Apakah benar blog bisa menghasilkan uang?, Tanya seorang teman karena ragu-ragu atas apa yang pernah didengarnya, saya katakana saja, iya dong nih buktinya… saya tunjukan saja beberapa lembar Bukti pengambilan western union yang nominalnya tidak seberapa…,  jika kamu pingin tau, banyak loh yang sudah sukses mendapatkan 100 juta sampai 1M rupiah dari blog…wah gimana tuh pingin coba, tapi saya masih bingung harus mulai darimana dan apa saja yang harus saya persiapkan, ajari dong?

Penomena obrolan di atas sebenarnya hanya obrolan sederhana, tapi syarat hikmah…hehe.. artinya ada  informasi berharga bahwa kemungkinan besar banyak sekali orang yang sudah tau bahwa blog bisa menghasilkan uang tetapi  masih banyak yang masih ragu dan tidak tau caranya, mereka tidak tau bagaimana harus memulai, apa yang harus dilakukan dan lain sebagainya.  Ini mungkin saja anda alami sehingga tidak pernah anda coba lakukan.

menghasilkan uang dari blog


Memang kebanyakan kendala yang sering dialami oleh katakan saja blogger pemula yang ingin mendapatkan penghasilan secara online dari internet melalui dunia blog adalah minimnya pengetahuan tentang dunia blogging itu sendiri, dan sayangnya pengetahuan tentang blog bisa menghasilkan uang diketahui lebih dulu daripada caranya, akhirnya banyak yang memiliki ambisi luar biasa disertai dengan cara pandang yang keliru tentang dunia blog, banyak yang beranggapan bahwa blog adalah salah satu cara cepat kaya, padahal salah besar.

Perlu diketahui, blog sebenarnya adalah salah satu media paling mudah yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang, bahkan tanpa harus mengeluarkan modal besar, betul sekali...anda tidak dituntut memiliki latar belakang pendidikan tinggi, cukup hanya dengan bekerja dirumah uang bisa mengalir setiap bulan, modal utamanya adalah anda mampu menulis dan membaca, tapi bukan tanpa usaha lho..., tetap harus didukung oleh ide, kemauan, ketekunan, teknik, strategi dan kerja keras sama halnya dengan bekerja offline.

Cara Untuk membuat blog agar bisa menghasilkan uang khusus untuk pemula

Berikut adalah petunjuk dasar cara menghasilkan uang dari blog yang bisa anda coba:


#1. Ketahui peluang mendapatkan uang dari blog

Agar tujuan blog anda jelas maka langkah pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah mengetahui tentang cara-cara yang dapat menghsilkan uang dari blog. anda bisa mulai membaca artikel di bawah ini untuk referensi
Memang ada banyak sekali peluang yang dapat anda coba untuk menghasilkan uang dari blog beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Memasang Iklan Google AdSense
Adalah media periklanan utama milik google yang mengelola iklan pengiklan di seluruh dunia, google adsense adalah salah satu produk google yang memberikan sumbangan income paling besar untuk perusahaan google.

Google adsense bisa anda pilih agar blog anda bisa menghasilkan uang, dengan cara memasang iklan google adsense pada blog anda, tapi anda harus mengajukan pendaftaran untuk menjadi publishernya, jika diterima maka anda akan bisa memasang iklan google adsense pada blog anda dan blog anda akan memiliki peluang menghasilkan uang.

Google adsense menggunakan sistem PPC (Pay Per click) anda akan dibayar jika ada yang mengklik iklan , besar kecilnya pendapatan yang akan anda peroleh dari google adsense akan sangat ditentukan oleh kualitas blog anda, semakin banyak visitor blog maka penghasilan dari google adsense akan memiliki peluang semakin besar, jika anda masih bingung dan belum mendapatkan gambaran tentang google adsense, silahkan baca dulu artikel di bawah ini:

b. Memasang Iklan PPC domestik
Jika google adsense adalah PPC luar negeri, maka di indonesiapun sebenarnya sudah banyak berdiri PPC local, anda bisa juga menjadi publishernya untuk memasang iklan PPC local pada blog anda, sehingga blog anda bisa menghasilkan uang. Berikut beberapa PPC local yang bisa anda coba:
  • KlikSaya.com, 
  • KumpulBlogger, 
  • PPCIndo,  dan 
  • IdBlognetwork
  • dll.

c. Ikut rpgram affiliasi
Program affiliasi adalah mempromosikan produk milik orang lain dan anda akan mendapatkan komisi jika pengguna membeli produk tersebut yang bersumber dari blog anda, beberapa situs yang menyajikan kerjasama affiasi adalah sebagai berikut:
  • Amazon.com
  • klikbank.com
  • Commision junction 
  • dll.


d. Mengikuti program Paid Review
Program paid review biasanya anda akan diminta untuk membuat sebuah review suatu produk biasanya dalam bahasa ingris dan anda harus menerbitkannya di blog anda dan anda akan dibayar, besar kecilnya akan sangat ditentukan oleh reputasi dan popularitas blog anda.

