Sah-sah saja sebenarnya memilih niche apapun, tapi khusus untuk blogger yang ingin merangkap sebagai publisher google adsense niche adalah salah satu point penting yang harus dipikirkan sebelum blog dibangun, karena  salah satu dari karakteristik iklan google adsense adalah jenis iklan memungkinkan muncul sesuai dengan niche artikel yang sedang dibahas walaupun tidak untuk semua iklan, dan juga dipercaya bawa jika iklan yang muncul pada blog sesuai dengan topik blog yang sedang dibahas kemudian si iklan yang tampil sesuai dengan minat pengunjung maka akan mampu meningkatkan nilai klik iklan tersebut sehingga pendapatan adsense pun akan semakin baik.

Perlu diketahui juga bahwa salah satu faktor yang menentukan besar kecilnya nilai CPC atau Biaya perclick (BPK) iklan Google Adsnese pada blog adalah iklan relevan yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas dan mendapatkan klik dari pengunjung yang memang sesuai target, oleh karena itu niche adalah salah satu faktor yang penting yang harus anda fikirkan sebelum membuat blog.

niche adsense terbaik


Mengenal 2 kategori niche blog?

Lantas apa sebenarnya niche itu? Niche adalah topik yang mewakili isi konten blog yang akan dibahas, ada 2 macam kategori niche untuk blog, yaitu niche campuran dan niche fokus, blog bisa disebut memiliki niche campuran jika yang dibahas di dalam suatu blog lebih dari satu topik, misal satu blog membahas tentang teknologi, kesehatan, asuransi, otomotif dan topik campuran lainnya.

Sedangkan blog bisa dikatakan memiliki niche yang fokus jika artikel yang disajikan di dalam blog tersebut hanya terfokus pada satu topik saja, misalkan blog tentang tips blogging menyajikan artikel-artikel tentang tips blogging, blog tentang asuransi, menyajikan tentang asuransi saja, intinya topiknya hanya satu.

Mana yang lebih baik niche campuran atau niche fokus?, keduanya menurut saya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk niche campuran, anda akan lebih mudah menentukan judul artikel karena tidak terbatas pada satu topik saja, kesulitan di satu topik maka bisa membahas topik lainnya, blog jenis ini cocok untuk blogger yang tidak sepenuhnya menguasai topik yang sedang dibahas.

Sedangkan untuk niche fokus, mungkin akan kesulitan ketika membuat artikel karena artikel harus terus-terusan membahas topik yang sama, tentu tidak jika si pemilik adalah blogger yang memang menguasai topiknya, tetapi, tidak untuk blogger yang memang tidak menguasi topiknya. jadi niche fokus sebenarnya sangat cocok sekali untuk blogger yang memang benar-benar menguasi topik yang akan dibahas di blog tersebut.

Semua niche sebenarnya bisa saja anda pilih walaupun anda bukan orang yang menguasai bidangnya, dengan terus belajar dan banyak membaca berbagai refernsi semuanya tidak akan jadi masalah. tapi niche yang paling bagus yang harus anda pilih adalah niche yang memang benar-benar anda kuasai atau niche yang sesuai dengan hobi anda, terlepas apapun tujuan anda membuat blog baik untuk hanya sekedar berbagi terlebih untuk media mencari uang dari internet.


Kaitan Niche dengan Nilai CPC/BPK Google adsense?

Sebenarnya niche apapun akan mampu menampilkan iklan dari google adsense, mungkin ada yang relevan dan mungkin ada yang tidak relevan, jika tidak relevan dan tidak sesuai dengan minat pengunjung, nilai CPC akan cendrung kecil, semakin relevan maka nilai bpk google adsense akan semakin membaik.

Sebelum anda memikirkan niche blog untuk google adsense maka anda harus mengetahui beberapa karakteristik iklan google adsense, sebagai berikut:

1. Jenis Iklan google adsense yang muncul relevan dengan topik yang dibahas

Iklan jenis ini biasanya memiliki CPC besar jika diklik oleh orang yang memang berminat, artinya orang tersebut melakukan klik iklan karena iklan relevan dengan apa yang sedang dia cari, dan klik natural bisa terjadi sehingga CPC pun akan besar.

Jika anda mengincar iklan seperti ini maka salah satu yang sangat direkomendasikan adalah membuat blog dengan niche yang fokus dan anda kuasai, dan tugas anda adalah memilih niche yang memang terkenal memiliki nilai CPC tinggi serta memiliki jumlah pengiklan atau advertiser yang banyak, silahkan saja lihat di hasil pencarian untuk kata kunci yang anda bidik, jika banyak iklan yang muncul di sekitar hasil pencarian maka itu dapat dipastikan bahwa pengiklan untuk topik tersebut banyak peminatnya.

