Saya yakin kemungkinan anda akan terkejut dan kesal campur aduk ketika anda tidak lagi bisa mengakses blog berflaform blogspot kesayangan anda yang sudah anda pelihara dan sudah cukup banyak memiliki pengunjung dan artikel,   lalu anda mendapatkan email pemberitahuan bahwa blog anda dianggap spam dan ditangguhkan bahkan dihapus oleh google.

Kasus seperti ini banyak dialami  blog-blog yang dibuat dengan flatform blogspot, bahkan bukan hanya untuk blog yang sudah berumur, tetapi juga banyak dialami oleh blog-blog yang baru di buat yang hanya baru diisi 1 atau 2 artikel saja.

Tidak jarang banyak blogger yang bertanya-tanya sebenarnya apa yang terjadi kenapa google sampai menganggap blog dianggap spam, padahal banyak pemilik blog tidak pernah merasa melakukan sesuatu yang salah, namun tetap blognya masih dianggap sebagai blog spam.

8 penyebab blog dianggap spam oleh google


Untuk urusan spam, google benar-benar sangat serius, jika saja sebuah blog menurut robot deteksi spam otomatis dianggap spam atau blog sampah, maka google akan langsung menindak blog tersebut, jika tidak ditangguhkan mungin yang paling parah adalah dihapus dari peredaran.


Perlu anda ketahui bahwa ada banyak penyebab blog yang anda miliki bisa dianggap spam, namun terkadang penyebabnya kurang disadari terutama untuk anda blogger pemula. oleh karena itu untuk anda yang benar-benar pemula anda harus mengetahui kenapa blog yang anda miliki dianggap spam dan mendapatkan tindakan serius dari google.

8 penyebab kenapa blog anda dianggap spam dan di blokir oleh google

Sebelum saya uraikan penyebab kenapa blog anda dianggap spam, anda harus memahami dulu apa itu  spam?,

Menurut wikipedia, Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming

Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.

Ya bisa disimpulkan spam merupakan suatu aktivitas atau suatu hal yang keberadaannya tidak dikehendaki cendrung membuat tidak nyaman dan dilakukan secara berlebihan atau bertubi-tubi.

Sedangkan untuk sebuah blog bisa dianggap sebuah blog spam oleh google karena hal-hal sebagai berikut:

1. Blog anda banyak dipasangi iklan popup

Penyebab pertama yang cukup membahayakan blog anda adalah blog anda banyak dipasangi iklan popup dengan sengaja guna memonetisasi blog anda,

Anda perlu hati-hati, jika blog anda berflatform blogspot pertimbangkan untuk memonetisasi blog dengan iklan jenis popup, karena jenis iklan seperti ini cendrung menggangu kenyamanan pengunjung blog anda, biasanya iklan jenis ini akan muncul secara otomatis membuka halaman sendiri atau berpindah halaman otomatis ke situs pengiklan  ketika pengunjung blog anda melakukan klik atau ketika membaca artikel blog anda tanpa mereka kehendaki.

Selain bisa membahayakan blog anda, iklan jenis popup juga sering membuat rangking halaman drop, jadi pertimbangkan kembali untuk memasangnya.

2. Blog anda dipenuhi komentar spam yang mengandung link aktif

Penyebab yang kedua kenapa blog anda bisa dianggap blog spam itu bisa karena ada banyak komentar basa basi dan berulang ditambah mengandung banyak link keluar yang menuju situs-situs yang tidak relevan atau situs yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan konten situs blog anda.

Link-link jenis ini bisa ada di blog anda biasanya karena ada pengunjung blog anda yang dengan sengaja mencantumkan link ke blog miliknya guna mendapatkan backlink, jika setiap artikel blog anda banyak memiliki link keluar yang tidak relevan sama sekali, apalagi menuju halaman yang tidak pantas maka ini bisa memicu web spam google, sehingga jangan aneh jika suatu saat blog anda akan dianggap sebagai blog spam atau blog sampah yang berakhir dengan dihapusnya blog anda.

Untuk menghindari komentar spam seperti ini, pastikan anda memoderasi setiap komentar masuk, jika ada pengunjung blog anda yang berkomentar dengan mencantumkan link keluar maka anda bisa mempertimbangkan untuk tidak menerbitkan komentar tersebut.

3. Hati-Hati memasang iklan pribadi yang menusu situs tidak dew*s* atau perj*dian

Untuk anda yang memiliki blog berflatform blogspot yang sudah cukup populer kemudian ditawari pengiklan untuk memasang iklan pribadi, hati-hati anda harus selectif memilih iklan, jangan sampai memilih iklan untuk promosi tempat perj*dian atau iklan berbau konten dew@sa, karena iklan seperti itu akan merusak reputasi blog anda dan google akan menganggap blog anda tidak sesuai dengan kebijakan mereka, akhirnya blog bisa memiliki potensi untuk dihapus.