Beberapa program paid review yang bisa anda coba diantaranya:
  • SponsoredReviews
  • GetReviewed
  • dll

e. Menjual Produk anda sendiri
Anda juga bisa menggunakan blog untuk media promosi guna menjual produk milik anda sendiri

Dan masih banyak lagi peluang untuk mendapatkan uang secara online melalui media blog.

#2. Mencari & Menentukan Ide 

Yang kedua sebelum anda terjun langsung ke dunia blog adalah menentukan ide, sama halnya seperti anda akan memulai bisnis, ide yang briliant akan sangat menentukan kesuksesan blog anda di masa depan. Ide bisa datang dari mana saja bisa dari kebiasaan anda sehari-hari, kemampuan anda atau bisa juga dari masalah yang berhasil anda pecahkan atau dari pengalaman anda yang sangat berharga.

Ada banyak sekali blogger sukses yang memulai karir blog nya berasal dari ide sederhana hingga akhirnya bisa mengantarkan menjadi blogger profesional dan sukses bisa meraup ratusan juta rupiah dari blog, seperti misalnya ada orang yang sehari-harinya mengurus bunga akhirnya membuat blog yang mendeskripsikan bunga, ada orang yang pandai sekali dalam bidang elektronik akhirnya membuat blog tentang elektronik dan lain sebagainya.

Jika anda sulit menentukan ide anda juga bisa memilih ide yang sudah banyak bertebaran diinternet atau anda bisa memulai menggunakan ide anda sendiri dari pengalaman atau permasalahan anda sehari-hari yang berhasil anda pecahkan. Jadi silahkan fikirkan ide yang anda akan kembangkan menjadi sebuah blog.

#3. Menentukan Niche Blog (Topik Blog) yang tepat

Jika ide sudah anda kumpulkan maka anda bisa lanjutkan untuk menentukan niche blog anda atau topik blog anda, anda bisa memilih topik campuran atau yang membahas 1 topik saja. Ada banyak sekali topik yang bisa anda bahas seperti elektronik, teknologi, kesehatan, asuransi, perbankan, pengelolaan keuangan, seni dan lain sebagainya.

Topik sangat berpengaruh sekali menentukan besar kecilnya pendapatan untuk beberapa metode cara menghasilkan uang dari internet, misalnya untuk google adsense maka topik blog adalah salah satu yang paling menentukan nilai Biaya setiap klik iklan.
Tertarik dengan Google AdSense, silahkan baca: 4 Rahasia menentukan niche blog terbaik untuk google AdSense

Tapi saya merekomendasikan pilihlah topik blog yang benar-benar anda menguasainya, meskipun anda bisa saja memilih topik lainya yang tidak anda kuasai, tapi resikonya anda harus mempelajarinya terlebih dahulu, dengan memilih topik yang anda kuasai anda kemungkinan besar tidak akan kehilangan ide ditengah jalan dan blog bisa eksis terus.

#4. Buat Halaman Blog

Setelah anda berhasil menentukan dan memantapkan topik yang akan anda bahas pada blog anda, langkah selanjutnya adalah membuat halaman blog. Ada banyak sekali jenis layanan blog yang bisa anda gunakan, baik yang dihosting secara gratisan seperti blogspot, tumblr, wordpress, mywapblog dan yang lainnya, maupun yang dihosting secara pribadi menggunakan template gratisan seperti wordpress.org, joomla dan lain sebagainya.


Untuk pemula anda bisa memulai dengan menggunakan blog gratisan, yang paling direkomendasikan adalah blogspot, slain mudah dalam penggunaan dan juga didukung oleh banyak sekali tutorial yang bertebaran di internet, salah satu kelebihan blogspot adalah mudah sekali digunakan untuk menghasilkan uang.

#5. Belajar Menulis Artikel

Langkah berikutnya yang perlu anda pelajari adalah belahar menulis artikel agar anda bisa menyajikan artikel blog sebanyak-banyaknya sesuai dengan niche yang anda ambil, Percaya atau tidak menulis artikel untuk blogger pemula merupakan hal yang sulit, apalagi anda sebelumnya tidak terbiasa menulis dan tidak pandai mengarang, menulis artikel akan anda anggap sulit, tapi dengan terus dilatih dan dipelajari pada akhirnya nanti akan mudah sekali untuk merangkai kata hingga menjadi artikel lengkap yang mudah dipahami.

