Cara memperbaiki server error 503 webmastertools - Server error 503 berdasarkan informasi yang saya dapatkan disinyalir penyebabnya adalah ketika pengunjung mengakses halaman blog yang kita miliki melalui smartphone atau melalui browser, dan pada saat melakukan akses ke halaman tersebut, halaman tersebut tidak tersedia, penyebab secara pasti kurang jelas, namun google menggolongkan error tersebut sebagai server error 503 atau kesalahan server, dan google bot akan melaporkannya sebagai server error 503, laporan server error 503 bisa kita lihat pada google webmaster tools, dibagian menu crawl, submenu crawl errors, menu tersebut berfungsi untuk melihat setiap error yang ditemukan oleh google bot, kita bisa melihat laporan server error yang meliputi url terjadinya error dan response code yang berisi 503, serta tanggal error tersebut ditemukan.
 

Cara Memperbaiki Server Error 503

untuk mengatasi dan memperbaiki server error 503 tersebut, cukup dengan 3 langkah saja,
1. Silahkan anda masuk ke halaman akun blog anda,  kemudian pilih menu post, pada daftar positingan yang tersedia, cari  artikel yang  berkaitan dengan ditemukannya error 503 tersebut, sorot dan pilih menu edit, lakukan edit sedikit pada artikel tersebut tujuannya agar bisa direpublish ulang, jika sudah silahkan republish ulang.

2. Masuk ke halaman webmastertools anda, pilih menu crawl > crawl error, pilih dan klik baris error 503 yang tersedia, jangan lupa copy terlebih dahulu url error tersebut, kemudian tekan tombol "Mark as fixed"

3. Masih di webmastertools sekarang silahkan anda pilih menu Google Index > Remove URLs, silahkan anda masukan url error yang anda sudah kopikan pada tahap 2 diatas, kemudian add request, submit url tersebut pada kotak yang disediakan, tujuannya adalah agar index tersebut terhapus dari index google.

Biasanya dengan tiga cara diatas cukup ampuh untuk memperbaiki server error 503 webmastertools yang kebetulan terjadi pada halaman blog yang kita miliki.