Hanya sekedar berbagi pengalaman pribadi saja, bagi anda yang memiliki HP android Asus Zenfone 2 Laser atau asus Zenfon Selfy dan HP merk lainnya yang kebetulan tidak bisa mengirim SMS, mungkin ini adalah solusi perbaikan yang bisa anda coba untuk perangkat ponsel anda.

Memang  Ada banyak penyebab kenapa sms tidak terkirim, mungkin karena tidak ada jaringan, pulsa habis kartu rusak atau karena Nomor SMSC (SMS Center) yang di seting di HP anda tidak benar, jika kondisi kartu baik, jaringan oke dan pulsa ada maka kemungkinan permasalahannya adalah Nomor SMSC tidak terseting dengan benar, padahal biasanya nomor SMSC ini selalu terpasang otomatis, ketika smartphone dinyalakan dalam keadaan sudah dipasangi kartu, tapi memang karena beberapa hal bisa saja tidak terkonfigurasi dengan benar, seperti apa yang saya alami pada ponsel android asus zenfone 2 laser milik saya.

hp android tidak bisa mengirim sms


HP Asus zenfone 2 laser milik saya baru di ketahui setelah 1 minggu digunakan, ternyata eh ternyata setiap kirim sms pake nomor XL pesan SMS tidak mau terkirim, kebetulan ponsel tersebut support dual SIM, yang satu menggunakan kartu XL dan yang satunya lagi menggunakan Telkomsel, yang telkomsel bisa berjalan normal melakukan panggilan telepon, menerima sms dan juga mengirim sms tidak ada masalah, masalah terjadi pada kartu XL saya yang tidak bisa mengirim pesan meskipun peletakan kartu sudah di tukar pasang, tetap saja, kartu XL saya hanya bisa digunakan untuk menerima pesan SMS dan untuk menelepon (melakukan panggilan saja), sedangkan untuk mengirim SMS selalu saja gagal tidak pernah berhasil.

Setelah mencari informasi di internet, ternyata banyak yang mengalami hal serupa terutama banyak sekali terjadi untuk seri asus zenfone 2 leser dan asus zenfone 2 selfie ZD551KL, permasalahannya adalah Nomor SMSCenter yang tidak terseting dengan benar, bahkan setiap kali di edit dan disimpan ulang selalu muncul peringatan Failed to Update SMSC nNumber,  yang artinya gagal untuk merubah number SMSC, penyebab utamanya disinyalir karena ada Bug pada Sistem android yang digunakan.

Solusi Memperbaiki HP Android yang tidak bisa mengirim SMS

Ada banyak solusi yang ditawarkan oleh para ahli android yang mengerti permasalahan tersebut, misalnya, ada yang menyarankan mengupgrade firmware ke versi terbaru, melakukan faktory reset dan cara-cara lainnya, namun tetap saja tidak bisa, setelah mencoba beberapa alternatif akhirnya berhasil memperbaiki ponsel asus zenfone 2 laser saya dan hp akhirnya bisa mengirim sms dengan normal.

Berikut beberapa langkah perbaikan yang bisa anda coba untuk pada ponsel asus zenfone anda yang kebetulan memiliki masalah tidak bisa mengirim SMS:

Cara #1 - Coba update SMSC Number pada ponsel Anda.


Cara pertama yang bisa anda coba adalah memperbaiki setingan Nomor SMSC (SMS Center) pada hp android anda, cara ini mungkin saja gagal atau bekerja dengan bak pada ponsel anda coba saja dulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan HP anda kemudian buka Pesan atau Messaging
2. Klik Icon titik 3 vertical yang terletak di pojok kanan atas kemudian pilih menu setting
3. Pada tampilan menu settings pilih menu Text (SMS) message.

text sms messages setting

4. Pada tampilan menu Text (SMS) Messages, pilih menu SMSC setting

memperbaiki smsc setting pada hp android

5. Kemudian pada tampilan halaman SMSC setting, silahkan anda pilih pilih simcard terpasang yang mengalami, masalah, untuk ponsel asus saya kebetulan simcard terpasang di sim2, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

edit smsc seting
Setelah saya buka ternyata hanya berisi  tulisan +7, dan ini mungkin penyebabnya seharusnya berisi nomor sms center dari XL, atau SMS center dari kartu yang digunakan.

