Jumlah ideal kata kunci (keyword density) dalam artikel?, topik mengenai seo semakin hari-semakin menarik saja untuk dibahas, memang tidak ada cara pasti dalam optimasi SEO, setiap orang punya cara khusus dan trick-trick tersendiri, yang jelas tujuan utamanya adalah menjadikan halaman blognya populer dimata mesin pencari tidak ada yang lain.
Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangani masalah ini, tidak lepas dari dua pilihan, bisa jadi optimasi dilakukan melalui seo onpage ataupun seo offpage dua-duanya punya peran yang sama penting dimata mesin pencari.

Saran saya ketika Anda membuat sebuah artikel yang pertama kali harus difikirkan adalah keyword atau kata kunci, jika anda sudah menemukan keyword yang tepat, silahkan anda gunakan keyword tersebut sebagai topik utama dalam isi artikel, untuk menemukan keyword yang tepat anda bisa baca artikel saya sebelumnya  mengenai riset kata kunci menggunakan google keyword planner, intinya point penting yang perlu diperhatikan adalah , jangan hanya cukup membuat artikel yang  enak dibaca, tetapi harus dipikirkan juga bagaimana caranya agar artikel tersebut disukai oleh mesin pencari, tentu saja slah satu fokus utamanya ada pada keyword density dalam artikel yang bersangkutan.

keyword density kepadatan kata kunci dalam artikel


Apa itu Keyword density ?

Keyword density (kepadatan kata kunci) adalah salah satu faktor penting yang menentukan bagus tidaknya artikel tersebut dimata mesin pencari, keyword density merupakan persentase perbandingan jumlah keyword yang muncul dengan jumlah seluruh kata dalam isi artikel, sebagai contoh, jika dalam artikel terdapat 1000 kata dan dalam 1000 kata tersebut 10 diantaranya adalah keyword yang anda bidik, maka persentase keyword density pada artikel tersebut adalah sebesar 1%, nilai tersebut didapat dari 10/1000 * 100%= 1%.

Berapa Jumlah Keyword ideal dalam satu artikel?

Sebenarnya tidak ada aturan baku tentang jumlah pengulangan keyword dalam satu artikel, karena google sendiri tidak pernah menyebutkan angka sfesifik secara pasti, yang jelas untuk menentukan jumlah keyword ideal ya tergantung dari jumlah seluruh kata yang menyusun isi artikel tersebut, saran saya jangan terlalu sedikit dan juga jangan terlalu banyak, jika keyword density terlalu sedikit, bisa jadi google tidak terlalu memperhatikan artikel kita, dan jika terlalu banyak,  bisa jadi tidak akan dapat kepercayaan dari google, bahkan bisa jadi artikel anda dianggap spam karena kelihatan tidak natural dimata google. lantas berapakah jumlah keyword density yang ideal?.

Berdasarkan pengalaman para pakar seo dan hasil observasi mereka, jumlah persentase ideal berdasarkan rekomendasi mereka adalah sebesar 2% sampai dengan 5% untuk mengulang keyword utama dalam isi artikel, persentase yang digunakan tergantung dari topik yang akan dibahas, jika kompetitor untuk kata kunci yang dibidik memiliki persaingan menengah kebawah, maka gunakan kata kunci 2% sampai dengan 3% saja, sedangkan untuk tingkat persaingannya menengah keatas artinya untuk kata kunci yang sudah cukup populer dan banyak dicari, gunakan pengulangan kata kunci sebesar 4% sampai dengan 5%.
Untuk melihat informasi pengenai tingkat persaingan kata kunci yang anda bidik silahkan anda bisa baca arikel saya mengenai riset kata kunci menggunakan google keyword planner.

Cara menghitung Jumlah keyword density :
Untuk lebih jelas memahami perhitungan persentase diatas, kita gunakan studi kasus sebagai berikut:
Andaikan saja anda membidik kata kunci yang mempunyai tingkat persaingan tinggi di mata google, misalkan saja artikel yang anda buat tersusun dari 1000 kata, jika anda mengikuti konsep diatas anda paling tidak akan menggunakan pengulangan kata kunci sebesar 4% sampai dengan 5% dari keseluruhan isi artikel, anggap saja anda mengambil persentase 5%, berarti jumlah pengulangan kata kunci yang harus anda buat adalah 5% * 1000 = 5/100 * 1000= 50 pengulangan. jadi anda harus membuat sejumlah 50 pengulangan kata kunci pada artikel yang akan anda buat tersebut.