#6. Meningkatkan trafik blog sebanyak-banyaknya

Agar blog bisa menghasilkan uang maka salah satu modalnya adalah blog tersebut harus memiliki banyak visitor, blog yang memiliki trafik tinggi tentu adalah aset unguk menghasilkan uang dengan mudah, semakin banyak trafik maka pendapatan dari blog pun akan semakin tinggi dan semakin banyak trafik maka peluang blog bisa menghasilkan uangpun akan semakin tinggi, baik dari media periklanan pihak ke 3, membuka iklan mandiri ataupun dari sumber penghasilan lainnya.

Agar blog lebih cepat memiliki trafik berlimpah maka upaya yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

a. Pelajari SEO dan libatkan pada blog anda
Salah satu upaya untuk meningkatkan trafik blog adalah seo, seo adalah upaya yang dilakukan baik dari dalam blog maupun dari luar blog agar artikel blog lebih mudah ditemukan di posisi terbaik mesin pencari, sehingga blog lebih mudah mendapatkan trafik organik yang datang dari mesin pencari.

SEO adalah upaya paling murah dan gratis, jika anda mampu maka ini bisa anda jadikan modal utama untuk meningkatkan trafik ke blog anda, jika anda belum paham tentang seo, artikel berikut dapat anda baca:

b. Pelajari cara promosi konten
Selain seo yang harus anda pelajari berikutnya adalah pelajari cara promosi, ada banyak sekali media promosi saat ini baik secara offline maupun online, salah satu teknik promosi yang cukup potensial untuk mendatangkan trafik adalah media sosial seperti facebook atau media sosial lainnya. dengan mempelajari teknik promosi maka anda bisa mendatangkan trafik ke blog anda dari berbagai sumber baik secara organik maupun non-organik. Untuk mempelajari cara promosi anda bisa baca artikel di bawah ini:

c. Pelajari juga riset kata kunci
Riset kata kunci tujuan utamnya adalah upaya untuk menemukan kata kunci yang paling banyak pencariannya dan paling sedikit persaingannya, untuk mendukung seo riset kata kunci harus diperhatikan agar peluang artikel muncul di hasil pencarian lebih baik sehingga blog akan memiliki banyak sekali visitor yang datang dari mesin pencari.
Ada banyak sekali teknik riset kata kunci yang bisa anda gunakan, beberapa diataranya adalah sebagai berikut:


d. Buat artikel sebanyak-banyaknya
Modal utama agar visitor naik adalah konten berkualitas yang anda sajikan, oleh karena itu anda harus sering menerbitkan konten artikel postingan sebanyak-banyaknya, semakin banyak artikel yang anda terbitkan pada blog anda maka indek google pun akan semakin bertambah dan itu artinya blog anda akan lebih sering ditemukan dengan berbagai kata kunci pencarian relevan.

#7. Monetisasi blog anda

Setelah blog anda berhasil mendapatkan banyak trafik, maka langkah berikutnya adalah memonetisasi blog anda, monetisasi adalah upaya yang anda lakukan agar blog bisa menghasilkan uang, ada banyak sekali jenis dan cara monetisasi blog, untuk memonetisasi blog anda harus tau peluang mencari uang dari internet seperti yang dijelaskan pada point #1 di atas.

Silahkan pilih cara monetisasi sesuai dengan minat anda yang paling cocok dan anda mampu untuk melakukannya, kalau bisa fokuslah ke salah satu monetisasi sampai anda berhasil menghasilkan uang dari blog anda menggunakan cara monetisasi tersebut, baik pasang iklan diblog, review produk berbayar maupun teknik monetisasi lainnya.

Kesimpulan

Salah satu kunci sukses dalam mencari uang di internet adalah buang jauh-jauh mind set bahwa mencari uang dengan blog itu mudah, karena pada kenyatannya tidak ada yang mudah, semuanya perlu kerja keras dan ketekunan , jika anda mampu bekerja keras dan tekun serta konsisten maka anda akan mampu menghasilkan uang dari internet melalui dunia blog diluar perkiraan anda. dan uang yang diperoleh dari blog secara online bisa sangat besar tergantung usaha dan teknik yang anda gunakan.

Demikian artikel tentang 7 Petunjuk dasar agar blog bisa menghasilkan uang khusus pemula, semoga dengan artikel ini anda dari tadinya tidak mengetahui bagaimana cara membuat blog agar bisa menghasilkan uang setidaknya punya gambaran sehingga anda bisa memulai terjun ke dunia blog untuk menghasilkan uang. semoga bermanfaat.