Mungkin 1 bulan 2 bulan tidak akan kelihatan dampaknya, namun jika terus-menerus digunakan untuk memasang iklan jenis tersebut, pada akhirnya blog anda akan dianggap blog sampah di mata google, bahkan blog anda jika masih tetap eksis pada akhirnya akan diblokir oleh internet positif bahkan diblokir oleh pemerintah.

Judul blog mungkin masih bermunculan di mesin pencari google, namun ketika pengunjung melakukan klik judul blog anda, mereka akan diarahkan ke halaman internet positif akibat di blokir oleh pemerintah.

Ada banyak pengelola blog tertarik untuk memilih iklan jenis ini, karena memang tidak dipungkiri tawarannya sangat menggiurkan, apalagi blog anda sudah banyak memiliki pengunjung, namun anda sebaiknya mempertimbangkan dampak buruknya. jika ingin blog anda bertahan lama dan semakin populer lebih baik pikirkan 2 kali untuk memasang iklan-iklan tersebut.

4.  Konten blog hasil copy paste dari blog lain

Yang ke empat yang bisa menyebabkan blog anda dianggap blog spam dan bisa menyebabkan dihapusnya blog anda adalah blog dipenuhi dengan konten copy paste hasil curian dari halaman blog orang lain yang anda terbitkan ulang di blog anda.

Ada banyak sekali kasus, blog-blog berflatform blogspot dengan konten hasil copy paste biasanya tidak bisa bertahan lama, pada akhirnya akan tumbang atau dihapus, karena selain tidak sesuai dengan kebijakan google, blog seperti ini banyak menjadi blog incaran yang dilaporkan oleh si pemilik konten asli, sehingga pada akhirnya blog akan dihapus secara permanen oleh google.

Untuk anda yang ingin menjadi blogger sukses, sebaiknya hindari untuk membuat blog dengan konten kopi paste, walaupun anda menganggap bisa mendatangkan keuntungan dalam waktu yang dekat, blog seperti ini selain penghasilan anda kurang berkah, blog akan mudah tumbang yang pada akhirnya usaha dan waktu yang  anda habiskan untuk mengurus blog tersebut akan sia-sia saja.

5. Email Anda sudah dianggap email spam

Hati-hati membuat blog dengan menggunakan email yang sering anda gunakan untuk nyepam, seperti sering mengirim email dalam jumlah yang tidak terkontrol ke alamat email orang lain melalui email tersebut.

Jika email yang anda gunakan untuk membuat blog sering anda gunakan untuk aktivitas spaming, maka tidak tutup kemungkinan jika blog anda dengan kepemilikan email tersebut akan dicap sebagai blog spam oleh google karena reputasi si pemilik email sudah dianggap jelek di mata mesin pencari.

6. Konten blog anda dibuat hanya bertujuan untuk mengelabui mesin pencari.

Saat ini mesin pencari sudah banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan, dulu mungkin blog hanya berisikan kata kunci dan tidak dapat dimengerti sama sekali bisa nangkring di posisi pertama, namun saat ini, konten seperti itu sudah kadaluarsa karena google sudah semakin pintar, apalagi sampai saat ini algoritma mesin pencari sudah banyak mengalami perubahan untuk menghasilkan pencarian yang benar-benar berkualitas dan relevan dengan kriteria kata kunci pengguna.

Dengan perkembangan mesin pencari saat ini blog-blog yang dianggap tidak berkualitas rangkingnya akan semakin merosot, apalagi blog yang berisi konten yang bertujuan untuk hanya mengelabui mesin pencari, sekarang sudah tidak dapat lagi bersaing dengan blog-blog berkualitas.

Oleh karena itu hindari untuk membuat blog yang kontennya hanya berisi kumpulan kata kunci yang bertujuan untuk mengelabui mesin pencari, trik tersebut selain sudah tidak ampuh, justru akan dianggap blog yang menyalahi kebijakan google, sehingga pada akhirnya blog tersebut akan mendapatkan penalty dari google.

7, Template blog anda mengandung malware

Hati-hati memilih template blogspot, pilihlah template gratisan dari penyedia template yang cukup terpercaya dan testimoninya baik, karena tidak sedikit banyak template baik sengaja atau tidak di dalamnya sudah disusupi malware.

Template seperti ini terkadang kurang disadari oleh si pemilik blog pengguna template, mereka baru sadar ketika medapatkan email peringatan dari google atau akses ke blognya di blokir oleh anti virus.

