Orang yang berkecimpung di dunia SEO tidak akan lupa pentingnya peranan backlink untuk mendongkrak popularitas blog di sisi mesin pencari, ada 1001 cara bagaimana untuk meningkatkan blog agar muncul pada halaman pertama SERP (Search Engine Result Page), salah satunya adalah membangun backlik.

Barangkali semua orang yang baru belajar membangun backlink seperti saya, salah satu langkah yang diambil untuk membuat halaman blog muncul di halaman pertama SERP adalah dengan membuat backlink sebanyak-banyaknya tentu saja backlink tersebut diarahkan ke halaman blog kita, yang ada di benak kita, setelah backlink kita bangun kita akan gunakan aplikasi pengecek backlink setiap kali, dengan harapan jumlah backlink yang kita miliki bertambah sesuai dengan backlink yang kita tanam, hampir seperti itu, bahkan setiap kali kita akan selalu cek backlink kita untuk melihat perkembangannya.

Jika yang Anda lakukan seperti itu, berhentilah, perlu Anda ketahui sebenarnya Hanya membuat Backlink saja itu tidak cukup, perlu ada langkah selanjutnya agar google bisa segera mengindex dan mengenali setiap backlink yang kita tanam.

Cara Google mengindex backlink ?

Sebenarnya secara otomatis backlink bisa terindex oleh google membutuhkan waktu ber bulan-bulan, dan kebanyakan kasus dari backlink yang sudah kita bangun tidak akan muncul semua seperti yang kita harapkan, ada beberapa alasan kenapa bisa seperti itu.
  1.  Mesin pencari seperti google  melakukan crawl (perayapan) terhadap internet hanya mencari halaman-halaman blog yang terbaru.
  2. Search engine akan merayapi halaman situs secara detail dan lebih dalam hanya pada situs yang punya otoritas yang baik, maksudnya situs-situs yang sudah mempynyai page rank diatas 5-10. sedangkan untuk situs-situs berpagerank rendah 0-4 mesin pencari akan membatasi hanya beberapa link saja dalam satu halaman, jika posisi backlink yang kita tanam dalam suatu blog berpagerank rendah berada pada urutan paling bawah misalkan diurutan 60 keatas,jangan banyak harapan backlink yang kita tanam akan diindex oleh google.

Agar google cepat mengindex backlink yang kita buat ?

Ada beberapa tahap yang bisa kita lakukan agar usaha kita dalam membangun backlink tidak sia-sia,

#1. Quick Blog Walking

Jika Anda senang memburu backlink dengan cara blog walking,   yaitu dengan cara berkomentar di blog dofollow, ada beberapa yang harus Anda perhatikan,   Lihat posisi komentar Anda, jika komentar yang Anda masukan adalah komentar ke 60 sekian, dari komentar lainnya yang sudah ada sebaiknya saya sarankan Anda berhenti.

Artikel terkait:
4 tips mendapatan backlink dengan blog walking
Teknik blogwalking untuk meningkatkan visitor 

Kecil kemungkinannya backlink yang Anda tanam pada komentar tersebut akan segera di index oleh google,   Solusi yang saya tawarkan adalah, cari blog yang dofollow, cari postingan yang terbaru, kemudian cari jumlah komentar yang kurang dari 10 ini biar lebih efektif, berkomentarlah disitu jangan lupa untuk menanam backlink kehalaman Anda, jika seandainya komentar yang sudah ada diatas 60 sebaiknya Anda tinggalkan dan cari yang lainnya.

#2. Ping setiap anda selesai meletakan backlink

Setelah menanam backlink, anda jangan hanya  menunggu google untuk merayapi backlink yang anda tanam, langkah berikutnya yaitu memberi tahu google agar google merayapi kembali secara langsung halaman anda letakan didalamnya.

Teknik ini lebih dikenal dengan teknik Pinging (memberi tahu mesin pencari google bahwa halaman blog yang dimaksud sudah diupdate /ada perubahan) untuk melakukan Pinging ada banyak tool yang bisa kita gunakan, yang paling saya suka adalah dengan menggunakan PingFarm, kita bisa melakukan Pinging sampai dengan 100 halaman dalam satu kali pingging.

Kita masukan daftar situs yang sudah kita tanam backlink didalamnya , atau kita bisa upload file txt yang didalamnya terdapat daftar alamat url halaman blog yang ada backlink kita didalamnya, halaman yang dimasukan akan di reindex dengan cepat.

