajaran membuat blog...

    Tapi jika untuk pekerjaan ataupun bisnis lebih baik di anjurkan untuk memakai hostingan berbayar....

    ReplyDelete
  10. pake domain tld lebih gampang disebut seperti contoh kalo ada teman yang nanya, gan blog lu apaan terus kita sebutin andriuye.blogspot.com kan ga enak di denger dan juga terlalu panjang.

    beda kalo udah pake domain tld, kalo ada temen yang nanya, gan url blog lu apaan. tinggal di jawab: http://andriuye.net :D nah lebih simpel +enak di ucapinnya hehe...

    ReplyDelete
  11. Bro saya mo nanya nih mungkin situ tau, saat kita rubah domain kita jadi TLD (Com,web.id,id dll), kan itu sytemnya redirect ya. Apakah domain yang kita beli itu itungannya jadi sistem subdomain?

    Coba liat Blog saya deh www.mugianto.web.id, soalnya saya nanya pakar Adsense beda2 di forumnya, katanya Blog saya masih sub-domain, dan bukan adsense hanya menerima subdomain dengan blogspot doang Y_Y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika blogspot memang redirect gan.
      Sudah bukan subdomain, blog mas sudah menjadi top level domain, domain pribari.

      Agan bisa daftar adsense menggunakan blog TLD agan
      jika agan punya akun adsense sebelumnya yang diperoleh melalui blogspot, iklan tidak akan muncul jika ditempel di situs TLD Agan kecuali akun ads tsb di upgrage menjadi akun adsense Non-hosted

      Delete
  12. Ini lebih ringkas dan padat, ada yang berstatemen katanya sudah TLD gak bisa dibanned ternyata masih bisa ya gan? Akhirnya https://blogkopinet.blogspot.co.id semakin tahu.

    Trus ada yang bilang katanya TLD atau hosted blogspot sama saja peringkat pencriannya di mesin telusur oh ternyata disni lebih rinci penjelasannya.

    Tapi tetap saya mau tanya pada paragraf awal : dengan membeli domain "Sehingga blog kita terlihat profesional", apakah TLD pengaruhnya pada sesi profesional saja atau adakah pengaruh dengan peringkat pencarian di mesin pencari setelah menjadi TLD dibandingkan masih hosted blogspot ?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ada pengaruhnya ke pencarian salah satunya tld dengan https akan lebih seo dibanding dengan http. untuk tld saya kira tidak ada dalam list google ranking faktor

      Delete
  13. keren nie, blognya mas Didin selalu ada di page, tapi ngomong udh ganti ya pmliknya, krna2 awal2 berkunjung bukan ini nama pemiliknya.

    ReplyDelete
  14. mas didin sya mau tanya. Apakah dgn tidak memakai domain tld akan mengurangi pendapatan google adsense?
    contohnya sperti cpc nya lebih sedikit dibanding dengan yg tld?
    mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sama saja mas, karena belum menemukan statemen resmi google bahwa tld lebih besar dari blog gratisan.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!