Kode malware bisa disusupkan di kode widget yang anda comot dari blog orang lain tanpa mengetahui sebelumnya, jadi hati-hati saja, jika blog anda terdeteksi sebagai blog malware, lebih baik ganti template blog anda dan selalu hindari untuk memasang kode widget, pastikan kode widget yang anda pasang di template blog anda adalah kode widget bersih dan baik.

8. Trafik bot otomatis (auto visitor / jingling)

Trafik bot otomatis atau jinglink adalah aktivitas untuk mendatangkan trafik ke blog anda secara otomatis menggunakan bot atau robot sehingga seolah-olah blog anda memiliki banyak trafik /pengunjung, padahal pengunjung tersebut sejatinya bukan manusia melainkan hanya robot saja.

Hati-hati jika anda menggunakan tool trafik otomatis, karena saat ini google sudah dapat mengendus trafik bot tersebut, sehingga ini cukup membahayakan blog anda selain blog bisa sulit ditemukan mesin pencari blog anda juga terancam di hapus google, karena dianggap blog yang sengaja mendatangkan visitor spam untuk mengelabui google.

Tapi sayangnya jinglink atau autovisitor terkadang bukan pemilik blog yang melakukannya, namun ada pihak lain yang dengan sengaja melakukan jingling terhadap blog anda.

Hati-hati saja, jika da visitor yang tidak wajar berdatangan ke blog anda dalam jumlah yang banyak itu bisa menandakan blog anda terkena jingling atau auto visitor, anda harus segera mengantisifasinya dengan banyak membaca referensi untuk menghindari jingling
.

***
Ada kalanya blog yang baik bisa saja dianggap spam oleh google karena terdeteksi spam otomatis oleh robot google, ini bisa karena robot spam google melakukan kekeliruan, karena tidak sedikit blog yang baru seumur jangung dengan hanya berisi 1 artikel di hapus oleh google dan si pemilik mendapatkan email pemberitahuan bahwa blognya dianggap spam.

Memang kasus tersebut bisa membuat si pemilik bingung, sebenarnya kasus tersebut masih bisa di atasi, jika dalam pengiriman email  atau di akun blog anda ada link untuk mengajukan banding, maka anda bisa menggunakan link tersebut untuk melakukan complain ke pihak google.

Atau anda juga bisa mengajukan komplain di situs forum google dengan menganggkat kasus yang anda alami agar ditinjau ulang secara manual oleh tim google, banyak blogger yang juga mengalaminya, namun setelah melakukan banding atau komplain akhirnya blognya dikembalikan. hal tersebut bisa saja terjadi karena kekeliruan robot deteksi spam google.

Itulah tentang 7 penyebab kenapa blog anda dianggap spam dan di blokir atau dihapus oleh google, jika ini terjadi pada anda tugas anda adalah memikirkan kembali barangkali ada aktivitas anda yang memang sangat rentan dengan penilaian spam. jika memang tidak maka anda bisa mengajukan banding atau komplain ke pihak google agar blog anda dikembalikan, jika google menganggap blog anda bukan blog spam, maka kemungkinan besar blog tersebut akan dikembalikan.


4 komentar:

  1. Poin 6 diatas yang menyebabkan blog saya di kunci kang didin, sempat kelabakan soalnya peringkatnya bagus dan sudah ada iklan matching konten, setelah diajukan banding 2 kali hampir sebulan akhirya dibuka lagi, kata google "kesalahan sistem kami dalam mendeteksi blog anda, maaf atas tidak kenyamanan ini"stetelah itu saya koreksi kesalahan utama adalah dalam 1 blog judul artikel awal sama ttg harga tiket masuk dan jam buka tempat wisata dan kantor. lalu pada akhir artikel saya tumpuk kata kunci dan disertai link rujukan situs resmi.

    Setelah kejadian itu saya sudah tidak menumpuk kata kunci lagi. satu blog lagi tidak terselamatkan hanya gara" 1 artikel pwanjang mengandung sara ajakan masuk islam kepada agam lain disertai sejarah dan alasanya sampai sekarang ttp terkunci. Semoga ini jadi pelajaran untuk kita semua... tanks sudah diterbitkan komentar saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang blogspot benar-benar harus hati hati gan, lebih baik hal-hal yang bisa dapat penalty kita hindari agar blognya langgeng

      Delete
  2. Maaf kang mau tanya kalou untuk blog yang berdomin TLD apakah rawan di hapus sama google ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja gan selama blognya flatformnya blogspot, karena hostingnya tetap di server google

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!