Siapapun sebenarnya bisa membuat blog dan menjadi seorang blogger sukses, apalagi saat ini sudah banyak sekali bermunculan situs penyedia layanan blog gratis yang siap digunakan dan menawarkan berbagai macam kemudahan, bahkan seiring dengan perkembangan dunia blogging tujuan blogging pun mengalami perkembangan yang pesat. dari awalnya hanya sekedar digunakan untuk menuangkan tulisan online, namun saat ini bisa digunakan sebagai media untuk mendapatkan penghasilan dari internet, ini tentu bukan sebuah omong kosong tetapi sudah banyak dibuktikan oleh para blogger yang sukses meraup ratusan juta rupiah dari dunia blogging.

Untuk mengelola blog hingga bisa menghasilkan tentu bukanlah perkara yang mudah, perlu kemampuan, kerja keras dan tentunya yang paling utama adalah kerja cerdas, karena walaupun dikerjakan serba online dan bisa dikerjakan di rumah, sebenarnya untuk meraih kesuksesan dari dunia blogging tidak ada yang instant, perlu sebuah proses yang mungkin saja bisa menghabiskan waktu yang cukup panjang.

visitor blog

Sebuah blog bisa dikatakan sukses jika bisa mendatangkan banyak trafik pengujung atau visitor, apalagi pengunjung utama didominasi dari mesin pencari (pengunjung organik) tentu akan sangat berharga, namun sayangnya masih banyak para blogger terutama blogger pemula yang merasa kesulitan bagaimana cara mendapatkan pengunjung yang berlimpah ke blognya. masalahnya kemungkinan besar, mereka tidak tau bagaimana caranya atau mereka kurang memiliki banyak pengalaman, padahal jika saja tau caranya tentu ini bisa diusahakan, orang lain bisa kenapa anda tidak betul kan !!!!. yang membedakan anda dengan blogger sukses mungkin adalah faktor pengalaman dan kemampuan dan ketekunan. 
 
Di artikel kali ini saya akan berbagi beberapa tips bagaimana cara mengelola blog untuk pemula sehingga ini bisa anda jadikan acuan atau referensi bagaimana anda harus mengelola blog sehingga bisa menjadi blog yang dapat mendatangkan banyak pengunjung dan sukses menghasilkan uang dari internet.

7 Kunci Sukses dalam Mengelola Blog untuk Pemula

Kesuksesan memang relative, namun setidaknya blog bisa dikatakan sukses jika target yang anda inginkan dari blog anda tercapai, berikut beberapa tips bagaimana cara mengelola blog agar bisa mendatangkan trafik:

1. Pelajari cara menulis artikel

Aktivitas blogging tidak akan lepas dari kegiatan menulis dan menulis untuk menyajikan artikel, oleh karena itu kemampuan menulis adalah  prioritas utama yang harus anda miliki jika ingin terjun ke dunia blogging, saya pribadi terus terang saja awalnya sangat kesulitan merangkai kata ketika membuat artikel, 1 artikel mungkin bisa selesai beberapa hari, saya rasa begitu juga dengan yang dialami kebanyakan blogger pemula, sehingga tidak jarang banyak mereka yang pada akhirnya melakukan copy-paste yang sebetulnya kurang baik untuk pemula yang sedang dalam tahap belajar, padahal jika terus dilatih seiring waktu kemampuan menulis akan semakin ter asah dan  kata-kata akan mengalir begitu saja.

Silahkan banyak membaca bagaimana blogger lain menuangkan tulisan di artikelnya, coba amati dan pelajari dan coba anda sajikan tulisan dengan tipe serupa, jika anda sudah terbiasa maka anda pada akhirnya akan menemukan kemudahan dengan sendirinya.

2.  Kenali Jenis template blog yang baik dan SEO Friendly

Yang kedua yang harus anda perhatikan sebagai blogger pemula adalah anda harus mampu mengenali bagaimana ciri template blog yang baik dan seo friendly, silahkan anda cari template blog yang seo friendly dan gunakan untuk template blog anda, disarankan cukup 1 kali saja mengganti template, jangan pernah diganti-ganti lagi, karena sering mengganti template akan berpengaruh ke performa blog.

