Cara cepat menonaktifkan auto play video facebook - pernahkan anda mengalami video di status facebook berjalan secara otomatis autoplay ketika tampil di layar?, apakah anda berfikir ingin  menonaktifkannya?, jika anda menginginkan video tersebut tidak auto play namun anda tidak mengtahui caranya, maka di artikel kali ini saya akan uraikan untuk anda bagaimana cara menghentikan video facebook agar tidak autoplay ketika anda menggulir kabar berita.

Kita ketahui bersama bahwa saat ini facebook atau dikenal juga dengan sebutan FB mampu menjadi media social yang paling populer di dunia dan paling banyak penggunanya, bagaimana tidak selain mudah digunakan pengguna juga dimanjakan dengan berbagai fitur yang bisa dinikmati secara gratis. Ya betul sekali, saat ini selain dapat mengirim kabar berita (status) dalam bentuk teks, pengguna juga dapat mengirim kabar berita dalam bentuk gambar, video atau kombinasi gambar video dan teks yang membuat facebook semakin menarik dan interaktif.

Cara Mudah Menonaktifkan (Mematikan /turn off) auto play video di facebook


Tapi walaupun menarik terkadang ada saja hal-hal yang bisa membuat pengguna kurang nyaman ketika menggunakan facebook, salah satunya terkait kabar berita (posting) yang berisi video yang berjalan secara otomatis (auto-play), baik ketika dilihat melalui perangkat komputer pc / laptop, maupun  menggunakan perangkat mobile (android dan juga  iPhone), Bahkan santer terdengar adanya fitur auto play tersebut sempat membuat banyak pengguna melakukan protes ke facebook, sampai pada akhirnya ada pengaturan khusus untuk menonaktifkannya.


Autoplay video di facebook bisa membuat quota internet anda Boros

Harus tau bahwa ketika video berjalan sendiri secara otomatis lalu kita diamkan maka akan menguras quota tergatung seberapa lama video tersebut sempat berputar, semakin lama video berputar, maka quota internet yang terpakai pun akan semakin terkuras.

Bahkan ini juga termasuk untuk  quota internet yang memiliki akses facebook gratis,, meskipin ad aiming-iming akses facebook gratis, tetap saja ketika dipakai menonton video di facebook quota akan terpakai.

Untuk meningkatkan kenyamanan dan menghindari berkurangnya quota internet  akibat autoplay video facebook yang terlihat di layar, maka saya lebih menyarankan anda menonaktifkan auto play video, agar video berjalan ketika anda ingin memutarnya.

Untungnya facebook saat ini menyediakan setingan atau pengaturan khusus terkait postingan video ini, melalui pengaturan tersebut pengguna bisa mengatur video facebook agar tidak autoplay, atau mengatur video facebook autoplay ketika facebook terhubung ke internet menggunakan jaringan wifi, dengan demikian maka selain tidak khawatir menguras quota kita juga bisa lebih nyaman menggunakan facebook.

Ini cara menonaktifkan auto play di video facebook

Untuk menonaktifkan atau menghentikan autoplay pada video facebook agar video tidak berjalan otomatis ketika anda menggulir kabar berita, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Mematikan Auto play video Facebook di Perangkat Android

Facebook sekalin bisa diakses menggunakan komputer desktop atau pc bisa juga diakses menggunakan aplikasi facebook untuk hp android, khusus untuk anda pengguna aplikasi facebook di android.

Adapun cara mematikan  auto play video di facebook android adalah sebagai berikut:

1.    Silahkan Aktifkan dan masuk ke aplikasi facebook di perangkat android anda
2.    Klik icon bergambar garis tiga yang letaknya di pojok atas kanan

Menu Utama facebook for mobile untuk pengaturan video


3.    Gulir ke bawah kemudian klik menu pengaturan aplikasi

Pengaturan aplikasi facebook untuk menonaktifkan video agar tidak autoplay


4. Pada halaman pengaturan klik menu putar otomatis

Pengaturan video facebook di android

5. Di halaman Pengaturan anda akan melihat tiga pilihan meliputi:
  • Di data seluler atau  koneksi WIFI (pilih ini jika anda ingin menjalankan video otomatis baik ketika menggunakan quota internet maupun internet wifi)
  • Di koneksi wifi saja (Video akan diputar secara otomatis ketika internet yang digunakan WIFI)
  • Jangan pernah putar video otomatis ( Menonaktifkan video berputar otomatis)
Menonaktifkan pemutar video otomatis facebook

Agar video facebook tidak berputar secara otomatis, maka anda bisa memilih pilihan "Jangan pernah putar video otomatis", namun jika anda menginginkan video berputar ketika terhubung wifi saja. maka pilih saja "Di koneksi wifi saja".

Dengan pengaturan di atas maka video facebook tidak akan lagi berjalan secara otomatis ketika anda menggunakan facebook untuk aplikasi android.


B. Cara mematikan pemutar video otomatis Facebook di Komputer

Walaupun sempat dijelaskan di halaman tutorial facebook tentang cara menonaktifkan auto play video facebook berbasis web di komputer,  namun ternyata untuk saat ini pengaturan tersebut sudah tidak disediakan lagi oleh facebook.

Dengan kata lain kita tidak perlu melakukan pengaturan penonaktifan video di situs facebook, karena di situs facebook yang biasa kita akses menggunakan komputer, video sudah tidak berjalan otomatis. artinya pengaturan tersebut sudah tidak berlaku lagi saat ini.

C. Cara Menonaktifkan Pemutar video otomatis facebook di IPhone (iOS)

 Aplikasi facebook selain dapat dijalankan di hp android, bisa juga di perangkat dengan sistem operasi iOS seperti iPhone dan pengturan untuk menonaktifkan pemutar video otomatis facebook sedikit berbeda.

Langkah-langkah untuk Menonaktifkan autoplay pada video facebook di aplikasi facebook untuk perangkat iOS adalah sebagai berikut:

  • Pada aplikasi facebook iOS masuk pada pengaturan utama (di bagian more)
  • Pilih ‘Pengaturan Akun’ atau ‘Account Settings
  • Pilih ‘Video dan Photo
  • Pilih ‘Auto-play’ kemudian pilih ‘Off’ atau ‘Mati’ 

Terlihat seperti ilustrasi gambar di bawah ini:

Cara menonaktifkan autoplay video facebook di iOS


Dengan pengaturan di atas, maka ketika anda menggulir halaman beranda facebook, video yang terlihat tidak akan lagi diputar secara otomatis, sehingga selain hemat quota, performa facebook pun akan semakin ringan.

Oh ya jika tampilan di atas tidak sesuai dengan pengaturan yang terdapat di facebook yang anda gunakan, kemungkinan facebook mengalami upgrade, atau mungkin facebook yang anda gunakan beum di upgrade ke versi terbaru.

Itulah artikel sederhana tentang  Cara Cepat Menonaktifkan auto play pada video facebook, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!