#3. Cek Kesehatan Situs Anda

Lakukan pengecekan setiap saat, terhadap kesehatan situs Anda, gunakan layanan dari webmaster tools atau tool gratis lainnya untuk melihat crawl error, page not found 404 atau error-lainnya,  jika ada error anda harus segera memperbaikinya, atau jika ada page not found, lebih baik anda hapus index untuk halaman yang tidak ditemukan tersebut.

Artikel terkait: Cara menghapus crawl error page not found 404 pada blog

Error bisa terjadi tiba-tiba kadang-kadang berasal dari para komentaror  yang meletakan link yang sudah tidak aktif, atau link yang sudah mati. ingat selalu cek setiap saat, karena ini yang saya sering lakukan dan memang berefek cepat di akuinya backlink oleh google.

#4. Update artikel sesering mungkin

Sebaiknya Anda harus rajin update artikel, buatlah artikel paling tidak 2 setiap hari atau jika anda rajin, menerbitkan 5 atau lebih artikel setiap hari akan lebih baik, jangan lupa setiap kali anda selesai menerbitkan artikel baru, lakukan submit artikel melalui google add url atau, fetch as google pada halaman webmaster tool anda dengan menyertakan url artikel baru anda.

Langkah ini secara tidak langsung memberikan signal kpd robot google untuk segera mengcrawl kembali halaman situs anda.

#5. Seringlah untuk submit RSS Blog anda di directory RSSfeed

Bisa juga menjadi pilihan untuk sesering mungkin mensubmit artikel yang kita miliki di directory rss feed, kita bisa submit alamat rss blog,  biasanya untuk situs berflatform blogspot url rssfeed terletak pada http://nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml, anda bisa cari penyedia directory rss feed dan submitlah alamat url rss feed blog anda cukup satu kali saja di setiap directory rss feed.

Semakin sering akan semakin baik, sudah saya coba ternyata berdampak terhadap backlink yang kita tanam menjadi lebih cepat untuk di claim oleh google.

#6. Coba submit backlink anda di linklicious

Ini juga sepertinya masih bisa menjadi pilihan dengan submit url-url situs dimana kita meletakan backlink didalamnya ke layanan linklicious, linklicious merupakan salah satu layanan ping, memberitahukan robot pencari google agar mengcrawl kembali alamat situs dimana kita meletakan backlink didalamnya.

Meskipun saya ragu khawatir dianggap teknik blackhat SEO, saya pernah beberapa kali menempuh langkah ini, dan memang berpengaruh sekali terhadap backlink yang kita tanam lebih cepat diindex, jika anda mau mencoba anda bisa registrasi kemudian coba untuk submit backlink anda dilinklicious dan silahkan amati efeknya, setiap hari biasanya dibatasai sampai 45 link, jangan lupa ketika mensubmit, set link per days nya menjadi 0.

Cara diatas tentu saja bukan cara pasti, ini  adalah pengalaman saya pribadi, dan cukup berhasil untuk blog saya, barangkali ada banyak cara  selain cara-cara diatas, seandainya anda punya cara lain yang memang sudah terbukti berhasil, mudah-mudahan bisa sharing.

Terima kasih anda sudah membaca artikel saya tentang

Cara agar backlink cepat terindex oleh google

semoga bermanfaat.

102 komentar:

  1. Saya masih memiliki pertanyaan mas, bagaimana cara supaya backlink dari site edu terindex (yang redirect itu) misalnya clinton.edu dan lain-lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali setiap orang punya strategi tersendiri, dalam memburu backlink, dan sy yakin setiap orang tdak akan buka kartu untuk masalah ini secara gamblang. Ada banyak usaha yanh bisa ditempuh, standar yg sya sendiri lakukan biasanya mencatat url backlink, kemudian submit di google, pinging mengunakan tools pinging. coba juga memburu backlink dengan memanfaatkan teknik moving man strategi, jangan lupa setiap x selesai membuat artikel baru sy slalu submit terlebih dulu sblum memburu backlink.