Jika anda mampu anda bisa membuat dan mendesain sendiri template blog yang akan anda gunakan atau anda bisa mencari template blog yang sudah banyak tersedia yang memiliki ciri template blog seo friendly, dengan menggunakan template seperti ini, maka ini adalah langkah awal yang dapat memudahkan artikel blog yang anda buat lebih mudah ditemukan di hasil pencarian.
Baca juga: Kenali ciri utama template blog yang baik yang harus anda gunakan



3. Pelajari Optimasi Seo Onpage

Apa itu optimasi seo onpage?, optimasi seo onpage adalah upaya yang bisa dilakukan pemilik blog di dalam blognya sendiri, baik dari sisi template maupun penyajian artikel yang melibatkan unsur-unsur yang disukai mesin pencari, sehingga artikel akan lebih mudah memiliki peluang ditemukan di hasil pencarian google. Optimasi seo onpage tidak terbatas pada jenis flatform blog yang digunakan, baik itu wordpress, blogspot, mywapblog semuanya bisa melibatkan optimasi seo onpage di dalamnya.

Untuk langkah awal ketika blog selesai dibuat maka:

Tujuannya adalah agar anda dapat memantau perkembangan blog anda, dan blog anda lebih mudah untuk di index google.

Ada yang beranggapan, tulis aja tidak usah memikirkan seo, sah-sah saja, namun jika memang ada tekniknya kenapa tidak kita pelajari, toh teknik ini bukanlah teknik asal-asalan, karena sudah banyak sekali dilakukan serangkaian uji coba oleh blogger-blogger pengalaman, sehingga menghasilkan sebuah ketentuan yang tidak mutlak yang memang memberikan efek positif terhadap blog yang kita miliki.

Untuk melibatkan optimasi seo onpage pada blog sebenarnya tidaklah sulit anda tinggal ikuti panduan optimasi seo onpage lengkap yang sudah tersedia dan siap untuk implementasikan pada blog anda terutama ketika anda menyusun artikel blog anda.

4. Lakukan Riset Kata Kunci yang paling mudah

Riset kata kunci sebenarnya adalah upaya menemukan kata kunci yang akan dibuat judul artikel yang memiliki pencarian banyak namun saingan sedikit, ada banyak sekali teknik riset kata kunci yang bisa anda gunakan beberapa di antaranya adalah:


Tentu riset keyword memang bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi anda sebagai pemula, bahkan bisa memakan waktu yang cukup lama, namun disarankan anda jangan melewatkan langkah yang satu ini, setidaknya jika anda malas atau kesulitan melakukan riset, minimal anda melakukan riset kecil-kecilan yang mudah sekali untuk dipraktekan.

Ini pernah saya lakukan pada blog saya, dan cukup bisa diandalkan, dalam 2 bulan sampai 3 bulan blog sudah memiliki visitor atau pengunjung rata-rata di atas 1.000 / day.

Caranya adalah dengan memikirkan kata kunci yang anda ingin buat judul artikel kemudian, mengeceknya di hasil pencarian google, langkahnya:

a. Misalkan pikirkan kata kunci yang anda ingin buat judul misal "cara memutihkan kulit"

b. Buka mesin pencari google, kemudian ketikan kata kunci anda, maka google akan menampilkan kata kunci pencarian relevan lainnya, seperti gambar di bawah ini:

Google auto suggestion

c. Atau untuk menghasilkan informasi lebih banyak, anda bisa gunakan tool online gratis yaitu keywordtool.io, yang dapat menampilkan kata kunci relevan yang anda cari yang sering digunakan pengunjung mesin pencari:

Silahkan buka situs keywordtool.io, kemudian ketikan kata kunci anda dan lakukan pencarian, tool ini mampu menampilkan kata kunci LSI yang relevan dengan kata kunci yang anda cari, hasilnya akan kelihatan seperti gambar di bawah ini:

Menggunakan keyword tool io


Dari Hasil yang muncul anda akan mendapatkan banyak sekali ide kata kunci dari kata kunci utama yang anda ketikan, silahkan buat kata kunci atau gabungan kata kunci tersebut menjadi beberapa judul artikel, dan kembangkan menjadi artikel lengkap.

Membuat judul dari gabungan kata kunci yang ditemukan, misal  "cara cepat memutihkan wajah untuk pria secara alami", membuat judul dari kata kunci yang ditemukan dengan memberikan tambahan sentuhan variasi sedikit yang membuat orang lebih penasaran "Cara memutihkan wajah alami paling aman" dan variasi judul lainnya.

5. Rajinlah menulis artikel berkualitas secara Konsisten

Yang berikutnya adalah anda harus rajin menerbitkan artikel, disarankan dalam waktu 3 bulan jangan sampai anda melewatkan satu haripun dalam menerbitkan artikel, minimal 1 artikel dalam 1 hari, atau minimal 3 artikel akan lebih baik, tujuannya agar index google bisa lebih cepat dan blog anda mendapatkan reputasi yang baik dari google.

Di bulan pertama dan kedua jangan pernah melihat visitor blog, karena hasilnya bisa membuat anda pesimis, cukup amati saja perkembangan page view di dashboard blog, jika sudah mengalami peningkatan, anda bisa kaitkan blog anda dengan histats atau tool untuk melihat visitor lainnya.

