Artikel ini saya beri judul Panduan Cara Membuka Pesan Email Yahoo dan Gmail dengan Mudah, khusus dibuat hanya untuk memberikan petunjuk kepada netter yang kebetulan lupa cara membuka email karena mungkin baru pertama kali berinteraksi dengan surat elektronik (surel) atau lebih dikenal dengan sebutan email, baik itu email yang sebelumnya dibuat di  google mail (gmail), atau email yang sebelumnya dibuat di email yahoo (yahoo mail / ymail).

Email atau surat elektronik atau sering disebut dengan istilah surel, adalah layanan elektronik yang bisa digunakan untuk memfasilitasi pengguna internet dalam urusan mengirim dan menerima surat secara elektronik atau secara online, sehingga menerima dan mengirim surat bisa dilakukan secara online dengan cepat dan mudah, kapan saja dan di mana saja selama ada koneksi internet, email dikirim pada waktu itu maka email tersebut dapat diterima pada waktu itu juga.

Sampai saat ini banyak sekali situs-situs yang khusus menyediakan layanan email gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat email, diantaranya adalah situs ymail.com atau ymail.co.id milik perusahaan raksasa internet yahoo dan situs gmail.com atau gmail.co.id milik perusahaan raksasa internet google kedua layanan email tersebut adalah layanan email gratis paling populer di dunia dan banyak sekali penggunanya, perbedaan kedua layanan email tersebut terletak pada alamat email yang kita buat, jika kita membuat email menggunakan layanan yahoo mail, maka otomatis email yang kita miliki akan menggunakan nama berakhiran @ymail.com atau @ymail.co.id, sedangkan jika kita membuat email menggunakan layanan google mail, maka secara otomatis alamat email yang kita miliki akan berakhiran @gmail.com atau @gmail.co.id.

Baca juga:
Cara membuat email yahoo terbaru lengkap
Cara membuat email gmail terbaru

Cara Membuka Pesan Email Yahoo dan Gmail

 Untuk membuat email memang sangat mudah, namun terkadang kita lupa atau bisa juga karena sudah lama tidak dibuka dan terkadang tampilan antarmuka halaman akun email yang kita gunakan sudah berbeda dengan tampilan ketika terakhir kita membukanya, melalui artikel ini saya akan coba untuk memberikan petunjuk bagaimana cara membuka pesan email baik itu untuk email yang kita buat di gmail maupun di ymail.

A. Cara Mudah Membuka Pesan Email Yahoo (Ymail)

Jika email yang anda buat sebelumnya menggunakan email yahoo, kemudian kebetulan anda bertukar pesan dengan seseorang atau pihak manapun menggunakan email yahoo anda tersebut, maka untuk membuka pesan yang anda terima di email yahoo anda tersebut langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

#1. Petama masuk ke situs ymail.com
Anda akan menjumpai halaman login untuk masuk ke akun email yahoo anda.

#2. Silahkan anda login
Masukan alamat email yahoo anda di kotak yahoo user name, misal contoh_email@ymail.com atau contoh_email@gmail.co.id, kemudian masukan juga passwordnya di kotak password, jika kebetulan anda lupa user id dan juga passwordnya, untuk mengetahui cara membukanya anda bisa baca artikel tentang
Cara membuka email karena lupa password, ID atau dibajak.

Jika anda berhasil masuk maka anda akan menjumpai halaman utama akun email yahoo anda, silahkan lihat pada daftar menu disebelah kiri anda, anda akan melihat menu menu sebagai berikut:

Cara cepat dan membuka pesan email yahoo atau ymail


#3. Untuk Membuka pesan email yahoo anda, silahkan anda pilih menu Inbox seperti gambar diatas, angka di samping menu inbox menandakan jumlah email masuk yang belum anda baca. silahkan klik menu tersebut, maka akan ditampilkan daftar email masuk yang bisa anda baca satu persatu seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


cara mudah membuka email yahoo

Daftar daftar pesan masuk yang anda terima, untuk membacanya anda bisa mengklik pada salah satu pesan masuk tersebut untuk anda baca isi pesannya.

#4. Jangan lupa setelah anda masuk, jika anda memutuskan untuk keluar anda harus logout agar akun email yahoo anda aman.

B. Cara Mudah Membuka Pesan Email Google (Gmail)

Jika kebetulan email yang anda gunakan anda buat menggunakan layanan email google, dan kebetulan anda bertukar pesan dengan seseorang atau dengan pihak-pihak tertentu menggunakan email google atau gmail anda tersebut, untuk membuka pesan yang anda terima, silahkan anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

#1.  Masuk ke halaman utama situs gmail.com
Anda akan disajikan halaman untuk login ke mail gmail anda.

#2. Silahkan anda login dengan menggunakan alamat email @gmail.com atau @gmail.co.id yang anda miliki dan jangan lupa untuk memasukan passwordnya juga kemudian tekan tombol masuk.

Jika anda berhasil masuk, anda akan disajikan halaman utama akun email google, silahkan anda lihat pada daftar menu disebelah kiri anda, anda akan melihat daftar menu sebagai berikut:

cara membuka pesan email google atau gmail

#3. Untuk membaca pesan masuk yang anda terima menggunakan email gmail, silahkan anda klik menu "Kotak Masuk" seperti terlihat pada gambar diatas, disampingnya terdapat angka yang menunjukan jumlah pesan masuk yang belum anda baca" silahkan klik menu tersebut maka anda akan disajikan daftar pesan masuk pada email anda seperti gambar berikut:

panduan membuka pesan email google atau gmail

#4. Untuk membuka dan membaca pesan yang anda terima silahkan anda klik pada baris pesan yang bersangkutan,

Perhatian !

Khusus untuk email google, daftar pesan masuk dikelompokan menjadi 3 kategori, yaiut: "Utama", "Sosial" dan "Promosi", untuk melihat pesan di masing masing kategori anda bisa klik tab pesan tersebut, berikut kategori pesan google:

a. Utama, untuk mengelompokan pesan utama, selain dari pesan media sosial atau pesan dari promosi berbayar situs-situs tertentu

b. Sosial, Khusus untuk mengelompokan pesan dari media social seperti facebook atau twitter

c. Promosi, khusus untuk mengelompokan pesan-pesan dari yang berisi pesan promosi,

Jika pesan anda tidak terlihat di satu kategori, bisa jadi pesan anda masuk di kategori pesan lainnya, jadi setiap anda melihat pesan masuk yang dimaksud anda bisa cek di ketiga kategori pesan tersebut, sampai anda menerima pesan yang bersangkutan.

Jangan lupa baca juga:
Cara mengirim dan menerima email melalui gmail dan yahoo mail


Demikian artikel sederhana tentang Panduan cara Membuka Pesan Email Yahoo dan Gmail terbaru 2015, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Sangat membantu mas, meskipun dilakukan setiap hari namun ada juga yang belum tentu bisa melakukannya

    ReplyDelete
  2. Nice info mas, soalnya saya baru aja mau bikin akun yahoo,
    soalnya selama ini belum pernah bikin yahoo.. hehe
    sekali lagi makasih mas Didin.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!