      Delete
  2. maaf mau tanya, untuk teknik moving man strateginya sendiri seperti apa ya? maaf belum ngeh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu cara untuk memburu backlink mas, meminta pemilik situs tertentu untuk meletakan link kita didalam artikel mereka. mereka mau karena jasa kita terhadap mereka, atas informasi yang diberikan kpd mereka untuk link-link keluar yang ada di situs mereka yang mengarah pada halaman yang sudah pindah domain, atau tidak aktif lagi. berhasil tidaknya tergantung situsnya, contennya dan juga tergantung bagaimana kita membujuk mereka,

      Delete
  3. makasih tutorialnya gan semoga dengan mengikuti cara di atas blog saya akan cepat terindex

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. kalau pakai tools bisa ga ya? apa ya tools terbaik agar backlink cepat terindex?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan pake tools mas, khawatir dianggap teknik blackhat seo, bisa berdampak buruk jika seandainya ketauan sama google, kalo saya sendiri biasanya suka submit di rssfeed itu terasa backlink lebih cepat diindex atau submit juga di linklicious, juga terasa backlink lebih cepat diindex, tapi untuk linklicious, saya sendiri masih ragu, khawatir dianggap teknik blackhat SEO, saya sukanya manual, tidak buru-buru, 5-10 dan submit 3x dalam seminggu itu menurut saya sudah cukup, yang namanya membangun backlink menurut saya perlu waktu dan perjuangan.

      Delete
  6. Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu... Sebuah Blog Tidak Akan Pernah Bagus Jika Tidak Di Dukung Artikel Yang Berkualitas... www.okartikel.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, backlink adalah ratu yang juga memberikan support pada raja hehe..

      Delete
  7. Replies
    1. Sama-sama kang, terima kasih sudah berkunjung. semoga bermanfaat

      Delete
  8. terima kasih mas infonya sangat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kang, terima kasih sudah berkunjung, semoga artikelnya bermanfaat, oh ya, sering-seringlah mengupdate artikel dan memburu backlink, semakin sering artikel diupdate backlink akan semakin cepat untuk diclaim,

      Delete
  9. terimakasih info nya mas akan saya coba terapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sama-sama mas semoga berhasil dan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  10. salam kenal ya gan tentang infor masihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  11. Trima kasih mas memang perlu kesabaran untuk membangun sebuah backlink
    o...ya di atas ada yg komen backlink redirec itu maknyus tapi sayang gak tahan lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, perlu kesabaran dan konsistensi intinya, memang kalo untuk masalah backlng redirect itu tidak tahan lama krena sebenarnya kita memanfaatkan kelemahan sistem situs tersebut, yang kebetulan ada celah, jadi ya sepertinya jika sang empunya menutup celah tersebut yang jadinya backlink yang kita tanam tidak permanen.

      Delete
  12. makasih informasinya bos,, artikelnya manteb..salam sukses bos... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, salam sukses juga, and terima kasih juga atas kunjungannya.

      Delete
  13. ouhhh... makasih bos atas infone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih gan, terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  14. wah...dicoba bos,, makasih artikelnya dah membantu..salam sukses aja bos..

    jangan lupa tilik balik bos... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Silahkan, semoga berhasil, thank atas kunjungannya, salam kenal

      Delete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Trimaksih gan ilmu internet nya ini saya cukup puas dengan apa yang anda jabarkan ini. salam.

    ReplyDelete
  17. sangat bermanfaat sekali .. thanks

    ReplyDelete
  18. Maaf gan numpang nanya kalo backlink itu seperti apa ? Dan kenapa kita harus melakukan backlink, mohon bantuannya karna saya blogger baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. backlink itu adalah link yang agan letakan/atau orang lain letakan di situs lain, dimana link tersebut menuju salah satu url alamat halaman situs agan, ya karena backlink adalah salah satu faktor yang dapat membantu halaman blog agan muncul di pencarian lebih baik urutan 10 besar, silahkan agan baca ini

      http://strukturkode.blogspot.com/2014/09/apa-perbedaan-backlink-dofollow-dan.html

      mudah-mudahan bisa bantu

      Delete
  19. artikel yang bagus boss buat referensi
    mkasih :)

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. gan saya boleh minta no.hp atau alamat fbnya, saya mau belajar seo dengan baik dan benar agar website yangsaya buat paling tida ada dy 10 besar page1, muhon bantuannya juragan

    ReplyDelete
  22. Thanks mas triknya.. setahu saya yang linklicious tidak begitu mendukung mas, saya baca di forum2 yang baik itu di lindexed, cuma ya berbayar mas.. :)

