Artikel ini saya tulis karena terinspirasi dari seorang teman, kebetulan dia seorang guru yang ingin mencoba mencari peluang mendapatkan uang melalui blog, sebenarnya dia sendiri memang tidak memiliki later belakang IT, apalagi paham mengenai dunia internet, tapi keinginannya untuk menjadi seorang blogger kelihatannya sangat tinggi, motivasi untuk menjadi blogger tumbuh karena saya kadang berdiskusi tentang blogging bahwa blogging bisa menghasilkan uang.

Karena dia sudah yakin bahwa memang benar ternyata blog bisa menghasilkan uang dan sudah melihat buktinya, akhirnya dia memutuskan ingin mencoba menjadi seorang blogger, tapi sayang sekali pemahaman mengenai dunia internet dan juga blogging yang dia miliki sangat minim sekali alias masih pemula, sehingga banyak pertanyaan yang saya terima dari dia tentang dunia blogging.

Cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula


Pertanyaan-pertanyaan yang dia tanyakan memacu saya untuk membuat artikel sederhana ini dengan judul  Cara Memulai menjadi seorang blogger agar bisa menghasilkan uang (khusus pemula).

Harapan saya dengan diterbitkannya artikel ini, setidaknya bisa memberikan gambaran kepada siapapun anda terutama yang benar-benar masih pemula di dunia blogging, yang kebetulan berniat ingin menjadi seorang blogger yang bisa menghasilkan uang.

Cara Memulai menjadi seorang blogger agar bisa menghasilkan uang (khusus pemula)

  Jika anda benar-benar serius untuk menjadi seorang blogger yang dapat menghasilkan uang secara online dari internet, maka anda bisa mengikuti uraian berikut:

#1. Luruskan Paradigma berfikir anda tentang menghasilkan uang dari blog.

Sebelum saya uraikan secara lengkap, ada satu hal yang harus anda benar-benar perhatikan ketika mencoba ingin mendapatkan penghasilan dari blog, yang paling penting adalah cara berfikir, anda harus meluruskan cara berfikir anda tentang mendapatkan uang dari blog.

  • Anda harus selalu ingat bahwa mendapatkan uang dari blog bukan perkara yang sanagat mudah, perlu kerja keras ketekunan dan pantang menyerah jangan mudah putus asa, sama halnya seperti usaha offline.
  • Camkan juga bahwa untuk bisa menghasilkan uang dari blog tidak dapat ditempuh dalam waktu yang singkat, kecuali anda beruntung, ada proses yang harus ditempuh, jika anda tekun, tidak mudah putus asa, maka akan indah pada waktunya.
  • Jangan berfikir bahwa anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang banyak dari blog dengan sangat mudah,  semuanya perlu proses dan mungkin anda akan cepat bosan.

Hampir semua teman saya yang saya kenalkan ke dunia blogging, gagal di tengah jalan karena paradigma berfikir yang salah, mereka menganggap bahwa menghasilkan uang dari blog sangat mudah, bisa memperoleh uang raturan juta rupiah dengan mudah dan bisa diperoleh dengan sangat cepat.

Karena paradigma atau orientasi berfikirnya salah, akhirnya aktivitas bloggingnya mandeg ditengah jalan, merasa susah, putus asa, blognya terbengkalai, pada akhirnya dia merasa bosan, karena dianggapnya tidak berhasil dan sulit.

#1. Tentukan Topik Blog

Sebelum membuat blog yang paling utama adalah menentukan niche blog atau topik blog yang akan anda bahas pada blog anda.

Anda mungkin akan sedikit bingung dalam menentukan topik blog , saya sarankan anda membahas topik yang memang anda sudah menguasainya, misalkan jika anda guru, anda bisa saja mengambil topik tentang membahas teori mata pelajaran, silabus, RPP atau hal-hal yang berkaitan dengan profesi anda sebagai seorang guru.

Atau jika anda kebetulan seorang pembina yang sering berinteraksi dengan ekstrakurikuler sekolah, anda juga bisa membahas topik tentang hal-hal yang berkaitan dengan ekstrakurikuler.

