Pada saat anda melihat beranda facebook, maka anda akan melihat beberapa format status, seperti teks, gambar, video link situs dan kombinasinya. itu terjadi karena pengguna bisa membuat postingan facebook bermacam-macam.

Terkadang untuk status facebook berformat video, video yang terlihat ketika discroll akan diputar secara otomatis walaupun kita tidak menekan tombol play, tentu itu bukan kesalahan facebook, namun kemungkinan  pengaturan facebook anda mengizinkan untuk memutar video secara otomatis, sehingga pada saat anda melihat postingan video, maka video langsung berputar sendiri.

Untuk sebagian pengguna memang putaran video otomatis bukanlah suatu masalah, namun untuk beberapa pengguna termasuk saya, putaran video otomatis cukup menganggu, selain menguras kuota rasanya berisik, gerak-gerak  dan kurang nyaman saja di lihat.

Pengaturan postingan video di facebook sebenarnya bisa kita ubah sesuaikan jika kita mau, ada 3 opsi yang bisa kita pilih, yaitu:
  • Mematikan play otomatis
  • Play otomatis ketika menggunakan jaringan wifi dan 
  • Play otomatis menggunakan data dan jaringan wifi.
 Untuk menyesuaikan pengaturannya pun sebenarnya sangatlah mudah,  cukup masuk saja ke halaman seting, maka anda dapat menemukannya disana. ini pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang cara menonaktifkan autoplay video facebook namun caranya sudah berbeda untuk facebook terbaru

Karena aplikasi facebook selalu berubah dari masa-ke masa, sampai tahun 2019 sekarang ini facebook juga sudah mengalami perubahan pada tampilan aplikasi berkali-kali.

Perubahan update aplikasi facebook biasanya akan membuat beberapa tampilan aplikasi ikut berubah, baik sedikit maupun banyak.

Salah satu yang ikut juga berubah adalah lokasi untuk mengatur tampilan video, dulu cukup hanya mengunjungi halaman pengatruran anda bisa melihat pengaturan video, namun sekrang di 2019, lokasinya ternyata sudah berbeda.

Saya pribadi pun ketika ingin merubah tampilan video agar tidak berputas otomatis cukup bingung, karena sulit menemukan pengaturannya, namun akhirnya setelah otak-atik akhirnya ketemu juga dan pengaturannya di aplikasi facebook terbaru cukup sedikit tersembunyi.

Cara Menonaktifkan Autoplay video di halaman facebook android

Untuk anda pengguna facebook mobile di hp android yang kebetulan tiba-tiba postingan video di beranda facebooknya berputar secara otomatis ketika di scroll, dan anda merasa ingin menonaktifkan agar tidak berputar otomatis, maka anda bisa melakukan pengaturan di facebook anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke aplikasi android di hp android anda.

2. Pilih menu garis tiga di pojok kanan halaman facebook anda.



3. Scroll ke bawah kemudian pilih menu Pengaturan & Privasi / Settings & Privacy > Pengaturan / Settings


4. Di halaman pengaturan, scroll ke bawah kemudian pilih menu Media dan kontak
5. Pada halaman media dan kontak, nonaktifkan pada opsi  Video di kabar berita di mulai dengan suara lalu kemudian klik pada opsi Putar otomatis
6. di halaman pengaturan putar otomatis, silahkan pilih opsi Jangan pernah putar video otomatis


Dengan memilih opsi Jangan pernah Putar video otomatis, maka ketika anda melihat video di beranda facebook anda, video hanya akan menampilkan gambar video saja dengan tombol play di bagian tengahnya. video tidak akan berputar otomatis, namun anda bisa memutarnya jika diinginkan dengan menekan tombol play yang tersedia.

Cara menonaktifkan putar otomatis di facebook sebenarnya sangat mudah, bahkan banyak yang sudah menyajikannya dalam bentuk artikel anda bisa mencarinya di google, namun karena aplikasi facebook terus mengalami perubahan, langkah-langkah lama mungkin tidak akan sama dengan yang baru.

No comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!