Satu lagi alat transaksi online yang kini sedang naik daun adalah payoneer,  sebelumnya para pelaku bisnis internet lebih dulu mengenal paypal untuk media transaksi online, seperti membeli barang secara online, menerima dana dari pembayaran merchant atau perusahaan luar negeri, bahkan mengirim dana atau transfer dana ke pihak lain  dalam berbagai jenis mata uang dunia.

Payoneer tidak jauh berbeda dengan paypal, payoner juga bisa kita gunakan untuk transaksi online baik menerima dana maupun mengeluarkan dana atau transfer dana ke pihak lain, baik ketika bertransaksi jual beli atau ketika menerima penghasilan dari pihak lain, seperti komisi affiliate dan lain sebagainya.

Cara mengisi saldo balance payoneer


Perbedaan payoner dan paypal terlatak pada kepraktisannya, paypal tidak menerbitkan kartu paypal, sedangkan payoner dilengkapi dengan kartu debit payoner yang berlogo mastercard, kartu tersebut semacam kartu ATM yang digunakan sebagai media untuk mengambil dana saldo payoner anda dan saldonya bisa diisi dan ditambah dengan mudah melalui berbagai alternatif.

Kemudahan lainnya yang ditawarkan payoneer adalah saldo balance akun payoner dapat diambil dengan mudah di ATM-ATM bank lokal yang memiliki logo mastercard dalam bentuk mata uang lokal, seperti di ATM bank BRI, Mandiri, BNI dan atm bank local lainya,  selain itu dengan memiliki akun payoner kita seolah-olah memiliki rekening di bank US Amerika yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran dari us payment service dari merchant dan perusahaan-perusahaan luar negeri yang sudah bekerjasama dengan payoner.

Apakah kartu debet payoner sama dengan kartu kredit?
Kartu debet mastercard payoner tidak sama dengan kartu kredit, jadi jangan disamakan yah…Jika kartu kredit bisa anda gunakan walaupun saldonya tidak ada (ngutang), sedangkan kartu debet baru bisa digunakan jika ada saldo di dalamnya, jika saldonya nol atau tidak ada maka kartu tersebut tidak bisa digunakan untuk  bertransaksi online, jadi pastikan sebelum anda menggunakan kartu payoner untuk transaksi, saldo di akun payoner anda harus sudah berisi saldo minimal 2$.

Bagaimanakah cara mengisi saldo payoner?

Memang akun payoner dan juga kartu debit payoneer berlogo mastercard, dapat anda miliki tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis, caranya nya pun cukup mudah. syaratnya email dan scan ktp, untuk akun payoner baru saldonya adalah nol, dan belum bisa digunakan untuk transaksi online, oleh karena itu agar kartu payoneer anda bisa digunakan untuk transaksi online maka anda harus mengisi saldonya.

Baca juga: Cara saya mendapatkan 25$ dari payoneer

Ada banyak cara untuk mengisi saldo payoneer, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

#1. Mengisi Saldo akun payoneer dari us payment service

Us payment service adalah layanan payoner yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran komisi  gaji atau upah anda dari perusahaan-perusahaan yang berbasis di amerika serikat (US) dan beberapa perusahaan dari negara lainnya.

Berikut adalah beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk mengisi saldo akun payoner anda dari us payment service

a.Terjun menjadi pembisnis affiliate marketing luar negeri
Ada banyak sekali jenis bisnis online salah satunya adalah menjadi affiliate marketer,di perusahaan-perusahaan luar negeri yang menawarkan kerjasama produk affiliasi, artinya anda menawarkan produk mereka dan anda akan mendapatkan komisi jika promosi anda mampu menghasilkan penjualan, beberapa perusahaan besar yang menawarkan produk affiliasi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Klikbank.com
  • Amazon.com
  • Kliksure.com
  • Dan lain sebagainya.

Komisi untuk affiliate marketer biasanya akan anda dapatkan jika anda berhasil menjual produk mereka yang anda promosikan, komisi tersebut memang pada awalnya hanya dapat diambil melalui cek, dan biasanya dapat memakan waktu cukup lama hingga berminggu-minggu, apalagi biaya administrasi bank untuk melakukan pencairan cek di bank-bank lokal cukup besar bisa mencapai 15$ sampai 25$, sedangkan jika anda menggunakan payoner, anda bisa melakukan direct deposit  transfer bank luar negeri ke akun payoner anda, anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1% dari total dana yang anda terima.

b. Bekerja sebagai freelancer dengan perusahaan luar negeri
Yang berikutnya untuk menambah saldo akun payoner anda adalah bekerja sebagai freelancer diperusahaan perusahaan besar asing yang menawarkan kerjasama  secara online, beberapa situs online yang menawarkan kerjasama sebagai freelancer dan sudah bekerja sama dengan payoner diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Fiverr.com,
  • oDesk,
  • Elance,
  • 99Designs,
  • Dan perusahaan lainnya.

#2 -  Menambah saldo akun payoner dengan mereferensikan teman anda untuk membuat akun payoner

Yang kedua yang dapat anda lakukan untuk mengisi saldo akun payoner adalah mereferensikan atau mengajak teman anda atau siapapun untuk ikut membuat akun payoner melalui referensi anda. Bagaimana caranya?, payoner saat ini menawarkan kerjasama dengan para anggotanya yang sudah memiliki akun payoner untuk mencari downline sebanyak-banyaknya.

Di akun payoner sudah disediakan link referal yang dapat anda gunakan untuk mencari downline sebanyak-banyaknya, anda bisa share link tersebut di media sosial seperti facebook twitter atau melalui media blog. Jika anda berhasil mendapatkan referal maka anda dan juga yang menjadi referal anda akan memiliki peluang untuk mendapatkan 25$ dari payoner yang akan ditambahkan ke saldo payoner anda dan juga referal anda.