2. Jenis Iklan tampil sesuai dengan Minat pengunjung.

Jenis iklan google adsense ini biasanya tampil sesuai dengan minat pengunjung, google membaca minat pengunjung sesuai dengan cookie yang tersimpan di browser, misalkan, jika anda sering membuka situs online untuk belanja, maka ketika anda membaca artikel di sebuah blog, walaupun artikel tersebut bukan artikel yang membahas mengenai toko online, mungkin saja iklan yang tampil adalah iklan toko online yang memajang barang kena diskon atau semacamnya. jenis iklan seperti ini adalah iklan berbasis minat dan biasanya iklan yang muncul tidak sesuai dengan topik artikel yang dibahas.


Tips Cara Memilih Niche terbaik untuk google Adsense

Niche harus anda tentukan dan harus anda fikirkan baik-baik berdasarkan banyak pertimbangan sebelum anda mulai membangun sebuah blog, niche yang sudah anda fikirkan dengan matang bisa membuat anda tidak akan cepat bosan dan anda akan terus kebanjiran ide menulis. sehingga blog seiring waktu akan mampu menjadi blog yang besar dan menguntungkan secara materi.

Berikut beberapa tips memilih niche blog terbaik untuk google Adsense:

1. Prioritaskan untuk memilih niche yang memang benar-benar anda kuasai

Ada banyak di luar sana yang memang hanya mengejar niche Hight Paying Keyword atau niche dengan konversi nilai CPC atau BPK iklan google adsensenya tinggi, namun sayangnya banyak blogger mengambil niche tersebut bukan karena menguasai topiknya tetapi ingin mendapatkan penghasilan yang besar dari google adsense, bisa saja, tapi niche seperti itu jika diambil oleh blogger yang tidak menguasai topiknya kemungkinan besar akan sulit tumbuh, karena si blogger akan kesulitan menentukan judul berikutnya.

Akhirnya membuat artikel akan dianggap sebagai pekerjaan yang sangat berat dan anda akan malas dibuatnya, blog terbengkalai, trafik turun dan akhirnya pendapatanpun turun.

Cara terbaik adalah pilihlah niche yang memang benar-benar anda kuasai karena niche seperti ini akan anda sukai, memudahkan ketika menentukan judul, mudah membuat artikel dan anda akan lebih menyukainya, niche seperti ini tidak akan membuat anda putus asa dan mudah bosan sehingga blogpun seiring waktu akan tumbuh menjadi blog besar, meskipun nilai CPC berada di bawah niche ber HPK tinggi, pendapatan akan bisa bersaing jika visitor blog anda membludak.

2.  Jangan memilih niche download atau yang rentan terhadap pelanggaran hak cipta

Jika anda membuat blog memang dengan tujuan untuk dimonetisasi dengan google adsense, jangan sekali-kali memilih niche download walaupun materi yang anda sajikan adalah opensource alias gratisan, karena blog seperti itu akan rentan sekali dicap sebagai blog yang melakukan pelanggaran hak cipta.

Kebijakan google adsense memang tidak menyukai materi yang melanggar hak cipta, sehingga blog jenis ini tidak akan berhasil dan sangat sulit sekali untuk dimonetisasi oleh google adsense. Intinya apapun niche yang erat kaitannya dengan pelanggaran hak cipta, itu tidak cocok untuk google adsense.

3. Pilih niche HPK tapi anda harus ekstra kerja keras dan kerja cerdas

Tidak masalah memilih niche ber HPK tinggi meskipun anda tidak menguasai materinya, tapi sedari awal anda harus mampu ekstra kerja keras membangung blog anda tersebut hingga blog tersebut bisa tumbuh besar dan menghasilkan banyak uang. Selanjutnya anda bisa menyewa penulis konten atau membeli artikel dari penulis yang memang menguasai bisangnya untuk terus mengisi artikel di blog anda tersebut.

Kelemahannya mungkin anda harus kerja keras di awal dengan terus belajar atas topik yang berkaitan dengan niche tersebut hingga blog tumbuh besar dan menghasilkan, walaupun akan banyak rintangan di tengah jalan terutama berperang dengan kejenuhan dan kebosanan yang akan terus menghampiri, dan mungkin saja anda akan dibuat pesimis di awal manakala blog sulit tumbuh dan jumlah klik iklan tidak terlalu banyak. so keep blogging & dont give up untuk membangun blog dengan niche ini.