Jika topik yang anda pilih anda kuasai, maka anda tidak akan merasa tertekan ketika dihadapkan membuat artikel dalam jumlah yang banyak, karena eksistensi blogger adalah menerbitkan artikel secara kontinue hingga blognya memiliki jumlah artikel  yang banyak.

#2. Buat Blog Gratisan

Setelah anda menentukan topik atau niche blog yang akan anda bahas, selanjutnya tugas anda adalah membuat blog, ada dua alternatif yang dapat anda pilih, membuat blog berbayar atau membuat blog gratisan, menurut saya khusus untuk pemula, disarankan membuat blog gratisan saja dulu.

Blog gratisan yang paling direkomendasikan adalah blogger.com, silahkan anda buat blog di blogger.com. usahakan nama alamat blog sebagus mungkin dan mudah untuk dipahami serta relevan dengan topik yang akan anda bahas.

Silahkan baca: cara membuat blog di blogspot.

Apakah blog berflatform blogger.com bisa menghasilkan uang?

Walaupun gratisan blog berflatform blogspot adalah salah satu blog gratisan yang memiliki potensi paling baik untuk menghasilkan uang dari blog, blogger.com adalah blog milik google, dan google membuka kerjasama dengan pemilik blog berflatform blogspot untuk menjadi publisher iklan agar blognya bisa menghasilkan uang.

Dengan membuat blog gratisan maka anda tidak harus mengeluarkan modal besar, modal anda cukup koneksi internet aja, walaupun blog gratisan, jika memang dikemudian hari anda ingin merubahnya atau melakukan customisasi menjadi domain pribadi, maka caranya sangat mudah.

#3. Pelihara blog anda Hingga mendatangkan banyak trafik

Kesuksesan sebuah blog salah satunya terletak pada trafik atau pengunjung (visitor) yang datang ke blog anda, semakin banyak trafik yang dimiliki oleh sebuah blog maka potensi blog tersebut bisa menghasilkan uang akan semakin bagus.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi  tinggi rendahnya trafik atau visitor blog anda. Jika anda mampu memelihara blog anda dengan baik maka kemungkinan besar trafik pada blog anda akan terus meningkat.

Lantas apa saja yang harus kita lakukan untuk memelihara blog agar bisa mendatangkan trafik?

a. Daftarkan blog ke mesin pencari
 Langkah pertama setelah anda memiliki alamat blog sendiri adalah mendaftarkan blog ke mesin pencari seperti google, yahoo atau bing, tujuannya adalah agar blog anda segera dapat dikenali oleh mesin pencari,

b. Terbitkan artikel postingan secara kontinue.
Yang perama setelah anda memiliki blog tugas anda adalah membuat artikel dan menerbitkan artikel secara continue dan konsisten setiap hari.

Berapa jumlah artikel yang harus dibuat dalam sehari?
Menurut saya jika blog masih dalam kondisi baru anda setidaknya menerbitkan artikel minimal 1 dalam sehari terus menerus secara kontinue, dan disarankan jangan berhenti dalam waktu 3 bulan, biasanya pengujung akan mulai berdatangan dan akan cendrung naik.

Harus seperti apa judul artikel yang saya buat ?
Jumlah pengunjung akan sangat ditentukan oleh judul artikel yang anda buat, tugas anda adalah mencari kata kunci untuk judul artikel yang memiliki tingkat pencarian tinggi dan saingannya mudah.

Kata kunci seperti itu memang akan sedikit sulit untuk ditemukan, cara yang bisa anda coba adalah dengan melakukan riset kata kunci, beberapa diantaranya yang bisa anda coba adalah:

Jika anda merasa kesulitan untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari dan saingannya rendah, minimal prioritaskan untuk mendapatkan kata kunci dengan pesaing sedikit dan berpotensi dicari.

Untuk mengetahuinya cukup mudah, silahkan gunakan google search auto suggestion dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka mesin pencari google

2. Umpan dengan mengetikan kata kunci yang anda inginkan, misalkan "Cara memahami"


Jika google memberikan beberapa saran kata kunci seperti di atas, maka itu artinya kata kunci yang anda ketikan memiliki potensi untuk dicari orang, anda bisa gunakan salah satu kata kunci yang disarankan oleh google tersebut.

