Top level domain adalah domain sendri yang kita daftarkan secara pribadi, untuk memiliki top level domain tentunya tidaklah gratis, karena kita harus membeli domain itu sendiri dengan harga yang cukup bervariasi, dengan menggunakan top level domain kita bisa memiliki blog atau situs dengan akhiran .COM, .ORG, .CO.ID dan extensi top level domain lainnya, sehingga blog menjadi lebih frofesional, dan bisa menggunakan nama domain yang pendek.  setiap blog pada umumnya memiliki pasitilas untuk memudahkan migrasi menjadi top level domain, untuk blog yang berfalatform blogspot, ada fasilitas yang bisa kita gunakan untuk memudahkan webmaster blogspot jika  memutuskan untuk berganti domain dari subdomain blogspot menjadi top level domain.
Baca juga : Cara bikin blog terbaru

pada artikel kali ini akan saya coba membahas mengenai kelebihan dan kekurangan blogspot untuk top level domain sebagai berikut:


KELEBIHAN BLOGSPOT DIJADIKAN TOP LEVEL DOMAIN

berikut beberapa kelebihan blogspot untuk kita jadikan custom domain atau top level domain:

#1. Blogspot mudah ditemukan mesin pencari google.
 Blogspot adalah milik google, Domain Authoriry (DA) blogspot adalah 92 ada dibawah wordpress (DA=100), meskipun Domain Authority Blogspot berada dibawah wordpress, namun blogspot adalah anak emas google, tentu saja akan mendapatkan perhatian khusus dimata mesin pencari. terutama search enggine google. dan memang banyak terbukti, coba kita amati hasil pencarian google yang kita dapatkan, untuk level blog, kebanyakan hasil pencarian didomonasi oleh blogspot jika dibandingkan dengan blog lainnya.
Baca Juga: Cara mengetahui DA dan PA suatu situs atau blog

#2. Lebih mudah untuk dimaintenance
 Blogspot lebih mudah untuk di maintenance atau dipelihara, karena blogspot memiliki tampilan sederhana dan mudah untuk digunakan.

#3. Mudah Memodifikasi Domain
 Ketika blogspot berpindah menjadi top level domain, kapanpun kita diberi keleluasaan untuk membatalkan atau menggantinya dengan nama top level domain lainnya yang kita miliki dengan mudah, karena fasilitasnya tersedia untuk hal tersebut.

#4. Banyaknya sumber referensi yang tersedia
Banyak referensi yang berkaitan dengan pengelolan dan juga troubleshooting atau permasalahan mengenai blogspot, sehingga jika kita memiliki kesulitan ketika mengelola blogspot kita bisa mudah untuk mencari solusinya. selain itu komunitas blogspot diinternet sudah cukup banyak, apapun referensi yang ingin kita dapatkan mengenai blogspot akan mudah kita peroleh.

#5. Biaya tidak terlalu mahal untuk menjadi top level domain
 Untuk menjadikan blogspot yang awalnya blog gratisan menjadi blog dengan domain sendiri cukup hanya menyediakan domainnya saja tanpa harus membeli hosting secara pribadi, konsep blogspot menjadi top level domain adalah dengan cara meredirect alamat blog yang terdapat pada blogspot menuju alamat top level domain sesuai dengan yang kita arahkan. karena file hosting blogspot atau file hosting blogspot tersebut tetaplah di hosting oleh google tidak bisa kita pindahakan, google sendiri tidak menyajikan fasilitas untuk file blogspot yang bisa kita hosting secara pribadi,oleh karena itu kita hanya perlu menyediakan domainnya saja, dengan begitu biaaya yang bisa kita keluarkan bisa kita tekan dan tidak akan terlalu besar.

#6. Terintegrasi Dengan Google Account
Kelebihan blogspot yang lainnya adalah blogspot terintegrasi dengan google akun, untuk mengakses blogspot kita hanya perlu memiliki salah satu email google, dengan demikian sangat mudah untuk diakses dan level keamanannya terjamin.

KEKURANGAN BLOGSPOT UNTUK DIJADIKAN DOMAIN PRIBADI

Disamping kelebihan yang dimiliki blogspot ketika dijadikan top level domain, blogspot juga memiliki baberapa kelemahan yang bisa kita pertimbangkan ketika membuat top level domain untuk blogspot. berikut beberapa kelemahan blogspot untuk kita ganti menjadi top level domain:

#1. Ketergantungan pada Google
Meskipun blog berflatform blogspot bisa kita ganti menjadi top level domain sesuai dengan yang kita inginkan, tetap saja fale hosting blogspot ada diphak google, kita tidak bisa secara leluasa memindahkan file hosting blogspot tersebut ke file hosting pribadi milik kita, itu dikarenakan google sampai saat ini belum memberikan akses terhadap file blogspot untuk kita gunakan secara mandiri, dn sampai saat ini fasilitas yang disajikan blogspot untuk ganti domain adalah fasilitas redirect saja.

#2. Masih Memiliki Resiko Banned.
Karena file hosting blogspot masih ada di sisi google, itu berarti membatasi kita untuk tidak seenaknya melakukan pelanggaran-pelanggaran yang tidak sesuai dengan kebijakan google, jika tidak maka resiko banned pada blog atau situs kita masih besar, meskipun blogspot sudah berganti domain resiko di banned tetap masih ada, beberapa kasus pernah terjadi blog berflatform blogspot dengan top level domain dibanned karena tidak sesuai dengan kebijakan google.
Mungkin pertimbangan ini banyak digunakan oleh orang luar negeri dengan tidak memakai blogspot sebagai top level domain, mereka kebanyakan memilih wordpress untuk dijadikan blog self hosting, karena mungkin blogspot masih memiliki resiko dibanned tanpa toleransi.
 


Demikian yang bisa di share mengenai beberapa Kelebihan dan kekurangan Blogspot untuk dijadikan top level domain, semoga bisa menambah referensi anda.