2 Cara Praktis Melihat Penghasilan dari Google Adsense - Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet baik dalam bentuk mata uang dollar atau rupiah adalah dengan bergabung menjadi publisher google adsense, yaitu menjadi pemasang iklan dari media periklanan milik google yang dapat di pasang di halaman blog, video youtube dan aplikasi android yang anda buat. Iklan dari google adsense sebagian besar menggunakan sistem PPC (Pay per click) yang artinya anda akan dibayar jika iklan yang anda pasang pada blog mendapatkan klik dari pengunjung.

Untuk menjadi publisher google adsense diperlukan pendaftaran dan jika pengajuan pendaftaran di terima maka anda akan memiliki akun google adsense untuk mengelola iklan, melihat penghasilan yang anda dapatkan dari google adsense dan juga sekaligus melihat kinerja iklan dan juga informasi bermanfaat lainnya.

Akun google adsense adalah muara terakhir untuk mengakumulasi saldo dari pendapatan akun adsense yang anda dapatkan baik penghasilan adsense dari blog, dari chanel video youtube maupun dari adsense for mobile (admob) aplikasi android yang anda buat, penghasilan akan diakumulasi dan dapat anda cairkan jika pendapatan sudah mencapai ambang batas pembayaran (minimal 100$).

Google adsense adalah media periklanan yang dikelola secara profesional, sehingga teknologinya selalu mengikuti perkembangan jaman, bahkan saat ini untuk memonitor penghasilan gogle adsense bisa dilihat bukan hanya di komputer juga bisa dilihat melalui perangkat android.

2 Cara Praktis Melihat Penghasilan dari Google Adsense

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk melihat penghasilan dari google adsense, cara konvensional yang dari dulu sering digunakan adalah dengan login ke akun google adsense milik anda. di halaman akun google adsnese anda akan melihat penghasilan tertaksir yang sudah anda dapatkan dan juga informasi bermanfaa lainnya.

Tapi cara tersebut menurut saya kurang praktis, karena setiap kali anda ingin melihat penghasilan dari google adsense, anda harus selalu login ke akun google adsense milik anda dari komputer yang terhubung ke jaringan internet, bahkan terkadang jika jaringan internet kurang bagus biasanya harus menunggu loading yang terkadang cukup lama.

Ada beberapa cara cukup praktis untuk melihat penghasilan google adsense tanpa harus login ke akun google adsense, beberapa diantaranya adalah:

Aplikasi google adsense untuk perangkat android

Aplikasi google adsense for android menyediakan beberapa fitur yang sangat bermanfaat untuk melihat kinerja adsense anda, untuk mengetahui penghasilan dollar yang anda peroleh dari google adsense dapat dilihat di menu Estimated Earning atau taksilan penghasilan.

#1 -Menggunakan Aplikasi AdSense for mobile

Untuk anda publisher google adsense yang memiliki perangkat android atau iPhone, untuk memantau earning atau penghasilan adsense anda bisa menggunakan aplikasi adsense di perangkat andaroid anda, sebenarnya sudah cukup lama google adsense menyediakan aplikasi ini untuk memudahkan para publisher google adsense memonitor informasi berkaitan dengan goole adsense termasuk salah satunya untuk mengetahui jumlah total pendapatan atau earning adsense yang anda dapatkan.

Untuk memasang aplikasi google adsense di perangkat android langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buka google play store di perangkat android anda.

2. Lakukan pencarian dengan kata Google Adsense, setelah ditemukan instalkan pada perangkat android anda.

3. Aktifkan aplikasi google adsnese di perangkat android anda, jika meminta login silahkan login dengan email gmail yang biasa anda gunakan untuk login di google adsense.

Tampilannya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:


Dengan terinstalnya Aplikasi google adsense di perangkat anroid anda maka anda kapanpun dan dimanapun bisa selalu melihat dan mengetahui taksiran pendapatan dari google adsense anda selama ada jaringan, dengan cara mengaktifkan aplikasi google adsense tersebut.

Manfaatkan Widget Google Adsense
Aplikasi google adsense juga dilengkapi sebuah widget khusus, yang menampilkan informasi sederhana meliput, penghasilan hari ini, penghasilan kemarin dan perbandingan penghasilan dengan minggu sebelunya. Widget ini cukup membantu anda mengetahui penghasilan dari google adsense secara realtime tanpa harus masuk ke aplikasi google adsense yang anda diinstal di perangkat android anda, jadi agar lebih praktis silahkan pasang saja widget google adsense pada halaman utama perangkat andaroid anda agar anda dapat melihat perkembangan penghasilan google adsense anda lebih mudah.

#2 -  Menggunakan Plugin Google Publisher Toolbar di Browser Google Chrome

Alternatif kedua agar anda lebih mudah mengetahui pendapatan dari google adsense secara praktis adalah menggunakan Plugin khsusus adsense yaitu google publisher toolbar untuk pengguna browser google chrome. plugin ini adalah alternatif terbaik agar anda dapat melihat pendapatan dari google adsnese tanpa harus login ke akun google adsnese. Untuk memasang plugin ini langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman Google publisher toolbar di toko chrome

2. Instalkan di browser google chrome anda

3. Jika sudah terpasang restart ulang browser anda, tool dari google publisher toolbar akan muncul di pojok kanan browser google chrome anda yang bisa anda klik,dan jika di klik akan menampilkan window kecil yang berisi informasi google adsense meliputi taksiran pendapatan hari ini, kemarin, bulan ini dan bulan lalu seperti gambar di bawah ini:

Google publisher toolbar alat untuk melihat pendapatan google adsense secara praktis

Selain dapat mengetahui informasi penghasilan google adsense anda, google publisher toolbar juga dapat melindungi iklan anda dari terjadinya klik tidak sengaja ketika anda membuka halaman blog anda yang dipasangi adsense, biasanya iklan akan dilindungi oleh slaput yang membuat iklan menjadi tidak bisa diklik.


Itulah alternatif cara praktis untuk melihat penghasilan google adsense yang anda peroleh, dengan kedua tool di atas anda dengan mudah dapat memantau perkembangan penghasilan adsense yang anda peroleh baik dari google adsense blog, chanel yutube ataupun admob, oh ya penghasilan adsense dari yotube biasanya akan di transfer ke akun adsense di pertengahan bulan, jadi anda akan melihat penghasilan youtube anda di akumulasi di akun adsense dengan penghasilan adsense lainnya.