Selanjutnya lakukan pencarian dengan kata kunci tersebut, misalkan contoh saja kita gunakan kata kunci "Cara memahami puisi".  lalu amati jumlah hasil pencarian:


Jika jumlah hasil pencarian dengan kata kunci tersebut kurang dari 1000.000 (satu juta), maka itu artinya kata kunci tersebut bisa dikatakan cukup minim akan pesaing, anda bisa coba kata kunci tersebut untuk dijadikan judul artikel.

c. Libatkan Optimasi SEO dalam artikel blog anda
Ketika anda membuat artikel jangan lupa untuk melibatkan optimasi seo pada artikel yang anda buat, baik optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage, sehingga artikel anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari google dan bisa muncul di hasil pencarian google di posisi yang baik.

Optimasi seo onpage adalah upaya optimasi yang dilibatkan di dalam artikel atau halaman blog agar halaman blog ramah mesin pencari atau lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, upaya optimasi seo onpage diantaranya adalah:

Sedangkan optimasi seo Offpage adalah upaya seo yang dilakukan di luar situs namun masih mempengaruhi dalam memperbaiki rangking situs di hasil pencarian.

Beberapa contoh optimasi seo offpage diantaranya adalah

d. Pelajari struktur template blogger
Yang harus menjadi tugas anda berikutnya adalah, anda harus mau mempelajari struktur template blog, tujuannya adalah agar anda mampu membenahi template blog anda sendiri dan segala hal yang berurusan dengan template blog.

Memiliki kemampuan memodifikasi template itu akan menjadi point plush untuk anda untuk memudahkan anda dalam menekuni dunia blogger, tentu saja tujuannya adalah agar blog anda lebih ramah mesin pencari.

#4. Pelajari Teknik monetisasi blog

Monetisasi jika dikaitkan dengan blog adalah upaya bagaimana agar blog bisa menghasilkan uang, salah satu modal utamanya adalah trafik, jadi jika blog anda sudah memiliki banyak trafik anda bisa memulai memonetisasi blog anda untuk mendapatkan penghasilan secara online dari blog.

Ada banyak sekali teknik monetisasi, beberapa diantaranya yang cukup digemari diantaranya adalah:

a. Menjadi publisher iklan, ada banyak sekali jenis media periklanan yang bisa anda pilih, diantaranya adalah: google adsense, adnow dan lain sebagainya, saran saya pilih media periklanan yang memang aman dan terbukti membayar seperti google adsense, adnow dll.

Baca: Cara mendapatkan uang dari blog dengan google adsense

b. Menjadi affiliate marketer dengan memasang iklan affiliasi seperti iklan jualan di halaman blog anda, anda akan mendapatkan komisi jika ada pengunjung yang melakukan transaksi pembelian disitus market place yang diiklankan, namun konsumen tau produk tersebut bersumber dari link iklan yang anda pasang di blog anda.

Kesimpulan

Mencari uang secara online memang tidak mudah, anda perlu kerja keras, tekun dan tidak pantang menyerah, jika anda sudah menggelutinya maka anda pada akhirnya akan menemukan trik tersendiri bagaimana mendapatkan uang dalam jumlah yang banyak dari internet.

Modal utama sebuah blog bisa menghaslkan uang adalah Visitor atau pengunjung blog, semakin banyak pengunjung blog anda, maka potensi blog tersebut bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang banyak akan semakin baik.

Jadi prioritas anda mengelola blog adalah bagaimana cara mendatangkan trafik atau visitor ke halaman blog anda, tentu saja untuk menupayakan visitor organik, yaitu pengunjung yang bersumber atau datang dari mesin pencari.


Demikian artikel tentang Cara Memulai menjadi seorang blogger agar bisa menghasilkan uang (khusus pemula), semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan gambaran kepada anda bagaimana cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi seorang blogger, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Seperti biasa gan...tulisan ente luar binasah...hehehe...kayanya klo masalah bounce rate bukan buat blogger pemula juga ya gan?mohon pencerahan...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!