Tool untuk mengetahui kepadatan kata kunci (keyword density)

Ketika anda menerapkan konsep diatas, akan muncul satu proses yang boleh dibilang malas dilakukan, yaitu anda terpaksa harus menghitung jumlah keyword density yang anda bidik pada artikel yang anda buat, tentu saja malas kalo anda harus menghitung secara manual satu persatu, tetapi jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak tool yang tersedia secara gratis untuk mengetahu julah keyword density dalam satu halaman, salah satunya silahkan anda kunjungi keyword density checker atau keyword density analyzer, untuk menggunakan tool tersebut anda harus mempublish terlebih dahulu artikel yang anda buat, jika sudah dipublish, anda siap menggunakan tool tersebut, caranya cukup mudah anda tinggal masukan alamat URL artikel anda tersebut,  kemudian tekan tombol 'Check', jika berhasil, anda akan melihat inforasi daftar kata, jumlah pengulangannya dan persentase keyword densitynya, anda tinggal amati kata yang menurut anda itu adalah keyword yang anda bidik. silahkan amati berapa persentasenya, jika masih kurang terpaksa anda harus melakukan modifikasi pada artikel anda tersebut.

15 komentar:

  1. KONTES SEO INDOTOPHOSTING KE 2 ( 25 September - 29 Desember 2014 )

    Hadiah yang kami berikan 2.5juta Dengan Rincian :

    Juara 1 : Rp 1.000.000
    Juara 2 : Rp 750.000
    Juara 3 : Rp 500.000
    Juara 4 : Rp 100.000
    Juara 5 : Rp 100.000
    Juara 6 - 10 : Rp 50.000

    Info Selengkapnya : http://www.indotophosting.net

    ReplyDelete
  2. Perbandinganya 4-5% dari Jumlah karakter artikel, gitu toh intinya mas.
    saya akan coba tehnik ini mas, thanks informasinya

    ReplyDelete
  3. http://printerinstall.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Rumah LImasan murah.....silakan bandingkan.....info produk lain jelajahi www.oemahjowo.web.id

    ReplyDelete
  5. perlu hati-hati dalam penerapan keyword density pada artikel yang dibuat, kalau tidak mau kena pinalti optimize dari google..
    ditunggu kunjungan baliknya buat teman semua..
    Di :
    http://miniblogger28.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Bro coba aku pengen tau tanggapannya tentang adsense di blog aku yang banyak bertebaran, apakah dibolehkan atau tidak menempatkan banyak adsense bergambar dari google. ini blog ku >>> http://terhebohlagi.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. terima kasih kawan atas artikelnya.. semoga pengetahuan yang saya dapat bisa saya terapkan dengan baik melalui jasa yang saya tawarkan kepada klien.

    kapan-kapan mampir ya ke website saya di : http://red-creatives.com ^_^

    terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Nice share bro... Saya lagi belajar SEO

    ReplyDelete
  9. Mantap pembahasannya mas , saya jadi lebih tahu tentang fungsi keyword dan aktualisasinya bagi artikel saya ... tks

    ReplyDelete
  10. mas mau tanya nih melakukan modifikasi pada artikel yang kita publish itu apakah harus di hapus atau hanya di modifikasi dan perbaharui saja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. modifikasi kemudian fetch as google di google console (GWT)

      Delete
  11. Mas bro, mau tanya juga nih, bagaimana kalau seandainya ternyata nilai dari density tersebut lebih dari 5% atau hampir 10% apakah termasuk bagus atau tidak, sedangkan jumlah kata yang digunakan hanya sekitar 500 kata.

    Thanks

    ReplyDelete
  12. dari pembahasan mas didin berarti keyword density sangat berperan penting dalam meningkatkan pagerank blog kita pada mesin pencari, tetapi berapa persenkah pengaruhnya keyword density ini terhadap blok kita selain cara-cara lain yang lebih banyak lagi, yang jelas tidak ada cara yang pasti untuk menerapkan SEO, tetapi yang jelas pointnya ingin membuat pagerank situs kita di halaman satu pada mesin pencari.

    oya'jangan lupa berkunjung ke blog ane ya gan http://macaninformasi.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. relative gan tidak ada ilmu pasti agan bisa bereksperimen untuk setiap artikel yang agan buat.

      Delete
  13. Terimakasih Mas Didin atas pengetahuannya. Saya jadi optimis untuk memulai menulis lagi, sebagai penulis pemula. Wasalam!

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!