Awal mula saya membuat blog sebenarnya hanyalah untuk iseng, coba-coba dan tanpa tujuan yang jelas, namun seiring waktu dan semakin banyaknya membaca referensi tentang dunia blogging pada akhirnya sedikit mengerti apa yang sebenarnya harus disajikan di blog, dari mulai bagaimana harus merangkai kata sehingga menjadi tulisan yang setidaknya bisa dipahami oleh orang lain, sampai mengenal bagaimana teknik optimasi mesin pencari yang diperoleh dari blogger-blogger yang lebih  berpengalaman, sehingga memungkinkan blog dan artikel blog lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Satu hal yang di awal barangkali tidak pernah saya fikirkan sebelumnya yaitu saya tidak pernah sama sekali mempedulikan tentang sisi kemanan blog, alhasil seiring bertambahnya usia blog akhirnya saya dikejutkan dengan banyaknya menemukan hal-hal yang membuat saya jengkel, di satu saat tanpa sengaja saya menemukan hampir semua artikel salah satu blog saya di-copy paste (baca: di copas orang) tampa sama sekali menyertakan link sumber aslinya, bahkan ada beberapa diaantaranya melakukan duplikasi dengan teknik auto blog, yang mengakibatkan setiap kali saya membuat postingan maka postingan saya seolah-olah muncul di blog milik orang lain.

# KEAMANAN BLOG YANG HARUS ANDA PERHATIKAN #

Berawal dari banyaknya yang melakukan copy paste artikel blog, saya mulai menyadari bahwa keamanan blog itu sangat penting,  karena copy paste bisa menyebabkan duplikat konten di mana-mana, dan setelah saya tau ternyata duplikat konten akan sangat merugikan blog si pemilik artikel aslinya, bahkan disinyalir bisa menurunkan peringkat blog di hasil pencarian, apalagi usia blog saya pada waktu itu masih bisa dibilang sangat baru, tentu saja jika blog si copaser adalah blog yang sudah punya populriatas dan sudah berusia tentu artikel akan kalah bersaing.

Meskipun dari sisi hosting dan server blog berflatform blogspot sangat aman karena dikelola oleh si empunya google, namun blog berflatform blogspot masih memiliki celah kelemahan yang bisa di salahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, tanpa sadar jika dibiarkan akan sangat merugikan aktivitas blogging anda.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan menyangkut sisi kemanan blog khususnya untuk blogger pemula yang sama sekali belum mengetahui sisi kelemahan blog ber flatform blogspot:

#1. Batasi Akses RSS Feed Blog Anda

RSS Feed merupakan kependekan dari Really Simple Syndication. Sedangkan ditinjau dari pengertiannya RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang saat ini sudah banyak digunakan situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS tersebut (wikipedia).

Untuk saat ini blog berflatform blogspot sudah menggenerate rss secara otomatis, setiap artikel yang anda buat maka secara otomatis akan ikut menggenerate rss feed blog anda, untuk mengetahui rss feed blog anda, anda bisa mengakses dengan alaman:
nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml

Anda akan melihat halaman rss feed blog anda yang berisi artikel secara keseluruhan yang anda sajikan pada blog anda sesuai dengan apa yang anda tulis. karena rss feed blog defaulnya adalah terbuka sehingga anda harus membatasinya.

Kenapa RSS Feed blog harus dibatasi ?

Jika anda mengakses rss feed blog anda, kemudian rss feed menyajikan isi artikel anda secara utuh itu artinya Rss feed blog anda masih dalam keadaan terbuka, RSS feed yang dibiarkan terbuka seperti itu bisa  dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk  menyadap rss feed blog anda (lebih dikenal dengan teknik auto blog), sehingga setiap kali anda menerbitkan artikel baru pada blog anda maka artikel tersebut akan ikut juga terbit di blog yang menyadapnya, Oleh karena itu anda harus menutup akses rss feed blog anda agar tidak mudah orang lain menyadap artikel anda secara sembarangan.

Cara Membatasai Akses RSS Feed Blog Menjadi Singkat.