Kapan 25$ tersebut dibayarkan?
25$ tidak diberikan begitu saja, namun ada ketentuan yang telah ditetapkan, uang 25$ akan diberikan oleh payoner sebagai komisi mencari referensi anda jika saldo akun payoner referal anda sudah mencapai 100$ untuk pertama kalinya.


#3 - Mengisi saldo akun payoner menggunakan kartu kredit

Yang ketiga untuk mengisi saldo akun payoner anda adalah menggunakan kartu kredit berlogo visa atau mastercard, anda bisa reload atau topup dari balance kartu kredit untuk menambah saldo balance akun payoner anda, anda bisa menggunakan kartu kridit milik anda pribadi atau menggunakan jasa pengisian saldo akun payoner melalui credit card dari pihak ke 3.

Sayangnya untuk mengisi saldo payoner menggunakan kartu kredit, akun payoner anda sebelumnya harus sudah pernah digunakan untuk menerima dana, baik dana dari komisi affiliasi ataupun transfer bank us.

Jika kartu payoner anda masih benar-benar fresh dan sama sekali belum pernah digunakan untuk bertransaksi, maka pengisian saldo akun payoner melalui kartu kredit akan gagal, biasanya akan muncul pesan peringatan "Private loads are not supported for this card" atau muncul pesan "Sending payment are not supported for this account"

Mengisi saldo akun payoner menggunakan kartu kredit biasanya akan dikenakan biaya 3,75% dari jumlah dana yang ditransfer, biaya tersebut bisa dipotong dari si pemilik kartu atau dari dana yang ditransfer, proses ini biasanya memakan waktu 2 sampai dengan 3 hari kerja, setelah approval yang dilakukan oleh payoner selesai dan kartu kredit dianggap layak untuk transfer dana maka dana pun akan diterima.

Untuk mengisi saldo akun payoner menggunakan kartu kredit, pastikan bahwa kartu kredit yang anda gunakan masih dalam keadaan aktif dan dapat digunakan untuk transaksi online, karena ternyata ada beberapa bank local yang tidak mengijinkan kartu kreditnya digunakan untuk bertransaksi online, jika itu terjadi anda bisa menghubungi call center bank penerbit kartu kredit anda agar diberikan akses otorisasi untuk transaksi online pada kartu kredit anda.

#4 -  Mengisi saldo akun payoner dengan Paypal

Kita ketahui bahwa paypal jauh lebih dulu dikenal sebelum payoner, namun ada kabar baik berdasarkan pernyataan dari payoner sendiri bahwa payoner hanya dapat menerima us payment, berhubung paypal masih perusahaan amerika, maka untuk mengisi saldo akun payoner anda bisa menggunakan paypal, caranya sama halnya seperti anda mengambil (witdrawl) dari paypal ke akun bank us melalui akun payoner anda.

Untuk mengisi saldo akun payoner dengan paypal langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Virtual Bank account (VBA) payoner anda aktif, anda bisa mengaktifkannya di akun payoner anda melalui menu Services > US Payment Services. Namun, anda harus menunggu kira-kira 3 sampai dengan 4 minggu sampai VBA diaktifkan, dan anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar $1 tiap bulan, ini menurut saya cukup murah jika dibandingkan dengan biaya administrasi bank lokal.
  • Tambahkan bank account payoner di akun paypal anda, isi data sesuai dengan data di akun payoner anda, Kemudian lakukan withdrawl, arahkan ke bank akun payoner anda, anda akan dikenakan biaya dari payoner sebesar 1% dari dana yang di reload ke akun payoner anda. Dalam waktu 3 sampa dengan 4 hari kerja, dana akan masuk menambah saldo akun payoner anda.

#5 - Mengisi Saldo payoner melalui transfer bank

 Cara berikutnya untuk mengisi saldo balance akun payoner anda adalah melalui transfer bank, namun tidak semua bank bisa melakukannya, hanya bank-bank US yang berada di indonesia saja yang bisa digunakan untuk melakukan transfer dana ke akun payoner anda, tidak bisa menggunakan bank lokal.


Berdasarkan pernyataan resmi dari payoner tertulis di halaman resmi payoner menyebutkan bahwa payoner hanya dapat menerima bank transfer secara langsung dari perusahaan dan juga marketplace yang sudah bekerjasama dengan payoner yang berada di kawasan, jepang dengan mata uang JPY, amerika USD, uni eropa EURO dan juga inggris (GBP).

Besarnya biaya kirim ke tabungan payoneer anda di tentukan oleh masing masing bank yang anda gunakan di indonesia.  Dan lamanya waktu tiba di payoneer anda juga di tentukan oleh bank tersebut.

Untuk mengisi saldo payoner melalui transfer bank, terus terang belum banyak referensi yang saya dapatkan, tapi dari kebijakan payoneer sendiri kemungkinan besar memang akun payoneer saldonya bisa diisi melalui transfer bank luar negeri seperti bank us yang berada di indonesia.

Bisakah mengisi saldo akun payoner melalui Western Union?

Memang ada banyak sekali metode pembayaran terutama pembayaran lintas negara seperti western union salah satunya, mungkin anda penasaran juga apakah western union bisa digunakan untuk mengisi akun payoner?

Untuk kasus ini memang tidak ada pernyataan resmi dari pihak payoner yang menyebutkan secara spesifik, namun yang jelas di forum payoner sendiri banyak yang membahas masalah ini dan kesimpulannya adalah Western union untuk saat ini belum bisa digunakan untuk mengisi akun payoner, hati-hatilah jika ada jasa pengisian saldo akun payoner melalui western union bisa jadi kemungkinan besar scam.