Ceritanya saya punya salah satu aplikasi android yang dipasangi iklan admob, sebenarnya aplikasi sudah lama diupload dan sudah banyak yang unduh, aplikasi dapat berjalan dengan normal, saya fikir memang tidak ada masalah dengan aplikasi dan sudah sesuai dengan kebijakan admob.

 

Tapi belakangan ini tiba-tiba saya menerima imail dari admob bahwa aplikasi saya dianggap menyalahi kebijakan mereka, sehingga aplikasi iklan pada aplikasi tersebut dibatasi artinya aplikasi tidak lagi menayangkan iklan.

 

pelanggaran yang aplikasi saya dapatkan adalah  Site Behavior: Navigation, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

 

Pelanggaran admob: site behavior

 

walaupun aplikasi masih bisa didownload di playstore, sayang aplikasi tersebut tidak menghasilkan uang karena aplikasi tidak dapat menayangkan iklan akibat dari permasalahan di atas.

 

Untuk memperbaiki permasalah di atas memang awalnya sedikit membingungkan, namun setelah saya mencoba mencari refernsi untuk memperbaikinya, akhirnya saya menemukan alasan kenapa aplikasi tersebut bisa dianggap melanggar konten dengan peringatan Site Behavior: Navigation.

 

Penyebab Pelanggaran SiteBehavior: Navigation

"Site Behavior: Navigation" Policy Violation berarti bahwa ada masalah atau pelanggaran dalam cara berperilaku atau bernavigasi di dalam aplikasi . Istilah "Site Behavior" mengacu pada tindakan atau cara seseorang atau pengunjung berinteraksi dengan aplikasi , dan "Navigation" berarti cara mereka berpindah dari satu halaman ke halaman lain di situs.

 

Jadi, pelanggaran kebijakan ini mungkin terjadi ketika seseorang mendapatkan pengalaman yang buruk saat mengunjungi atau berinteraksi dengan aplikasi anda.  biasanya, ini disebabkan oleh adanya tombol yang diklik oleh pengguna tidak berfungsi dengan baik.


Cara memperbaikai Pelanggaran Site Behavior:

Kesalahan ini mungkin berhubungan dengan navigasi aplikasi secara umum dan saya pikir ini berkaitan dengan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Yang harus diperhatikan untuk memperbaiki pelanggaran ini adalah sebagai berikut:


1- Pastikan aplikasi Anda tidak membuat klaim palsu tentang menyediakan konten palsu:
Artinya, dalam aplikasi Anda, jangan memberikan klaim atau informasi yang tidak benar tentang konten yang ada di dalamnya. Misalnya, jika aplikasi Anda adalah aplikasi berita, pastikan berita yang disajikan adalah berita asli dan tidak ada informasi palsu.

2- Pastikan semua tombol berfungsi di aplikasi Anda dan memiliki tujuan. 
Saya rasa Anda tidak diizinkan memiliki tombol menuju URL yang tidak berfungsi: Pastikan semua tombol yang ada di aplikasi Anda berfungsi dengan benar dan memiliki tujuan yang jelas. Jangan memberikan tombol yang mengarah ke URL atau tautan yang tidak berfungsi atau mengarah ke halaman yang tidak relevan.

3- Aplikasi tidak boleh mengalihkan pengguna ke konten yang tidak relevan atau menyesatkan: 
Aplikasi Anda tidak boleh mengalihkan pengguna ke halaman atau konten yang tidak relevan atau menyesatkan. Pastikan pengalihan atau tautan yang diberikan sesuai dengan konteks dan tujuan aplikasi.

4- Iklan juga tidak boleh menutupi bagian-bagian yang dapat digunakan dari aplikasi:Jika aplikasi Anda menampilkan iklan, pastikan iklan tersebut tidak menutupi bagian-bagian penting dari aplikasi sehingga mengganggu pengguna dalam menggunakan aplikasi.

5- Iklan juga tidak boleh mengganggu penggunaan aplikasi
 Iklan dalam aplikasi tidak boleh mengganggu atau menghambat pengguna dalam menggunakan aplikasi. Iklan harus ditampilkan dengan cara yang tidak mengganggu pengalaman pengguna dengan aplikasi.

6- Aplikasi harus memiliki tujuan dan harus berguna. Harus memiliki jenis konten

Pastikan aplikasi Anda memiliki tujuan dan menyediakan konten yang bermanfaat bagi pengguna. Aplikasi harus memiliki fungsi atau manfaat tertentu dan tidak hanya merupakan kumpulan halaman atau konten tanpa tujuan yang jelas.

Jika ingin menghindari masalah dengan kebijakan dan peraturan aplikasi di atas, penting untuk memahami dan mengikuti panduan yang diberikan oleh platform pengembangan aplikasi atau penyedia layanan iklan seperti Admob. Jika ada masalah atau kebingungan, ajukan banding dengan menjelaskan secara jelas dan menghormati aturan yang berlaku.  

Perbaikan yang saya lakukan:

Setelah mencoba kembali aplikasi, memang secara normal aplikasi berjalan dengan lancar, dan setelah saya periksa secara detail, ternyata untuk kasus-kasus tertentu pada aplikasi saya ternyata ada beberapa tombol yang tidak berfungsi, artinya saat tombol di klik (untuk kasus tertentu) si tombol tidak berfungsi bahkan menyebabkan aplikasi forced close. dan inilah yang menjadi biang kerok pada aplikasi saya tersebut.
 

Akihirnya setelah saya perbaiki saya upload ulang untuk mengupdate aplikasi saya tersebut, setelah aplikasi direview dan disetujui oleh playstore, baru saya ajukan peninjauan di akun admobnya dengan memberikan catatan: Perbaikan pada beberapa tombol yang tidak berfungsi untuk meningkatkan pengalaman pengguna lebih baik.
 

Akhirnya setelah beberapa hari aplikasi dapat berjalan dengan normal, iklan admob dapat tayang kembali.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!