Jika rss feed blog anda diketahui masih terbuka maka untuk meminimalisir tindakan autoblog yang sangat merugikan,anda harus membatasinya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun blogspot anda

b. Pada bilah menu sisi kiri pilih menu stelan > lainnya, terlihat seperti gambar dibawah ini:

cara memperpendek rss feed pada blog


c. Silahkan atur Izin Umpan blog menjadi "singkat", jika sudah silahkan "simpan Setelan"

d. Sekarang silahkan buktikan cek kembali rss feed blog anda, dengan perintah: nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml  misal:strukturkode.blogspot.com/rss.xml

anda akan melihat daftar artikel yang anda tulis di blog anda pada halaman rss feed, namun isi setiap artikel terlihat disingkat dan pendek-pendek, jika anda sudah melihat artikel pada rss feed sudah disingkat dan pendek berarti anda sudah berhasil menyingkat rss feed blog anda.

Silahkan pelajari: Cara memperpendek rss feed untuk keamanan blog anda

dengan memperpendek rss feed pencurian artikel melalui penyadapan rss feed bisa diminimalisir, meskipn ada orang dengan terpaksa masih melakukan penyadapan terhadap rss feed blog anda, mereka hanya akan menerbitkan konten yang sangat singkat sesuai yang terlihat di rss feed blog anda.
 

#2. Pasang kode anti Copy-Paste untuk melindungi artikel anda.

Pernahkah anda dikejutkan dengan menemukan beberapa judul artikel anda dihasil pencarian google namun bukan dari blog anda?, saya yakin anda pasti kesal, hal tersebut terjadi karena tindakan dari tukang copy paste (si pencuri artikel) yang seenaknya melakukan copy paste artikel anda tanpa izin kemudian menerbitkannya pada blog mereka tanpa menyertakan backlink sama sekali ke artikel aslinya.

Tindakan copy paste bisa menimbulkan dupikat konten yang kurang baik untuk blog, jika dibiarkan maka lambat laun posisi artikel dihasil pencarian akan menurun dan sulit untuk bersaing, semakin banyak duplikat konten maka akan memperburuk artikel blog anda di hasil pencarian apalagi usia blog anda masih sangat baru dan belum cukup populer.

Beberapa blogger terkadang tidak mempedulikan tindakan copy paste pada blognya, bisa saja anda juga seperti itu jika blog anda benar-banar sudah sangat populer, berusia dan memiliki otoritas yang baik dihasil pencarian google, sehingga kemungkinan besar artikel blog anda masih bisa mengalahkan posisi artikel copy-paste di hasil pencarian google, namun jika blog anda masih sangat muda dan belum cukup populer sebaiknya tindakan copy paste terhadap artikel bisa anda minamilir dengan cara memasang kode anti copi-paste pada blog anda.

Artikel terkait: Cara melaporkan pencurian artikel ke google DMCA

#3. Moderasi Komentar blog anda

Yang ketiga yang tidak kalah penting adalah moderasi komentar, jika anda memberlakukan komentar pada blog anda, sebaiknya anda memberlakukan moderasi komentar, tujuannya adalah agar anda bisa menentukan mana komentar yang pantas terbit dan mana komentar yang pantas dikategorikan sbagai komentar spam.

Sebuah komentar dianggap komentar spam jika isi komentar sedikitpun tidak ada sangkut pautnya dengan isi artikel yang dibahas, atau komentar hanya sekedar basa basi atau komentar yang isinya selalu sama antar kometar yang satu dengan komentar lainnya tanpa sedikitpun memiliki relevansi.

Banyaknya komentar spam akan mengaburkan isi konten yang awalnya berkualitas menjadi tidak berkualitas, semakin banyak komentar spam yang terdapat pada suatu blog maka kualitas blog tersebut akan semakin memburuk  dan kemungkinan besar bisa  dianggap sebagai blog spam yang konsekuensinya blog bisa dihapus google karena dianggap blog sampah.

Blog tanpa moderasi komentar akan mempermudah para spammer menanam backlink atau link aktif di komentar tanpa memperhatikan relevansi sama sekali. oleh karena itu moderasi komentar sebaiknya diaktifkan untuk meminimalisir spamer lebih leluasa mengeksploitasi blog anda melalui komentar spam.

