Widget Like box facebook adalah kotak suka untuk halaman facebook milik kita yang bisa kita pasang sebagai widget pada blog, ini adalah prakarsa facebook yang menyajikan kode widget untuk like box facebook tersebut, kode widget like box facebook dibuat sebagai salah satu media yang cukup praktis untuk mempromosikan halaman facebook, agar mendapatkan penggemar yang menyukai halaman facebook tersebut, untuk menambah penggemar terhadap halaman tersebut salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan  memasang kode widget like box facebook di blog yang kita miliki. dengan demikian halaman facebook kita akan mendapatkan banyak penggemar, apalagi pengunjung blog yang kita miliki sangat banyak, semakin banyak visitor maka peluang untuk mendapatkan klik suka pada halaman facebook melalui like box facebook tersebut akan semakin banyak.

Sebenarnya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk memasang widget like box facebook pada blog,  jika like box tersebut memang kita butuhkan sebaiknya kita pasang, namun disarankan tata letak likebox facebook jangan sampai menggangu kenyamanan pengunjung,


Ciri Widget Like box facebook ala struktur kode

Like box facebook ala struktur kode kebetulan dibuat dengan konsep tidak menggangu kenyamanan pengunjung, aturan main widget untuk like box facebook tersebut adalah sebagai berikut:

#1. Likebook facebook akan muncul di sudut kanan bawah secara slide dari bawah keatas, alasanya adalah agar likebox facebook tersebut tidak menghalangi dan menggangu pandangan pengunjung.

#2. Like book facebook akan muncul  20 detik kemudian setelah halaman blog selesai di load, ini juga untuk memberi kenyamanan pada para pengunjung, ketika pengunjung mengunjungi blog, pengunjung tidak langsung di suguhkan tampilan likebox facebook, 20 detik pertama setelah halaman selesai di load, pengunjung akan disuguhkan artikel yang mereka temukan, selang 20 detik kotak like box baru akan muncul secara otomatis di sudut kanan bawah slide ke atas, dengan begitu kotak like box tersebut tidak akan menggangu kenyamanan pengunjung, dan jka menghendaki pengunjung  bisa  klik tombol suka pada widget likebox tersebut, atau pengunjung juga dapat menutup tampilan kotak likebox tersebut secara langsung.

#3. Like book facebook yang dibuat melibatkan framework jquery sebagai pendukungnya, oleh karena itu kita harus meload library jquery dalam kode widget tersebut,

KODE WIDGET

Kode dibawah ini adalah kode widget untuk membuat like box facebook melayang ala struktur kode yang muncul di sudut kanan bawah slide ke atas:
<style type='text/css'>
/* Message Box */
#box-message {
position:absolute;
bottom:-1000px;
right:10px;
width:300px;
height:auto;
padding:10px;
background:#fff;
font:normal Dosis, Georgia, Serif;
color:#111;
border:2px solid #333;
-webkit-box-shadow:0px 1px 2px rgba(0,0,0,0.4);
-moz-box-shadow:0px 1px 2px rgba(0,0,0,0.4);
box-shadow:0px 1px 2px rgba(0,0,0,0.4);
-webkit-border-radius:1px;
-moz-border-radius:1px;
border-radius:10px;
}
#box-message a.close {
position:absolute;
top:-10px;
right:-10px;
background:#fff;
font:bold 16px Arial, Sans-Serif;
text-decoration:none;
line-height:22px;
width:22px;
text-align:center;
color:#111;
border:2px solid #333;
-webkit-box-shadow:0px 1px 2px rgba(0,0,0,0.4);
-moz-box-shadow:0px 1px 2px rgba(0,0,0,0.4);
box-shadow:0px 1px 2px rgba(0,0,0,0.4);
-webkit-border-radius:22px;
-moz-border-radius:22px;
border-radius:22px;
cursor:pointer;
}
</style>
<script type="text/javascript" src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.4.1/jquery.min.js"></script>
<script type='text/javascript'>
$(window).bind("load", function() {
// Animate Top Value When Page Loaded Completed
$('#box-message').animate({bottom:"10px"}, 20000);
// Remove Mailbox When Close Button On Click
$('a.close').click(function() {
$(this).parent().fadeOut();
return false;
});
});
</script>
<div id='box-message'>
<!-- HTML Start -->
<center>
--LETAKAN KODE LIKE BOX FACEBOOK ANDA DISINI--
</center>
<!-- HTML End -->
<a class='close' href='#'>&times;</a>
</div>

CARA MENDAPATKAN KODE LIKE BOX FACEBOOK

Untuk mendapatkan kode like box facebook, silahkan anda login terlebih dahulu ke akun facebook anda, jika anda belum punya akun facebook silahkan anda daftar buat akun facebook terlebih dahulu, kemudian itkuti langkah-langkah berikut:

#1. Masuk ke halaman https://developers.facebook.com/

#2. Cari Gambar The Like Button, kemudian klik tombol "Learn More", seperti gambar dibawah ini:

Cara mendapatkan kode like box facebook

#3. Pada bilah menu sisi kiri,  pilih menu Sharing > Social Plugin > Like Box, akan disajikan tampilan seperti gambar dibawah ini:
Cara seting like box facebook untuk mendpatkan kode
Silahkan lakukan konfigurasi sebelum menggenerate kode like box facebook, atur seperti dibawah ini:
a. Isi kotak Facebook Page URL (1) dengan url halaman yang akan anda promosikan, caranya:
  • Masuk ke halaman anda, pilih menu profile di samping kiri menu beranda, silahkan klik menu tersebut, biasanya nama menunya sesuai dengan nama akun untuk halaman tersebut
  • Kopi alamat url pada address bar browser anda, dan paste di kotak Facebook page URL seperti terlihat pada gambar 1 diatas.
b. Width dan height bisa anda input untuk mengatur lebar dan tinggi kotak like box, atau biarkan saja apa adanya untuk mendpatkan ukuran bawaan dari kotak tersebut

c. Color Scheeme, silahkan pilih warna kotak like box yang anda sukai.

d. Biarkan setingan lainnya apa adanya atau silahkan anda atur sendiri

Jika sudah tekan tombol "Get Code" untuk mendapatkan kode like box facebook, anda akan mendapatkan tampilan seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


 Pilih Tab IFrame, seperti yang diperlihatkan pada gambar diatas, kemudian copy kode yang muncul. Kembali ke kode widget, silahkan modifikasi kode widget di atas ganti tulisan warna ungu: -LETAKAN KODE LIKE BOX FACEBOOK ANDA DISINI-- dengan kode like box facebook yang sudah anda copy sebelumnya.

CARA MEMASANG LIKE BOX FACEBOOK PADA BLOG

Jika anda sudah melengkapi kode widget diatas dengan kode like box facebook halaman anda, sekarang kita pasang kode tersebut pada blog anda, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:


#1. Masuk ke akun blogspot Anda

#2. Pada bilah menu sisi kiri, silahkan pilih menu Tata Letak.

#3. Silahkan klik Tambah Gadget, pilih saja tambahkan gadget untuk area di sidebar

#4. Pilih gadet HTML/JavaScript, kemudian kopikan kode widget yang sudah anda lengkapi dengan kode like box facebook pada kotak isian yang tersedia, kemudian pilih simpan.

Sampai tahap diatas seharusnya anda sudah berhasil memasang kode widget like box facebook pada blog anda, untuk melihat hasilnya silahkan anda masuk ke halaman blog anda, kotak like box facebook akan muncul dalam waktu 20 detik setelah halaman selesai di load, kotak keluar slide di sudut kanan bawah.

DEMO:

Demo seperti terlihat pada halaman blog sturktur kode ini.

MODIFIKASI ULANG WIDGET KOTAK LIKE BOX FACEBOOK ANDA

Mengatur waktu kemunculan
Untuk mengatur waktu muncul silahkan anda ganti angaka 20000 yang berwarna biru dengan waktu yang anda inignkan, 20000 berarti kotak like box tersebut baru akan keluar 20 detik setelah halaman blog tersebut selesai diload, silahkan atur sesuai dengan yang anda kehendaki.

Agar Kotak Like box muncul di sudut kiri bawah
Untuk membuat kotak like box facebox tersebut muncul dari sebelah kiri bawah layar, slide dari bawah ke atas silahkan anda ganti kode merah right:10px; menjadi left:10px;

Agar Kotak Muncul di layar sudut Kanan Atas
Untuk membuat kotak like box facebook muncul melayang di sudut  kanan atas, slide dari atas ke bawah, silahkan ganti kode warna merah yang bertuliskan bottom:-1000px; dengan kode top:-1000px; kemudian ganti juga kode dengan warna biru bertuliskan bottom:"10px" dengan kode top:"15px"

Agar Kotak muncul di  layar sudut kiri atas
Untuk membuat kotak like box facebook, melayang dan muncul di sudut kiri atas, slide dari atas ke bawah,  silahkan ganti kode merah yang bertuliskan right:10px, menjadi kode left:10px;  kemudian ganti juga kode bottom:-1000px menjadi kode top:-1000px; kemudian ganti juga kode dengan warna biru bertuliskan bottom:"10px" dengan kode top:"15px"

 Demikian artikel sederhana mengenai Membuat Widget Like Box Facebook melayang ala strukturkode, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 


9 komentar:

  1. informasi yang menarik, kami tunggu postingan berikutnya...

    ReplyDelete
  2. thank you gan, atas informasinya. udah ane coba dan berhasil

    ReplyDelete
  3. Info nya detail dan mudah, saya sudah terapkan di blog saya www.sevenqueenshop.blogspot.com Thanks & Regards, Kiky

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. ko punya ane malah naik om ga kaya punya blog ini tetep stay di sudut kiri bawah

    ReplyDelete
  6. diletakkan di mana yh.. kok gk bisa sekarang?? apa pengaturan fb sudah di ganti

    ReplyDelete
  7. like box sekarang sudah diubah oleh google menjadi halaman tersemat, kode nya mas SEO ini bagus, tapi tidak bisa di letakkan di semua blog, dan jika ada pengunjung yang sudah like, seharusnya like bok tidak muncul lagi. mohon masukannya agar bisa begitu mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. same problem mas. ane udah pasang di ridhosay.blogspot.com tapi fanspage nya tetep muncul meskipun udah dilike.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!