    ReplyDelete
  23. kang minta no hp atau fbnya dong saya mau sering tentang seo

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung saja gan di group fans page fb saya https://www.facebook.com/pages/Belajar-SEO-dan-Blog-untuk-Bisnis-Online/896624750365369

      kebetulan belum di aktifkan di blog

      Delete
  24. mantaffff gan.. thanks ilmunya gan :)
    backlick gan :D www.jekastroshop.com

    ReplyDelete
  25. Saya mau bertanya mas, ada beberapa keyword saya yg pertama tidak mudah digeser meskipun saya jarang optimasi, tapi ada juga keyword baru yg sangat mudah turun (bisa sampai puluhan - ratusan) posisinya jika saya tidak optimasi. Misalkan hanya saya tinggal 1 hari, peringkatnya langsung mental jauh. Apa karena usia dari keyword yg sudah saya sebar tesebut berbeda? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backlink yang agan bangun bukan backlink yang berkualitas sepertinya bang, atau backlink yang tidak permanen, atau apakah setiap artikel tersebut punya backlink?

      Delete
  26. terimah kasih atas infonya. ini sangat membantu untuk menaikkan website saya. sukse selalu ya sobat.

    ReplyDelete
  27. terimakasih tipsnya semoga abang diberikan kesehatan selalu sehingga bisa berbagi terus menurus...sukses selalu bang...

    ReplyDelete
  28. waaahh bener sekali apa yang di tulis adalah apa yang saya lakukan wahahah jd malu

    ReplyDelete
  29. Aku terkadang bingung juga ada slh satu blog ku yg sama sekali tidk pernah mmbangun backlink krn faktor tdk tau tapi selalu nongol di halaman 1 tp ada juga yg kuperhatikan maksimal malah agak sulit nongol di page 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kata kunci yang mas gunakan, kalo pesaingnya mudah, ya tanpa optimasipun bisa menduduki posisi terbaik SERP, tapi kalo saingannya banyak dan cukup sulit backlingsalah satu yang berperan untuk memperbaiki ranking serp, yang paling berat saingannya biasanya short tail keyword, kalo gampang sekali untuk mendapatkan rangking 1 dengan kata kunci perncarian tertentu, namun yang sulit itu waktu untuk mengupayakan selalu bentrok dengan aktivitas offline

      Delete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. maksih gan buat infonya... http://toko-greenworld.com/cara-pemesanan-ace-maxs/

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari aktivitas agan, jika agan mampu meningkatkan eksistnsi di dunia blogsphere 1 minggu bisa 2 kali backlink diindex, pengalaman saya banyak blog walking dan rutin update artikel setiap hari sangat cepat sekali dalam mengindex backlink.

      Delete
  33. begitu ya gan, mantap sekali artikelnya.. cocok untuk web saya :
    jogja-training.com

    ReplyDelete
  34. ingin berbagi pengalaman saya salah satu blog yang usianya sekarng 7 bulan dan sudah mendapatkan penghasilan dari ads dibawah 4 juta sebulan sudah narik 3 x, itu terus meningkat, saya cuma nyari backling di sosial media sama situs domain .edu . perlu diketahui, jika link aktif kita sudah terletak pada blog orang lain atau pada sosial media, untuk menjadi sebuah backling butuh waktu lama, sekitar 2-3 bulan baru backlinknya meningkat, ini pengalaman saya, blog yang saya maksud tadi backlinknya dari edu 1400. sosial media gak lebih 200, dan blog dfollow lain gak lebih 100 backlink. untuk teman-temin semoga membantu, tks buat admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice share gan, semoga bisa menjadi bahan referensi buat yang lain juga bagi, pengalaman saya cepat lambatnya backlink biasanya tergantung aktivitas, berdasarkan apa yang saya alami kadang backlink meningkat 1 minggu sekali ketika kita sering blog walking (meskipun tidak meninggalkan link sekalipun dlam berkomentar) dan sering menerbitkan artikel, jika salah satu aktivitas tersebut dihentikan misal kuantitas menerbitkan artikel kita kurangi atau jarang blogwalking, maka peningkatan backlink sepertinya melambat.