Untuk memperbaikinya silahkan masukan nomor SMS center operator seluler kartu yang anda gunakan. Jika anda tidak tahu nomor SMS center kartu ponsel anda, berikut saya uraikan beberapa nomor SMS center yang bisa anda gunakan

Daftar SMS Center Operator Selular:

  • 3: +6289644000001
  • As: +6281100000
  • Axis: +628315000031 atau +628315000032
  • Indosat M3: +62855000000
  • Indosat Mentari: +62816124, +62816125, +62816126, +62816127 atau +62816128
  • Simpati: +6281100000
  • Smartfren: +628811223344
  • XL: +62818445009 atau +628184450095

Silahkan anda masukan nomor SMSC sesuai dengan kartu operator yang anda gunakan, setelah nomor SMS C di atas anda masukan silahkan anda tekan tombol OK untuk menyimpannya. Jika bershasil maka sampai langkah ini seharusnya ponsel anda sudah bisa digunakan untuk mengirim SMS,

Namun, jika muncul Pesan Failed to update SMSC nNumber, itu artinya anda gagal menyimpan Nomor SMSC di ponsel anda, Jika itu terjadi anda bisa menempuh cara  ke 2 yang akan saya uraikan di bawah.

Cara #2 - Masuk ke Mode Testing menggunakan USSD Code (Sangat Recomended)

Jika cara ke #1 di atas gagal, dengan munculnya pesan Failed to update SMSC nNumber, maka anda bisa menempuh cara ke 2 ini, yaitu mengedit SMSC di mode testing menggunakan kode khusus USSD (Unstructured Supplementary Service Data).

Cara ini berhasil berhasil memperbaiki masalah tidak dapat mengirim pesan sms di hp asus zenfone 2 laser milik saya, semoga bisa juga memperbaiki hp android yang anda gunakan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan bahwa kartu yang bermasalah (tidak bisa kirim SMS) terpasang pada slot card 1, di ponsel anda.  silahkan matikan dulu hp anda kemudian buka casing ponsel  anda dan tukar letakan kartu yang tidak bisa kirim sms jika kebetulan bukan di slot card1.

2. Aktifkan Ponsel android anda, kemudian tekan tombol panggilan, lalu ketikan kode berikut *#*#4636#*#*, ketika karakter * yang terakhir ditekan maka anda akan masuk ke mode khusus testing, seperti gambar di bawah ini:

android testing ussd
Di beberapa hp android mungkin saja menu yang disajikan sedikit berbeda, coba saja akses satu persatu.

3. Pada halaman testing di atas, silahkan anda tekan menu Device Information, maka anda akan masuk ke halaman device information, scroll ke bagian bawah hingga anda melihat kotak isian SMSC seperti gambar di bawah ini:

edit msmc di ssud kode


4. Tekan tombol Refresh 1 kali untuk melihat number SMSC pada ponsel anda, untuk ponsel asus zenfone saya yang muncul adalah kode di bawah ini:

"+7",1234


5. Yang harus anda lakukan adalah mengganti kode yang berada diantara tanda "...", untuk punya saya adalah kode +7, ganti dengan nomor sms center sesuai dengan kartu operator selular yang anda gunakan, misalnya untuk kartu XL menjadi seperti ini:

 "+62818445009",1234

6. Ingat Jangan menekan tombol Update ya... karena akan tetap error dengan pesan Update Error. Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah tekan menu gambar 3 titik vertical yang terletak di pojok kanan atas, kemudian tekan menu Get PDP list, cukup 1 kali saja.
 
mengaktifkan tombol pdp list android

7. Oh ya Jangan tutup dulu tampilan, selanjutnya silahkan langsung saja restart ponsel anda. Setelah di restart silahkan anda coba gunakan Kartu ponsel anda untuk mengirim SMS.

Sampai lakah di atas seharusnya Permasalahan HP tidak bisa mengirim SMS sudah berhasil di perbaiki. Di HP asus Zenfone 2 laser milik saya, cara di atas berhasil untuk memperbaiki kartu XL saya yang tadinya tidak bisa mengirim SMS. semoga untuk hp anda juga bisa. selamat mencoba dan semoga berhasil.

Oh ya.. barangkali anda punya solusi atau permasalahan lainnya silahkan berbagi di kolom komentar barangkali saya atau pengunjung blog lainnya yang lebih berpengalaman bisa membantu mengatasi permasalahan anda.