Baca : Cara mendapatkan hight paying keyword (HPK) Google AdSense

4. Pilih niche blog bahasa inggris jika anda mampu

Jika anda mampu prioritaskan untuk memilih niche blog bahasa inggris, blog bahasa inggris berpeluang mendapatkan pengunjung dari seluruh dunia dan itu artinya blog anda berpeluang menjadi blog besar, selain itu iklan google adsense dengan target pengunjung dari luar negeri misalkan dari USA dan juka UK memiliki nilai koneversi sangat besar.

Bonus Pilihan Niche Blog yang memiliki HPK tinggi

Niche blog hpk tinggi adalah niche blog dimana iklan google adsense yang dipasang pada halaman blog dengan niche tersebut cendrung memiliki nilai 1 kliknya besar, berikut adalah beberapa niche blog dari berbagai sumber dan terbukti memiliki nilai CPC atau BPK besar:
Asuransi dan perbankan (perkreditan UKM)
  1. Traveling (wisata)
  2. Marketing dan bisnis online
  3. Tutorial (Edit video dan photo)
  4. Tutorial blog
  5. Pengembangan wawasan dan kepercayaan diri
  6. Konsultasi
  7. Agrobisnis    Kesehatan
  8. Internet dan komputer
  9. Teknologi. ponsel dan gadget
  10. Fashion dan kecantikan
  11. Otomotif
  12. Real estate/perumahan   
  13. Homemade/ DIY (sesuatu yang di buat/di produksi sendiri)
  14. Asuransi dan pengelolaan keuangan
  15. Kesehatan

Niche di atas memang cendrung dapat memberikan nilai BPK tinggi, tapi relatif artinya ada syarat-syarat yang harus dikatehui untuk mendapatkan nilai CPC tinggi dari niche-niche di atas adalah sebagai berikut:

  • Artikel sangat berkualitas, Jika anda sulit menentukan kualitas artikel, untuk referensi dapat dibaca: konten berkualitas menurut mbah google
  • Sumber Trafik didominasi oleh trafik Organik dari mesin pencari, ada yang curhat kenapa cpc saya kecil padahal niche blog saya ber HPK, mungkin salah satu penyebabnya adalah sering spam di facebook atau media sosial lainnya. 
  • Iklan Relevan yang diklik oleh pengunjung yang berminat.

Kesimpulan

Memang benar menentukan niche blog untuk google adsense tidak harus berpatokan pada nilai CPCnya yang besar. ini banyak dibuktikan oleh beberapa blogger yang berhasil menjadi publisher adsense di luar negeri sana yang sukses dengan google adsense, padahal berawal dari blog biasa yang topiknya mereka kuasai.

Sebut saja seperti misalnya Nick Moosey dan Ibunya dari New Zeeland yang menyukai bunga, hanya memposting foto-foto bunga sebagai pelengkap artikelnya, akhirnya blognya menjadi blog yang besar dan sukses meraup ribuan dari google adsense, dan googlepun mengakuinya sebagai blogger sukses.

Begitu juga dengan Dave-Taylor publisher dari USA, yang memiliki kemampuan ahli mekanik komputer, yang memutuskan untuk menuliskan berbagai pengalaman dan keahliannya di blog yang dikelola secara konsisten, akhirnya blognya berhasil memposting jutaan artikel dan blognya berhasil menjadi blog sukses yang diakui google.

 Satu lagi, Blogger asal Nigeria Linda Ikeji yang sama sekali tidak memiliki kemampuan blogging, salahs atu kemampuannya adalah menulis artikel saja, dengan blognya yang sederhana hanya menggunakan desain tampilan bawaan blogger linda mampu menjadi blogger sukses sudah menerbitkan puluhan ribu arikel di blog miliknya.

Masih banyak sekali blogger sukses lainnya yang terbukti tidak hanya semata-mata memilih niche yang ber HPK tinggi, mereka hanya membuat blog dengan memilih topik yang memang mereka kuasai.

Semoga artikel tentang Rahasia Memilih Niche blog terbaik untuk google Adsense, bisa memberikan inspirasi kepada anda  untuk menjadi publisher google adsense yang sukses, yang harus diingat adalah, membangun blog tidak ada cara instant, perlu kerja keras konsisten dan jangan lupa kerja cerdas.

Salam blogger. :)