Teknik riset Kata Kunci (Keyword) Video Youtube Khusus pemula - Youtube awalnya dikenal sebagai situs untuk menonton video dan juga sekaligus untuk share atau berbagi video secara cepat dan geratis melalui jaringan internet, namun seiring perkembangannya, kini youtube mampu menjadi mesin pencari raksasa yang sering digunakan pengguna internet untuk mencari konten dalam bentuk sebuah video, bahkan youtube di klaim sebagai mesin pencari terbesar dan terpopuler setelah mesin pencari google yang sering digunakan pengguna internet untuk mencari konten dalam bentuk video, dan konten video memang merupakan konten yang paling banyak dicari setelah konten dalam bentuk teks.

Banyak orang yang rela membuat video dengan berbagai macam genre kemudian di uploadnya ke youtube, tujuannya bukan semata-mata hanya ingin membagikan sebuah informasi bermanfaat atau ingin memberikan hiburan dan lain sebagainya, namun salah satu yang sering dijadikan target oleh para youtuber saat ini adalah untuk meraup penghasilan dari internet melalui upload video youtube.

 
Ya... ternyata saat ini video youtube bisa dijadikan salah satu sumber untuk mendapatkan penghasilan dari internet dengan cara bekerjasama dengan media periklanan google adsense, sehingga video tersebut bisa menampilkan iklan dari google adsense, pengunggah video akan mendapatkan rupiah jika iklan banyak ditonton atau mendapatkan klik dari permirsa youtube.
Baca: 7 Tips sukses mendapatkan uang dari youtube khusus pemula

Perlu diketahui juga bahwa besar kecilnya pendapatan dari youtube sangat dipengaruhi oleh jumlah view video, semakin banyak view video maka keuntungan yang akan diperoleh dari youtube pun akan sangat banyak, dan view video akan semakin banyak jika video yang anda buat mudah sekali ditemukan di mesin pencari youtube maupun di mesin pencari google. oleh karena itu tugas youtuber selaim pandai membuat video dan juga mampu menyajikan video orignal dalam jumlah yang banyak adalah melibatkan teknik optimasi seo pada setiap video yang diaupload.

Langkah awal sebelum melakukan optimasi video youtube adalah riset keyword atau riset kata kunci, tujuannya adalah mencari kata kunci untuk ide judul video youtube dan juga tag video youtube yang memiliki tingkat pencarian tinggi namun sangat minim pesaing, ini adalah salah satu teknik optimasi video youtube agar video memiliki peluang yang sangat baik untuk lebih mudah ditemukan di hasil pencarian youtube dan juga mesin pencari google, sehingga video yang anda upload di situs youtube memiliki potensi lebih baik untuk dikunjungi dan dilihat ribuan orang bahkan mungkin jutaan pemirsa youtube.

Optimasi seo di video youtube memang tidak jauh berbeda dengan optimasi seo yang dilakukan untuk artikel blog pada umumnya, biasanya di mulai dengan mencari ide kata kunci (keyword) untuk dikembangkan menjadi judul video dan juga untuk dilibatkan di dalam atribut video, seperti tag dan deskripsi video, lantas bagaimanakan trik riset keyword untuk video youtube?, di artikel kali ini saya akan coba uraikan beberapa teknik riset kata kunci untuk video youtube anda.

#3 Teknik riset Keyword untuk Video Youtube untuk pemula

Berikut adalah langkah-langkah riset kata kunci untuk video youtube anda sehingga video memiliki potensi lebih baik untuk tampil di halaman terbaik youtube:

#1. Cari ide kata kunci (keyword)

Ada 2 kategori penyajian video youtube, yang pertama membuat video dulu baru dilanjutkan dengan mencari kata kunci relevan untuk judul video yang sudah dibuat, dan yang kedua adalah Melakukan riset kata kunci untuk mencari ide dan menemukan kata kunci yang paling banyak dicari kemudian setelah itu baru membuat video dengan kata kunci yang dipilih.

Apapun langkah yang ditempuh sebenarnya tidak ada yang salah, tapi yang harus diperhatikan adalah bagaimana caranya agar kata kunci yang dilibatkan untuk video tersebut, baik untuk judul video, nama file video, untuk deskripsi video maupun untuk tag vide, adalah kata kunci relevan yang memang memiliki tingkat pencarian yang tinggi di youtube, karena meskipun video anda sangat luar biasa bagus, original serta memiliki kualitas hd, jika anda tidak memikirkan langkah ini, saya yakin video anda akan sepi pengunjung.

Bagaimanakah cara mencari ide kata kunci:
Ada beberapa cara untuk mencari dan menemukan kata kunci video youtube beberapa teknik yang dapat anda gunakan adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan  Youtube auto suggestion
saran kata kunci yang ditampilkan pada saat pengguna mengetikan kata kunc tertentu di pencarian youtube. kata kunci yang tampil tersebut bisa anda jadikan referensi untuk kata kunci yang bisa anda libatkan untuk video youtube anda.

