-->

Tanaman hidroponik kini menjadi salah satu pilihan, selain mudah dalam pemeliharaan, tanaman hidrponik tidak tergantung pada lahan tanah pertanian, kita bisa menanam hidrponik di pekarangan, rumah di balakang rumah yang penting terkena sinar matahari.

Menanan secara hidrponik memang mudah-mudah gampang, jika kita sudah tahu cara dan juga triknya, maka kemungkinan besar kita akan berhasil hingga panen melimpah, namun jika belum tahu triknya tidak jarang justru menemui kegagalan.

Ada banyak permasalahan yang sering dialami oleh para petani hidrponik ketika mereka menanam tanaman secara hidrponik, yang paling sering dialami terutama oleh para petani hidrponik pemula adalah permasalahan pada daun tanaman, terutama tanaman sayur-sayuran yang ditanam secara hidrponik, seperti pakcoy, kangkung, sawi-sawian dan lain sebagainya.

Permasalahan yang sering dialami pada jenis tanaman sayur yang ditanam secara hidrponik adalah daun menguning, daun menggulung atau daun keriting, dimana permasalahan tersebut sering mempengaruhi pertumbuhan tanaman hingga tanaman kurang maksimal pertumbuhannya.

Penyebab daun tanaman hidrponik menguning.

Ketika kita menanam dengan sistem hidroponik, terutama menanam tanaman sayuran daun, seperti pakcoy, kangkung, sawi, bayam dan tanaman serupa lainnya, yang mungkin bisa dialami oleh petani hidroponik pemula adalah daun kuning.

Jika daun tanaman hidroponik menguning itu artinya tanaman hidroponik anda sedang bermasalah, oleh sebab itu kita harus mencari tahu apa penyebabnya sehingga kita tahu solusinya.

Berikut beberapa penyebab kanapa daun hidroponik menguning:

1. Kurang nutrisi & PPM air baku terlalu tinggi.

Kekurangan nutrisi dan penggunaan PPM air baku terlalu tinggi bisa menyebabkan daun menguning, ciri daun kuning karena kekurangan nutrisi biasanya urat daun berwarna hijau namun disekitar urat daun berwarna kuning seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Jika tanaman daun hidroponik anda menguning terlihat seperti gambar di atas, kemugkinan besar tanaman hidroponik anda kekurangan nutrisi atau air baku yang digunakan PPM nya terlalu tinggi.

Solusinya, tambahkan PPM nutrisi secara bertahap dan lihat perkembangannya 3 hari ke depan,  pastikan anda menggunakan air baku dengan nilai PPM di bawah 100 atau 20 lebih bagus. Umumnya apa yang pernah saya alami pemberian ppm dan penggantian air baku dengan air baku ber PPM rendah akan membuat daun akan terus menghijau seiring waktu.

2. Air kurang oksigen dan suhu terlalu tinggi

Yang kedua yang bisa menyebabkan daun menguning, karena tingginya suhu udara di sekitar akar, dan juga akar kekurangan oksigen.

Ciri tanaman kuning, karena air nutrisi kekurangan oksigen terlihat seperti gambar di bawah ini:


Ini sering dialami oleh petani hidroponik yang menggunakan sistem hidroponik dengan air tergenang seperti sistem wick atau sistem rakit apung.

Solusinya jika kondisi daun menguning seperti gambar di atas, sebaiknya tambahkan kebutuhan oksigen untuk air nutrisi misal memasang aerator/pompa udara, kemudian pastikan permukaan media tanam berwarna terang yang dapat memantulkan cahaya, seperti menggunakan alumunium foil dan warna serupa lainnya.

Jika dibiarkan air nutrisi kekurangan oksigen dan suhu disekitar akar tinggi, biasanya akan busuk akar dan pada akhirnya tanaman akan mati.

3. Karena Busuk Akar

Penyebab menguningnya daun hidroponik salah satunya karena busuk akar. busuk akar terjadi karena akar terkena jamur disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen dalam air nutirisi dan juga suhu atau temperatur air nutrisi tinggi.

Jika daun tanaman hidroponik anda terlihat menguning, maka sebaiknya anda periksa kondisi akar tanaman tersebut, kondisi akar tanaman yang terserang busuk akar terlihat coklat dan berlendir, akan terlihat seperti gambar di bawah ini:



Busuk akar sulit untuk diatasi, umumnya jika akar sudah terkena jamur dan membusuk tanaman akan menguning, layu dan akhirnya mati, jika terjadi busuk akar sebaiknya buang tanaman yang sudah terkena busuk akar, sebelum menjalar ke tanaman lainnya, jika sudah parah lebih baik buang  semua tanaman, kuras bak penampung dan juga pipa serta tandon nutiri, lalu mulai lagi dari awal.

 4. ph air nutrisi terlalu tinggi

Terus terang saya pribadi selama mengenal cara bertanam hidroponik tidak pernah otak-atik PH, saya hanya fokus di nutrisi, suplai oksigen di air nutiri dan sirkulasi air nutirisi, ya mungkin di daerah saya suhunya dingin jadi cocok untuk berhidroponik.

PH normal umumnya 6.5 - 7, namun PH bisa naik dan turum, PH bisa naik karena suhu temperatur air nutiri naik, atau ada penyebab lainnya yang saya pun kurang tahu penyebab pastinya.

Namun PH tinggi dapat menyebabkan daun tanaman hidroponik juga ikut menguning, jika daun menguning karena ketinggian PH solusinya kadang para petani hidroponik menggunakan PH down dan bahan kimia lainnya.


Ketika daun tanaman hidroponik anda menguning, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tahu kenapa daun bisa menguning, setelah dikethui penyebabnya segerlah untuk mengatasinya, daun menguning masih bisa di atasi selama belum tarjadi busuk akar, jika sudah terjadi pembusukan akar karena akar terkena jamur, sebaiknya buang, bersihkan semua talang instalasi dan mulai lagi dari awal.

Semoga artikel di atas membantu anda terutama anda yang kebetulan sedang mengalami permasalahan pada daun tanaman hidroponik anda yang menguning.

No comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!