Cara mengaktifkan moderasi komentar pada blog

Untuk mengaktifkan moderasi kometar pada blog berflatform blogspot langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke halaman utama akun blogspot anda, kemudian pilih blog anda

b.  Pada bilah menu sisi kiri, pilih menu setelan > Pos dan Komentar seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
cara mengaktifkan moderasi komentar blog

c. Silahkan pilih Selalu pada moderasi komentar kemudian simpan setelan anda.

Dengan mengaktifkan pilihan selalu maka setiap komentar masuk pada blog anda akan melalui tahapan moderasi terlebih dahulu untuk menerbitkan komentar tersebut.

#4. Hati-Hati Malware pada blog anda

dari sisi server side blog berflatform blogspot bisa dibilang aman karena masih dibawah pengelolaan blogger yang sangat profesional, namun bukan berarti blog anda aman sepenuhnya terkadang karena kurangnya pengalaman dari pihak admin serta karena faktor keteledoran kemungkinan besar blog bisa mengandung malware.

Blog tersebut bisa mengandung malware kemungkinan besar bisa bersumber dari plugin blog yang anda pasang, atau bisa jadi bersumber dari template blog hasil download yang anda gunakan yang sebelumnya sudah mengandung malware didalamnya, sehingga ketika anda gunakan secara otomatis blog tersebut akan terindikasi mengandung malware, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

blog yang terdeteksi malware
 

Cara Mengatasi Malware pada blog

Malware pada blog jika dibiarkan tentu saja akan menurunkan ranking pencarian google, untuk mengatasi malware pada blog anda harus memeriksa kembali kode template blog dan berusaha menemukan dan menghapus kode template blog yang dianggap sangat aneh, atau jika anda tidak mahir mengusai kode template blog anda bisa mengganti template blog anda dengan template yang bersih dan terpercaya.

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi malware pada blog:
a.  Temukan kode malware atau ganti template blog anda.

b. Sekarang masuk ke akun webmaster tool blog anda

c. Jika blog anda mengandung malware maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini pada daftar blog di webmaster tool:

deteksi malware google webmaster tool
d. Silahkan anda klik pada alamat blog yang ada icon peringatan seperti diatas. kemudian pilih "request Review", atur seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

meminta review malware pada blog

e. Silahkan tekan tombol ok jika sudah selesai, google akan melakukan review tunggu 2x24 jam, jika terbukti blog sudah tidak mengandung malware, maka blacklist malware untuk blog tersebut akan hilang.


Dengan memperhatikan keamanan blog anda setidaknya bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi pada blog anda, sehingga blog anda berpeluang untuk menjadi populer dan berumur panjang.

Demikian artikel tentang 4 Keamanan Blogspot yang Wajib Anda Perhatikan, semoga bermanfaat.



6 komentar:

  1. Memang benar banget mas keamanan blog juga perlu diperhatikan, pernah saya menemukan 2 atikel saya yang berada di sebuah web/blog, namun karena saya telah mengaktifkan pembatasan rss, jadi artikel saya yang di blog tersebut hanya sepenggal saja, padahan blog saya benar-benar masih baru, artikelnya baru sekitar 40 an, Makasih mas tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di awal malah tidak sadar sama sekali mas isrofi, saya mulai sadar ketika hampir seluruh artikel blog saya terbit di blog orang lain, ternyata pengalaman adalah guru yang terbaik ya...dengan membaca banyak referensi akhirnya saya tau celah kelemahan rss feed yang bisa dimanfaatkan secara tidak baik.

      Delete
  2. Satu lagi mas didin, keamanan personal,,,yaitu rutin backup artikel,hehe
    Terkadang pekerjaan sepele ini sering di abaikan,terutama bagi pengguna blogspot kayak ane,,,salam sukses selalu, struktur kode

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya mas gani,
      Betul sekali, hampir saja saya lupa, backup adalah salah satu yang paling penting untuk mengantisifasi hal hal yang tidak dinginkan pada blog terutama terhapusnya seluruh postingan.

      thanks gan.

      Delete
  3. wah bagus sekali gan artikelnya,,
    alhamdulillah ane dapet ilmu baru nih,,, maklum blogger newbie,,hehe
    ^_^

    ReplyDelete
  4. kok blm bisa ya, gan? sudah dicoba semua tp msh blm bisa. mohon pencerahannya, gan

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!