Untuk mendapatkan ide kata kunci dari youtube auto suggestion caranya adalah:
a. Masuk saja ke situs youtube
b. Kemudikan lakukan pencarian menggunakan kata kunci dasar yang ingin anda gunakan untuk video anda, c. maka pencarian youtube akan menampilkan kata kunci relevan dengan kata kunci yang anda masukan.

youtube auto suggestion

Kata kunci yang muncul bisa anda kumpulkan dan libatkan untuk title, deskripsi maupun tag video anda.


2. Menggunakan fasilitas youtube trends 
Youtube trends adalah fasilitas khusus yang disediakan oleh situs youtube untuk melihat video youtube yang sedang trends di minggu terakhir, dengan melihat trends video anda bisa ikut membuat video sejenis yang sedang trends dan juga anda bisa meniru bagaimana judul-judul video tersebut disajikan, silahkan amati-tiru, gabungkan, modifikasi dan libatkan kata kunci yang digunakan untuk optimasi video youtube yang anda buat.


3. Menggunakan google trends video
Google trends video adalah produk google untuk melihat informasi video yang sedang trends di negara tertentu berdasarkan waktu tertentu, sama halnya dengan youtube trends namun bisa memilih waktu dan juga negara tertentu.

4. Melihat Judul dan Tag yang digunakan pada video populer
Yang berikutnya untuk mencari ide kata kunci untuk video youtube adalah dengan cara melihat tag yang digunakan pada video yang sedang populer, silahkan cari video saingan anda, kemudian lihat yang memiliki view tinggi, amati judul kemudian amati juga tag yang digunakan oleh video tersebut. cara yang paling mudah adalah dengan menginstall salah satu ektensi google chrome yaitu Tag for youtube.

Penggunaannya cukup sederhana, dengan menginstal ektensi tersebut pada browser google chrome yang anda gunakan, maka informasi tag yang digunakan oleh setiap video yang ditonton akan ditampilkan di bagian bawah video tersebut, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Tags video tersebut bisa anda tiru, pilih dan anda bisa gunakan untuk tags video anda. anda bisa mengumpulkan tags-tags yang digunakan di beberapa video populer yang relevan dengan video anda, pilih dan gabungkan tags-tags yang menurut anda sangat relevan dengan video anda.

5. Melihat meta keyword video youtube saingan anda
Anda malas menggunakan ketensi google chrome diatas, maka alternatif riset kata kunci ini bisa anda gunakan juga, yaitu dengan cara melihat meta keyword video youtube populer yang menjadi saingan video anda. dengan cara:

a. Pilih video yang memiliki view tinggi, kemudian mainkan (play)

b. Klik kanan kemudian pilih menu lihat sumber laman atau view source code

c. Pada tampilan sumber laman, silahkan lakukan pencarian dengan kata keywords, maka anda akan ditunjukan pada meta keyword, seperti gambar di bawah ini:


Youtube keywords
Silahkan amati dan tiru, kumpulan keywords yang digunakan video tersebut, pilih yang memiliki relevansi dengan video anda, lalu gunakan untuk optimasi video anda.

6. Menggunakan Ektensi Google Chrome SeoStack Keyword Tool
SeoStack Keyword tool adalah tool gratis untuk melihat dan mendapatkan kata kunci yang sering digunakan pengguna internet baik di youtube maupun mesin pencari google, tool ini cukup sederhana, anda bisa menentukan target negara, sumber pencarian, dan juga bahasa.

Hasil pencarian bisa langsung diintegrasikan dengan google keyword planner untuk melihat search volume atau jumlah pencarian untuk kata kunci tersebut.

Penggunaanyapun sangat sederhana. setelah diinstal anda bisa langsung aktifkan kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci yang anda inginkan, tool ini kan menampilkan hasil pencarian untuk anda gunakan.

Seostack keyword tool

7. Menggunakan Ubersugest

Ubersugest adalah tool online gratis untuk mendapatkan kata kunci relevan dengan yang anda masukan yang sering digunakan ornag untuk melakukan pencarian di internet, baik melalui mesin pencari maupun youtube, anda bisa memilih sumber pencarian dan juga negara.

a. Silahkan masuk ke situs ubersuggest.io

2. Pilih Youtube dan juga negara Indonesia

3. Masukan kata kunci , kemudian tekan tombol suggets.

Uber suggest akan menampilkan kata kunci relevan dengan kata kunci yang anda masukan yang sering digunakan pengguna internet, kata kunci tersebut bisa anda analisa menggunakan google keyword planner untuk melihat volume pencairan setiap kata kunci.