      Untuk memburu backlink untuk saat ini saya hanya 1 bulan sekali, min 5 sampai 10x saja untuk tiap artikel yang usianya diatas 1 bulan, setelah itu biasanya saya hentikan, yang saya kejar adalah membuat backlink yang kita bangun terlihat senatural mungkin dimata search enggine, bukan hanya dofollow tapi nofollow juga, juga dalam membangun backlink kita harus memperhatikan usia artikel yang akan dibangun backlinknya, intinya jangan terburu-buru dalam membangun backlink, rilex dan biasanya backlink yang dibangun dengan perlahan-lahan justru itu yang kelihatan berpengaruh terhadap rangking pencarian.

      Delete
  35. Terimakasih gan tipsnya
    http://jellygamatgoldg31.com/
    http://kedaijellygamatgoldg.com/

    ReplyDelete
  36. Khusus yang linklicious saya baru tahu bro tapi kayaknya mesti dicoba nieh biar tambah yahut web saya.. Thanks Bro mampir juga di http://www.ajangbola.com/ ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap gan tolong kubal ya ke http://www.hendrieyana11.tk

      Delete
  37. baru tau ane klo backlink harus di ping
    thx gan infonya
    http://myboxtips.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. wah udah komentar yang ke 65..gak efektif lagi...hahahaha

    saya cuma mau sampaikan terima kasih banyak info yang berharganya...

    ReplyDelete
  39. makasih mas informasinya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  40. cara backlink yang baik itu gmna sih mas, saya sbenar nya sudah tau cara back links udah beberapa di setujui dari beberapa website tapi pas saya cek backlink saya di siteexplorer.info backlink belum ada yang masuk masih na

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah backlink tidak muncul di opensite explorer atau tool-tool yang lainnya, biasanya tool seperti itu hanya mendeteksi sebagian backlink tidak secara keseluruhan, jika mas ingin tau total backlink secara pasti mas bisa cek menggunakan google webmaster tool, menu search trafict >Link to Your Site, itu adalah jumlah backlink sebenarnya yang sudah di klaim google.

      Delete
  41. wah blog Mas ruame poll ,
    Ajarin cara buat susunan url untuk di ping jika kita mencari BL dgn cara Blogwalking Mas ya?

    ReplyDelete
  42. Mas, utk submit url di webmaster setiap kali kita selesai buat artikel, yg disubmit domain kita aja atau sampai ke halaman artikel tersebut?
    Misal: saya baru selesai bikin artikel judulnya "tips berolahraga". Nah yg saya submit url nya http://domainsaya.com atau http://domainsaya.com/tips-berolahraga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Domainnya cukup satu kali saja gan,

      setiap kali bikin artikel, maka urlnya agan submit, satu kali saja, untuk setiap kali bikin artikel baru.

      Delete
    2. maaf gan, numpang tanya lagi, menyambung pertanyaan mas Syawalul Amri.
      untuk submit http://domainsaya.com cukup sekali saja. terus yang http://domainsaya.com/tips-berolahraga setiap kita bikin article baru.
      mohon bimbingannya gan, saya mulai belajar.

      Delete
  43. makasih banyak informasinya gan,sangat membantu sekali,salam kenal ya
    http://www.volimaniak.com

    ReplyDelete
  44. maaf, saya kira ping hanya di lakukan ketika kita memperparui atau menambah artikel dalam bolg kita, tp dlm artikel ini d jelaskan bahwa ping jg di lakukan ketika selesai menanam backlink. trmkasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memperbaharui saya sendiri biasanya menggunakan gwt fetch as google, untuk artikel baru saya biasanya cuma menggunakan google submit url + sumbit sitemap

      Delete
  45. klo ping berlebihan apakah ada pengaruhnya mas ke rangking kita di google
    kunjungi blog saya ya
    http://suzukibandungjuara.com/2014/09/pesyaratan-kredit.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan dan kerap melakukan ping gan, pengalaman saya ping hanya untuk membantu backlink agar cepat terindex, namun cara terbaik pengganti ping adalah banyak menerbitkan artikel.