Untuk konsistensi penerbitan artikel, ini saya pernah praktekan dalam sehari minimal 3 artikel, kurang dari 3 bulan hasilnya cukup memuaskan, blog mampu mendatangkan pengunjung lebih dari 1.000 - 1.600 visitor per hari hanya dari mesin pencari google.

Visitor blog versi histats

Hasilnya mungkin tidak sebanyak para mastah yang sudah berpengalaman, namun untuk saya pribadi sebagai pemula visitor untuk blog baru tersebut sudah cukup memuaskan dan mampu membangkitkan semangat.


6. Manfaatkan Analisa Kata kunci Search Console

Untuk ide mendapatkan judul yang paling relevan dengan blog anda anda bisa memanfaatkan hasil analisa google search console, oleh karena itu langkah pertama ketika blog dibuat blog harus sudah didaftarkan ke google seach console agar aktivitas mesin pencari terhadap blog anda dapat terekam dengan baik.

Silahkan buka google search console

2. Pilih blog anda kemudian pilih menu Lalulintas penelusuran > Telusuri Analytics

query penelusuran google search console
Kemudian silahkan centang Klik, Tayangan, RKT dan Posisi, lalu scroll ke bawah untuk mengamati hasilnya:

hasil pencarian pengunjung

Yang harus anda prioritaskan adalah cari kata kunci yang muncul yang memiliki nilai RKTnya sedikit atau nilai tayangannya banyak namun jumlah kliknya sedikit. gunakan kata kunci tersebut untuk judul baru artikel blog anda, silahkan variasikan sehingga target kata kunci yang anda incar adalah kata kunci tersebut.

Dengan cara ini bukan hanya meningkatkan index blog namun dapat meningkatkan relevansi artikel dalam sebuah blog semakin baik, sehingga dapat menganggak artikel di posisi terbaik hasil pencarian.

Apa yang saya lakukan judul blog kebanyakan di ambil dari hasil penelusuran google search console dan hasilnya cukup memuaskan.

7. Sekali-kali Bangun backlink dengan cara yang mudah untuk pemula

Sampai saat ini backlink memang masih sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian, terbukti dengan adanya backlink visitor bisa meningkat. memang ada banyak sekali teknik dan strategi membangun backlink, untuk membangun backlink yang paling mudah untuk pemula adalah:

a. Bergabung di formum online, kemudian terbitkan artikel disana sekaligus meletakan backlink, namun perhatikan aturan forum,

b. Berkomentar di artikel yang relevan dengan komentar yang bermutu
Anda sekali-kali bisa berkomentar di artikel blog orang lain yang relevan, misalnya di blog wordpress atau blogspot dengan memilih opsi komentar name/URL jika ada, gunakan alamat blog utama anda, sebagai backlink dan gunakan nama anda sendiri, jangan memasukan kata kunci, cukup lakukan 1 bulan 3 kali, jangan terlalu berlebihan.

c. Kembangkan cara membangun backlink lainnya agar blog anda semakin baik di hasil pencarian.


Cara -cara diatas cukup ampuh untuk blog baru, terutama untuk anda sebagai pemula yang kesulitan mengelola blog, yang harus anda ingat adalah, jangan kopi paste dan buat artikel sebaik mungkin dan seinformatif mungkin dengan tujuan pembaca.

Demikian artikel tentang 7 Kunci Sukses dalam Mengelola Blog untuk Pemula, semoga bermanfaat. selamat mencoba.

4 komentar:

  1. Saya sedikit ingin bertanya kepada mas, Saya mengalami sedikit kebingungan dalam hal template, Jika saya menggunakan template simple bawaan blogger, apakah itu akan tetap bagus di mata mesin pencari google ?

    Monggo berkunjung juga ya gan
    https://duitjoss.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus namun jika dilihat dari karakteristik seo onpage template bawaan kurang seo

      Delete
  2. Saya sedikit ingin bertanya kepada mas, Saya mengalami sedikit kebingungan dalam hal template, Jika saya menggunakan template simple bawaan blogger, apakah itu akan tetap bagus di mata mesin pencari google ?

    Monggo berkunjung juga ya gan
    https://seogans.pw\

    ReplyDelete
  3. memang berat untuk jadi blogger ya,, yang terberat adalah saat kita di tuntut untuk bisa menulis sendiri dengan ide2 cemerlang agar menghasilkan konten yang berkualitas,, inilah tantangan terberat saya sebagai pemula -_- semoga saya bisa melewatinya,,,, terimakasih untuk artikelnya, secara peribadi sangat membantu sekali ^_^

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!