Kata kunci yang ditampilkan bisa anda copy untuk di evaluasi lebih dalam di google keyword planner agar diktehui volume pencarian untuk masing-masing kata kunci, anda bisa memilih kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi tiap bulannya.


8. Menggunakan Keywords tool io.

keywordtool.io

Sama halnya seperti ubersuggest.io, keywordtool.io juga memiliki fungsi serupa, untuk mencobanya silahkan anda masuk ke situs keywordtool.io, kemudian lakukan pencarian dan keyword tool io akan menampilkan kata kunci serupa yang bisa anda pilah untuk optimasi video anda.

Kata kunci yang ditampilkan bisa anda copy untuk di evaluasi lebih dalam di google keyword planner agar diktehui volume pencarian untuk masing-masing kata kunci, anda bisa memilih kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi tiap bulannya.

#2 - Cari tau Popularitas Kata kunci

Jika riset kata kunci untuk blog atau artikel blog maka popularitas kata kunci biasanya kita menggunakan google keyword planner, namun untuk youtube untuk melihat popularitas kata kunci, caranya cukup mudah, lakukan saja kata kunci yang sudah anda pilih di pencarian youtube, kemudian lihat pada hasil pencarian video, amati usia video dan view video, jika usia video masih muda dan view video ada yang sudah mencapai jutaan view, itu artinya kata kunci yang anda gunakan memiliki popularitas yang baik. dan juga sebaliknya.

#3 - Gunakan Kata kunci untuk optimsi video youtube anda

Setelah anda mendapatkan kata kunci yang pantas untuk video anda, maka langkah selanjutnya adalah anda gunakan kata kunci yang sudah anda kumpulkan tersebut untuk optimasi video anda, beberapa penempatan keyword untuk optimasi video anda adalah sebagai berikut:

a.  Gunakan kata kunci untuk nama file video
Misal jika kata kunci video yang anda ambil, "pidato ahok lucu" maka anda bisa menggunakan nama file podato-ahok-lucu.mp4" dan lain sebagainya.

b. Gunakan juga kata kunci pada property video
Sebelum anda upload video anda, silahkan seting proverty video anda libatkan kata kunci di dalamnya, caranya:

-Klik kanan file video anda, kemudian pilih properties
-Aktifkan tab details

Property video

Informasi ini bisa saja terbaca untuk memahami isi video oleh pencari google, sehingga akan meningkatkan relevansi video terhadap kata kunci pencarian dan video akan berpotensi lebih mudah muncul di hasil pencarian youtube.

c. Gunakan Kata kunci pada judul video
Ini juga sangat penting sekali, setelah video selesai di upload, sebelu di publis jangan lupa silahkan gunakan kata kunci yang anda target pada judul video anda, jangan lupa untuk melibatkan unsur-unsur yang bisa membuat ketertarikan pengunjung sehingga penasaran untuk melihat video anda.

d. Libatkan kata kunci pada Tags Video
Tags yang dimasukan akan digenerate oleh youtube menjadi keywords untuk video tersebut, dan untuk pencarian youtube tag sangat penting sekali untuk meningkatkan relevansi video yotube anda, setelah video selesai diupload, sebelum anda publish jangan lupa silahkan masukan tags yang sudah anda pilih, jika lebih dari satu pisahkan dengan koma.

e. Libatkan kata kunci pada deskripsi video
Deskripsi video anda juga dapat meningkatkan relevansi video dengan kata kunci pencarian, silahkan anda libatkan kata kunci utama, kata kunci serupa dan kata kunci LSI video anda pada deskripsi video, buat deskripsi semenarik dan serelevan mungkin dengan isi video anda.

Penutup

Popularitas video dan juga mudah tidaknya video anda untuk ditampilkan di hasil pencarian youtube akan sangat tergantung sekali dengan kata kunci yang anda pilih, serta optimasi seo yang anda libatkan, reputasi video juga menjadi perhitungan, jika setiap pengunjung mampu berlama-lama menonton setiap video anda, video banyak yang like dan komentar, maka itu bisa memberikan sinyal bahwa reputasi video anda patut diapresiasi. sehingga video akan lebih mudah muncul di hasil pencarian youtube, oleh karena itu selain optimasi kualitas dan originilitas video juga patut diperhatikan.

Konsistensi penerbitan video dan juga peranan backlink juga cukup membantu meningkatkan popularitas video anda, silahkan promosikan video anda di media social, embed video di halaman blog relevan dan juga bangun backlink di blog-blog relevan yang menuju video anda. Dengan riset kata kunci yang optimal dan optimasi video yang tepat video anda akan memiliki peluang yang sangat baik untuk lebih mudah ditemukan, banyak ditonton sehingga ribuan pengunjung pun bisa anda peroleh dan itu artinya dollar dari google adsense bisa anda dapatkan secara mudah.