      Jika keseringan dampaknya aktivitas ping agan bisa memicu web spam google, khawatir berdampak buruk pada blog agan, resiko terburuk barangkali blog bisa di hapus google.

      jika ingin melakukan ping sewajarnya saja

      Delete
  46. Thanks master ilmunya. Kalo ada waktu mampir ke gubuk ane master. Sekali lagi thanks ilmunya:)

    ReplyDelete
  47. ane nubie nih masSEO ..
    mau nanya biasa nya berapa lama dan berapa backling sih mbah google mengindex suatu blog atau website.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu backlink agar diindex google, backlink hanya diperlukan agar artikel mudah bersaing di pencarian google. :)

      Delete
  48. Gan, sebelumnya backlink yang dimiliki blog sya puluhan, tetapi tiba-tiba meningkat tajam menjadi ribuan, kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus berarti mbak, coba saja cari tau, sumbernya darimana saja, bisa pake google webmaster tool, ahref.com, opensiteexplorer.com atau openlinkprofiler, bisa diketahui kira-kira darimana saja datangnya.

      mungkin banyak artikel mbak yang di share orang dan menjadi rujukan.:D

      Delete
  49. Mas untuk mengatur set link per day nya jadi 0 caranya bagaimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang mengerti pertanyaanya, maksudnya set ling perday gimana ya mas?

      Delete
  50. mas, kalo kita komentar dan taruh link aktif yang harus di ping itu url blog yang kita tanam komentar atau url dari homepage nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. url blog yang agan letakan backlink didalamnya.
      hati-hati dengan ping, hanya untuk blog masih baru dan jangan terlalu sering dilakukan. kalo blog sudah banyak sekali pengunjung, disarankan ping tidak perlu lagi dilakukan.

      Delete
  51. kalau menggunakan software yang otomatis gitu untuk aut ngasih komen bagus ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya untuk backlink hindari software yang otomatis dapat menanm backlink.

      Delete
  52. penjelasannya detail.
    sy jd tahu kalo harus diping hasil tanam backlinknya biar ykin nancap di google.
    sip mas. thanks.

    ReplyDelete
  53. banyak juga cara biar backlink cepat terindex, yang saya tau cuma blogwalking saja hehe

    ReplyDelete
  54. Numpang tanya mas Didin
    kalo social media seperti facebook, twitter, google plus itu ga dihitung sebagai backlink ya?
    soalnya liat di google webmaster nggak keliatan backlink dari social media.
    sementara dari blogspot/forum ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sosial media ketat gan, setiap link yang kita letakan tidak akan menjadi backlink yang langsung menuju situs kita, link akan dimodifikasi oleh sistem sosial media menjadi internal link sosial media yang bersangkutan, meskipun ketika link diklik memang akan masuk ke situs kita setelah diproses dengan cara tertentu.

      coba aja letakan link di status facebook, kemudian sorot link tersebut pasti urlnya bukan langsung menuju alamat situs kita.

      sama halnya di forum kaskus saat ini, juga memberlakukan seperti itu

      Delete
  55. Mas saya mau tanya soal indexin bl ini takut salah tangkap
    jadi kita perlu submit artikel yg ada bl kita dengan google add url kemudian di ping juga ya

    ReplyDelete
  56. sangat bersyukur ada pencerahan sangat terispirasi "butuh perjuangan"sangat mengena sekali dengan apa yang saya butuh kan

    ReplyDelete
  57. ya saya orang yang ke 95 di komentar ini , gk taulah diindex apa ngak backlink yang saya buat ini , tapi liat ajalah nih backlnik izin tanem ta
    http://artikel-yusuf.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak akan pernah diindex, karena yang agan masukan bukan backlink. itu hanya text biasanya yang menyatakan url blog.

      Delete
  58. terimakasih mas sumpah saya semakin melek skarang ada tambahn ilmu lagi
    saya ijin bookmark yah mas

    ReplyDelete
  59. Artikelnya sangat bermanfaat sekali mas Didin Ajidin, banyak ilmu2 baru yang saya dapatkan disini. Saya mau tanya, bagaimana cara memperbaiki "crawl error" pada webmastertool?

    Seperti yang mas Didin sampaikan bahwa ini sangat penting dan memberikan pengaruh positif untuk blog kita. Mohon pencerahannya.
    Terima Kasih sebelumnya mas Didin. Semoga Sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah update artikelnya mas, atau mas bisa baca disini:

      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/09/cara-menghapus-crawl-error-page-not.html

      Delete
  60. mas,saya tanya. saya pernah baca artikel blogger lain yang bilang kalau blogwalking usdah tidak efektif lagi. bagaimana menurut mas?

    ReplyDelete
  61. Perlu dibuktikan mas, menurut saya tergantung cara blogwalkingnya, jike memberikan komentar menarik maka ada kemungkinan akan cukup efektif

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!